@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

[LKS SMK XVII-2009] Catatan LKS SMK 2008

1 Comment

Lomba Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) XVI 2008 telah dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 28 Juni 2008 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih sebanyak 13 medali emas dari 50 bidang lomba. Sementara peringakat kedua ditempati oleh Provinsi Jawa Timur dengan meraih sebanyak 10 medali emas, sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Provinsi Sulawesi Selatan dengan meraih lima medali emas. Adapun peringkat keempat dan kelima ditempati Provinsi Jawa Barat dan DKI jakarta dengan masing-masing meraih sebanyak empat medali emas.

Penyerahan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) diserahkan oleh Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas kepada perwakilan juara umum pada Sabtu (28/06/2008) malam di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

LKS SMK diselenggarakan untuk memacu siswa dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Ditargetkan, para siswa dan lulusannya mampu menembus dan berkompetisi pada skala nasional maupun internasional. Dalam jangka pendek, kegiatan ini terbukti berhasil memberikan wahana pada siswa untuk menunjukan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, sedangkan dalam jangka panjang merupakan tahapan penting untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya bagi lulusan SMK. Dalam dimensi masyarakat, kegiatan LKS ini dapat menguatkan kepercayaan terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai institusi pendidikan yang berkualitas untuk menyediakan teknisi tingkat menengah.

Kesuksesan LKS SMK dicermati dari indikator intensitas dunia usaha dan dunia industri yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan LKS dan membanjirnya pengunjung.

Direktur Pembinaan SMK mengatakan, tingkat keterselesaian tugas-tugas dalam LKS SMK ini lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun 2008 di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Beliau mencontohkan, pada lomba pasang keramik, dekorasi dinding, dan lantai sebanyak 90 persen tugas dapat diselesaikan, sedangkan pada penyelenggaraan LKS sebelumnya para peserta hanya mampu menyeleseikan sebanyak 50 persen tugas.

Sementara, menurut pihak industri, pada bidang lomba animasi terjadi lompatan karya yang luar biasa untuk anak SMK. Para siswa tersebut, dapat menganimasi dengan satu kelembutan dan gerakan paralel yang sangat bagus.

Untuk penyelenggaraan LKS SMK XVII 2009 akan diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta. Direncanakan, kegiatan ini akan diselenggarakan pada satu arena yang besar untuk menampung semua cabang lomba.

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; https://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

One thought on “[LKS SMK XVII-2009] Catatan LKS SMK 2008

  1. pa saya salah satu siswa berprestasi alumni smkn 36 jakarta.

    2 tahun belakangan ini SMK N 36 ko tidak dapat juara di LKS lagi pa???

    aloo andika …. ente keliru, 2009 Nautika juara 1 Nasional, tahun 2010 ini Nautika juara 1 tk Nasional, Fishery ranking 5 … klik disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 14,017 other followers