@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Kerja sambil KULIAH

53 Comments

dwitagamahard.jpgAnda sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan? … memang tak mudah untuk peroleh keduanya … Seorang karyawan atau profesional yang berniat melanjutkan studi akan menghadapi lebih banyak kendala dibandingkan mahasiswa yang ingin bekerja. Problem utama terletak pada jam kerja yang tidak bisa ditawar-tawar.

Sebelum memutuskan untuk kuliah, seorang karyawan harus mempertimbangkan banyak hal, khususnya ketersediaan waktu dan keleluasaannya dalam mengatur waktu. Soal alokasi waktu, saat ini banyak program studi yang membuka kelas malam atau kelas Sabtu-Minggu sehingga memberi kemudahan bagi para pekerja. Tapi ini saja tidak cukup.

Berikut beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan oleh karyawan atau profesional sebelum memutuskan untuk kuliah:

  • Pilihan kuliah di awal karir. Saat Anda baru mulai bekerja, sangat bijak untuk tidak memikirkan rencana kuliah. Apalagi status kerja masih sebatas karyawan kontrak. Karyawan baru biasanya identik dengan masa adaptasi dan penugasan bertubi-tubi. Tujuannya antara lain untuk mengukur kinerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Dalam kondisi seperti ini, lebih baik fokus pada pekerjaan kantor tanpa menambah beban kuliah yang dapat mengganggu konsentrasi kerja.
  • Manajemen waktu. Tidak ada istilah week-end atau berleha-leha bagi siapapun yang bekerja sambil kuliah. Waktu Anda akan terkuras habis untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan tugas kampus. Anda harus piawai mengatur jadwal dan memangkas waktu santai, sehingga semuanya bisa terlaksana dengan baik, termasuk waktu untuk keperluan keluarga.
  • Persiapan budget khusus. Selain membutuhkan waktu ekstra, kuliah juga membutuhkan pengeluaran tambahan, setidaknya untuk biaya transport dan makan. Pengeluaran rutin ini jelas berdampak pada cash-flow. Untuk itu, lakukan penghematan dan pengetatan anggaran dengan memangkas beberapa pos pengeluaran yang tidak penting. Anda juga harus siap mengorbankan tabungan atau alokasi investasi lainnya.
  • Universitas Terbuka (UT). Bila Anda merasa kerja sambil kuliah sulit dijalani, mengapa tidak mengambil program studi di Universitas Terbuka? Ya, perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem kuliah jarak jauh ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa mengikuti sistem perkuliahan tatap muka. Agar sukses meraih gelar S2, diperlukan kemandirian dan motivasi kuat. Di jenjang S2, Universitas Terbuka telah membuka tiga program studi, yaitu Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen dan Magister Manajemen Perikanan. 

Source: Kompas

Image: http://www.higarts.de

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; http://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

53 thoughts on “Kerja sambil KULIAH

  1. Pak Dedi, nawaitu ada, tapi fulus and kesempatan yang belum datang.

    Bicara dg istri dan orang tua Anda, jk dia setuju … daftar aja, pasti fulus akan datang, Allah maha memberi

  2. Saya sedang ngalamin itu pak, kerja sambil kuliah, berat banget terutama di masalah Manajemen waktunya, saya kuliah dari 2002/2003 sampai skrg kaga lulus2, gmana yah? Solusi yang tepat ada ga?

    Mantapkan diri utk prioritaskan yg utama, fokus pada tujuan yg tepat … pelihara kontak dg kampus dan teman kuliah pasti bisa lulus, doa saya menyertai Pak Basuki, keep fight

  3. pak dedi,artikel kuliah sambil kerja akan saya link di artikel saya di smartalndscape.blogspot.com.isi artikel bagus berisikan semangat baru buat blog saya yang similiar,boleh yah ded?

    Silahkeen :D

  4. assalamu’alaikum pak dedi,

    Hari ini saya senang bertemu dengan bapk, meski cuma ngobrolnya kita sebentar tapi cukup tersirat kesan ‘edutainment’ nya dari topik singkat yang kita obrolkan. Belum lama ini saya mengikuti konfrensi guru yang diselenggarakan oleh sampoerna foundation dan provisi pendidikan. Meski biaya sendiri rasanya pertemuan guru pada acara tersebut bisa ‘ngebor’ semangat jadi tinggi. Akhirnya saya memutuskan mau ikut pada komunitas pendidik dan pendidikan SF-TI.

