@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan


Leave a comment

MAU PILIH SMA ATAU SMK? baca dulu deh

20130402-105015.jpg
Saya masih sering menerima pertanyaan tentang pilihan sekolah ke SMA atau SMK lewat facebook dan twitter.

Jika anda berencana mau bekerja setelah SLTA, pilih SMK, karena SMK memberi bekal ilmu dan keterampilan yang bisa lagsung diterapkan di tempat kerja, saat bersekolah murid mendapat kesempatan untuk praktek kerja di perusahaan atau instansi lewat programmagang atau praktek kerja lapangan atau praktek kerja industri ada berbagai jurusan yang bisa dipilih seperti multimedia, audio video, elektronika industri, listrik, automotif, pemasaran, akuntansi, dan banyak lagi deh.

Jika anda berencana mau kuliah setelah SLTA, pilih SMA, karena SMA mempersiapkan anda buat lanjut ke Perguruan Tinggi lewat ilmu matematika, IPA,IPS, Bahasa Inggris, dan lainnya. Kesempatan menembus Perguruan Tinggi Negeri lebih besar dari SMA dibanding SMK, apalagi jika orang tua anda sudahmeyiapkan biaya untuk kuliah …. Jangan ditolak guys, kuliah ajaaa, semoga hidupmu sukses.

Andai masalah biaya jadi hambatan, setelah tamat SLTA langsung kerja aja, trus nabung deh untuk biaya kuliah sambil kerja … Memang tak ringan anda kuliah setelah pulang kerja … Tapi perjuangan itu akan berbuah manis pada akhirnya …. Selamat berjuang yah … semoga Allah mudahkan semua usaha anda.


6 Comments

THE COOL THINGS FROM SMK, ada @dwitagama di halaman 50, Majalah Hai XXXVII – 3 Feb 13

20130131-103601.jpg
COVER HAI XXXVII FEBRUARI 2013

20130131-103653.jpg
HALAMAN 50

20130131-103841.jpg
CROOPING

20130131-103915.jpg
HALAMAN 51

Semuanya bisa berubah, termasuk kalo dulu Sekolah Menengah Kejuruan – SMK dipandang kurang bagus, kini makin banyak pelajar yang terobsesi masuk SMK … itu sebagian isi liputan Majalah Hai tentang SMK, baca deh … kalo profesi Guru dulu tak dilirik sebeah mata … kini jurusan pendidikan di Universitas makin banyak yang berminat … tempat parkir di Universitas Negeri Jakarta UNJ makin susah … saatnya kini kita jadi guru yang hebat … bukan guru jadul … cmunguudh yah


2 Comments

Pesawat Boeing 737-200, Dakota, Jabiru, dll buat belajar di SMKN 29 Penerbangan Jakarta

20120226-104102.jpg

20120226-104635.jpg

SMKN 29 Penerbangan Jakarta memiliki sarana praktek beberapa pesawat trainer diantaranya Boeing 727-200, Dakota, Jabiru J 430 dan beberapa lainnya.

Tampak saya berpose dengan Peserta Didik Sekolah Indonesia di Rusia yang lakukan observasi dan saya berdialog dg peserta didik 29 di dalam Boeing 737-200, semoga sjahtera hidup kalian kelak.


2 Comments

“Ternyata Sekolahnya bersih dan nyaman ya … walau ini STM …. ” demikian Mas Akbar punya kesan, diucapkan beberapa kali

20120118-153252.jpg

20120118-153319.jpg

20120118-153349.jpg
Mas Akbar, jurnalis dari Republika berkunjung ke SMKN 29 Penerbangan, wawancara saya, Kaprog AP Bp Ahmad Budiman, Tim Ahli dari FASI, Bp Sugeng dan Peserta didik yang sedang finishing Pesawat Jabiru kami.

“Ternyata Sekolahnya bersih dan nyaman ya … walau ini STM …. ” demikian Mas Akbar punya kesan, diucapkan beberapa kali, semoga bermafaat kerja hari ini buat smu


Leave a comment

Belajar deh yang bener, serius pada hal-hal yang baik, agar bisa bersaing merebut pasar kerja, setelah bekerja, kerjalah yang serius agar punya penghasilan yang baik, bisa nabung dan bersilaturahim dengan sanak keluarga yang dimanapun, … Panjang umur …. Banyak rejeki, happy deh

20120105-065933.jpg

Silaturahim, berjumpa dengan sanak keluarga memberi banyak arti, memelihara hubungan agar selalu menyenangkan, panjangkan umur, perbanyak rejeki …

Pagi ini saya dapat tambahan hikmah silaturahim, yaitu mendorong kita untuk lebih kerja keras … Bagaimana jika keluarga kita berada di tempat yang jauh, menemuinya kita harus gunakan transportasi udara lewati batas negeri … Menjumpainya perlu siapkan dana yang tidak sedikit, tapi karena niatnya beragam … Tumbuh semangat bekerja, menabung dan merencanakan dengan baik perjalanan menyenangkan bersama keluarga menemui keluarga lainnya.

Haloooo rang-orang muda … mumpung belum punya keluarga … Belajar deh yang bener, serius pada hal-hal yang baik, agar bisa bersaing merebut pasar kerja, setelah bekerja, kerjalah yang serius agar punya penghasilan yang baik, bisa nabung dan bersilaturahim dengan sanak keluarga yang dimanapun, … Panjang umur …. Banyak rejeki, happy deh.

Selamat pagi pembaca, mau silaturahim kemana tahun ini?


