Blog Pendidik

Trik Jadi JUARA GURU BERPRESTASI

10 Comments

Anda berhasil peroleh gelar Juara Guru Berprestasi tingkat propinsi dan bersiap maju ke kompetisi tingkat Nasional?, berikut ini beberapa trik dari pengalaman pribadi Saya, plus persiapkan seorang teman yang berhasil jadi Juara tingkat nasional tahun 2005.

1. Sehat badan, oleh sebab itu atur kegiatan anda beberapa minggu sebelum ke Jakarta (mulai pertengahan Juli) agar fit saat kompetisi berlangsung

2. Siapkan semua yang Anda butuhkan, jangan berfikir cari di Jakarta … karena tak sempat dan membuat Anda harus keluar Hotel, jangan … itu fatal

3. Perhatikan jadwal kegiatan, karena Anda tak boleh terlambat di setiap kegiatan

4. Anda harus kuasai bidang pelajaran yang Anda ampu di kelas, upayakan menjawab soal dengan sempurna

5. Karya tulis atau penelitian yang sajikan harus punya dampak sosial, budaya, ekonomi, politik, dsb

6. Gunakan Bahasa Asing ketika presentasi atau menjawab pertanyaan, itu menunjukkan nilai lebih

7. Jangan bicara dengan orang lain saat makan, jadi mahluk a sosial sementara tak apa … he he karena Anda diamati oleh orang yang Anda tahu

8. Jangan jadi orang cerdas dan berani, walau susunan acara menjemukan atau tak bermanfaat, ikuti saja, …. kalau Anda protes … fatal

9. Jangan jadi orang yang supel dan ramah, … tak perlu menikmati suasana dan mencari teman baru … serius selalu, anda harus selalu seperti sedang memikirkan cara berbakti pada negeri …. , silaturahmi atau kenalannya nanti saja setelah pulang ke daerah masing-masing

10. Biasanya ada kunjungan ke DPR, walau terbukti DPR makin tak produktif krn tak mampu selesaikan banyak tugas legislasi dan makin korup serta gemar daun muda … jangan menolak diajak ke gedung tempat “orang-orang terhormat” ikuti aja … selalu serius, jangan terlalu menikmati jumpa dengan wajah selebritis yang biasa Anda jumpai di layar kaca … ada orang yang tak Anda kenal mengamati Anda … fatal

11. Biasanya juga ada kunjungan ke Monumen Pancasila sakti Lobang Buaya Jakarta Timur, … walau peristiwa itu kini “dipertanyakan” dan Pancasila belum bisa berjaya walau masa lalu penataran ratusan hingga jutaan jam untuk jutaan mahasiswa dan pelajar hingga pegawai … nyatanya negeri ini makin terpuruk, kejaksaan terkuak rusak, pemimpin sibuk iklankan diri dengan biaya milyaran sementara rakyat mengemis dan kekurangan gizi

12. Aktif ajukan pertanyaan dan pendapat saat ada pembicara di sessi umum (jangan ekstrim, yang standar aja), itu dinilai

13. Saat ditekan oleh para Profesor yang mewawancarai Anda … tetap tegar, karena Anda yang paling tahu apa yang Anda sajikan …. mereka hanya menggertak dan uji mental anda

14. Jangan Gatek atau gagap teknologi … sebagai guru berprestasi usahakan membuat bahan presentasi dengan IT dan lakukan sendiri …. jangan dikerjakan orang lain, karena akan terlihat saat presentasi …. guru berprestasi harus canggih dalam hal ICT

15. COOL, KALEM dan JAGA IMAGE (JAIM) sejak awal hingga akhir kegiatan

Mungkin ini juga bermanfaat untuk kepala sekolah dan pengawas berprestasi, tapi Anda harus ingat … banyak para juara yang kini tak jadi apa-apa … lenyap ditelan zaman … sementara tak sedikit yang tak juara bisa berkibar banyak bantu penduduk untuk lebih sejahtera. Setelah jadi juara Anda tak boleh berhenti untuk terus belajar …. karena ilmu pengetahuan terus berkembang.
Anda punya trik tambahan? silahkan …

Selamat berkompetisi, gunakan cara yang fair untuk menang … karena kita di jalur profesional yang beda dengan profesi lain … semoga sukses.