    Menarik tips yang disampaikan bapak ‘kuliah sambil kerja” .
    tapi kendala kadang timbul bilamana kita terbentur jadwal kuliah dan bekerja , bila jurusan yang kita tempuh tidak ada yang membuka sore atau kelas sabtu – minggu.
    Semoga rasa kangen saya terhadap kampus guna menimba ilmu terkabul dalam waktu dekat ini.

    Salam senyum , mind dan soul.

    komariyah
    smk 8 jakarta

    Wass
    Sy suka juga bincang dg Ibu … begitulah Sy he he … sy doakan agar Ibu bisa cepat kuliah … ambil aja jurusan pendidikan, Sy beberapa kali diundang Teacher Institut Sampoerna Foundation untuk refreshing guru-guru, semoga suatu saat kita bs jumpa di forum mereka … sayang saat KGI kemarin Sy ada kegiatan lain … keep fight Mom :D

  5. Saya pernah mengalami hal ini, pagi mengajar samapai siang, kemudian setelah rehat sejenak saya kuliah sore sampai malam. Memang membutuhkan komitmen dan manajemen waktu yang efektif agar keduanya berjalan lancar. Jangan lupakan hak Allah untuk tetap beribadah walau badan amat lelah sesuaikan porsinya. Semoga berhasil sampai tujuan utama, Allah merahmati kita. Amin.

    Ibu hebat … telah mengalami sesuatu yang hebat dan bisa ambil manfaat untuk selalu tingkatkan kualitas diri, thx 4 comment

  6. mau tanya tempat kuliah yg bisa sambil kerja di jogja. jika ada dengan waktu singkat dan jurusan komunikasi S-1
    thanks….

    Coba Anda tanya ke Kopertis (Organisasi Perguruan Tinggi Swasta) yang punya kelas sore atatau Sabtu/Minggu … thx 4 ur comment, smg sukses

  7. Pak Dedi, saya skrng krja dgn sistem jam krja shift. Ada shift 1 dr pukul 07.00 – 15.00 / shift 2 dr pukul 15.30 – 23.00 / shift 3 dr pukul 23.00 – 07.00
    ada ga ya jadwal kuliah yg bisa mneyesuaikan jam kerja kyk gitu. Please kasih saran! Rencananya saya akan mengambil jenjang D3 / S1. Jika ada Universitas yg bisa menyesuaikan mohon bantuannya.

    neo_smkgkn@yahoo.com


    Demmi, paling baik dengan konsisi anda, silahkan Universitas Terbuka, pilih jurusan yang sesuai dengan bidang kerja Anda …. trm ksh telah berkunjung dan berkomentar

  8. Assalamualaikum..

    Pak Dedi, saya ingin bertanya tentang UT ini, lokasi saya ada di Cikarang Bekasi. di manakah saya bisa mendapatkan info seputar UT? apakah nantinya ijasah UT di akui? saya masih ragu.. mohon penjelasan nya pak..

    Wassalam

  9. saya adalah seorang pelajar yang sebebntar lagi akan lulus SMA. Dan saya membutuhkan pekerjaan untuk bisa membiayai kuliah saya nanti. Untuk itu saya mohon informasinya dari Bapak. Alasan saya ingin kerja sambila kuliah, karena saya ingin bisa menggapai cita-cita saya, di sisi lain juga karena saya ingin membantu kedua orang tua saya. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya.

  10. Assalamu’alaikum wr wb

    saya adalah seorang pelajar yang sebentar lagi akan lulus SMA. Dan saya membutuhkan pekerjaan untuk bisa membiayai kuliah saya nanti. Untuk itu saya mohon informasinya dari Bapak. Alasan saya ingin kerja sambil kuliah, karena saya ingin bisa menggapai cita-cita saya, di sisi lain juga karena saya ingin membantu kedua orang tua saya. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya.

    Wassalamu’alaikum wr wb

    e-mail: maul_dik@yahoo.co.id

  11. Salam..

    Saat ini saya juga lagi bingung. skrng lagi kerja tapi mau kuliah juga.. bagaimana yah…
    Sekalipun kuliah sudah pasti saya harus bekerja juga karena saya memang ingin kuliah tanpa harus memberatkan ortu. Bisa infonya di jakarta yang ada kuliah malam dimana yah?
    Kalau bisa bales di shoutbox saya yah.. thx bgt.