Leave a comment

anak muda yang semangat belajar, ikut organisasi da bermacam kegiatan di sekolah … walau ujian belum berlangsung dia sudah ditawari kerja di beberapa perusahaan

20120104-145105.jpg
Foto: Illustrasi

Maaf boleh bertanya berapa usia Ibu? setelah saya bilang bahwa dia bersemangat berikan pelayanan yang baik buat saya.

Beliau tunjukan enam jari dan bilang, “Tepatnya lima puluh delapan tahun”.

di sebuah negara tak jauh dari Indonesia para lanjut usia-lansia dipekerjakan kembali di sektor pelayanan umum seperti restoran, stasiun dan bidang kerja lainnya …. mungkin orang muda disana tak berminat kerja dibidang itu … atau makin sedikit tersedia tenaga kerja muda?

Coba lihat di Negeri Paman Besut, tak sedikit anak muda yang nganggur, orang tua tak berdaya buat kerja … banyak penyebab anak muda nganggur; lowongan kerja terbatas, skill atau kemampuan anak muda yang terbatas, … , anda bisa tambahkan banyak lagi.

Saya amati tak sedikit anak muda yang tak punya cukup rasa percaya diri untuk melamar pekerjaan, karena mungkin anak muda itu sadar bahwa dirinya tak punya cukup kemampuan untuk bekerja … karena saat sekolah dia tak serius sekolah, tak ikut organisasi, enggan berkegiatan yang membiasakan kerjasama buat kebaikan, …, pada dirinya belasan tahun sekolah tak membuatnya makin baik … dan dirinya tahu bahwa dia tak bermanfaat atau bisa berkontribusi di tempat kerjanya.

Sementara ada anak muda yang semangat belajar, ikut organisasi da bermacam kegiatan di sekolah … walau ujian belum berlangsung dia sudah ditawari kerja di beberapa perusahaan karena orang dewasa yang mengenalnya yakin bahwa anak muda itu bisa diandalkan, memberi manfaat buat perusahaannya.

Selamat pagi pembaca, anda sudah kerja? seberapa manfaat dan kontribusi anda buat institusi atau perusahaan anda?

Jika anda belum bekerja, bersiaplah … masa depan sejahtera ditentukan dari sekarang, positif thinking dan berbuat baik aja yah … sisanya Allah yang atur, karena Dia Maha Kuasa dan bakal balas perbuatan baik sekecil apapun, happy deh.


Leave a comment

kematangan mental, siap kerja dan bisa bekerja sama dengan semua orang

20120102-231720.jpg
Manusia dewasa harus bertanggung jawab mencukupi kebutuhan diri dan keluarga … setiap manusia harus bekerja agar bisa peroleh nafkah.

Untuk bisa bekerja dengan baik seseorang harus memiliki skill atau kemampuan bekerja pada bidang apa saja sesuai minat dan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja sebelumnya.

Skill itu bisa dipelajari dengan mudah dan cepat jika seseorang telah memiliki kematangan mental, siap kerja dan bisa bekerja sama dengan semua orang di tempat kerja.

Lihatlah badut itu, andai di rumah dia sedang mengalami masalah yang ringan atau berat … di saat kerja dia harus selalu siap menghibur semua orang.

Hai para peserta didik, sudah siapkah anda bekerja dan jadi pribadi yang mandiri?

Bapak, ibu guru atau kepala sekolah, apakah anda siapkan peserta didik cuma buat Lulus Ujian aja?


Leave a comment

ktemu Generasi Baru Pengurus OSIS SMK Jakarta – FOSJ di SMKN 27 Jakarta, ada YEL-YEL FOSJ

SMK ……………………. BISAAA!!!!
DKI ……………………… JAYAAAA!!!
OSIS ………………….. YESSS
TAWURAN ………….. NOOOO
NARKOBA ………….. TIDAAAAK
PRESTASI ………….. OK
PELAJAR DKI ………. Ayo maju-maju, ayo maju-maju, ayo maju-majuuu
FOKUS KERJA …….. SIAAP, SIAAP, SIAAAAP!!!!

Siang ini saya senang ktemu Generasi Baru Pengurus OSIS SMK Jakarta – FOSJ di SMKN 27 Jakarta


Leave a comment

Dampingi FORUM OSIS SMK JAKARTA (FOSJ) with happy

Agenda saya Pagi ini adalah bertemu dengan calon pemimpin negeri, mereka merupakan elit Peserta didik SMK yang menjadi pengurus FORUM OSIS SMK JAKARTA (FOSJ) tingkat provinsi dan lima wilayah.

Siapakah FOSJ? Mereka adalah pengurus OSIS dari berbagai SMK seluruh Jakarta yang bergabung membentuk wadah. Berawal dari kegiatan LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN OSIS (LDKO) tahun 2005, 2006, 2007 yang diadakan di tingkat provinsi maupun wilayah, para alumninya merasa perlu terus menjalin komunikasi untuk tingkatkan skill leadership dan silaturahmi.

Pengurus FOSJ; ketua, wakil, sekretaris, bendahara dan struktur lain di bawahnya dijabat oleh peserta didik yang masih aktif belajar di SMK, karena FOSJ lahir dari peserta didik, oleh peserta didik untuk peserta didik … Karena di tempat kerja nanti leadership sangat penting, sebagai salah satu kunci sukses dalam bekerja.

Saya sangat senang mendampingi mereka, karena negeri ini membutuhkan mereka, para pemimpin negeri sekarang akan berpulang, anak-anak mudalah yang akan menggantikannya … Love U FOSJ.


