@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

menjadi GURU BERPRESTASI

9 Comments

Statistik blog Saya menunjukkan banyak pengunjung yang jumpai Saya dengan entri “Kiat menjadi guru berprestasi” … jika Anda berminat ke arah itu, silahkan baca tulisan di Blog Guru Kreatif, yang cuplikannya begini:

Ukuran Guru berprestasi sebenarnya adalah seberapa jauh siswa respek dan suka terhadap kita, 7 tipe dibawah ini mungkin membantu anda untuk lebih memahami diri Anda dan siswa anda dikelas, yaitu:

1. Menghormati siswa dan tidak membuat mereka runtuh mentalnya dengan perkataan yang negatif dan memojokkan.

2. Melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan. Tentunya anda punya hak perogratif sebagai guru, namun melibatkan mereka boleh juga sebagai cara untuk membagi kewenangan dan mempermudah tugas anda dalam mengendalikan mereka dikelas.

3. Mendengarkan mereka saat mereka berbicara pada anda. Tidak berteriak marah jika mereka berbuat sesuatu yang mungkin menurut anda adalah sebuah kesalahan.

4. Adil, mudah diajak berkomunikasi, selalu ada saat mereka membutuhkan, selalu mendukung.

5. Saat mengajar tidak tegang, dan melakukan pembelajaran yang menyenangkan dengan berbagai macam cara dan metode.

6. Jelas, saat menerangkan sesuatu dikelas kepada mereka, artinya memang tidak mudah berbicara dalam bahasa mereka. Namun ketahuilah lebih berat untuk mereka untuk memahami anda dibandingkan sebaliknya.

7. Jangan menyerah terhadap mereka. Ada banyak film yang menjelaska menganai hal ini salah satunya film Dangerous Minds. Mudah-mudahan anda pernah menontonnya.

Disamping itu, coba amati diri Anda:

Seberapa sering Anda diajak bekerja oleh Dinas Pendidikan, Pemda, Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas, atau lembaga lain di Indonesia bahkan di luar negeri …

Jika Anda sudah terbiasa berkiprah di berbagai arena dan memenuhi 7 kriteria di atas … luruskan niat, bahwa Anda ikut pemilihan guru berprestasi untuk kebaikan pendidikan anak negeri … tak perlu berambisi terlalu tinggi … karena tak baik untuk hormon diri Anda … Selamat berjuang saudaraku

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; http://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

9 thoughts on “menjadi GURU BERPRESTASI

  1. Guru berprestasi, memotivasi siswa untuk berprestasi, dan beraksi.
    Dibutuhkan keteladanan dana berprilaku. Bukan sekedar bisa mengajar. Guru berprestasi punya integritas tinggi. Apa yang dikatakan, condong dengan apa yang dilakukan.
    Terima masih untuk, sumbangsihnya, kiranya bermanfaat dan mendorong untuk lebih berprestasi lagi, demi anak bangsa, demi menyelamatkan bangsa. hanya satu dengan pendidikan.

  2. ita masih *bljr* menjadi guru *yang berprestasi* :D

  3. Terima kasih ya Allah saya diberikan seorang sahabat yang sungguh sangat luar biasa. Saya harus belajar banyak dari sahabat saya ini. Terima kasih atas tulisan yang sangat memotivasi ini. Semogga Allah terus membimbing kita.

    Wijaya Kusumah

  4. Sukarman; Sa7 bgt
    Ita; baru belajar saja sudah hebat, apalagi jk sudah khatam
    Wijaya; ente jauh lebih hebat dari anne
    Thx all 4 comment

  5. Salam,
    Selamat ya atas dibukanya forum guru unjuk pendapat pendidik yang positif,cerdas dan kreatif. Saya menghaturkan selamat dan semoga sukses serta berkembang terus.

  6. Saya sebenarnya terspirit kan oleh tisp tulisan bapak, tapi ada satu yang mengganjal , ada satu cerita sebut aja si x yang mendapat gelar guru berprestasi , kenapa langkahnya hanya mementingkan kepentingan sendiri aja dan kurang santun sikapnya. Tapi ini pendapat yang banyak di sekitar saya.
    Bapak, jangan bosan terus memberi spirit ya

  7. sukses dech buat semua rekan guru….
    saya sempat tertawa kecil ketika membaca kalimat ini :

    … tak perlu berambisi terlalu tinggi … karena tak baik untuk hormon diri Anda …

    bener banget gitu….

    ha ha ha … itu cuma dasarkan ngalaman aza bu sri … bahwa ambisi yg berlebih bikin badan meringkih … salam semangat guru mandiri … trm ksh dah berkunjung dan komentar

  8. Nambahin judul film yang bisa nambah inspirasi rekan guru nih ” HIGH SCHOOL HIGH” TH 1996 . smg menambah wawasan dalam mengajar deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 15,499 other followers