Blog Pendidik

Sukses UN tanpa BIMBEL

1 Comment

SEJAK lama Syaeful Bahri tidak puas dengan metodologi persiapan Ujian Nasional (UN) di sekolah yang dipimpinnya, SMP Negeri 14 Balikpapan. Setiap menyambut UN maupun ujian akhir sekolah, selalu diadakan bimbingan belajar (bimbel). Seolah-olah jika sekolah yang tak selenggarakan bimbel, maka dianggap tidak sukses. Padahal kesuksesan UN dapat tercapai tanpa harus ada bimbel.

Pria yang sudah puluhan tahun menekuni profesi guru ini akhirnya membuat terobosan baru yang disebut 10 program sukses ujian nasional dan ujian sekolah.  Konsep brilian itulah yang mengantarkan pria kelahiran Kebumen 16 Oktober 1960 ini sebagai juara I kepala sekolah berprestasi tingkat Kota Balikpapan tahun 2008.

Konsep ini sudah diterapkan di SMPN 14.  Yang menarik, ada kontrak kerja akademik bagi guru yang matapelajarannya diujikan pada UN.  Masing-masing guru menentukan sendiri target pencapaian nilai UN yang dicapai anak didiknya.  Kontrak itu dituangkan secara tertulis. Setelah hasil UN diumumkan, kontrak kerja guru itu dievaluasi.

Guru juga diwajibkan melakukan penelitian untuk evaluasi metode mengajar dan pembelajaran yang tepat. Penelitian tentang metode mengajar guna meningkatkan kualitas pencapaian nilai pelajar. Di sekolah ini, disediakan pula hadiah bagi guru berprestasi.  Guru yang meraih prestasi tingkat kota disediakan Rp 1,5 juta per orang, tingkat provinsi Rp 2 juta,  dan tingkat nasional Rp 2,5 juta.

Metode ini juga merekomendasikan orangtua untuk mengawasi pembelajaran anak di rumah. Secara berkala pelajar meminta tandatangan dari orangtua masing-masing mengenai aktivitas belajar di rumah yang diawasi orang tuanya. Persiapan UN itu juga dipadukan dengan pembinaan mental spiritual.

Source: Tribun Kaltim

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

One thought on “Sukses UN tanpa BIMBEL

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.