Blog Pendidik


Leave a comment

Banyak Jempol buat Jabiru, Pesawat SMKN 29 Jakarta

20120430-190254.jpg
Di Parkir Timur Jakarta, minggu lalu

Advertisements


Leave a comment

SMKN 29 Jakarta ternyata mampu membuat rakitan mereka terbang bebas di angkasa Tangerang-VIVAnews.com


Polesan tangan-tangan terampil remaja belasan tahun dari SMK Negeri 29 Jakarta ternyata mampu membuat rakitan mereka terbang bebas di Pondok Cabe, Tangerang, hari ini. Walau sebagian besar komponennya masih buatan asing, mereka tetap bangga bisa merakit sendiri pesawat terbang itu.
Seakan tak kenal lelah, para siswa SMK tersebut bergantian dari siang sampai petang mengupayakan pesawat dapat terbang secara sempurna. Pesawat eksperimental itu adalah Jabiru PK-SMT.

Ahmad Budiman, Kepala Program Keahlian Airframe Powerplant SMK 29 Jakarta mengungkapkan, ide awal pembuatan pesawat ini yakni bermula dari praktek merawat pesawat yang tidak terbang. Itu, merupakan hal wajar mengingat lulusan SMK nantinya akan bekerja di perusahaan penerbangan.

Kemudian, dia melanjutkan, saat mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS) 2008 di Kemendiknas, para siswa mengirimkan karya pesawat. Saat pameran, Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo diprovokasi oleh pihak SMK, bahwa SMK sebaiknya didukung untuk membuat karya, bukan merawat pesawat orang lain.

Gayung pun bersambut. Bambang pun meminta SMK untuk membuat dua pesawat sejenis. Akhirnya, kementerian menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk membuat pesawat. Seminggu setelah pameran itu, pihak SMK diminta menghadap ke Kemendiknas untuk mengambil dana tersebut.

“Biasanya memang siswa di sini bongkar dan rakit pesawat orang lain. Itu kan biar feeling mereka kena saat nanti kerja di penerbangan,” ujar Ahmad Budiman di sela-sela stan SMK 29, Monas, Jakarta, Sabtu 28 April 2012.

Kemudian, dia melanjutkan, dana tersebut digunakan untuk membeli komponen pesawat, yang 85 persen dipasok dari luar negeri, seperti China dan Australia, sedangkan komponen dalam negeri baru 15 persen. Komponen yang didatangkan dari China adalah panel, sedangkan bahan dari Australia adalah fiber. “Untuk komponen lokal yakni beberapa bagian di panel, teris backleading,” tambahnya.

“Biaya untuk buat ini seluruhnya Rp1,5 miliiar. Itu sudah termasuk asuransi pilot, asuransi pesawat, lisensi pesawat. Kami menanggung Rp300 juta,” kata Ahmad.

Akhirnya setelah empat tahun, pesawat buatan tangan siswa belasan tahun tersebut dapat terbang untuk pertama kalinya di Bandara Pondok Cabe, Tangerang. “Saat test flight, mampu terbang empat ribu kaki selama 20 menit,” kata Ahmad.

Pesawat Lain

Pesawat dengan panjang 6,7 meter dan lebar 9,86 meter serta tinggi 2,4 meter tersebut mampu terbang dengan ketinggian 14 ribu kaki. “Pesawat ini berkapasitas empat penumpang dengan baling-baling di depan serta tiga roda di bawahnya. Pesawat yang berkapasitas 140 liter Pertamax ini sudah menikmati penerbangan pertama kalinya,” ujarnya.
Dengan kemampuannya saat ini, menurutnya, pesawat itu mampu terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur. Sayangnya, lisensi untuk pesawat tidak memungkinkan karena pesawat jenis ini hanyalah pesawat eksperimental.

Saat ini, Ahmad menjelaskan bahwa SMK 29 masih mempunyai sembilan pesawat sejenis yang masih dikerjakan. “Satu sudah 100 persen jadi, yakni yang ini, yang lainnya masih dikerjakan,” katanya.