  12. saya umur 19 th,sya sdah krja n skg jd karyawan kntrak di suatu prsahaan,tp bnrnya q msih pngn kul gt,ambil jur b.asing,tapi yang msuk klas sore,
    kira2 d unversitas mn y yg da klas sore jur b.asing,thanks u

  13. Sukses pak.

    Pak Dedi,sy karyawan swasta diperusahaan pembangkit umur 21. Terimakasih pak,tlah mmuat tulisannya.Tulisan bpak memberi sedikit jawaban atas keragu2an saya.masi bnyak sich pak yang blum terjawab,untuk itu sya memohon solusi bpak.pak,sy tahun 08 cba kuliah difkultas swsta,dgan jurusan TI status sdah krja.dngan beratny biaya dan wktu krja dng 3 shift,yang tiap 3 hari brubah2 sy coba jalani pelan2,sy mampu beradaptasi & brsaing dgn tman kmpus lain,yaah walau kdang kpala muter2,pusing,apalagi slesai bgadang plg pagi lnjt kkmpus truz sorenya masuk kerja lgi.ini sy jalani 1 smster.smster slnjutnya,sy urungkan niat sy tuk lnjtin pak,krn sy mdapat informasi bahwa kmpus ini,statusnya’diakui’ tapi blum mmliki akreditas pak,bnyak alumnus yg ngentayangan gak jlas,apalagi wktu pnrima cpns thun 08,smpe2 mrka bwt orasi.dari orasi alumnus inilah sy jadi tau bgamana buruknya kmpus swasta trutma kmpus saya n kmpus yg hnya skdar berdiri, trus cari mahasiswa diSulteng.Tahun ajaran bru ini 09,sy coba mlamar keuniversitas negeri cari teknik elekro.ini dngan niat yg bulat n nekad.Bulat krna ingin ngembangin karir & plih negeri,krn takut terkecoh lg dgn swsta.truz nekad krna sdah tau akibat yg akan timbul, kuliah dinegeri smbil krja.beban fisik n bban sgalanya.ini sy lkukan semata2 tuk dpt ilmu n menunjang karir saya,pak.eEEh,hrapan sy lenyap stlah tau persyaratannya,angkt SMA 06,tdak dterima lgi jd mhasiswa diunivtas ini.Entah alasan apa pak,mgkin syarat dari dinas pendidikan.Ini curhat saya pak.permasalahan saya:
    1.Kampus swasta bgamana yg harus dipilih bila sya ingin berkarir didprtemen negeri dan swsta?(biar ijasahnya diakui pak)?
    2.Bgmna mnurut bpak bila sya mmlih jurusan kuliah yg tdak ssuai dgn bdang krja.(hanya ingin mencari gelar kata ortu )menguntungkan atw mrugikan?
    3.UT menjanjikan pak,tuk brusaha tuk masa kdpan?

    Terimakasih pak,besar harapan saya menerima solusi bapak.

  14. assalammualaikum ana prastyo umur 23 pengen kuliah klo bisa universitas terbuka aja,saya krja di depok n kos disna, yg jd prtnyaan:
    – UT (universitas terbuka) adany dimna?
    – brapa biayany?
    – Apkah sya bisa n mampu dg umur sgitu?
    – bgaimana cara mmbgi wktuny?
    – saya lulusn smk jur akuntansi cocokny ngmbil akademi apa?
    smoga jawaban bpk bisa mnjadi solusi buat saya, terima kasih ,wassalammualaikum

  15. saya llus sma kmaren, pgn kul tp g ad biaya.. mau krja dlu trus thun dpn baru kul,, sya pgn jd guru.. unv spti ap yg ssuai.? sya jg hrus cari uang smesteran sendiri..
    tlg ksh tipsnya.
    mksh

  16. Kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah? Mana sih yang menjadi kegiatan sambilan? hehehe

  17. saya kerja di sebuah perusahaan serveran pulsa,keinginan untuk kuliah dari dulu sangat besar.tiap 2minggu sekali saya libur kerja,apakah mungkin saya bisa untuk kuliah pak.mhon solusinya untuk saya,agar saya punya semgat lg.trimaksih sebelumnya.

  18. pak saya pingin kuliah tapi saya orangnya senang berbisnis,dimana y

  19. Gue bingung ni…pengen bgd kuliah sedangkan pekerjaan gue ga nentu masuknya…kadang siang terkadang juga pagi…enaknya gimana yaaaaa???

