WORKSHOP SEKOLAH NASIONAL BERTARAF INTERNASIONAL

dwitagamasbi.jpgKeinginan yang kuat dari komunitas pendidikan SMK Negeri se-DKI Jakarta untuk menampilkan pencitraan terus dilakukan. Salah sarunya adalah pelaksanaan workshop sekolah nasional bertaraf internasional, Cisarua : 12-15 Desember 2007. Pada hari pertama, Acara yang dibuka oleh Kasubdis Pendidikan SMK Bapak Drs. Bambang Pramestiadi diharapkan mampu menjadikan SMK sebagai solusi mengatasi problematika pengangguran lulusan SMK dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan. SMK bertaraf internasional berorientasi pada lulusan yang mampu mengisi job – job/pekerjaan pada level internasional. Pada sesi lanjutan yang merupakan puncak dari workshop ini adalah tampilnya narasumber dari Depdiknas yaitu Kasubdit pembelajaran Bapak Drs. Mustagfirrin Amin.  Beliau memberi peluang yang sangat besar kepada SMK-SMK di DKI Jakarta untuk mengambil peran yang lebih besar sebagai Windows Dressing SMK di Indoesia. Namun, selama ini tidak terwujud dikarenakan justru sekolah-sekolah di luar DKI yang mampu memenuhi keinginan Depdiknas terutama tamu-tamu yang berkunjung ke Indonesia. Begitu menarik paparan yang disampaikan belaiu acara yang diisi dengan tanya jawab selesai jam 22.30 wib Pada hari Jum’at, 14 Desember 2007 diis dengan paparan bapak Drs. Wanen kepala SMK N 4 Jakarta yang mengatakan bahwa proses SMK Bertaraf Internasional bukanlah pekerjaan ringan. Sebab beliau merintis sejak tahun 2002.

Teks by: Mr. Sudiono, Principal SMK Negeri 11 Jakarta

3 thoughts on “WORKSHOP SEKOLAH NASIONAL BERTARAF INTERNASIONAL

  1. ass… pak dedi,

    Menarik sekali program kita mau mewujudkan sekolah internasional, tapi sudahkah kita menyelami makna ” sekolah internasional apakah itu ? ” . Kita sudah mengenal dan mendengar bahkan mungkin konsumen dari hal – hal berlabel internasional seperti : hotel internasional, rumah sakit internasional, penerbangan internasional , toko buku internasional, dll. Kita sambut dengan “niat” yang berorientasi internasional sesungguhnya pada komunitas smk, jangan terjebak pada label. Dan saya mengenal sekolah internasional selama ini cuma sebatas sekolah yang diperuntukkan bagi anak -anak ekspatriat atau cabang dari sekolah luar. Yo… kita galang kebersamaan komunitas kita agar menjanjikan dan mengelobal di dalam dan dipandang sedap dari luar Indonesia.

    Salam senyum .

    komariyah

    Tampaknya SMK bertaraf Internasional fokusnya agar alumninya bisa kerja di perusahan multinasional atau laku secara internasional, smg bukan cabang SMK internasional ya 😀 … thx 4 comment

    Like

  2. Assalamu alaikum wrwb

    Pak Dedi, lama saya tak berkunjung, ternyata banyak hal yang baru, termasuk workshop sekolah int’l ini. Apakah ada makalah yg bisa minta tolong diattachkan ke saya, Pak ?
    Saya ingin memahami konsep sekolah internasional di tanah air.
    Terima kasih

    Sy cari dulu ya bu … nanti sy japri, slamat Iedul Adha, smg Allah berkati kita, amien

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.