@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan


4 Comments

Cara menghindari ajakan TAWURAN

20141115-064316.jpg Jika kamu diajak teman ikut tawuran, kalau mau menghindar lakukan alternatif langkah-langkah dibawah ini: 1. Bilang mau boker atau buang air besar. Langsung ke toilet terdekat saat itu, bisa di solah, pom bensin, masjid, musholla, atau cari aja tempat boker yg jauh sambil berekspresi kebelet pengen buang air. 2. Boker yg lama, bisa sambil baca atau ngelamunin seseorang yg sedang kamu taksir biar bisa lama di toilet. Nyalakan kran supaya air mengalir, sambil sirami kloset atau lantai toilet agar jadi bersih saat kamu di dalam, lakukan yg lama sampai teman-teman yang tawuran mati semua saling tusuk gunakan senjata tajam masing-masing. 3. Berwudhu stelah boker jika Islam, kalo bukan ya cuci muka aja. Cari musholla terdekat, tanya aja sama orang yg ktemu kamu setelah boker, masuk ke musholla trus zikir yang lama, kalo non muslim, cari greja atau tempat ibadah lainnya trus meditasi ataw berdoa minta sama Tuhan agar tawuran tak terjadi atau selamatkan para pesrta tawuran itu atau doakan agar mereka mati tanpa rasakan sakit atau dirawat dulu di rumah sakit, soalnya kebanyakan mereka orang-orang miskin yg merasa jadi hebat diliatin orang-orang di jalan lari-larian, masuk tipi, koran, brasangetop gituh. 4. Zikir, meditasi selama mungkin, kalo ngantuk tidur aja. Pasti kamu dibanguni sama ptugas musholla atau tmpat ibadah dimanakamu tertidur, mreka ga marah deh, karena tadi sudah lihat kamu berzikir atau berdoa, tapi krn hari mulai gelap dia bangunin kamu. Kalau tak ada tempat ibadah, cari anak-anak yg sedang ekskul atau latihan basket, volley, futsal, dsb … Liat-liat, ngobrol, ikuut maen deh sampe cape kringetan, bisasnya sampe hati hampir gelap gitu, baru pulang. 5. Jawab aja apa yg kamu lakukan kalo ditanya teman” Ga usah berbohong, ceritain aja apa ygkamu lakukan kepada teman-teman yg bertanya, pasti mreka maklum, kalau mereka meledek kamu paling lama lima belas menit, trus tanya apa dia mau kamu boker di depan hidung dia? 6. Ulangi lagi proses di atas setiap ada yg ngajak tawuran, selamat deh kamu skolahnya. Sambil belajar ygserius buat kuasai skill dunia kerja atau kerjakan soal” tes masuk PTN. Biarkan para penggemar jalan kematian memilih jalan mati dg clurit di kepala, gigi rontok, kpala pecah atau lainnya, kamu pilih jalan nikmat walau pake sedikit malu dikagain penakut ga brani tawuran, krn lebih baik tawurannya sama gadis idaman aja nanti kalo dompet kamu udah tebel, drpd skarang tawuran dg sesama orang miskin yg bingung mo makan ataw kerja apaan. Ada saran laen?


Leave a comment

Asyiknya Belajar Dengan Teknologi

Dedi Dwitagama:

Murid SD sudah banyak yang punya blog, bagaimana Gurunya?

Originally posted on Motivator Pendidikan Kreatif:

namin ab dan peserta

Foto : Saya, Peserta dan Pak Dedi Dwitagama, Saat menjadi Pembicara Pelatihan Guru NgeBlog angkatan 5 Kota Bandung

Menjadi seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Bahkan buat saya ini merupakan “Passion” saya,  saya sangat menikmati aktivitas sebagai seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger, maka saya sering memperkenalkan diri sebagai seorang Educator, Blogger, Motivator dan Trainer Pendidikan. Bagi saya teknologi dan internet merupakan instrumen yang sangat penting dalam mendukung aktivitas saya sebagai seorang guru, bagi saya hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

View original 1,376 more words


Leave a comment

SAYA SEKARANG MENIKMATI MENJADI SEORANG GURU BLOGGER, BAGAIMANA DENGAN ANDA?