  20. Pingback: Kerja Sambil Kuliah « Aq Pengen Kuliah…!!

  21. assallamualaikum pak..

    saya saat ini bekerja disebuah perusahaan dan masih kontrak, namun disatu sisi saya ingin menuntut ilmu tanpa mengorbankan pekerjaan
    saya kerja dengan waktu 2 minggu kerja, 1 minggu libur, menurut bapak ada gak cara agar saya dapat kuliah,
    mohon balasannya pak, saya butuh saran dari bapak
    sebelumnya terima kasih ya pak.

    was.
    email andiyulian9192@yahoo.co.id

  22. askum,
    pak semester lalu saya kuliah tp berhubung saya diterima kerja di slh satu perusahaan didaerah saya yang jauh dr kota tmpat kuliah saya dulu,saya pun memutuskan untuk behenti kuliah,namun 1 bulan saya kerja,ada teman yang menghungi saya & mengabarkan bahwa saya bisa melanjutkan kuliah tanpa mengulang jadi MABA,saya tertarik namun posisi saya sangat sulit karna memilih 2 hal yang penting.Pak saya gimana in,saya butuh saran dr Bpk secepatnya ya Pak

    Wassalam

  23. ass,,,,
    pak tolong bantu saya untuk mendapatkan pekerjaan
    saya masih kuliah di STKIP JURUSAN AKUNTANSI,
    saya kuliah biaya sendiri pak tp sekarang saya bingung byaran saya numpuk pak mau berenti sayang karena dah semester 5 saya ngmbil S1. saya ngmbil kuliah cuman hr minggu doang pak.saya tinggal di bogor.
    mhon bantuannya ya pak?
    terimakasih

  24. Asslkm..
    pak saya mau nanya,saya pengen kuliah tpi jam krja saya senin-sabtu jam 08.00-17.00,baiknya gimana ya pak???
    trima kasih

    anda tinggak dimana? coba cari kampus perguruan tinggi swasta, biasanya ada jadwal kuliah malam, tk

  25. pak kalu sya mau bekerja tpi di mna krna sya kulianya di makasar ,,jurusan saya sistem informasi

  26. saya sedang cuti kuliah. tapi, cuti saya ini bukan karena saya malas atau menghindar. saya cuti karena biaya buat kuliah terhambat. karena saya berdikari,membiayai kuliah secara independent. tinggal 2 semester saja saya sudah jadi sarjana,tapi cuma karena biaya, kuliah saya jadi terhambat. nah, ada gak sih dermawan yang mau bantu bayar kuliah saya??
    kuliah saya gak bodoh2 amat, IPK sekarang 3,45. untuk kepanititaan dan keorganisasian juga saya aktif terus. bagaimana cara saya agar bisa kuliah lagi?? kalau pun harus bekerja, saya siap, demi kuliah saya lulus. Ya Allah, tuntun hambamu ini ke jalan yang benar…

  27. assalamualaikum
    pak dedy, saya karyawan swasta domisili di banjarmasin saya kepingin sekali ikut kuliah terbuka ( UT ), tapi saya tidak tau caranya dan tidak tau syarat dan tempat untuk mendaftar. kalau boleh saya kepingin belajar management. besar harapan saya bapak mau membimbing dan membantu saya. supaya saya dapat belajar di UT.

    terimakasih atas bantuanya

  28. salam kenal pak dedi, saya mahasiswa ITS, kmarin br lulus program D3, dan skrng melanjutkan S1 Lintas Jalur di ITS jg, dan sekarng saya pingin melamar kerja,

    masalahnya :
    pas interview terakhir biasanya di tanyain: tidak melanjutkan kuliah?

    dan saya menjawab jujur, kalau ia pak, kuliah tapi malam, jam 7-11 malam, jd tidak mengganggu pkerjaan,

    tp tidak hanya saya, msalah ini jg di alami teman2 saya, kebanyakan tidak di panggil lagi / tidak diterima,

    solusinya bgaimana pak dedi :)
    apakah kita berkata tidak kuliah saja, krna memang jadwal sudah di atur tidak akan bentrok, smntara bkerja demi untuk membayar SPP.

    trims, mohon pendapatnya

    teruslah berusaha, niat baik akan menemukan jalannya sendiri, saya rindu sukolilo, trm ksh

  29. yang susaah itu dalam pembagian waktu..apalagi saya cepat lelah…

  30. pak ddysayaberenana kuliah tahun depan dokan saya ya pak…

  31. eko wahyudi
    25 th
    hp : 088219758860
    saya membutuhkan pekerjaan untuk shift malam buat melanjutkan kuliah saya.UI azzahra fakults psikologi semester 5.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  32. Yth. Pak Dedi

    Senang bisa bersilaturahmi, Sejujurnya keinginan kuliah sangat besar tapi karena keadaan ekonomi maka sejak lulus SMA tahun 1992 saya tidak bisa kuliah, hingga saya bisa termotivasi dari ulasan bapak, sekarang apakah masih mungkin saya bisa kuliah lagi, mengingat umur saya sudah 37 tahun.
    Saya kerja di bidang graphic design dan otodidak, sekiranya ada kesempatan saya akan kuliah di DKV. Terima Kasih atas sarannya.

