Blog Pendidik

Siswa SMK boleh IKUT PAKET C

4 Comments

Siswa SMK yang tidak lulus ujian nasional 2008 diperbolehkan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan atau UNPK. Syaratnya, peserta terlebih dahulu harus mengikuti pendidikan kesetaraan Paket C. Adapun ijazah yang dikeluarkan setara dengan ijazah sekolah formal.

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Dodi Nandika usai Rembuk Nasional “Penguatan Nilai-nilai dan Budaya Luhur dalam Rangka Peningkatan Akhlak mulia di Perguruan Tinggi” yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/6).

Namun, menurut Dodi, Kebijakan ini hanya diberlakukan sementara saja sampai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selesai menyusun paket ujian kesetaraan yang lebih sesuai untuk siswa SMK.

“Ini semacam program darurat agar siswa bisa ikut ujian. Harapannya BSNP bisa bekerja lebih cepat untuk menyiapkan paket ujian yang lebih pas,” jelas Dodi.

Beberapa waktu lalu, BSNP menyatakan siswa SMK yang tidak lulus ujian nasional (UN) tidak dapat mengikuti UNPK Paket C karena siswa SMK tidak mempelajari mata pelajaran yang diujikan dalam UNPK Paket C.

Diselenggarakan Juni

Di Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Satoto Rahardjo juga menyatakan, siswa yang tidak lulus bisa mengikuti UNPK yang akan diselenggarakan 28 Juni hingga 3 Juli 2008.

Di Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur, Rasiyo di Surabaya mengatakan, siswa yang tidak lulus bisa memilih dua jalan. pelajar yang ingin ikut Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN), dianjurkan mengulang tahun depan.

Namun pelajar yang ingin kuliah melalui jalur lain atau ke perguruan tinggi swasta, bisa ikut ujian Kejar Paket C. ”Ujian kesetaraan akan diselenggarakan awal Juli, sehingga masih terkejar jika ingin ikut seleksi calon mahasiswa baru,” kata Rasiyo.

Dia pun meminta kepala dinas pendidikan kabupaten/kota mencatat siswa yang tidak lulus UN dan ingin ikut UNPK Paket C. ”Siswa SMK juga boleh ikut. Pelajar yang tidak lulus UN, cukup menunjukkan tanda nomor peserta UN untuk ikut ujian kesetaraan,” ujarnya.

Di Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat, Dadang Dally mengatakan, siswa SMA sederajat yang belum lulus UN 2008 bisa mengikuti UNPK Paket C setara SMA di kabupate.kota masing-masing. pendaftaran melalui dinas pendidikan setempat.

Pelaksanaan UNPK Paket C tahap pertama akan dilaksanakan mulai 24 Juni 2008, sedangkan tahap kedua dilaksanakan November 2008.

Berdasarkan Surat Edaran kedua Badan Nasional Standar Pendidikan (BSNP), semula siswa SMK yang tidak lulus tidak dapat mengikuti UNPK Paket C. Namun khusus tahun ini, siswa diperkenankan ikut.

Di Kabupaten Gresik Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gresik, Chusaini Mustaz juga menghimbau siswa yang tidak lulus mengikuti UNPK Paket C yang akan diselenggarakan 24-27 Juni dan hasilnya diumumkan 1 Juli 2008. (EKI/A05/RAZ/A10/A11/CAS/DMU/ ACI)

Source: Kompas

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

4 thoughts on “Siswa SMK boleh IKUT PAKET C

  1. mohon dijelaskan pak..saya pernah lihat di tv ujian paket c untuk smk akan dilaksanakan bln september,benarkah?
    trus klo mengikuti ujian paket c menempuh 1 mata pelajaran yang tidak tuntas atau semuanya?trime kasih

  2. di Jakarta tgl 24 hingga 27 Juni 2008 ada ujian, Anda dimana?

  3. PKBM DHAMMASAVANA SANGAT PERLU INFORMASI SEKALI TENTANG UNPK PERIODE KEDUA SAYA PENJAB PKBM DHAMMASAVANA. DI KEC.TAMBORA JAKARTA BARAT
    Apabila ada info tolong dong kirim ke emailku galihjasmin@yahoo.com
    trimakasih aku tunggu info bagi yg membacanya

  4. Pingback: dwitagama | Blog Pendidik | Page 2 - Marketing Kredit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.