Dedi Dwitagama:

Sudah punya blog, murid SD sudah banyak yang punya, gmn anda?

Originally posted on GEO WEBCLASS:

Sekitar 4 tahun yang lalu atau tepatnya pada Mei 2010 saya lulus kuliah dari Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada program studi Pendidikan Geografi. Tak lama setelah itu saya menjadi guru hononer di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah tempat saya mengajar letaknya di wilayah desa terpencil di pegunungan dan tentu saja fasilitas internet dan komputer sulit didapat. Jadi ketika itu saya belum pernah sedikitpun tahun dengan namanya blog apalagi cara mengelolanya.

View original 1,068 more words


Leave a comment

Sepeda motor modifikasi yang bikin lelaki muda itu berhenti sekolah

20141106-125645.jpg
Ada murid lelaki di kota besar
Yang diterima di sekolah negeri tingkat lanjutan
Tak perlu membayar apapun ke sekolah
Semua gratis
Bahkan pemerintah kasih KJP
Sebuah kartu yang membuatnya menerima uang
Ratusan ribu rupiah jumlahnya setiap bulan
Untuk kebutuhan ongkos,mseragam, dsb

Ayahnya sudah meninggal saat dia kecil
Ibunya bekerja jadi buruh cuci
Mungkin agar semangat berangkat ke sekolah
Ibunya membelikan sepeda motor bekas untuk anaknya
Pelunasan dilakukan secara kredit

Anak lelaki itu senang bersepeda motor
Pulang sekolah atau saat libur kumpul sesama pemotor
Hingga suatu saat dia minta dibelikan sepeda motor modifikasi
Ibunya tak punya uang buat membeli yang dimau anaknya
Si anak mengancam tak mau sekolah jika tak dibelikan

Ibunya tak punya cukup uang buat membeli
Si anak makin jarang sekolah
Enggan dibangunkan pagi hari buat sekolah
Alasannya selalu karena motor modif yang diinginkan

Wali kelas dan guru BK di sekolahnya memanggil berkali-kali
Kunjungan ke rumah dilakukan sudah
Si anak tetap dengan ancamannya
Dan anak lelaki itu berhenti sekolah


3 Comments

Mau tahu Ciri-ciri sekolah yang bagus? #2

Seragam yang keliru

Ilustrasi

Gampang aja:

1. Lihat penampilan anak-anak sekolah saat datang atau pulang sekolah di pintu gerbang sekolah atau di lingkungan sekolah, jika anak-anak berpenampilan rapih, bertindak sopan dengan teman-teman dan gurunya, maka sekolah itu boleh dinilai bagus.

Jika anak-anak berpenampilan sembarangan, cenderung seenaknya, suasana interaksi antar murid tak nyaman di telinga, banyak kata-kata tak sopan yang keluar dari mulut anak-anak, bisa diduga sekolah itu tak bagus.

2. Browsing nama sekolah yan mau anda tahu di Google.com, jika banyak info-info yang bagus, foto-foto bagus dan video bagus tentang sekolah itu maka bisa diduga sekolah itu di kelola dengan baik, karena banyak dokumenasi baik yang tayang di dunia maya.

Jika arsip di Google tentang sekolah itu isinya jelek-jelek, maka pertimbangkan kembali untuk tidak menyekolahkan anak anda disana, sekolah itu tak diurus dengan baik.

 

Selanjutnya? liat di posting-posting mendatang.


1 Comment

Mau tahu Ciri-ciri sekolah yang bagus? #1

ilustrasi

ilustrasi

Gampang aja:

1. Lihat pintu gerbang dan sekitarnya, kalau gerbang dana sekitar nya bersih, terawat, pintunya berfungsi normal, tak ada coret-coretan di dinding pada pintu dan tembok sekitar pintu, itu salah satu curu sekolah bagus.

