Blog Pendidik

TEATER BESAR UNJ, membakar memoriku

2 Comments

September 1984.
Kami mahasiswa baru lakukan kegiatan Inagurasi setelah selesai ospek seminggu Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP Jakarta … bersama mahasiswa baru juga dari Program Diploma II Matematika, Titiek Wahyuningsih, kami menjadi MC … acaranya seperti biasa … kesan, pesan dan hiburan … tempatnya di teater besar.

Sekarang tempat itu jadi abu … bersama kenangan yang pernah ada … sayang sekali, kebakaran itu merambat ke kompleks pendidikan Labshool … tabah ya Pak H. Ali Chudori … (beliau kandidat Doktor, kepala SMP Labschool Jakarta)

Berikut ini adalah Keterangan Resmi Badan Pengelola Sekolah (BPS) Labschool, Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta

1. Telah terjadi kebakaran di lingkungan sekolah Labschool Jakarta Rawamangun Jakarta Timur pada tanggal 30 Juli 2008, sekitar pk. 12:20 WIB,api berhasil dipadamkan pada pk. 14:30WIB
2. Penyebab kebakaran hingga kini belum dapat diketahui dengan pasti,tetapi sumber api berasal dari terbakarnya Gedung Theater Besar UNJ pada sekitar pk.12:00WIB
3. Bangunan sekolah yang habis terbakar meliputi: a. Ruang Belajar SMP Labschool sebanyak 6 Kelas. b. Ruang Guru SMP Labschool Jakarta sebanyak 1 buah. c. Laboratorium Biologi SMP d. Ruang Belajar SMA Labschool Jakarta sebanyak 3 Kelas e. Ruang Guru SMA Labschool Jakarta sebanyak 1 buah f. Theater Kecil.
4. Fasilitas Belajar yang habis terbakar meliputi : a. Meja siswa sebanyak 200 buah b. Kursi siswa sebanyak 400 buah. c, Meja dan Kursi Guru sebanyak 37 buah d. LCD Projector 5 buah e. Personal Computer(PC) sebanyak 26 buah f. printer sebanyak 5 buah g. Sound System 3 set h. AC Split 1,5 PK sebanyak 40 buah i. AC 5 PK sebanyak 2 buah j. Peralatan Laboratorium Biologi satu set k. Pesawat TV 21″,29″, dan 32″ masing – masing 2 buah.
5. Sehubungan dengan kondisi tersebut,mulai hari Kamis,31 Juli 2008 s.d Minggu,1 Agustus 2008 BPS YP-UNJ akan melakukan langkah – langkah sebagai berikut: a.Memperbaiki instalasi listrik,telephon dan instalasi data. b, Mencari 9 buah ruang belajar(kelas) dan ruang guru di beberapa Fakultas di lingkungan UNJ sebagai pengganti kelas yang akan diperbaiki. c. Mempersiapkan pembangunan seluruh fasilitas belajar yang terbakar.
6. Kegiatan belajar Mengajar(KBM) bagi siswa-siswi KB,TK,SMP dan SMA Labschool Jakarta untuk hari Kamis,31 Juli 2008 dan Jum’at,1 Agustus 2008 dilaksanakan di rumah masing – masing. KBM baru akan dilaksanakan di sekolah mulai hari Senin,4 Agustus 2008.

Image: KOMPAS/WISNU WIDIANTORO / Kompas Images

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

2 thoughts on “TEATER BESAR UNJ, membakar memoriku

  1. Semoga kebakaran di sekolah kami, membuat kami menjadi lebih matang dalam berpikir dan bijak dalam bertindak di usia sekolahnya yang ke-40.

  2. saya salah guru pendidik seni budaya teater SMK dari kabupaten Pasuruan JATIM, mohon bantuan dan bimbingannya untuk menyusun RPP teater untuk SMK tingkat 10 dan 11.
    saya sama sekali belum pernah berpengalaman menyusun RPP tersebut, karena saya baru mengajar teater.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.