@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

beranikan untuk mulai tampil dan bicara di muka umum

4 Comments

“bagaimana cara untuk bisa berani tampil dan bicara dimuka umum?”

Itu pertanyaan yang sering muncul di training, seminar atau workshop saya …. Mungkin pembaca sering memdengar tanya ini.

Biasanya saya menjawab gini:

“beranikan untuk mulai tampil dan bicara di muka umum ….. Dimulai dengan ajukan pertanyaan saat guru mengajar di kelas atau saat rapat dengan teman atau organisasi yang hanya beberapa orang …. Soal cara, dengan menulis dulu apa yang mau ditanyakan … Tulis poin nya saja … Atau cara lain yang anda bisa, … Lakukan aja … Makin sering bicara, anda makin cepat percaya diri dan bagus di depan umum.”

Selamat mencoba.

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; http://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

4 thoughts on “beranikan untuk mulai tampil dan bicara di muka umum

  1. Pak Dedi, banyak orang mengira kalo sudah jadi guru biasanya tidak terlalu sulit jika diminta untuk tampil berbicara di hadapan orang banyak. Sehingga kita sering kali di minta tampil berbicara atau sekedar memberi sepatah dua patah kata mewakili mereka, pada beberapa acara kecil di lingkungan tempat tinggal misalnya, Saya merasa berbicara di hadapan audiens yang tidak saya kenal, apalagi jika memiliki status sosial yang lebih tinggi, amat berbeda dengan berbicara dihadapan siswa. Jujur, perasaan grogi ini kadang menghantui juga, jadi gak pe-de… Ada kiat khusus gak menghadapi kesulitan ini… Makasih banyak Pak Dedi…

  2. Aloo bu etty … Sgera siapkan materi yg akan anda bicarakan … Kuasai isinya … Berlatihlah jika sempat …. Smakin banyak bacaan atau info di memori anda, makin mudah anda merangkai kata …. Berniat lakukan hal positif dan ikhlas akan permudah bicara anda …. Smg sukses, d tunggu kommennya lagi :) :)

  3. haloo pak dedi saya ingin tanya kenapa ya setiap kali saya mau tampil di depan umun saya seperti orang deman tiba tiba,padahal di dalam kemauan saya,igin menguasaikan keberanian saya tapi tak bisa maka dgn itu yasa maun tanya bagaimana cara nya saya bisa menghilankan rasa deman saya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 15,324 other followers