Jika pintu gerbang rusak, di sekitar gerbang berantakan, taman tak terurus, banyak coretan di pintu atau tembok, pertimbangkan kembali untuk tidak menyekolahkan anak anda disana, sekolah itu tak diurus dengan baik.

2. Ngobrol sama pedagang di warung terdekat sekolah sambil sekedar membeli permen, air mineral atau lainnya, tanyakan apa saja tentang sekolah yang ingin anda ketahui, jawaban pedagang biasanya jujur, tak ditutup-tutupi sesuai pengetahuan dia lewat pengamatan, interaksi dengan pelajar, guru atau siapa saja di sekolah dekat warungnya. Jika jawaban pedagang itu bagus, boleh pertimbangkan untuk menyekolahkan anak anda disana.

Selanjutnya? liat di posting-posting mendatang.


8 Comments

Surat buat Tessy Srimulat yg lucunya masih ditunggu rakyat

Tessy

Tessy

Dear Tessy
menjalankan profesi penghibur memang tak mudah
Tessy harus selalu membuat orang lain gembira
walau saat itu Tessy sedang menderita

Kebiasaan hidup hura-hura
Mendongkrak energi yang sering habis saat lewat malam
Gunakan Narkoba membuat badan seolah segar dan kuat
harusnya Tessy tahu bahwa Narkoba itu berbahaya

Jika lelah, istirahatlah
Jika ngantuk, tidur aja
jika sedang sedih atau susah bicaralah pada keluarga
mereka bukan fans Tessy yang harus selalu Tessy hibur

Dekaplah keluargamu
Datang ke dokter jika kesehatan terganggu
Tak perlu paksa diri untuk selalu ngetop
karena Tessy sudah jadi orang top

Segera aja Rehab kecanduanmu
tak lama lagi order job akan datang
asal badan Tessy tetap sehat
tak perlu ganti narkoba dengan cairan pembersih toilet
celoteh lucu Tessy masih ditunggu rakyat
Cepat sembuh Mas Kabul Basuki
Banyak dokter yang bisa dimintakan bantuan Mas
yang penting Mas Kabul sadar & mau sembuh dari kecanduannya
Happy deh


Leave a comment

ga dapat jatah menteri, beberapa suku protes

ilustrasi: google.com

ilustrasi: google.com


Di Negeri Paman Besut
beberapa suku protes
karena tak ada nama bermarga sukunya
ada dalam susunan nama menteri yang diumumkan Presiden baru
suku itu merasa banyak warganya yang mampu jadi menteri
suku itu juga merasa sudah bekerja keras mendukung pencalonan,
kampanye hingga pemilihan presiden

kenapa setelah terpilih Presiden lupa?
di media masa suku itu banyak yang kampanye sebelum pemilihan
ikut mendampingi kesana kemari,
berada di dekat calon presiden ketika kampanye
dan kabarnya Presiden sudah berjanji saat kampanye

saat pemilihan
apakah semua warga suku memilih calon yang sama?
dalam bilik suara ada yang tahu siapa yang dipilih?
tanya sama Tuhan yuuuu?

Kamu dari suku apa?
adakah yang jadi menteri?
terus kamu marah gituh?
dan bawa spanduk sambil teriak & guling-gulingan


Leave a comment

Serunya Acara Intip Buku #2 di TMII

Dedi Dwitagama:

Good job Guys, ditunggu yang berikutnya

Originally posted on Motivator Pendidikan Kreatif:

namin ab 1

Om Jay sedang memberikan pengantar acara Intip Buku Kedua di dampingi oleh Namin AB dan Thamrin Sonata