1 Comment

Dialog tentang Kerja

pak ganteng . mau nanya doang pak . lebih enak cari uang dengan menggunakan otak yg harus bekerja ekstra keras atau dengan tenaga pak ? ksh tau alasannya ya pak . tq .

Dedi D Dwitagama
sikat aj yg ada duluan, smua ada plus minusna

Muhammad Hadist Arviansyah
iah sih pak . terkadang saya mikir orang orang yg bekerja keras dengan otak memang sangat mudah mengumpulkan pundi pundi penghasilan beda dengan yg tenaga . tapi saya juga melihat dari sisi lain . orang yg bekerja dengan otak , biasanya lebih mudah terjerumus dalam kasus korupsi . apa itu benar pak ?

Dedi D Dwitagama
ada benar dan salahnya bos … ada pekerja keras fisik yg kaya raya … ada pemikir yg miskin teruuus … tp kebahagiaan tak diukur dari pundi-pundi … ada di hati booo

Itu dialog saya dengan peserta didik pada wall fesbuk saya … begaimana anda arahkan peserta didik untuk memilih kerjanya?


3 Comments

Kepala Sekolah & Mandor

BEBEK YANG PERLU SELALU DIPIMPIN

Perhatikan sekolah anda. Apakah terjadi sinergi, dimana setiap unsur di sekolah seperti Guru, Karyawan, peserta didik dan lainnya melakukan kegiatan yang konstruktif untuk mencapai tujuan sekolah.

Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) semua unsur di sekolah melakukan kegiatan dalam upaya mengantarkan peserta didik masuk ke jenjang kuliah di perguruan tinggi, sementara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengantarkan peserta didik ke dunia kerja, berwirausaha atau lenjutkan pendidikan.

Jika saat kepala sekolah ada di tempat dan memonitor semua kegiatan di sekolah mulai pagi hari sehingga guru & karyawan serta peserta didik berusaha terlihat telah bekerja baik dan bersikap positif, tetapi begitu kepala sekolah pergi, semua bersikap sebailknya … tak peduli terhadap tugas, santai atau tak lakukan hal-hal yang produktif.

Kalau suasana di atas masih terjadi di sekolah anda, berarti kepala sekolah anda masih bersikap seperti MANDOR, seperti di sektor kerja kasar misalnya buruh bangunan, dimana para buruh serius bekerja karena ada mandor yang terus melekat mengawasi.

Kepala Sekolah yang baik, harus mampu menyatukan sinergi semua unsur di sekolah sehingga semua bertanggung jawab terhadap tugas pokok dan fungsinya untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah.

Selamat pagi pembaca, sampaikan salam saya buat kepala sekolah anda


2 Comments

Peserta Didik Bekerja, Sukses Guru SMK

DILATIH DI SMK

Posting saya sebelum ini: Percaya Diri itu Susah, Kami melatihnya menarik perhatian seseorang yang dulu pernah saya didik di SMK Negeri 39 Jakarta yang kemudian menjadi anak angkat saya, kini dia sedang bekerja sebagai Mekanik di Saudi Arabia, begini komentarnya:

“Salut dan bangga ternyata komitmen bapak dari dulu (sewaktu sy masih sekolah) sampai sekarang, komitmen bapak sebagai pendidik tidak berubah(profesional)……….,betul apa yg bapak katakan bahwa hal yang paling mendasar untuk ditanamkan pada tiap siswa adalah percaya diri,dan mental yang selalu komitmen untuk terus menapaki kehidupan dengan cara2 yang diajarkan agama…….semoga usaha bapak memajukan anak negeri berbuah pahala yang tak henti mengalir.”

Bahagianya Saya ….. alhamdulillah …. Saya senang sekali, walau jauh di negeri para nabi, Darto sering berkunjung menengok blog saya dan memberi komentar, saya membalasnya begini:

“waddduh …. Darto silaturahim lagi, ma kasih To

Saya tak berubah, malah makin jadi dalam hal komitmen utk membuat generasi baru jadi sukses, krn tantangan mreka makin berat … sy masih ingat saat kamu pake sendal ke sekolah, sy tanya trus kamu nunjukin tas yg dalamnya ada sepatu … ha ha ha, itu krn sy ingin anak sy selalu rapih di tempat kerja nantinya.

percaya diri hrs dilatih dan dibiasakan, kl itu dah oke … seseorang akan bagus dalam bersikap berkaitan agama dan keduniaan, trm ksh doa kamu …. smg kamu di Saudi selalu sehat dan sukses … cepat kembali spy bisa servis kendaraan sy lagi … jiah kangen lhooooo

Sy bangga punya anak sepertimu, selamat berjuang anakku …”

Semoga peserta didik SMK yang lain, punya kepercayaan diri seperti Darto, berani mengambil kesempatan bekerja dinegeri yang jauh untuk kesejahteraan diri dan keluarganya … selamat berjuang anak negeri, kami mencintaimu …. guru-guru SMKN 39 Jakarta pasti bangga pada Darto. Saya juga, Indramayu (dimana kini Darto sudah punya asset) juga bangga ….


1 Comment

MOPD dan Ciri Sekolah Bagus

CERIA

Dulu namanya MOS-Masa Orientasi Siswa Baru, sekarang berganti MOPD-Masa Orientasi Peserta Didik Baru. Mulai Senin 19 Juli semua Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Jakarta memulai kegiatanya … apa kaitan dengan sekolah bagus?

Jika pada pelasanaan kegiatannya semua dipegang, dilaksanakan dan dikendalikan oleh guru, dimana kakak-kakak kelasnya hanya menjadi penonton adik-adik yang baru dan tak dilibatkan, maka boleh diduga itu sekolah tak bagus, karena peserta didik tak dilatih utk berorganisasi dan bekerja membantu sekolah.