Ia menambahkan bahwa yang dilakukan oleh siswanya lebih dari sebuah perakitan, karena siswa SMK 29 juga membuat beberapa komponen pesawat. “Jadi, tidak hanya pasang-pasang saja,” tuturnya. (ren)

Sumber: VIVAnews.com


1 Comment

berarti burung-burung itu perokok pasif ya? kasihan deh

20120429-141517.jpg

20120429-141540.jpg

20120429-141603.jpg
Pagi tadi sy sempat nikmati Lomba Burung Kicau Piala Presiden yg pesertanya fatang dari banyak daerah.

Ada kelas rakyat, DPR. MPR, Wapres, Presiden …. sayang saya ga sempat bedakan kicau mereka …. akibat trlalu banyak asap di sekitar arena lomba parkir timur snayan … rame deh.

20120429-142024.jpg


Leave a comment

sambil nikmati malik n d essensial di monas saat gebyar hardiknas disdik DKI Jakarta

menikmati band adalah menikmati kerja sama volalis, drummer, basis, melodi dan personil lainnya.

jika kerjasamanya bagus maka hasilnya enak didengar … utk stiap aspek dalam hidup kerjasama itu perlu, happy deh.

ditulis sambil nikmati malik n d essensial di monas saat gebyar hardiknas disdik DKI Jakarta ini hari.


Leave a comment

yang dikabarkan banyak pulus anak-anak sekolah berebut beasiswa kuliah

awal tahun lapan puluhan
terasa banget anak-anak muda Indonesia
berlomba berebut beasiswa untuk kuliah di luar negeri
negara memberi biaya penduduk hebat
hingga selesai S1, S2, S3

saya sedang mimpi
Ibukota Negeri Paman Besut
yang dikabarkan banyak pulus
anak-anak sekolah berebut beasiswa kuliah
di dalam dan di luar negeri

selesai kuliah
penduduk hebat itu mengabdi buat ibukota
jadi pemimpin kota yang membiayainya
apa masih perlu impor calon gubernur?


Leave a comment

10 Ciri Orang berfikir Positif & mau bertindak kriminal, ikuti & waspadalah

10 Ciri orang yang berfikiran Positif:

1. Melihat masalah sebagai tantangan
Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.

2. Menikmati hidupnya
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak
Memelihara’ pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

5. Mensyukuri apa yang dimilikinya.
Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya.

6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu
Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan
Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya.

8. Menggunakan bahasa positif
Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti “Masalah itu pasti akan terselesaikan,” dan “Dia memang berbakat.”

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan ‘hidup’.

10. Peduli pada citra diri
Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

[http://takunik.blogspot.com/2010/08/10-ciri-orang-yang-berfikiran-positip.html]

Divisi Humas Mabes Polri, Senin (23/4/2012), merilis ciri-ciri orang-orang yang ingin berbuat kriminal, sebagaimana tertuang di akun Facebook-nya. Berikut ini adalah 10 ciri orang yang ingin berbuat kriminal:

1. Naik motor helm selalu tertutup/kaca gelap.
2. Parkir motor mesin selalu hidup.
3. Berlagak mencari kost.
4. Mondar-mandir, tengok kiri kanan (wira-wiri)
5. Menggiring motor dengan kondisi motor mati, seolah bensin habis.
6. Berlagak kenal dengan pemilik rumah.
7. Berpenampilan seperti mahasiwa/mahasiswi
8. Menawarkan Jasa atau barang dengan memaksa.
9. Berjalan dengan tergesa-tergesa.
10.Pemulung berani masuk ke area pekarangan rumah.

