@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal & Global

11 Comments

“Jakarta punya monorail” … Bali ada Balifornia … Ternate ada gunung Gamalama … Manado ada Bunaken … Papua ada burung Kasuari, berjuta mineral dalam buminya.

Bagaimana pendidikan di wilayah yang memiliki keunggulan lokal bahkan mampu bersaing secara global, apakah anak sekolah di Jakarta tahu dan bisa optimalkan potensi Jakarta … atau bahkan tak peduli tentang keunggulannya …. silahkan simak sedikit tumpahan workshop bersama Puskur Balitbang Depdiknas RI

Sejak tahun 1998, terjadi perubahan yang sangat mendasar terhadap semua aspek kehidupan Bangsa Indonesia. Perubahan itu disebabkan oleh perubahan politik dan tata pemerintahan yang semula bersifat sentralistik menjadi desentralistik. Dalam pemerintahan sentralistik, hampir semua kebijakan penting dan kendali pemerintahan dilakukan oleh pemerintah pusat. Pemerintah Daerah, propinsi  dan kabupaten/kota menjadi pelaksana dari kebijakan pemerintah pusat, Jakarta. Pada saat ini fungsi dan wewenang pemerintah daerah lebih besar dalam membuat kebijakan dan melaksanakannnya sesuai dengan variasi potensi,  dan kepentingan pengembangan daerahnya masing-masing.

Salah satu desentralisasi pendidikan adalah desentralisasi kurikulum. Pemerintah, c.q. Departemen Pendidikan Nasional hanya menentukan standar-standar minimal yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan di tingkat daerah. Standar minimal itu berupa standar kompetensi lulusan, standar isi, standar evaluasi, dan standar sarana dan prasarana. Pengembangan lebih jauh terhadap standar-standar tersebut diserahkan kepada daerah masing-masing. Dengan adanya desentralisasi kebijakan itu, maka daerah dapat mengembangkan potensi wilayahnya sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. Salah satu kebijakan yang dapat dikembangkan adalah membuat kurikulum sekolah yang berbasis keunggulan lokal dan global.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan di atas sudah diatur bahwa pelaksanaan pendidikan di luar kewenangan pemerintah pusat dan harus dilakukan di daerah. Oleh karena itu pengembangan kurikulum sebagai salah satu substansi utama dalam pengembangan pendidikan perlu di desentralisasikan, terutama kebutuhan siswa, keadaan  sekolah dan kondisi daerah. Dengan demikian daerah atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan. Sehubungan dengan kondisi daerah dan potensi daerah di Indonesia yang cukup beragam, maka daerah perlu menggali, meningkatkan dan mempromosikan potensinya melalui pendidikan di sekolah.

Masing-masing daerah mempunyai keunggulan potensi daerah yang perlu dikembangkan yang lebih baik lagi. Keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah  sangat bervariasi. Dengan kebergaman potensi daerah ini pengembangan potensi dan keunggulan daerah perlu mendapatkan perhatian secara khusus bagi pemerintah daerah sehingga anak-anak tidak. Sehingga anak-anak daerah tidak asing dengan daerahnya sendiri dan faham betul tentang potensi dan nilai-nilai serta budaya daerahnya sendiri, sehingga anak-anak dapat mengembangkan dan memberdayakan potensi daerahnya sesuai dengan tuntutan ekonomi global yang telah disepakati oleh pemerintah Indonesia. Diharapkan dengan ekonomi global tersebut, masing-masing daerah ingin berlomba bersaing dengan negara lain untuk memasarkan keunggulan daerahnya sendiri.

PENGERTIAN

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan global dalam  aspek ekonomi, seni budaya, SDM, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain ke dalam kurikulum sekolah yang akhirnya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik yang dapat dimanfaatkan untuk persaingan global.

Keunggulan lokal adalah hasil bumi, kreasi seni, tradisi, budaya, pelayanan, jasa, sumber daya alam, sumber daya manusia atau lainnya yang menjadi keunggulan suatu daerah.

Keunggulan yang dimiliki suatu daerah dapat lebih memberdayakan penduduknya sehingga mampu meningkatkan pendapatan atau meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Karena manfaat dan pendapatan yang diperoleh menjadikan penduduk daerah tersebut berupaya untuk melindungi, melestarikan dan meningkatkan kualitas keunggulan lokal yang dimiliki daerahnya sehingga bermanfaat bagi penduduk  daerah setempat serta mampu mendorong persaingan secara kompetitif pada tingkat nasional maupun global. Dengan memberdayakan keunggulan lokal dan global dapat menjawab permasalahan yang ada, antara lain :

a. Keunggulan lokal dan global apa yang dapat dikembangkan

b. Adakah manfaatnya bagi masyarakat

c. Bagaimana cara mengembangkannya

d. Bagaimana cara pembelajarannya yang efektif dan efesien

e. Infrastruktur apa yang diperlukan

f.  Berapa lama pembelajaran keunggulan lokal dan global dilaksanakan

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah agar siswa mengetahui keunggulan lokal daerah dimana dia tinggal, memahami berbagai aspek yang berhubungan dengan keunggulan lokal daerah tersebut, selanjutnya siswa mampu mengolah sumber daya, terlibat dalam pelayanan / jasa atau kegiatan lain yang berkaitan dengan keunggulan lokal sehingga memperoleh pendapatan dan melestarikan budaya / tradisi / sumber daya yang menjadi ungulan daerah  serta  mampu bersaing secara nasional maupun global.