Jika pada pelaksanaan MOPD terlihat kakak kelasnya berpartisipasi aktif, banyak membantu guru laksanakan MOPD, maka sekolah yang demikian bisa diduga itu sekolah bagus karena pembinaan peserta didik berlangsung baik … apalagi untuk SMK – Sekolah Menengah Kejuruan, dimana peserta didik dipersiapka untuk bekerja … sejak di sekolah mereka harus dilatih terbiasa kerja dengan guru dan teman-temannya.

Selama masuk sekolah baru anak bangsa … semoga sejahter  hidupmu kelak.


5 Comments

Pendidikan KARAKTER di SMKN 36 Jakarta

SISWI SMKN 36 JKT WAWANCARAI KEPALA DINAS PENDIDKAN DKI JAKARTA-KARAKTER "BERANI"

Rumusan karakter tak hanya diaplikasikan dalam metode pengajaran, tapi juga kurikulum dan diintegrasikan dalam satuan pelajaran. Nah bagaimana penerapan pendidikan karakter yang dapat dilakukan di SMKN 36?

LOVE U ALL

Seiring dengan MISI SMKN 36 yaitu menjadikan SMKN 36 Jakarta sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang Profesional dan Mandiri Dalam Mewujudkan Lulusan yang Kompeten, Berdedikasi, kasih sayang, peduli dan berakhlak mulia, maka berikut ini adalah budaya- budaya yang telah dan akan dilakukan di SMKN36 dalam membangun karakter siswa.

Berikut ini adalah budaya- budaya yang telah dan akan dilakukan di SMKN36 dalam membangun karakter siswa.

  • Saat penerimaan peserta didik baru tidak boleh di temani orang tuanya.
  • Kegiatan MOS yang bertujuan untuk karakter yang dibutuhkan baik sekolah maupun industri, serta membentuk memupuk sikap kreativitas dan semangat berkarya.
  • Pelatihan Baris Berbaris dapat menanamkan rasa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pemuda, serta dapat memupuk jiwa generasi muda yang tangguh dan meningkatkan animo pelajar dalam hal baris-berbaris.
  • LDKS yang merupakan salah satu sarana yang tepat untuk membangun system pengkaderan yang terpadu.
  • OSIS yang merupakan wadah untuk menampung dan menyalurkan kreativitas baik melalui kegiatan kokurikuler maupun ekstrakurikuler dalam menunjang tercapainya keberhasilan kegiatan kurikuler bertujuan meningkatkan peran serta inisiatif siswa
  • Apel pagi yang dilakukan secara rutin, merupakan salah satu cara pembentukan karakter penegakan disiplin siswa, disamping perlu didukung mekanisme penertiban administrasi.
  • Upacara bendera yang biasa dialakukan pada hari Senin, dan hari-hari besar Nasional merupakan bagian dari interaksi edukatif dan instrument/alat yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter tertentu mengaktualkan potensi-potensi peserta didik.
  • Tadarusan yang dilakukan siswa setiap pagi di sekolah, memiliki tujuan untuk membentuk karakter siswa yang bertaqwa kepada Allah SWT, dan menjadikannya memiliki hati yang lembut, mudah menerima nasehat kebaikan serta tidak mudah terpancing emosi yang berakibat pada tawuran pelajar.
  • Ekstrakurikuler adalah kegiatan non akademik yang memberi wadah /kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.
  • Senam kesegaran jasmani tiap hari Jum’at untuk menjaga kesegaran dan kebugaran dan menghilangkan kepenatan.
  • MENUJU KARAKTER "BERANI"

  • Menumbuhkan budaya apresiasif konstruktif
  • Berpikir objektif konfrehensif
  • Menghidupkan kembali budaya dan karakter bangsa jujur, dan berakhlak mulia.
  • Guru senantiasa ambil peran,dalam pembentukan karakter peserta didiknya, Guru dan siswa harus paham bahwa kejujuran, kedisiplinan, ketekunan, toleransi adalah kendaraan . Dengan demikian, maka jika ada anak yang tidak memiliki akhlak mulia, meskipun pinter jangan dibiarkan lulus.

Tulisan ini dipersiapkan bersama dengan Guru Kami Ibu Sulistiyani, M.Pd dalam upaya menciptakan sekolah yang lebih bermakna buat anak negeri

Selengkapnya silahkan download PENDIDIKAN KARAKTER SMKN 36


1 Comment

SMKN 36 Jakarta: Baru Magang di Indonesia, Gaji Sudah Dolar

SEJAHTERA KELAK

Saat mendampingi peserta LKS berjuang di kompetisi tingkat Nasioanal beberapa hari yll Saya diwawancara oleh jurnalis dari KEMENDIKNAS, Mas Agung, inilah hasil liputannya:

Peluang kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) sangat besar. Iming-iming gaji yang ditawarkan pun menggiurkan. Bukan rupiah, tetapi dolar.  Kepala Sekolah SMK Negeri  36 Jakarta, Dedi Dwitagama, menyebutkan, siswa yang masih magang atau praktek kerja lapangan (PKL) gajinya mencapai US$50-100 atau Rp500 ribu- Rp1 juta. Tak heran jika banyak siswa di sekolahnya yang meminta perpanjangan PKL, kendati sudah magang selama enam bulan.