  33. yang di sebut kuliah terbuka maksud nya gimana pak??

    S2?? S1 za masih di awang-awang

    saya punya niat neh pak target saya tahun depan dah jadi mahasiswa,, rencana tinggal rencana semua allah yang menentukan,, saya googling kerja sambil kuliah eh nemu blog bapak..

  34. .Sya org g pnya, saya mmtuskan bwt bkerja trlbh dhlu untk mngmpulkan uang dan akan sya gnakan untk kuliah.
    .Smga saya bisa.
    .Amin.

  35. gimna pak,,,,klo kita mislkn krj mbil kuliaH,,,,,tYUS JURUSAn yg kita ambil gk sesuai dgn krjaaN…..? solusinya kya gmn yc ?

  36. siip…..klw kuliah gw gk bisa sambil kerja….kuliah dari pagi sampai sore…gmna mau kerja???????????????????

  37. aku salah satu orang yg sedang kebingungan untuk kerja sambil kuliah. saya bekerja pada perusahaan swasta di bidang kontraktor. bekerja 6hari dlm 1 minggu dan jam kerja yg tidak pasti. ijin dari kantor untuk sambil kuliah sudah di dapat, sayangnya saya punya calon suami yg kurang setuju dengan rencana ini. sekalipun saya masih berusia 20th, dia menganggap waktu yg akan terkuras habis dan akan mengurangi kinerja di kantor. bagaimana solusinya ?? sebaiknya stay di kantor saja atau menuruti keinginan ( ego ) untuk kuliah ?

    • Kuliah itu investasi yg luar biasa, hebat sekali jk perusahaan anda sdh mengizinkan, cari kampus yg dekat dengan kantor atau rumah anda … Pasangan hidup yang baik tak melarang org yg dicintainya berproses untuk jadi lebih baik … Selamat berjuang utk kehidupan yg lbih baik

  38. Tempat kuliah yg biaya ea terjngkau d jkrta d mn yach..

  39. Saya ingin kullya tp di mana yg cocok tempat nya ya, kerja sambil kulya ne.tp brp uang masuk pertama nya

  40. saya adalah lulusan di politeknik di tangerang…yang berbeasiswa…namun ..setelah lulus harus mengikuti ikatan dinas 7 tahun…sedangkan saya di tempatkan dengan sistem kerja 3 shift….tolong masukannya untuk tempat kuliah yang dapat menerima keadaanku seperti ini…semoga bapak bisa membantu…terima kaasih…

  41. assalamu’alaikum ..nama saya misbah,q udah bekerja jadwal kerja saya senin-sabtu pukul 07:00-17:00 q pengin kuliah,,gimana yah?tolong q minta solusi dari bapak.085293998175

    • Coba cari kampus yg berada dekat dengan tempat kerjamu atau searah jalan pulang, semoga ada kelas buat karyawan, banyak perguruan tinggi swasta yg punya kelas karyawan, smg sukses

  42. Assalamu’alaikum…

    Saya anak didik bapak di SMKN 36 Jakarta angkatan 2010. Step step pertimbangan sebelum masuk kuliah yang bapak tulis di atas sama seperti yang saya lakukan selama ini. Saat ini saya kuliah di Universitas Pasundan Bandung, semester 6.
    Tapi entah kenapa, akhir akhir ini saya merasa hidup saya seperti orang yang tidak normal. 08.00am-04.40pm saya harus bekerja setiap hari (kecuali hari minggu), setelah itu pukul 05.00pm-09.00pm saya harus kuliah. Belum lagi saya harus mengerjakan tugas dari dosen terkadang sampai pukul 12.00pm. Melihat matahari saja sulit. Sempat berfikiran untuk cuti, bahkan giveup dan ingin pulang ke Jakarta. Bagaimana pak solusi untuk menghilangkan rasa jenuh seperti ini?
    Terimakasih pak Dedi

  43. I’m not that much of a internet reader to be honest
    but your sites really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site
    to come back later on. Cheers

  44. Pak bagaimana dengan saya yang sedang dinas diluar kota…apakah bisa masuk Dan bgmn caranya…thanks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 15,882 other followers