jawab pertanyaan ttg FESBUK & BLOG

http://www.ririsatria.net/2009/02/01/facebook/
http://www.ririsatria.net/2009/02/01/facebook/

 

“saya tidak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh sebagian besar warga smkn 36. saat ini, di smkn 36, semua orang tergila-gila dengan facebook dan semua orang berlomba-lomba membuat blog.

still, i dont understand why people doing all of that!!!
apa sih enaknya jadi blogger?
apa manfaatnya facebook?

 

saya justru merasa terganggu ketika saya sedang bekerja sambil terhubung dengan internet, tiba-tiba harus menjawab chat dari yahoo messenger! tapi, saya kayak orang lain juga, bikin blog dan facebook sambil terus mencari manfaatnya buat saya dan orang lain”

Demikian email teman kepada Saya, ada beberapa hal yang ditanyakan … jawaban adalah sbb:

tentang manfaat fesbuk, sy merasa hidup makin berwarna karena peningkatan jumlah teman dan silaturahmi … dampaknya ke rejeki juga bertambah, dan ada manfaat lain seperti yang ditulis seorang blogger, Riri Satria begini:

“Saya sudah cukup lama menggunakan FaceBook, dan selama ini saya memfungsikan FaceBook sebagai alat interaksi dengan sahabat-sahabat melalui dunia maya. Dengan fasilitas yang dimilikinya, FaceBook memang sangat powerful untuk keperluan itu. Sementara itu untuk keperluan blogging, saya masih pakai blog ini (www.RiriSatria.net), walaupun saya link ke FaceBook juga.

Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah fungsi FaceBook yang betul-betul mengharukan buat saya (dan juga isteri). Menjelang anak kami Raihan dioperasi, kami menerima banyak sekali pesan yang mendoakan, pesan yang menguatkan hati, dari para sahabat-sahabat di FaceBook. Puluhan pesan mengalir masuk ke saya dan isteri, dan bahkan sampai beberapa hari setelah Raihan operasi. Berbagai ucapan doa dan perhatian dari para sahabat sangat mengharukan … Ini sangat menguatkan hati kami, dan terima kasih atas perhatian semua sahabat FaceBook-ers semuanya …

Itulah salah satu fungsi social network application seperti FaceBook, semua pesan tersebar dengan cepat, dan semua pesan juga diterima dengan cepat … Dalam suasana yang tepat, pesan-pesan yang diterima tentu sangat berarti, terutama untuk kejadian seperti anak kami yang dioperasi tersebut, dan semua pesan itu menguatkan hati …

Thank you FaceBook, thank you Mark Zuckerberg …”

Tentang blog, jawabnya begini;

Saya terprovokasi membuat blog krn info adik bungsu sy (Anda krn kegairahan teman-teman di SMK 36) … setelah intens ngeblog sejak 2005 di http://dwitagama.blogspot.com, sy merasa perlu terus menulis di blog sy sebagai bagian dari tugas profesionalisme sy sebagai pendidiik … bahwa saya melakukan sesuatu … bahwa ada guru yang serius … ada kepala sekolah yang bekerja … berharap dari tulisan saya bisa dimanfaatkan oleh fihak lain sebagai referensi … bahkan ternyata bisa jadi PERSONAL BRANDING buat saya.

Ada tulisan bagaimana memanfaatkan blog untuk memasarkan diri kita secara detail, silahkan berkunjung ke blog pakar IT, Romi Satria Wahono.

Soal anda terganggu oleh panggilan chat … ada fungsi di YM dan fesbuk yang mengindikasiikan kita OFFLINE walaupun sesungguhnya kita ONLINE.  Dan orang lain tak bisa kontak Anda … gangguanpun jadi tak dekati Anda.

bTw … terima kasih telah mempertanyakan … sy senang dengan yang terjadi di SMK 36 saat ini … Sekolah seharusnya menjadi lingkungan pembelajar atau LEARNING ENVIRONMENT, dimana warganya terus belajar tentang berbagai hal yang terjadi disekitarnya …  sehingga kesenjangan antara sekolah dan dunia kerja tak terlalu jauh … endingnya kita sebagai guru makin profesional di bidangnya.

Saat ini fesbuk dan blog … nanti kita pelajari yang lain … never stop ending for learning begitulah… IQRO

Selamat malam pembaca, belajar apa Anda hari ini?

2 thoughts on “jawab pertanyaan ttg FESBUK & BLOG

  1. Sepakat, Kang, mesti banyak belajar lagi kita semua tentang kemahaluasan pengetahuanNya yang Pemilik semesta. FB, WP, Blog dlsb hanya setitik tetesan dari lautan ilmuNya. Jangan merasa rugi telah pernah berbagi, menjawab FB, WP, blog2, pesan2 di Yahoo, dst, kita yang atur2 sendiri, sambil ingat2 ‘wal ashr, …’, bukankah? Salam; NURHASNAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.