Sumber:
http://news.detik.com/read/2012/04/23/121557/1899026/10/10-ciri-orang-yang-mau-berbuat-kriminal-versi-polisi


Leave a comment

semoga sukses anak muda … jangan pake narkoba yah … tar cepet mati, ga happy deh


Yoda Indonesia Idol jadi topic trending di twitter … keren nyanyinya … semoga sukses anak muda … jangan pake narkoba yah … tar cepet mati, ga happy deh …. ikut nyanyi guns n roses yuuuu …. biar happy


Leave a comment

saya mau coba

The WordPress.com Blog

We’re happy to announce three new things that you can embed into your site!

Spotify

Embed music from Spotify by right-clicking any song, album, or artist in Spotify and selecting “Copy HTTP Link” or “Copy Spotify URI”:

Then paste that into your post editor, making sure that it’s located on its own line all by itself. You’ll end up with something like this when you view your post:

Rdio

If you’re an Rdio user, you can embed music from them too. Copy the URL from your address bar when looking at a track, artist, or playlist and paste that into your post editor. Here are a few examples:

If you use the Mac application for Rdio you can copy URLs from there as well. If you click the “Share” button you’ll see a URL to copy right at the top. Paste that in to your post editor and you’re…

View original post 74 more words


Leave a comment

bersurat bangga, haru, bahagia dilaporkan sukses Bayu Zen Soetrisno

Bayu ZS

Bayu Zen Soetrisno wrote:

Asslkm Sir,

im so misssing you deeply,
Now, im in 2nd semester of Bakrie University, still in Communication Major, next semester i’ll choose ‘marketing communication’ as my sub faculty. i wanna say thank you very much about your character education during high school at beloved SMKN 36 Jakarta, i really miss that moment.

Day by day i found my confidence to reach my future, last month im became a representative of Indonesia for Yourbigyear compt, it’s such an social enterpreneur around the world, and last week i winning a compt called Remaja Ceria in states of North Jakarta, i bet you already know about it. and day by day im sure that i’ll meet you in good condition to re-back my owe

i dont know how to say ‘Thank you’ to you sir, you’re amazing.
i hope you’re in guidance of Allah to keep Health and Wealth

your student

Bayu Sutrisno

Dedi D Dwitagama wrote:

salaaam
Dear Bayu

I am proud, emotion and other kinds of feelings in the hearts of reading your letter.

You proved that … there’s no wrong way … origin we are serious, we will be what we want.

Good luck … keep a good ur mother … keep dreaming, keep health, try not owe .

I love you


Leave a comment

Speechless lihat foto hasil peserta didik yg motret teman-temannya, kerjasama yg dahsyat, kereeen

BUAT BUKU TAHUNAN


Photografernya: Devin Indra Cahya peserta didik SMKN 29 Jakarta, saya menulis di wall facebooknya begini:

“devin …. foto hormat depan aula … kereeen abiiiiis … bikin yg banyak lagi dooooooong … bisa buat cover buku tahunan tuuuuh … smg kamu dan smuah sukses yah”


Leave a comment

yang pasti kami pantas dikunjungi terima kasih kpd semua teman di SMK 29 yang membuat kami dinilai bagus

awalnya saya bicara dg teman pertama
kata dia sejak saya disini 15 tahun lalu
teman kedua bilang sejak 25 tahun lalu
teman ketiga bilang sejak 32 tahun lalu
teman ke empat bilang sejak 33 tahun lalu

baru kali ini Menteri Pendidikam negeri
berkunjung ke sekolah kita
kenapa?
pertama, ini atas izin Allah SWT
kedua, Kepala Dinas berkenan
ketiga, wakadis ok juga
ketiga, kabid SNK mensupport
….
….

jawabnya bisa banyak
yang pasti kami pantas dikunjungi
terima kasih kpd semua teman di SMK 29
yang membuat kami dinilai bagus
love u all, happy deh


2 Comments

berpenampilan bagus yuuu … banyak baca agar berisi bicara … koran, majalah, internet jadi alat, niatnya jadi yang utama

SELALU RAPIH

Perhatikan burung itu … 
penampilannya selalu rapih …
kicaunya riang, nyaman didengar
akrab dengan burung jenis lain

pagi dia terbang
sore kembali ke kandang
rejekinya tak pernah kurang
padahal otaknya tak sebesar kentang

lucu
manusia yang otaknya bagus
sering tak berpenampilan bagus
berbicara tak becus
bikin sesama hilang nafas berhembus

sebagai manusia paling sempurna
berpenampilan bagus yuuu
banyak baca agar berisi bicara
koran, majalah, internet jadi alat
niatnya jadi yang utama

selamat pagi pembaca, sudah baca apa anda hari ini?