Mau trik lain dari Juara III tingkat Nasional SLTP tahun 2007?, silahkan klik disini

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

10 thoughts on “Trik Jadi JUARA GURU BERPRESTASI

  1. Selamat Berkompetisi Guru/Kepala Sekolah/Pengawas berprestasi ditingkat Nasional di jakarta tunjukkan yang terbaik bagi Negeri ini.

  2. Beberapa trik ada yang “khas” Dedi Dwitagama. Melawan birokrasi sekaligus mengajak berefleksi dan mempertanyakan hal yang sudah ada, apakah masih penting? apakah ini yang dibutuhkan bangsa ini sekarang ditengah keterpurukan dalam berbagai bidang sisi kehidupan?

    Karena tak kan pernah ada yang tetap kecuali perubahan … mempertanyakan hal yang ada dihadapan kita dikaitkan dengan fakta-fakta dan idealisme profesi pendidikan membuat kita berusaha jadi selalu lebih baik, trm kasih telah berkunjung dan komentar

  3. hmmm kalau saya sih tidak perlu menjadi juara untuk menjadi guru berprestasi…. Seakan ajang kompetisi guru berprestasi ini menciptakan guru yang seperti Robot, pintar tapi tak beremosi. Itu pendapat saya loh pak. Karena saya paling anti “titel juara”

  4. terima kasih informasi nya, sangat bermanfaat dan sebagai masukan baru bagi saya sebagai calon gurumuda. salam kenal http://gurumuda.wordpress.com/category/edufiesta/

  5. tak boleh berhenti untuk terus belajar

    .

    tak sedikit yang tak juara bisa berkibar banyak bantu penduduk untuk lebih sejahtera

    .
    inspiratif!
    .
    salam

  6. Kepada Yth.
    Mas Dedy Dwitagama
    di mana saja

    Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Salam kenal selalu

    Saya telah mengenal Mas Dedy lewat tulisan di majalah Gema tentang Narkoba, kemudian ketemu di Guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi di LPMP. Waktu itu saya diberi alamat situs web. Lalu saya buka, wah…wah banyak sekali ragamnya dan best practice. Saya pun membuat weblog semacam untuk pembelajaran e-learning siswa saya. Tapi masih sangat sederhana. Minta nasehatnya. Bravo Pak Bambang Kulup yang pernah menjadi juara gupres tingkat nasional. Saran dan trik sudah saya baca untuk bekal saya. Doakan saya mas Dedi dan pak Bambang agar saya menang di tingkat nasional tanggal 12 sampai 18 Agustus 2008 di Hotel Sahid Jakarta.

    Wassalamu alaikum Wr.Wb.

    H.T.Rusman Hakim

  7. Asslm Pak Dedi..
    Saya bela- belain ke warnet nih untuk cek trik menjadi juara.. h h h (dari pada bapak bilang “curang”..). Btw, besok check in di LPMP and I will stay there for 2 days (welcome to the mosquito club.. hmm…).

    Ok d. Thanks lho pak atas inputnya.. Sukses y pak..
    Two thumbs Up lah pokoke..

    Doain ya.. supaya saya bisa kasi yang terbaik di tingkat nasional…

    Wassalam..
    DINI

    Ha ha ha 😀 … beda memang perilaku pimpinan yang berprestasi, pandai memancing info, untung beta tahan pada bujukan orang cantik 😦 , kalimat “curang” Saya cabut deh … karena Anda sudah lihat dan baca sendiri hingga berkorban singgah di warnet.

    Sepenuh hati Saya mendukung dan mendoakan Bu Zahra serta semua teman untuk berprestasi di tingkat Nasional … karena Saya perhatikan proses seleksi di tingkat DKI Jakarta berlangsung fair.

    Para mosquito itu turut mendukung Anda untuj juara … nikmati dan bergaulah dengan mereka secara baik … agar mereka turut doakan Anda 😀

    Saya gak mau jempol … maunya yang lain … 😀

    Keep fight ya

  8. yang pasti aku doain juga looh
    semoga pak dedi berhasil di seleksi kepsek di luar negri yang akan memasuki tahap ke 2..

    congratt yah..


    Trm ksh Bu Yeyet, keikutsertaan Saya pd seleksi itu bagian dari upaya menunjukkan bahwa SMK, termasuk guru dan Kepala Sekolahnya itu tak boleh dipandang sebelah mata seperti dulu lagi, soal berhasil atau tidak … ga masalah :D, di dalam dan luar negeri Saya tetap bisa bekerja dengan baik

  9. memang perlu ilmu untuk setiap hal

  10. info bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.