Blog Pendidik

Dunia Dalam Genggaman GURU BLOGGER

10 Comments

Bersama membina anak bangsa

“Konvergensi teknologi memang telah menjadikan berbagai perangkat elektronik melebur hingga hanya tinggal sebesar genggaman telapan tangan. Tak heran, Telkom pun mendeklarasikan bahwa saat ini dunia telah bisa berada di dalam genggaman kita (The World in Your Hand).”

Guru memfasilitasi peserta didik untuk hidup lebih baik di masa depan, kemampuan guru dalam menyikapi perkembangan teknologi akan memberi nilai tambah profesionalismenya dan lebih dihargai peserta didik dan rekan seprofesi.

Suatu saat Saya berjumpa dengan seorang guru yang sudah menyelesaikan kuliah S3 dan bergelar Doktor, setelah berbicara beberapa topik, beliau bertanya:

“Menulis di blog mendapat angka kredit untuk kenaikan pangkat?”

Wah, Saya cukup terkejut dengan pertanyaan seseorang yang berpendidikan sangat tinggi … apakah demikian sempitnya pandangan seorang guru yang hebat dan mengajar di sekolah paling hebat di Jakarta (kabarnya). Menulis dengan tujuan peroleh angka kredit untuk kenaikan pangkat …. sangat duniawi.

Atau barangkali Saya yang terlalu “gila”, menulis ratusan artikel sejak Novenber 2005 di empat blog saya Principal & Trainer, Photoblog Dedi, Trainer Kita dan blog ini tanpa pernah memikirkan apa yang akan saya dapat.

Saya hanya ingin mendokumentasikan berbagai hal yang saya lakukan dalam peran saya sebagai pendidik, membantu anak negeri untuk hidup lebih sejahtera. Saya berharap tulisan Saya bermanfaat buat orang lain yang sedang memiliki persoalan yang hampir serupa dengan pengalaman yang saya tuliskan, kalaupun tidak … dari berbagai tulisan yang saya publikasikan, orang tua peserta didik di sekolah Saya mengetahui bahwa anak-anak mereka sedang disiapkan ke arah yang kebih baik.

Blog, sebagai dokumentasi berbagai kegiatan, ide, keresahan, kegembiraan atau lainnya akan memberi manfaat untuk pemilik dan pembacanya. Sebagai pendidik, seorang guru harus terbiasa menulis dan mengabarkan apa yang sedang dan akan dilakukan agar bisa jadi bahan evaluasi diri dan menjadi lebih baik.

Saat menulis Blog, Saya juga berkelana menyimak berbagai informasi dari rekan sejawat dan lembaga-lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri sehingga tak terasa informasi terserap dan berguna saat dibutuhkan.

Menulis memang bukan hal yang mudah, demikian juga ketika kesulitan ide atau topik yang akan ditulis. Pada saat seperti itu biasanya Saya menulis dalam bentuk puisi, walau hanya sebait. Menulis akan lancar bagaikan air mengalir manakala kita telah membiasakan diri menulis setiap hari. Dari pada tertidur karena tak tahan melawan ngantuk, kita bisa menulis saat menghadiri pertemuan, sebelum tidur, atau kapan saja dan dimana saja asalkan membuat diri kita bisa berbagi kepada orang lain. Hal itu sudah merupakan kenikmatan tersendiri. Apalagi bila banyak komentar yang datang memberikan tanggapan. Sungguh sangat menyenangkan karena bersifat interaktif. Terjadi komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca setianya.

Sahabat Saya di dunia maya Riri Satria menulis di blognya begini:

“Nge-blog memungkinkan seseorang untuk mengubah tacit knowledge yang ada di dalam pikirannya, menjadi explicit knowledge, yang bisa dipelajari oleh orang lain. Dalam kerangka knowledge management, proses pengubahan tacit knowledge menjadi explicit knowledge ini sangat penting, karena dengan itulah pengetahuan akan berkembang, dan berbagai ide, wacana, atau pemikiran baru akan dibahas, diperbincangkan, bahkan diuji oleh khalayak ramai, sehingga menambah khazanah ilmu pengetahuan. Semakin banyak orang nge-blog, semakin banyak tacit knowledge yang berubah menjadi explicit knowledge, dan akhirnya akan terbentuk suatu learning society.”

Om Jay, Guru SMP Labshool Rawamangun Jakarta Timur yang sering keliling Indonesia menjadi nara sumber akibat tulisan-tulisan di blognya, beliau sahabat Saya di dunia nyata menulis begini:

“Jasad kita boleh terkubur, tetapi tulisan kita akan kekal dan terus dibaca oleh anak cucu kita. kalau sudah begitu, Yuk kita menulis sebelum tidur. Tidur kita yang panjang, tidurnya mbah Surip dan mbah Willy. S. Rendra. Di kenang karena karya tulisnya yang mencerahkan.”

Selamat Hari Guru Nasional, Saya bangga jadi Guru

Ditulis untuk menanggapi artikel “Dunia Dalam Genggaman”

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

10 thoughts on “Dunia Dalam Genggaman GURU BLOGGER

  1. selamat dan sukses Guru-guru Republik Indonesia, meraih cita-cita merajut kebaikan.

  2. “Menulis di blog mendapat angka kredit untuk kenaikan pangkat?”

    dalam sebuah talkshow yg pernah saya ikuti ada tenaga pengajar yang juga menanyakan hal semacam itu. bahkan, dia juga bilang mendingan nulis di koran krn dapet pengakuan dan honor.. duh!

    oiya, selamat hari guru! 🙂

  3. selamat hari guru, 28/11/2009, dari pagi saya searching artikel tentang hari guru sangat sedikit sekali, kalah sama berita hukum dan ham, inilah salah satu penyebab durhakanya bangsa ini terhadap guru, akibatnya pendidikan kita masih terseok-seok T_T : mampir ya : http://miphz.wordpress.com/2009/11/25/smkn-5-bandung/

  4. Yang aku pahami dari dunia internet adalah: kita harus lebih banyak memberi dulu, sebelum kita memetik hasilnya. Hasilnya bisa jadi tidak langsung dari apa yang kita kerjakan, tapi bisa jadi didapat akibat tidak langsung dari yang kita kerjakan.

    Menulis blog, aktif di social media, berbagi pengalaman dan pengetahuan memang tidak bisa diukur atau dinalar dengan uang atau benefit. Namun aku yakin, suatu waktu nanti apa yang sudah kita berikan secara ikhlas melalui blog dll pasti akan memberikan benefit yang tak terduga bagi kita sendiri.

  5. semangat terus untuk berbagi melalui blog. tulisan2 anda akan menjadi inspirasi bagi murid serta rekan guru yang membaca.

    salam kebersamaan!

  6. Pingback: Bloggers @ MarkPlus Conference 2010 | Deddy Andaka 's Blog

  7. Salam kenal.
    Artikel yg menarik. Sampai ketemu di MPC.. 🙂

  8. Pingback: blog2 yg ter-invite MarkPlus Conference 2010 (bag1) « Guru Kencing berDiri, dua tiga Pulau terLampaui

  9. salam kenal ya pak

  10. artikelnya menarik mas…salam kenal…^_^

    Terima kasih atas infonya, silakan berkunjung ke sini yaaa…^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.