3 Comments

Mendikbud Tinjau Kesiapan Pelaksanaan UN di SMKN 29 Jakarta; detik.com

DIFOTO OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, melakukan kunjungan ke SMKN 29 Jakarta terkait hari ke dua pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Tujuannya, untuk meninjau persiapan UN di sekolah yang biasa disebut STM Penerbangan tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Nuh tiba pada pukul 06.50 WIB di SMKN 29 Jakarta di Jl Senopati, Jakarta Selatan, bersama Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi. Setibanya di lokasi, Nuh langsung menuju ruang panitia untuk meninjau persiapan pengawas dan sempat mempertanyakan kesiapan hingga kemungkinan kebocoran soal.

“Gimana persiapannya, sudah siap? Ada yang bocor nggak? Jadi saya mohon dipegang betul SOP-nya, kalau ada yang mencurigakan segera bertindak diingatkan,” kata Nuh kepada pengawas, Selasa (17/4/2012).

Selanjutnya, Nuh mengecek toilet sekolah dan ruang ujian termasuk bangku dan meja siswa untuk menghindari kecurangan yang mungkin terjadi. Setelah itu, Ia menemui siswa dan menanyakan kesiapan siswa termasuk memeriksa telepon genggam beberapa siswa.

Rizki, salah satu siswa SMKN 29 Jakarta, menunjukan telepon genggamnya kepada Nuh dan mengaku bahwa telepon genggam tersebut akan dimasukkannya ke dalam tas dan ditinggal ketika ujian dimulai.

“Nanti sebelum masuk kelas HP saya masukin ke tas saya tinggal, pak. Saya juga nggak punya pulsa, pak. Memang kosong smsnya,” terang Rizki saat Nuh menanyakan sms di telepon genggamnya.

Mantan rektor ITS ini juga berpesan agar siswa SMK jangan terperangkap dalam mengejar pekerjaan. Nuh berpesan agar siswa SMK juga berkonsentrasi dalam menghadapi ujian sehingga dapat lulus dan bekerja.

“Untuk para siswa SMK jangan terperangkap untuk mengejar pekerjaan saja, kemudian mengabaikan kelulusan. Jadi tetap harus lulus, karena yang diterima itu harus lulusan SMK. Kalau belum lulus ya tidak bisa bekerja,” bijak Nuh.

Sebelum dari SMKN 29, M Nuh sempat juga berkunjung ke SMKN 6 Jakarta untuk meninjau persiapan UN. Setelah dari SMKN 29, Nuh bergegas ke kantornya dengan menggunakan modil dinasnya pada pukul 07.20 WIB. (vid/mpr)


Leave a comment

Mendikbud Tinjau SMKN 29 Jakarta Hingga Ke Toilet Perempuan; detik.com

detik.com
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, melakukan peninjauan di SMKN 29 Jakarta terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Inspeksi ini dilakukan Nuh mulai dari ruangan panitia hingga toilet perempuan di sekolah tersebut.

Pentauan detikcom di lokasi, Nuh tiba di SMKN 29 Jakarta, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, pada Pukul 06.50, Selasa (17/4/2012). Nuh langsung memasuki ruangan panitia dan bertanya sedikit perihal kesiapan UN. Setelah dari ruangan panitia, Nuh menaiki lantai 2 bangunan SMKN 29 Jakarta dan melihat toilet perempuan yang tepat berada di sebelah tangga dan langsung mengecek toilet tersebut.