      Supaya keunggulan yang dimiliki daerah dapat dipahami siswa dan keunggulan daerah dapat menyejahterakan masyarakatnya diharapkan keunggulan daerah dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat pada umumnya.

      Sehingga masyarakat dapat menjaga kelestarian potensi daerahnya dan dapat memanfaatkan potensi daerahnya sendiri dengan semaksimal mungkin, sehingga bermanfaat bagi hidupnya, dan bagi masyarakat pada umumnya.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global :

1.  Lingkup situasi dan kondisi daerah adalah segala sesuatu yang terdapat di daerah tersebut yang berkaitan dengan lingkungan alam, sosial, ekonomi, seni dan budaya atau lainnya yang berupa  hasil bumi, tradisi, pelayanan/jasa, tenaga kerja atau lainnya yang menjadi keunggulan suatu daerah.

2.   Lingkup keunggulan lokal dan global, adalah mencakup potensi keunggulan lokal,

bagaimana mengelola, mengolah/mengemas, menggali, meningkatkan, mengoptimalkan, mempromosikan, memasarkan atau proses lainnya yang mampu menghasilkan nilai tambah bagi daerah sehingga dapat meningkatkan tarap hidup /  kesejahteraan maupun Pendapatan Asli daerah  (PAD) dan mampu bersaing secara global. Maka dipandang perlu Penyelenggaraan Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dikembangkan di SD/MI, SMP/MTs/SMPLB DAN SMA/MA/SMALB

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; http://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

11 thoughts on “Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal & Global

  1. memang kalo sekarang….. pendidikan haruslah berbasis keunggulan lokal dan global…. karena hal tersebut langsung nyata kepada kehidupan .ane dukung be…program demikian…….keep u move pak de wkakaka

    Trm kasih dukungannya … bobot Anda membuat Saya lebih bertenaga :D

  2. seorang remaja bangkit dari tidurnya yang lelap…sang ibu bertanya dengan penuh kelembutan, sang anak menjawab bahwa baru saja ia bermimpi tentang sebuah gedung baru dipusat kota , gedung itu sangat megah..beberapa ruang dan bagian gedung itu setiap hari sabtu dan ahad penuh dengan anak-anak & remaja yang sedang aktif beraktifitas sesuai dengan pilihannya.
    Di hal A terdapat sport center, di hal B terdapat pusat kebudayaan….tari, melukis, musik …di hal C ada suara-suara lucu bocah-bocah kecil yang sedang belajar Al-Qur’an lengkap dibawah bimbingan seorang mentor yang menggunakan multimedia yang canggih….di hall D ada rang diskusi para seniman dan budayawan yang asyik membicarakan nasib budaya negeri yang makin padam ……di hall E ada kumpulan mahasiswa yang dengan seru seram penuh dengan heroisme berdiskusi tentang keadilan….semua dengan aroma enerjik .. dan kegiatan ini berlangsung semarak ….dan semua itu tanpa dipungut biaya apapun oleh pengelola gedung…………………………
    ………………………………………………….mendengar ocehan sang remaja itu….si ibu hanya bergumam….. nak…..itu semua ..hanya mimpi……………………….

    Hidupkan mimpi itu dalam hati dan fikiran kita … pasti Allah akan mendengar dan memberi jalan wujudkannya ,,, terima kasih telah berkomentar, salam buat keluarga, semoga sehat senantiasa

  3. Pak dedi, sekolah bapak dapat bloggrant PBKL ya?! mohon pencerahannya.. kami sedang mengerjakannya sekarang, jika ada info terkait hal2 teknis, mohon dicantumkan url-nya..

    hormat saya

    PBKL … ? apakah itu lengkapnya? pls tell me

  4. Alangkah leganya para orang tua apabila saat ini telah ada berpendidikan yang berorientasi lokal dan global tanpa menghilangkan Spiritual intelegence sehingga generasi mendatang tidak hanya cerdas tetapi beriman dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari. Merasa selalu dalam pengawasan Allah sehingga selalu bertindak dan berbuat benar dalam segala kondisi.

    Komentar Anda selalu menyejukkan, nuansa spritualnya amat terasa, thx … semoga Anda sehat selalu

  5. This blog is the real edublog. Ane semangat bacanya.

  6. Insya Allah kan jadi referensi ane. Pak Dedi, mohon izin tuk “mencuri” beberapa kalimat yang ane perlukan.

  7. Pak Dedy yth! mhn diberikan cnth real plksnaan PBKL!

  8. datanglah ke smkn 1 bone-bone kab. luwu utara sulawesi selatan. Ada kerjsama antara smkn1 bone-bone dengan PT. Mars Symbioscience dalam pengembangkan dan penelitian 12 klon kakao, sebagai sumber pembelajaran.

  9. Pingback: pendidikan berbasis unggulan global dan interglobal » legowo

  10. sekolah kami juga mencanangkan PBKL ( Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal) yg mengarah pada ketrampilan, trimakasih pak,uraian bpk dsn banyak memberikan pengertian yg sangat berarti untuk sekolah kami…..sukses untuk pak.Dedi!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 14,064 other followers