Motivator Kreatif- Ahad 26 Oktober 2014 Komunitas Sejuta Guru NgeBlog (KSGN) bekerjasama dengan Taman Mini Indonesia Indah dan di Support oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) melaksanakan kegiatan Intip Buku dengan tema “Membuat Buku Kreatif dan Inspiratif” dengan menghadirkan narasumber yaitu Namin AB Ibnu Solihihn (Penulis Buku Saya Mau Jadi Guru Go Blog), Estu Pitarto (Penulis Buku Make Audio), Dedi Dwitagama (Penulis Buku PTK), Sudarma (Penulis Buku Mendidik Tidak Bisa Mendadak), Ka Kusumo (Penulis Buku Ice Breaker) dan Dian Kelana (Penulis Novel) selain sebagai penulis buku para nara sumber ini juga merupakan Blogger yang aktif menulis baik di blog pribadi ataupun blog komunitas seperti Kompasiana dan Guraru.org. Selain itu hadir pula Manager Perpustakaan TMII, Mas Sukani Pemenang Guraru Award 2013 dan juga Thamrin Sonata seorang penulis dan pakar penerbitan yang dalam kesempatan ini…

View original 691 more words


Leave a comment

Surat Guru untuk Presiden Baru RI

sumber: google.com

sumber: google.com


Selamat Bapak Jokowi & Bapak JK yang terpilih sebagai Presiden & Wakil Presiden RI
Saya berharap di era kepemimpinan Bapak berdua anak-anak Indonesia bisa bergembira
Belajar sesuai dengan bakat, minat dan potensi dirinya
Anak-anak yang suka musik gembira belajar musik sejak kecil,
Anak-anak yang suka olah raga belajar olahraga sejak kecil,
Anak-anak yang suka bisnis belajar wira usaha sejak kecil,
Anak-anak yang suka meneliti belajar meneliti sejak kecil,
Anak-anak yang suka alam belajar menjaga alam sejak kecil,
anak-anak yang suka memimpin belajar memimpin sejak kecil

Agar negeri ini tak sulit mencari
Pemain musik yang handal,
Atlit yang jago dan sering juara,
Pengusaha yang jujur dan lihai mencari peluang,
Peneliti yang terbiasa mengurai persoalan penting,
Pelestari alam & penjaga keseimbangan hewan & hutan,
Pemimpin daerah hingga pemimpin negeri

Saya bayangkan negeri yang luas ini
tak perlu impor pemusik dari luar negeri,
tak perlu impor atlit dari luar negeri,
tak perlu CEO beda warna kulit,
tak perlu heboh karena penelitian orang luar negeri,
tak perlu disemprot aktifis LSM Dunia karena hutan habis & hewan punah,
tak perlu ibukota impor pemimpin dari kota lain

Jangan lagi anak Papua diukur kemampuan otaknya dengan soal sejenis dengan anak Jakarta,
hasil pendidikan di Papua harus disesuaikan dengan potensi alam disana.
Jangan lagi ada anak sekolah yang mati dibunuh anak sekolah lain saat tawuran,
anak-anak sekolah disalurkan hobby lewat ekstra kurikuler, pembawa senjata tajam kirim ke penjara.
Jangan lagi jadikan sekolah cuma jadi institusi pemberi ijazah,
sekolah harus jadi tempat menyenangkan buat anak & menajamkan keterampilan sesuai bakat.


Leave a comment

Anak negeri tak dilatih percaya diri & tak dibiasakan mengeksplorasi budaya sendiri

Kenapa anak muda Indonesia ga bangga akan kebudayaannya?
Mungkin mreka ga tahu bahwa Indonesia begitu kaya budayanya
Mreka juga ga punya rasa percaya diri buat belajar
Dan menampilkqn budaya negeri semdiri

Mereka lebih suka ikut trend
Gabung dengan komunitas
Tampil seperti kebanyakan yang mereka lihat
Tak biasa mengeksplorasi potensi negeri

Karena sekolah tak ajarkan
Bagaimana jadi percaya diri
Cara menikmati kekayaan budaya negeri
Yang jadi target cuma lulus Ujian Nasional
…..

