Ekspor Daun Pisang


Jika Anda penduduk Jakarta, makan lontong, atau panganan lainnya yang menggunakan pembungkus daun pisang?, tahukah Anda dari mana daun pisang pembungkus makanan itu?.

Seorang anak muda serius sekali menyatukan ratusan lipatan daun pisang menjadi lima ikat besar yang masing-masing berjumlah seratus lipatan daun …. daun pisang itu dipersiapkan untuk diangkut dengan kereta api dari stasiun Rangkas Bitung menuju Jakarta … di Stasiun Kebayoran Lama Jakarta Selatan sudah ada orang yang menjemput dan menyalurkan ke pedagang, dia tak ikut ke Jakarta … daunnya dititipkan kepada teman yang lain, pembayaran dilakukan seminggu sekali … menurut dia saat ini sulit sekali mencari daun pisang batu karena musim kemarau berkepanjangan …. biasanya rata-rata dalam sehari dia mengirimkan dua belas ikat daun … sekarang mencari empat atau lima ikat saja susah sekali.

Menjalani profesi menjual daun sudah dijalani sejak berusia 8 tahun, mengikuti pamannya yang melakukan hal yang sama …. saat ini usianya 18 tahun ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.