Blog Pendidik

Menjawab tanya Pembaca Blog tentang Guru yang Nyaru

3 Comments

Lisa Mustafa pembaca menulis komentar pada posting Saya begini:

Saya setuju dengan analisa Bapak……tapi ada yang saya tanyakan kepada Bpk … semoga Bpk dapat memberikan jawaban ……bagaimana kalau seorang guru dari awal menjadi guru termasuk guru yang malas untuk masuk kelas/ mengajar…apalagi hal-hal yang lain yang berhubungan dengan tupoksi…tapi dengan berjalannya waktu…dengan segala cara orang itu menjadi kep-sek….kejadian seperti ini banyak saya temui……jadi banyak guru mau jadi kepsek salah satu alasannya karena malas mengajar…….makanya dengan ada peraturan masa kep-sek hanya 2 periode banyak menimbulkan reaksi…..karena kalau belum pensiun sudah habis masa jabatannya…. guru tsb enggan untuk mengajar ……..bagaimana tanggapan bapak?

Jawab Saya adalah sbb:

Bahwa orang itu bisa jadi Kepala Sekolah adalah suatu “kehebatan” … tapi lihat dan amati ke depan … yang bersangkutan mungkin tak  punya kinerja bagus … guru-guru yang dipimpin juga tak terlalu mendukungnya … dan dalam jangka panjang, dia bakal tersiksa oleh ketakmampuannya mengelola sekolah … indikatornya gampang terlihat, diantaranya beliau sering mengurung diri di ruang kerja, jarang lakukan rapat koordinasi dengan semua guru, lebih senang memanggil guru atau staf satu persatu …. atau lebih senang keluar sekolah untuk urusan yang tak jelas …. karena sesungguhnya dia tersiksa dengan sesuatu diluar kapasitasnya.

Soal periode masa kerja kepala sekolah, itu ada perundangannya … seharusnya kepala sekolah siap jadi guru, karena sesungguhnya kepala sekolah adalah guru dengan tugas tambahan mengelola sekolah … pada hakikatnya mengajar itu menyenangkan … guru yang bagus pasti akan terpakai dimanapun dia berada, … di rumah, lingkungan agama, RT, RW, Kelurahan, Peguyuban Keluarga … bahkan tak sedikit kemudian yang jadi nara sumber keliling Indonesia atau dunia 🙂 :), salah satu contohnya adalah Bapak Arif Rahman.

Kita tak perlu ngiri pada teman itu … doakan aja agar beliau sehat selalu, panjang umur dan disadarkan, kemudian mau berubah jedi lebih baik …. terima kasih.

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

3 thoughts on “Menjawab tanya Pembaca Blog tentang Guru yang Nyaru

  1. Kalau dah jadi kepsek trus jadi guru lagi gak mau ngajar…..mungkin dah lupa pak dari mana mau mulai ngajar soalnya sudah biasa jadi kepala sekolah…ibaratnya biasa jadi “BOS” trus jadi “STAFF” ….kalau tidak legowo ya …bahasa keren nya jadi “TENGSIN ” ngono lah….

  2. Sebenarnya kita tidak ngiri…..dg hal-hal begitu hanya prihatin saja dengan sistem pendidikan di Indonesia….terimakasih yaaa pak…atas tanggapannya semoga doa kita terkabul ….dan harapan kita menjadi kenyataan…

  3. Kebanyakan peralihan dari kep sek lalu jadi guru . . . mereka tak legowo, malah jadi stress … akhirnya tak sedikit yang kasak kusuk untuk berusaha menjadi kep sek lagi . . . ( maaf yah, pak karena di negara kita ada anggapan ” uang tak jadi masalah, karena masalah jadi uang ) . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s