Itu sebagian isi talkshow saya di Universitas Budi Luhur Jakarta di kegiatan Commdays 14 Okyober 2014


Leave a comment

Kabarkan smua peristiwa di kelas, di sekolah, di sekitar rumah, ide guru, ide murid dan apa aja deh

Teknologi yang menjadi alat komunikasi guru dengan muridnya lewat medai:
– facebook
– twitter
– youtube
– blog
– instagram
– edmodo
– dsb

Kabarkan smua peristiwa di kelas, di sekolah, di sekitar rumah, ide guru, ide murid dan apa aja deh.


Leave a comment

Mendokumentasikan layar berwajah

Mba Ratih, teman di BNN RI upload foto di atas di instagramnya, saya repost aja buat mengingat suasana Training BNN RI di Hotel Fave Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu, nikmati dokumentasi training-training saya disini.


Leave a comment

Kangen anak Kapal SMKN 29 Jakarta, salam jempol kelingking yaaaa, miss u all

Model anak kapal

Model anak kapal


Tiba-tiba saya nemu foto ini
saya inget pada suatu ketika
saya dipilihkan belasan anak-anak ganteng-ganteng dan cantik
mereka siap jadi model untuk difoto buat materi penerbitan sekolah
beberapa hari kami berasa jadi modelling agency
jeprat-jepret di banyak tempat di sekolah
mereka semangat dan kasih banyak ide
hingga menghasilkan ratusan capture
dua diantaranya sedang anda nikmati saat ini
Saya bersama anak" hebat

Saya bersama anak” hebat


salam ibu jari dan kelingking buat anak” muda yang hebat”
semoga smua anak kapal hidup sehat dan sukses slalu, love u all


2 Comments

Rokok ngga papa, Narkoba? Seberapa pedulikah kita?

Sering kita tak peduli terhadap masalah di sekitar kita
Hingga keluarga kita sendiri mengalami masalah itu
Andai kita peduli terhadap banyak hal
Dan berusaha memcari tahu tentang hal itu
Disertai berbagai aspek dari hal yang kita pedulikan
Maka kita akan lebih siap menghadapi masalah

Demikian juga dengan Narkoba
Anda tak peduli ketika ada tetangga yang mengalami masalah narkoba
Melihat rokok yang sudah menjadi biasa seolah tak apa
Tak peduli juga ketika kebiasaan merokok
Mengantarkan seseorang untuk menyalahgunakan narkoba

Ketika anak anda sudah mulai susah dikendalikan
Sering berbohong, mencuri barang-barang di rumah, dsb
Anda baru mulai sadar bahwa anda sedang bermasalah
Dan mulai mencari tahu tentang narkoba
Serta mencari pertolongan
Mungkin anda terlambat …

Tapi lebih baik terlambat daripada anak anda
Keburu mati karena kecanduan narkoba


1 Comment

Selamat: Wakil Rakyat Kampungan Jadi ‘Trending Topic’

foto: twitter.com

foto: twitter.com

Tapi Saya malu, seperti inikah Bangsaku? sampai Kamis 2 Oktober 2014 Pk. 10.04 saat posting ini ditulis trendingnya masih belum berubah … cian deh yang udah milih mreka jadi anggota DPR, fotonya aja yang bagus, kelakuannya ….?


3 Comments

Sekolah dalam tempurung: Murid = Katak, Gurunya apa?

Ilustrasi

Ilustrasi


Saya tiba-tiba teringat peribahasa “Bagai katak di dalam tempurung”, seseorang atau sekelompok orang yang merasa hebat di lingkunganya sendiri tapi tak pernah mengamati lingkungan sekitarnya, dan mereka amat terkejut saat keluar dari lingkungannya ternyata dirinya sangat kecil, orang-orang lain jauh lebih hebat darinya.