“Lumayan Pak, bisa buat bayaran sekolah,” kata Dedi mengulang pernyataan siswanya yang disampaikan melalui facebook, di sela Lomba Kompetensi Siswa SMK XVIII di Arena Pekan Raya Jakarta, Sabtu (15/5/2010).  Dedi, yang aktif berkomunikasi dengan siswanya melalui surat elektronik dan jejaring sosial facebook ini, menjadi penanggungjawab penyelenggaraan lomba bidang lomba nautica. Di sekolahnya, ada satu lokal yang membuka jurusan NKPI, dengan jumlah siswa 32 orang.

Para lulusan di sekolahnya ada yang bekerja di kapal asing maupun domestik. Mayoritas bekerja di bidang kelautan. “Gajinya dolar, walaupun di dalam negeri,” kata Dedi. Menurut dia,  begitu siswa lulus, gaji pokok awal saat bekerja Rp 1,5 juta, belum termasuk premi dan lain-lain. Jika bekerja di perusahaan asing, kata dia, gaji pokoknya mencapai US$300 . Ayo, siapa mau jadi pelaut. (agung)

Selamat pagi pembaca, semoga anda sudah membaca koran hari ini setelah lebih dulu membaca Qur’an


3 Comments

SMK Negeri 36: SMK KELAUTAN di DKI Jakarta

This slideshow requires JavaScript.

Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara Indonesia untuk memiliki SMK Kelautan unggulan ,yang menjadi potret Sekolah Kelautan di Indonesia…saat ini ada di SMK Negeri 36 Jakarta, yang berdomisili di daerah Cilincing Jakarta Utara, selain itu ada SMK Negeri 61 Jakarta di Pulau Tidung, gugusan Kepulauan Seribu Jakarta Utarta.
SMK Negeri 36 dan 61 adalah 2 sekolah kejuruan yang menjadi unggulan provinsi DKI Jakarta dalam pelayanan pendidikan Kelautan yang diharapkan mampu menjadi POTRET sekolah Kelautan di Indonesia, apalagi Jakarta adalah Ibukota Negara, sehingga jika ingin melihat SMK Kelautan Unggulan cukup menyita waktu jika harus ke Mundu Cirebon, Tegal, Bulukumba, atau Ambon…….

Banyak sekali sekolah kelautan di Indonesia, dan DKI Jakarta bukanlah yang pertama dalam membangun sekolah Kelautan…Akan tetapi kiprah SMK Negeri 36 di Ajang LKS Nasional…merupakan bukti bahwa keberadaan SMK Kelautan di Ibukota amat potensial.


1 Comment

SMK Negeri 36 Jakarta di REPUBLIKA 27 Maret 2010, Kampanye SAFETY RIDING disupport HONDA

Harian Nasional REPUBLIKA hari ini, Minggu 27 Maret 2010 memuat reportase kegiatan di SMK Negeri 36 Jakarta yang bertajuk KAMPANYE SAFETY RIDING BIDIK PELAJAR … seperti yang telah diberitakan di blog ini beberapa waktu yang lalu.

buah kerjasama

Kegiatan disupport oleh PT. WAHANA MAKMUSR SEJATI (WMS) diler utama Sepeda Motor Honda Jakarta dan Tangerang bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberi edukasi cara berkendara yang aman dan nyaman dalam dua sessi, teori dan praktek, berlangsung di aula dan halaman SMK Negeri 36 Jakarta.

dipotret oleh Bp. Jumari

Terima kasih yang tak hingga kepada tim SMK Negeri 36 Jakarta yang handal,Bp. Edi Rahmat, Ibu Sulistiyani Husaeni, Bp Jumari, dalam koordinasi Waka Hubungan Industri, Bp. Hadir Sembiring dan Waka Kesiswaan, Bp. H. Muhammad Tuan dan semua teman yang support kegiatan. TERIMA KASIH juga kepada PT. WAHANA MAKMUSR SEJATI (WMS) atas kepercayaan dan komitmennya terhadap keselamatan pengendara serta berkenan berkunjung ke SMK Negeri 36 Jakarta di tepi pantai Cilincing Jakarta Utara … kami menunggu kerja bareng berikutnya.

zoom

Buat semua komunitas SMK Negeri 36 Jakarta, terima kasih atas komitmennya untuk tidak membawa kendaraan bermotor ke sekoah tanpa dilengkapi SIM dan STNK, serta Surat Izin dari Orang Tua, itu semua kami lakukan karena kami mencintaimu … love u all.

Selamat pagi pembaca, smg Anda selamat berkendara

Tulisan terkait:

PT Wahana Makmur Sejati – Honda Motor dan Polda Metro Jaya di SMK Negeri 36 Jakarta “SAFETY RIDING”

Anda mempunyai acara & ingin merilisnya ke media cetak & elektronik BERKELAS?


Leave a comment

KABID SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta di SMKN 36 Jakarta

sebelum keliling

22 Maret 2010 kami dikunjungi Ibu Dra. Hj. Rita Aryani, MM KABID SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, tmpak dalam foto dari kiri: Albert Munthe, Saya, Ibu Rita, Fitri Angelina (FIKOM Jayabaya-Pengawas Independen), Durahman Sembiring


Leave a comment

[Rayon 02 SMK DKI] hari ke-2, 23 Maret 2010

koordinasi pk.5 pagi

subuh baru berlalu

antri ya pak ...

Pk. 5 pagi baru saja berlalu, sholat Shubuh sudah dilakukan, kami rapat koordinasi dipandu oleh Ketua Rayon 02 SMK Jakarta, Bp. Wahidin Ganev dan Korwas Bp. Mulyadi, sementara para Kepala Sekolah dan Tim Independen sudah bersiap di luar ruangan, Pak Alimin dari Polsek Metro Koja konsisten membantu kami, dengan penuh dedikasi … great tim


1 Comment

SMS membahagiakan pagi hari

halo pa, saya ozi kls 2 TKPI, skrg sya lgi pkl di kapal & bentar lagi mau brangkat ke Padang, saya senang disini, slain cari pengalaman, sya juga dapat gaji yang lumayan disini, digaji dgn dolar.

