Kabarkan perubahan jam masuk sekolah di Jakarta

Murid SMK Negeri 3 Jakarta
Murid SMK Negeri 3 Jakarta

Jam masuk sekolah di Jakarta akan dimajukan 30 menit menjadi pukul 06.30 dari selama ini pukul 07.00, mulai 1 Januari 2009. Perubahan jam masuk itu bertujuan untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas antara 6 persen sampai maksimal 14 persen.

 

Wakil gubernur DKI Jakarta Prijanto menyampaikan hal itu di Balaikota Jumat siang ini (21/11),usai mengadakan rapat pimpinan dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan pemprov DKI.

Namun hasil rapat tersebut masih akan dilaporkan ke gubernur DKI Fauzi Bowo yang saat ini sedang berada di luar negeri. “Kalau nanti gubernur menyatakan iya (setuju) perubahan ini akan berlaku mulai 1 Januari 2009,” kata Prijanto.

Sementara itu jam masuk kantor pegawai negeri sipil tidak mengalami perubahan yaitu pukul 07.30. Sedangkan untuk kantor-kantor swasta, pemprov hanya akan menyampaikan imbauan tentang jam buka yang akan berbeda-beda di setiap wilayah.

Untuk kantor swasta di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat diimbau agar mulai beroperasi pukul 07.30. Jakarta Barat dan Jakarta Timur mulai beroperasi pukul 08.00, dan Jakarta Selatan pada pukul 09.00.

Perbedaan jam buka untuk kantor-kantor swasta itu, kata Prijanto berdasarkan fakta bahwa sebaran kantor-kantor swasta di Jakarta tidak merata. “Kantor swasta paling banyak adanya di Jakarta Selatan. Di Jakarta Pusat tidak terlalu banyak. Jadi kalau jam bukanya bersamaan dengan kantor pemerintah tidak ada masalah,” katanya.

Pemprov mengusulkan skenario perubahan jam sekolah dan jam masuk kantor ini, kata Prijanto, setelah mendapat hasil survey dari PT Pamintori Cipta, lembaga yang memang disewa oleh pemprov.

Berdasar hasil surveynya, pada tahun 2008 ini di Jakarta setiap hari terjadi 20,7 juta perjalanan. Dari angka itu, 3 persen perjalanan menggunakan kereta, 57 persen menggunakan kendaraan bermotor, 40
persen adalah perjalanan non motorized.

Sementara dari sisi tujuan, perjalanan ke tempat kerja sebanyak 5,6 juta perjalanan (32 persen) ke sekolah 5,3 juta (30 persen), berbelanja 2,1 juta (12 persen), tujuan bisnis 1,4 juta (8 persen)
serta lain-lain 3,1 juta (18 persen).

Data dari Pamintori juga mengungkapkan perjalanan dengan kendaraan ke tempat kerja tercatat sebanyak 48 persen, ke sekolah 14 persen, tempat belanja 12 persen, bisnis 8 persen, lain-lain 18 persen.

Angka jumlah perjalanan dari hasil survey ini berbeda dengan angka yang dikeluarkan Polda Metro Jaya. Berdasar data Polda Metro Jaya, total perjalanan per hari warga Jakarta hanya 17,1 juta perjalanan.

Sumber: Kompas

Selamat siang pembaca, siap bangunkan buah hati lebih pagi?

5 thoughts on “Kabarkan perubahan jam masuk sekolah di Jakarta

  1. Sekolah saya sudah mulai masuk jam 6.30 sejak semester lalu. 15 menit digunakan untuk tadarus bagi umat islam dan untuk agama lain juga berdoa sesuai agamanya. Jam 6.45 seperti biasa sudah mulai belajar.

    Bravo, selangkah di depan, thx

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.