Blog Pendidik

Bukan Ekskul-ekskulan

3 Comments

Sekelompok peserta didik dikumpulkan untuk kegiatan ekstra kurikuler (ekskul), mereka berlatih berbagai hal agar di sekolah terlihat ada kegiatan ekskul. Apa hasilnya? Hanya sebatas data bahwa di sekolah itu ada kegiatan ekskul.

Kami di SMKN 36 Jakarta mengorganisir peserta didik untuk pentaskan kesenian Jepang Taiko pada even Gebyar Hardiknas 2009, sebagai bagian penguatan pembelajaran Bahasa Jepang yang diberikan di SMKN 36 Jakarta. Dengan. Fokus target yang jelas para pembina, guru dan peserta didik menentukan jadwal, cara, strategi dan hal-hal lain mencapai sukses pentas itu.

Kami juga mengorganisir untuk ikuti kejuaraan pencak silat tahun depan, targetnya raih juara tingkat DKI Jakarta sebagai cara kami memberi beasiswa untuk anak negeri.

Ekskul di sekolah harus dimulai dengan target capaiannya, agar ada proses pembelajaran, bahwa untuk mencapai hasil tertentu harus dipersiapkan dengan baik berbagai hal yang mendorong pencapaian hasil yang disepakati … Jangan ekskul di sekolah sekedar ekskul-ekskulan tanpa hasil hingga bertahun-tahun ekskul itu ada …. Jika yak berprestasi bubarkan saja.

Selamat pagi pembaca, apa ekskul anda di sekolah, pernahkan raih prestasi? Terimak kasih telah berkunjung dan komentar. Semoga anda sehat dan sukses selalu.

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

3 thoughts on “Bukan Ekskul-ekskulan

  1. dulu pernah saya ngajar ekskul Animasi di salah satu SDIT di Bogor, senang rasanya melihat mereka gembira dengan materi yang kami sampaikan, sayang cuma berjalan satu tahun saja.

  2. Betul sekali pak ! ekskul ekskulan ternyata memang banyak diterapkan disekolah -sekolah …. aplikasinya g jelas …..apalagi kualitasnya ….??? thanks on your information …

    • Dari pada ngerjain yg ga jelas, mending hentikan aja ekskulnya, ganti yg pake target …. Hasilnya bakal terlihat, bikin bangga dan makin smangat latihannya, trm ksh bunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.