“Oh, nggak saya cuman mau ngecek saja,” kata Nuh saat salah seorang guru mencoba memberitahukan bahwa toilet tersebut untuk perempuan.

Tak ayal, kejadian ini membuat beberapa rombongan guru dan wartawan tersenyum. Setelah itu, Nuh memeriksa ruangan kelas dan mengecek kursi serta meja.

Mantan rektor ITS ini juga berpesan agar siswa SMK jangan terperangkap dalam mengejar pekerjaan. Nuh berpesan agar siswa SMK juga berkonsentrasi dalam menghadapi ujian sehingga dapat lulus dan bekerja.

“Untuk para siswa SMK jangan terperangkap untuk mengejar pekerjaan saja, kemudian mengabaikan kelulusan. Jadi tetap harus lulus, karena yang diterima itu harus lulusan SMK. Kalau belum lulus ya tidak bisa bekerja,” bijak Nuh.

Sebelum dari SMKN 29, M Nuh sempat juga berkunjung ke SMKN 6 Jakarta untuk meninjau persiapan UN. Setelah dari SMKN 29, Nuh bergegas ke kantornya dengan menggunakan modil dinasnya pada pukul 07.20 WIB. (vid/mpr)

Sumber: detik.com


Leave a comment

happy with friends @SMKN 29 Penerbangan Jakarta

eh, Pak Menteri Kemdikbud RI, ditemani Kadis, Wakadisdik DKI Jkt, Kasi SMK, Walikota Jkt Sel, Camat Kby Baru salami peserta didik SMKN 29 Penerbangan, Bp, Ibu Guru, … happy deh … thx all yg dah support


5 Comments

didoakan lewat SMS dan twitter, bikin happy

20120415-221429.jpg
Assalamuallaikum wr.wb.
mohon doanya yah buat saya nikko reonanta besok mau Ujian Nasional semoga bisa ngerjain dengan lancar dan di beri kemudahan oleh Allah SWT Dan juga bisa LULUS dengan nilai yang baik dan bagus bagus, Amin.

20120415-221758.jpg

didoakan lewat SMS dan twitter, bikin happy … smg smuah lulus dan sgera kerja or kuliah lalu hidup sjahtera smuah.


Leave a comment

Mendidik karakter bekerja keras, kerja sama lewat Pesawat Jabiru SMKN 29 Jakarta


Budi, peserta didik SMKN 29 Jakarta berperan aktif siapkan pesawat menuju rumah, menjumpai anggota keluarganya yang lain di Pondok Cabe.


Dan Jabiru Budi terbang 120412 … Alhamdulillah


Leave a comment

Semoga kita masih peduli

Ratu Ima

Indonesia baru baru ini menjd sorotan media internasional, bukan krn prestasi atau hal hal lain yg bersifat positif, tapi justru potret buram mengenai masalah kesehatan masyarakat.

Ilham bocah usia 8 th warga kampung Karawang Girang, desa karawang Kab Sukabumi yg menjadi sorotan, karena kebiasaan menghisap rokok sejak usia 4th.
Saat ini, Ilham bs menghbskan 2 bungkus rokok dlm sehari dan 5 gelas kopi diminum
untuk mendampingi “rokok “.Kebiasaan merokok Ilham cukup merepotkan ayahnya yg sehari hari mengojek. Sehari hari Ilham hanya merokok dan bermain, krn ia sdh tak mau lagi ke sekolah . Kecanduan rokok yg dialami Ilham sdh memburuk, karena bila permintaan merokok tak di penuhi, Ilham akan mengamuk dn merusak benda benda yg ada di rumahnya.
Kasus. Ilham mengingatkan kita akan berita tentang Aldi, balita usia 2th warga desa Telukkemang, Musi Banyuasin , Sumatera Selatan . Aldi kecanduan rokok sejak usia belasan bulan . Aldi bahkan menhabiskan  4…

View original post 521 more words


Leave a comment

rayakan keberhasilan Terbang Pesawat Jabiru SMKN 29 Jkt selama 20 menit di ketinggian 4000 feet

20120413-124109.jpg

20120413-124140.jpg

20120413-124210.jpg
menjumpai peserta didik pagi hari trus pesta kecil rayakan keberhasilan terbang Pesawat Jabiru J 430 yang dirakit peserta didik SMKN 29 Jakarta, tk buat semua yg dah support.