Salam juga wat nak klz I terutama klz I TKPI & I TKJ, tlg jga smpaikan wat best friends sya Heru, Marwah, Malla nak I TKJ … goodluck ya wat Bapa, jadikan 36 skul yg lbih mantap lgi, he he he

Begini jawaban Saya:

Aloooooo Ozi, trm ksh SMS mu , saya senang banget kamu kabari, hati-hati ya … sy doakan smg kamu sukses … tabung gajimu utk ambil sertifikat ANKAPIN, dst, smg sehat selalu, miss u much


10 Comments

Komentar posting “GURU BODONG” di blog & febuk

Tulisan saya “Kinerja GURU BODONG NAFSU TKD”  menarik perhtian dan dikomentari pembaca di blog dan fesbuk, begini komentar mereka:

Komentar di Blog:

  • Mas gondel mengatakan:

    siapa yg nulis apa nggak ngaca….siapa yg anda sebut itu anda asal bicara atau berdasarkan fakta…?? coba dirata2 ijazah tu dengan guru tinggi mana…anda tahu tidak

  • Mas gondel mengatakan:

    mentang2 tkd anda dah disesuaikan anda bisa bicara begitu semua orang tidak sama dengan anda

  • sri wahyuni mengatakan:

    Assalamualikum
    Ya mungkin ada benarnya guru bodong, gak usah marah-marah dengan sindiran, akan tetapi positif thingking ajalah dan mari instropeksi diri.
    Jawab sindiri itu …
    aku bukan guru bodong,
    aku tidak sama dengan TU
    Aku guru yang mempunyai kompetensi …
    Paedagogik,
    kepribadian,
    sosial dan
    profesional
    Aku guru yang menyediakan sedikit waktu…
    untuk curhat anak muridku baik masalah pelajaran atau pribadi
    Aku guru yang selalu iklas dalam pekerjaanku
    n masih banyak aku ……
    Sekali lagi jangan marah tunjukan pada pak Dedi Aku bukan guru bodong yang hanya bisa berebut sedikit kesejahteraan dari uang anak negeri

    wassalam

  • Puji mengatakan:

    Guru Bodong memang ada, tapi yang nggak bodong lebih banyak. Inilah akibat pembagian TKD yang kurang adil, terjadi saling menjatuhkan teman Tu dan guru, saling dorong untuk menjatuhkan teman, yah kejadian ini adalah alamiah.
    Tapi kalau pembagian adil tentu tidak akan terjadi perselisihan. Menurut saya pembagian TKD tahun 2009 lebih baik dari pada tahun 2010, buktinya, tidak ada perselisihan, semuanya senyum memuaskan. Apalagi waktu masa Gubernur Pak Sutyoso, guru banyak yang memuji beliau, bahkan sampai sekarang masih merindukan.

    Guru sekarang merasa direndahkan karena golongannya tinggi, pendidikan tinggi, tuntutan tanggung jawab tinggi, tapi tunjangannya setara Pesuruh, sedangkan PNS yang lain tunjangan disesuaikan dengan golongannya.

    Masalah sertifikasi guru, guru hanya bisa berharap saja, sampai kapan? mungkin sampai pensiun nggak bakalan dapat. Contoh 1: Guru yang sudah berusia 59 tahun tidak bisa diusukan menjadi guru sertifikasi. Contoh 2: Ada guru yang sudah menjadi PNS selama 31 tahun gol IVa, umur 55 tahun, setelah mengumpulkan forto folio, dinyatakan tidak lulus PLPG, padahal memang tidak dipanggil PLPG.

    jadi dapat disimpulkan guru yang mendapat tunjangan sertifikasi, sampai saat ini sangat sedikit, sehingga masalah inipun bisa menimbulkan ketidak adilan, atau kecemburuan sosial. Bakrie…Bakrie… kasian amat Looo (Iwan Fals)

  • Puji mengatakan:

    Guru Umar Bakri
    Umar bakri….Umar bakri, banyak ciptakan Mentri.
    Umar bakri… profesor doktor insinyur pun jadi…
    Tapi mengapa…. gaji guru umar bakri seperti digebiri…???? (Iwan Fals)

  • Puji mengatakan:

    Saya ingin tanya pada P. Dedi, Guru Bodong itu seperti apa?
    Saya senang, P.Dedi orangnya sangat berprestasi, tapi seharusnya, dapat juga menjaga nama baik guru.
    Kalau diantara guru sudah saling menyalahkan maka hancurlah kesatuan guru ini. Marilah kita bangun kesatuan dan persatuan diantara teman guru.

