@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Guru & Keringat

2 Comments

Anda ingat kapan terakhir berkeringat?, Ada yang menjawab. “Saya beru saja makan dan keringat bercucuran di tubuh Saya”. Yang Saya maksud adalah berkeringat melalui kegiatan olah raga, Kapan terakhir Anda berolah raga?

Setiap hari Guru di Jakarta harus berada di Sekolah sebelum pk. 06.30 WIB, karean lokasi tempat tinggal umumnya guru Jakarta di daerah perbatasan Jakarta, maka hampir tak ada waktu yang bisa dialokasikan untuk berolah raga sejak hari Senin hingga Jumat. Beruntunglah guru yang sekolahnya memiliki program olahraga bersama pada hari tertentu. Target capaian kurikulum, ujian nasional dan lainnya membuat sekolah enggan lakukan kegiatan olahraga bersama.

Hari Sabtu dan Minggu disibukkan dengan kegiatan keluarga, sehingga adakah waktu yang Anda alokasikan untuk mengolah tubuh, menjaga kebugaran, membuang kalori yang menumpuk dalam tubuh. Ada teman yang menjawab, olahraganya adalah memancing, dilakukan setiap Sabtu dan Minggu.

Anda suka bulu tangkis? bergabunglah dengan Gelanggang Olah Raga (GOR), yang saat ini telah ada hampir di setiap kecamatan di Jakarta. Disana pasti ada klub yang berlatih setiap hari.

Saat ini sedang digandrungi olehraga bersepeda. silahkan berkunjung ke jalan-jalan utama di Jakarta atau ke silang Monas, Sudirman dan lainnya, tak sedikit penggemar bersepeda nikmati udara pagi Jakarta. Pada minggu terakhir setiap bulan ada CAR FREE DAY/Hari Bebas Kendaraan di Sudirman, Thamrin dan beberapa jalan protokol di setiap Kotamadya. Bersam keluarga, bersepeda jadi lebih mengasyikkan, mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Berenang bisa juga dijadikan pilihan habiskan akhir minggu Anda, putra-putri kita biasanya sangat suka bermain di air. Olahraga apapun yang Anda lakukan akan membuat badan jadi lebih sehat dan lebih sehat untuk membimbing peserta didik ke arah yang lebih baik. Jika guru-gurunya tak sehat, sulit dibayangkan akan terjadi proses belajar yang menyenangkan.

Akan menjadi sesuatu yang menyenangkan jika di Sekolah dilakukan kegiatan olahraga bersama antara Guru, Karyawan dan peserta didik. Kegembiraan, senyum, keakraban akan makin sering dinikmati sehingga kerjasama antar unsur di Sekolah jadi lebih baik dan ringan dalam mencapai tujuan sekolah.

Selamat siang pembaca, kapan terakhir Anda berkeringat?

About these ads

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building also as photografer. Please visit; https://dedidwitagama.wordpress.com, http://trainerkita.wordpress.com and http://fotodedi.wordpress.com

2 thoughts on “Guru & Keringat

  1. Salam kenal Pak…

    Dulu di Bekasi tiap akhir bulan ada Car Free Day juga, tapi sekarang kayaknya udah nggak, biasanya saya main sepatu roda sama teman saya, sekarang juga udah nggak…. :(
    Saya memang jarang olahraga, paling seminggu sekali pas pelajaran penjas….
    hehehhe

  2. tolong dong pihak dinas pendidikan memotivasi guru-guru agar rajin berolah raga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 14,065 other followers