Leave a comment

Karena disekolah anak didik tak diajarkan jadi pemimpin, Bagaimana di sekolah anda?

Sekolah Dasar (SD) & Lanjutan Pertama (LP) di negeri Paman Besut teriak gratis
Para Punggawa dan Colitikus sesumbar anggaran lebih 20 % digelontor
Sayang prosesnya tak terlalu diopeni
SD banyak kekurangan guru & tenaga kependidikan, hampir setali dg LP

Para guru yang ada dimarahi kalau tak berseragam
Atribut di dada menempel di baju harus lengkap bergelantung
Soal ngajar, hasil mengajar, karakter anak didik tak peduli banget,
Targetnya mereka lulus ujian nasional 100 %

Proses itu berlangsung lama
Hingga Ibukota Negeri Paman Besut hendak memilih Kepala Suku
Tak sampai habis jumlah jari satu tangan jumlahnya
Sehingga harus impor dari Negeri tetangga yang dekat dan jauh jaraknya

Karena disekolah anak didik tak diajarkan jadi pemimpin,
Bagaimana di sekolah anda?


Leave a comment

berkomunikasi lewat foto; peserta didik dengan kepala sekolahnya, happy deh

Foto yang didiskusikan

Devin Indra Cahya
permisi pak, saya devin indra cahya kelas 3 ap 1. pak minta komennya doong

Dedi Dwitagama
kereeeen vin … ayo moto truuuus


Leave a comment

Ternyata, beliau sangat takut anaknya alami hal yang sama dengan dirinya Apakah beliau dulu rasakan kekhawatiran orangtuanya

Awal jumpa
Bapak yang sudah pensiun itu bicara bangga danlantang
Bahwa beliau dulu anakbandel di zamannya
Bekas tusukan senjata tajam di oerutnya diperlihatkan
Awal tahun tujuh puluhan beliau tempuh Sekolah Menengah

Di akhir jumpa kami
Beliau curhat tentang perasaan khawatir setiap hari tertentu
Setiap seminggu sekali sekolah menengah dimana anaknya sekolah kini
Sering bergembira atau tunjukan eksistensi dengan cara yang salah

Ternyata, beliau sangat takut anaknya alami hal yang sama dengan dirinya
Apakah beliau dulu rasakan kekhawatiran orangtuanya
Sayang hingga kami pisah saya lupa tanyakan hal itu
Bagaimana dengan anda?


Leave a comment

jejak dan auranya masih terasa banget … menaranya mungkin dulu terbaik di zamannya … maju terus Tentara Indonesia, love U

20120411-172053.jpg

20120411-172113.jpg
siang tadi saya dapat rejeki nikmati jejak masa lalu kebesaran bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur … kbetulan ada pameran foto hasil lomba dalam rangka ulang tahun TNI AU … jejak dan auranya masih terasa banget … menaranya mungkin dulu terbaik di zamannya … maju terus Tentara Indonesia, love U.


Leave a comment

Dinda dan Jabiru SMKN 29 Jakarta di News Srait Times Singapore 31 Maret 2012, thx Pak Abud & smua yg support

20120409-205331.jpg

20120409-205352.jpg

20120409-205424.jpg
Terima kasih buat Zubaedah Nazeer, Desiree Tay dari Strait Times, Humas ADB, Sutarum Wiyono yang email saya, Pendamping dari Dit PSMK Kemendikbud RI, bapak, ibu guru,mpeserta didik yang dampingi saya wawancara dan semua yang dah support, smg bermanfaat buat anak negeri … Sekarang pesawatnya sedang diujicoba di pondok cabe