  • Sebagian komentar di Fesbuk:


    Aish Basyir SPd

    Aish Basyir SPd

    haduhh mudah2n apa yg saya lakukan ikhlas tuk anak didik.tdk hanya pljaran yg kuberi,tapi juga doa yg sring teriring…
    February 12 at 5:29am

    Tedi Anu Kamari

    waduh mengerikan pak……………
    February 12 at 7:26am

    Era Maria Retno

    Era Maria Retno

    Ktika sumpah jabatan PNS guru diucapkan,mk pd saat itu sy mnjd spt 5 in 1,,pengajar,pnddik,orgtua,shbt,kluarga & smuanya dibrikan dalam porsi yg sama,yaitu msg2 100%,bukan 100% bagi 5,,smga kita guru slalu sadar bhw kita diperlukan,diharapkn & dijadikan panutan,,smga Tuhan mmbimbing guru & siswany
    February 12 at 8:37am via Facebook Mobile ·

    Virgana Natawidjaja

    Betul pak tunjukan dulu kinerja agar berbeda dengan yang lain tidak (biasa-biasa aja), tapi prediksi saya system TKD tdk akan bisa mendokkrak kinerja secara signifikan… sejauh tidak ada kompetetifness disana. TKD ada kompetitifness nya siapa rajin masuk kerja dan tepat waktu pulang dan pergi mesti dapat 100%. Apakah cukup sampai disitu? INI PERLU DIKAJI LEBIH JAUH. Serahkan pada para pembina Kepegawaian termasuk Bpak dan Saya.
    February 12 at 3:38pm

    Drs Solihin

    ketulusan, kecintaan, dan keikhlasan mutlak dimiliki oleh Guru/Pendidik dalam menjalani profesinya, karena hampir semua persoalan terkait pada 3 unsur itu…mari kita tanyakan pada diri kita sudah siapkah kita menjadi guru/pendidik ??? February 13 at 11:26am
    Terima kasih, perhatikan kata pertama dari tulisan itu.
    “Dia”, artinya menunjuk kepada seseorang, jika anda tersinggung … maka berarti anda memang GURU BODONG, lihatlah komentar yang poitif thinking …
    apapun komentar anda … saya berterima kasih … mari kita bekerja dengen profesional sesuai missi kita masing-masig; Guru SMK harus berorientasi pada keterserapan alumni di dunia kerja, sementara guru SMA berorientasi pada terserapnya alumni di perguruan tinggi … anda guru TK, SD, SMP atau pesantren … silahkan temui pimpinan anda … tanyakan apa target kinerja anda?


    Jika Kepala Sekolah anda masih menjawab: Lulus UN 100% … mari kita doakan pimpinan sekolah itu dan bisa lebih profesional dalam bekerja


    Leave a comment

    Mendampingi CALON PELAUT di cilincing

    Diperairan Cilincing Rabu, 16 Februari 2010 Saya mendampingi puluhan calon pelaut berlatih di alam nyata, semoga sejahtera kelak anak-anakku

    bertahan di laut

    Terima kasih kepada semua teman yg support


    Leave a comment

    Surat buat ANAK SMK

    Anakku
    pagi ini Saya jumpa kedua kali
    dengan seorang kakek
    usianya setengah abad lebih
    dulu kerja di pabrik
    kini memeluk banyak koran
    berjalan jajakan pada pelanggan

    kamu harus lebih sejahtera

    Dia tak pernah bercita-cita
    jadi penjual koran di senja usianya
    tapi itu harus dijalani
    untuk bertahan hidup

    Kalian belajar di SMK
    dipersiapkan bekerja
    sesuai keahlian yang kamu pilih
    belajarlah yang tekun
    berlatihlah yang serius
    jangan mudah lelah & menyerah
    agar peroleh kerja yang pantas
    bisa menabung untuk masa senja

    Selamat siang Guru SMK, anda peduli mereka mau kerja dimana dan jadi apa?

    Silahkan nikmati foto-foto Saya lainnya di Photoblog Saya


    Leave a comment

    ICT – Pencitraan SMK

    ICT - mutlak

    ICT - mutlak

    - Pembelajaran skill profesional menjadi kadaluarsa tiap 10 tahun

    - 5 %  dari profesion saat ini berubah setiap 5 tahun

    - 32 kali informasi lahir dan tersedia di internet dibanding dengan yang dapat dipelajari di sekolah

    - 5 % terjadi penurunan kebutuhan tenaga pada profesi yang tidak berbasis pengetahuan dan ICT setiap dua tahun

    Selamat sore pembaca, masih tak mau belajar?


    3 Comments

    membantu PERSIAPAN TEST ONLINE GURU “UN” SMK JAKARTA

    jarak jauh

    jarak jauh

    Bertempat di SMK Negeri 45 Jakarta Barat kami rapat  PERSIAPAN TEST ONLINE GURU “UN” SMK JAKARTA, mulai pk. 09.00 WIB.

    Direncanakan akan dilangsungkan pada tgl 23, 24 dan 25 Nopember 2009 dengan target guru-guru yang mengajar pelajaran UJIAN NASIONAL.

    Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMK Disdik SKI Jakarta Ibu. Hj. Rita Aryani memimpin rapat, dihadiri oleh koordinator pengawas SMK DKI Jakarta, Drs. H. Dachwan Setiawan, para pengawas, pengurus K3SK se DKI Jakarta dan teman-teman panitia yang membantu PERSIAPAN TEST ONLINE GURU “UN” SMK JAKARTA.

    Selamat pagi pembaca, kapan terakhir anda tes? … tentang apa?


    1 Comment

    Perjalanan BERIRAMA dari PULAU PRAMUKA

    Tulisan ini & sebelumya saya posting di atas kapal motor SMK NEGERI 61 JAKARTA, dlm perjalanan dari pulau pramuka m7 marina.

    Ombak agak beriak, membuat kapal terguncang … Terasa berirama, ditemani hembusan angin yang tak kecil … Membuat perjalanan ini jadi terasa berirama.

    Tiba-tiba ingin bernyanyi gini: “Aku pulang, dari rantau berhari-hari di pulau seberang …”

    Selamat pagi pembaca, apa yg anda nikmati sekarang?


