BANGKA BELITUNG memanggil

PULAS, SEGERALAH BANGUN

Sabtu siang, 29 Mei 2010 bersama Saudara Saya Wijaya Kusumah (Guru SMP Labschool Rawamangun Jakarta Timur) menuju ke Pangkalpinang Bangka Belitung untuk sharring pada kegiatan Workshop Nasional “BEDAH TUNTAS PTK”, dilangsungkan di Gedung Diklat Provinsi Bangka Belitung Minggu 30 Mei 2010.

Inlah reportase Bang Haji Wijaya Kusumah di blognya:

“Senang rasanya bisa berkunjung ke propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari Jakarta menuju Pangkalpinang hanya satu jam. Begitu indah pemandangannya, tetapi sayang ada bongkahan tanah tak terpakai. Tampak sekali bekas galian timah yang merupakan kekayaan alam terbesar dari propinsi ini.

Pemandangam alam itulah yang saya lihat hari ini, Sabtu 29 Mei 2010 ketika akan mendarat di bandara Depati Amir Bangka Tengah. Dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 616, akhirnya saya bisa menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di bumi Pangkalpinang Negeri Serumpun Sebalai, Kepulauan Bangka Belitung.

Kami (saya dan pak Dedi) disambut dengan penuh suka cita oleh pak Ali dan pak Halim. Event Organizer (EO) yang mengundang kami menjadi pembicara penelitian tindakan kelas (PTK). Baru pertama kali itulah saya tahu wajah pak Ali dan Pak Halim, sedangkan mereka sudah tahu wajah saya. Maklumlah blogger terkenal dan teraktif dari kompasiana (hehehehe,……GR).

Dari bandara kami diajak makan siang dulu di restoran Alim. Di sana kami mencicipi sayur ikan pari dengan bumbu kuning (lempah kuning ikan pari) dan cah kangkung. Heeem…. Nikmat sekali!. Apalagi ditambah juice Sirsak dan alpukat membuat makan siang kami bertambah nikmat.

Dari restoran alim, kami diajak ke tempat di mana kami menginap. Tempatnya Badan Diklat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Luas sekali tempat ini dan di aula Badan Diklat inilah acara workshop PTK akan dilaksanakan.

Ketika diajak untuk berkeliling Kota Pangkalpinang dan berkunjung ke pantainya, tanpa ragu kami langsung menerima tawaran yang menarik ini. Kami diajak ke pantai pasir padi. Sebuah pantai yang pasirnya mirip padi, makanya dinamai pantai pasir padi.

Di pantai inilah kami berlehe-lehe sambil menikmati pemandangan pantai yang indah dan juga menikmati air kelapa muda yang manis. Seeeerururup…….seger rasanya! Enak sekali buah kelapa muda di pantai pasir padi ini. Membuat saya merasakan betapa nikmatya menjadi turis lokal di negeri sendiri yang mempesona.

ANAK DAN AYAH
ANAK DAN AYAH

Hampir seluruh kekayaan alamnya dinikmati pemerintah pusat. Di sanalah terlihat kesombongan pemerintah pusat yang tak berpihak kepada rakyat di sini. Untunglah sekarang ini ada otonomi daerah sehingga kepulaan Bangka Belitung dapat memisahkan diri dari Propinsi Sumatera Selatan. Berusaha mandiri untuk membangun daerahnya agar tak tertinggal dari daerah lainnya.

Kepulauan Bangka Belitung memang mempesona. Tetapi sayang, rakyat di sini banyak yang tertidur pulas. Tak berusaha untuk melakukan inovasi dan kreativitas untuk membangun negeri. Seperti anak kecil ini yang tertidur pulas (pada foto di atas).”

Selamat pagi pembaca, apa yang Anda nikmati di libur panjang minggu ini?

3 thoughts on “BANGKA BELITUNG memanggil

  1. darto

    ya…. sama dengan yang ada di film laskar pelangi itu, susah dibayangkan tanah yang begitu menghasilkan,tapi rakyatnya tertinggal,….. siapakah yang bertanggung jawab atas semua ketertinggalan itu? …..

    Pemda dan rakyat harus berusaha untuk bisa jadi lebh baok …. pendidikan bisa mempercepat, rakyat yg pandai dan berwawasan tak kan mau dijajah olehsiapapun … trm ksh darto, smg kamu sehat selalu di Saudi

    Like

  2. salam, saya suka dengan ulasan dan gaya penulisan anda, edukatif dan sangat menambah kasanah dunia pendidikan, semoga saya bisa mencontoh anda dalam memberikan pemikiran dan saran bagi sesama, semoga sukses selalu.
    @ beasiswa 2010 Indonesia.

    Ehm … sy jadi tersanjung, trm ksh … smg anda sukses slalu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.