Anda guru? coba perhatikan sekolah anda, apakah yang menjadi fokus pembicaraan sehari-hari di ruang kerja, koridor, lobby atau ruang rapat sekolah? jika topik pembicaraan & kegiatan di sekolah anda setiap hari berkisar pada:
konsumsi pagi, snack, menu makan siang hari ini,
pakaian seragam murid & guru,
murid nakal, murid sakit,
upacara,
perolehan juara sedikit,
cemburu liat teman guru lain,
ujian nasional,
pentas seni sekolah,
kedatangan tamu cuma dari dinas dan guru lain sekolah,
jarang mengundang nara sumber dari luar kedinasan,
sedikit murid yang aktif di kegiatan ekskul,
murid dan gurunya jarang jadi juara atau menang kompetisi,
kebanyakan guru tak peduli alumninya kuliah atau kerja dimana,
hari sabtu & minggu sekolah sepi, …
fix ya, sekolah anda berada dalam tempurung.

Sekolah yang hebat:
membiarkan muridnya berusaha sendiri untuk lulus ujian nasinal, karena itu standar minimal,
obsesi sekolah mengantarkan murid ke perguruan tinggi hebat di dalam maupun di luar negeri,
antarkan alumninya kerja di perusahaan hebat,
prosentase murid yg terlibat ekskul banyak,
murid & guru bergairah kompetisi,
sering jadi juara di tingkat daerah, propinsi, nasional & internasional,
sering mengundang nara sumber berbagai keahlian,
hari saabtu & minggu sekolah ramai kegiatan murid & guru, …

Jika murid = katak, Gurunya apa?


Leave a comment

This slideshow requires JavaScript.


Ribuan foto-foto lainnya bisa dinikmati disini.


Ratusan video saya lainnya bisa dinikmati disana.


Leave a comment

Menatap wajah-wajah berbagi ceria masa depan

20141123-160134.jpg
ingat saat di UPI Bandung memenuhi undangan Tanoto Foundation & Kompasiana 7 Nopember 2014.

20141123-160329.jpg
Ini sedanf latihan stand up komedi di Gedung Dewi Sartika, Seminar FT Elektro UNJ 19 Nopember 2014.

20141123-160652.jpg
Dapat bunga mawar dr mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FPBS UNJ di Seminar mereka 20 Nopember 2014 di Perpustakaan UNJ, jadi terasa ingin terus memberi manfaat buat sesama, lebih banyak foto-foto fan catatan training-training saya bisa dinikmati disana.


Leave a comment

Serunya Pelatihan Guru NgeBlog Kota Cianjur di SMP Negeri 1 Cipanas

Dedi Dwitagama:

Aksi yang ke delapan, Jigjakarta adalah target berikutnya

Originally posted on Motivator Pendidikan Kreatif:

“Dinginnya Kota Cipanas Cianjur, membuat Pelatihan Guru NgeBlog terasa lebih menentramkan apalagi melihat guru-guru yang luarbiasa antusiasnya”

namin ab

Fasilitator KSGN dan Peserta Pelatihan Berfoto Bersama

Motivator Kreatif- Ahad, 16 November 2014 KSGN Kembali mengadakan kegiatan road Goes To School, kali ini tempat yang kami kunjungi adalah kota Cipanas- Cianjur, kota yang sejuk dan juga kota yang memilki julukan kota bunga. Pelatihan Guru NgeBlog angkatan 8 dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cipanas dengan banyak peserta sekitar 35 orang. Peserta datang dari berbagai daerah seperti Cianjur, Cipanas, Banjar, Bekasi dan Bogor.

Jpeg

Saya bersama Mas Yulef Dian dan Ustadz Bhayu tiba di SMP Negeri 1 Cipanas sekitar jam 07 Pagi, Alhamdulillah perjalanan sangat lancar ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari cibubur. kami sengaja datang pagi agar tidak terkena buka tutup yang biasa diberlakukan pukul 09.00.

View original 287 more words

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 16,379 other followers