    Leave a comment

    sejahterakan peserta didik agar tak jadi TERORIS


    tahun ajaran
    kembali berawal
    satu tahun terakhir
    dievaluasi
    ada prestasi
    dan kekurangan
    upaya lebih baik
    banyak membaca
    sering menulis
    bicarakan hal-hal konstruktif
    langganan berbagai media

    karena umur terus bertambah
    kalau tahun ini sama dengan kemarin
    berarti saya tak berubah
    jalan menuju kematian jadi makin dekat

    masyarakat terus berkembang
    tuntutan kerja tak maskin sedikit
    perkembangan teknologi harus disikapi

    peserta didik menanti
    disiapkan masuki dunia kerja
    agar bisa masuk ke pasar kerja
    tak jadi penganggur
    hidup lebih sejahtera
    mereka punya biaya untuk kuliah
    atau belajar skill lain sehingga handal di tempat kerja

    agar tak mudah dihasut
    dan jadi teroris

    selamat siang pembaca, mari tebarkan damai di sekitar, mau3x?


    2 Comments

    KARAKTER sekolah yang BAGuS

    Pernah mendengar orang tua siswa berkata ‘anak saya bersekolah ditempat yang bagus’. Bagus menurut orang tua belum tentu bagus menurut guru atau siswa. Indikasinya adalah pada beberapa pelatihan yang saya fasilitasi, jarang sekali saya mendengar ada rekan guru yang mengatakan ‘Saya mengajar di sekolah yang baik’, mudah-mudahan ini terjadi karena rekan saya tersebut terlampau rendah hati. Walaupun memang kata bagus dan baik punya banyak dimensi dan standar yang berbeda-beda.

    Jadi sebenarnya seperti apa sih kriteria sekolah yang bagus dan baik itu? Silahkan melihat kriteria dibawah ini, mudah-mudahan membuat kita berpikir untuk menjadi lebih baik dari masa ke masa.

    Sekolah yang kepemimpinannya jelas dan positif

    Sang pemimpin memperlakukan semuanya dengan adil. Mendengarkan dan memperhatikan keluhan orang tua sambil meningkatkan diri dan sekolah yang dipimpinnya. Memperbaiki guru lewat pelatihan sambil mencari terus hal apa yang bisa membuat guru betah dan kerasan mengajar di sekolahnya.

    Ada di posisi paling depan ketika guru membutuhkan bantuan atau tempat untuk curhat, dan pikirannya tidak pernah berhenti untuk mencari jalan demi kebaikan sekolah yang dipimpinnya. Sabar terhadap perubahan, berbicara di depan guru dan orang tua dalam nuansa yang positif di manapun dan kapan pun.

    Sekolah yang bagus ada pemimpin formal dan informal.

    Mereka bersama-sama menghasilkan budaya yang positif. Tanpa direncanakan pun pemimpin informal akan selalu ada di setiap sekolah. Seorang yang didengarkan suara dan pendapatnya dikarenakan kadang lebih bijak dan mau mendengar. Daripada bersaing, ada baiknya pemimpin formal merangkul dan berusaha bersama-sama menciptakan perubahan yang baik di sekolah.

    Sekolah yang baik harus aman

    Banyak sekolah yang baru berbuat sesuatu setelah ada kejadian atau ketika semuanya terlambat. Untuk lebih jelasnya, sudahkan sekolah anda berlatih evakuasi bahaya kebakaran (bedakan dengan memadamkan api), apabila ada gempa atau ada serangan orang yang jahat. Bagaimanakah anda mengatur arus keluar masuk penjemput, orang tua siswa dan tamu sekolah. Jadikan satpam di sekolah tidak hanya duduk bermain catur menghabiskan waktu, gunakan semaksimal mungkin kebisaan serta potensi mereka agar tamu yang datang merasa terlindungi dan terlayani dan bukan malah dicurigai.

    Sudahkan guru-guru di kelas kita menghargai perbedaan fisik dan hal yang berkaitan dengan kenyamanan secara emosional. Lupakan sekolah yang aman, jika di kelas masih ada siswa yang dilabel dengan sebutan fisik atau cap yang negativf, hanya karena kapasitas intelektual atau kecerdasan yang berbeda.


    Sekolah yang bagus adalah sekolah bersih.

    Bersih bukan berarti mahal, intinya dibutuhkan kerja sama untuk menjaga lingkungan dan kebersihan semua tempat. Di salah satu sekolah di Jawa timur saya pernah melihat kamar mandi sekolah yang bertuliskan nama seorang guru sebagai penanggung jawab. Jadi tanpa harus menyewa perusahaan pembersih yang mahal, kebersihan tetap kita bisa jaga.

    Sekolah yang baik menghargai ‘pendatang baru’ dan mereka para ‘pendahulu’

    Banyak cara setiap sekolah dalam menghargai dan menerima pendatang baru, baik mereka adalah guru atau siswa. Yang terbaik dari semua cara adalah menerima dengan tangan terbuka dan memberikan kesempatan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Jadi lupakan MOS jika hanya membuat siswa baru trauma atau bahkan jatuh korban.

    Saya ingat, saat musim kelulusan sarjana ada sebuah universitas di Bandung yang repot beriklan hanya untuk memberi ucapan selamat bagi para mahasiswa nya yang lulus di wisuda dan uniknya saat yang sama memberikan ucapan terima kasih pada guru-guru SMA yang telah mendidik mahasiswa nya tersebut. Sebuah langkah yang memberikan perspektif lain, yaitu sebuah penghargaan tulus bagi para pendahulu.

    Sumber: blog Guru Kreatif Agus Sampurno

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Join 15,077 other followers