Blog Pendidik


Leave a comment

mau hebat atau produktif?

orang yang hebat dan produktif apa bedanya?

orang hebat banyak, tapi tak produktif cirinya apa? saat hidup dia di agung-agungkan oleh banyak orang dan sering dibilang hebat … saat berpulang kemudian namanya lenyap tak berbekas, jejaknya pun hilang.

orang produktif mungkin tak dikenal tapi dia terus kerja hasilkan apa saja, banyak hal … mungkin sedikit yang tahu bahwa orang itu hebat …. setelah berpulang orang faham bahwa begitu banyak hasil kerjanya bermanfaat buat sesama.

mau hebat atau produktif?

20120731-180111.jpg


Leave a comment

bunga, sendok, garpu dan instagram

20120731-170148.jpg

20120731-170157.jpg
menanti buka puasa sambil menikmati bunga, sendok, garpu dan instagram di SMKN 37 Jakarta, terima kasih kepada Ibu Sri Nuryani, Kepala SMKN 37 Jakarta dan teman2 guru yg persiapkan sajian sedaaaaap banget.


Leave a comment

rapat persiapan pameran pesawat rakitan SMKN 29 Penerbangan Jakarta pada kegiatan HAKTEKNAS – HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2012 di Gedung Sabuga Bandung 8 – 11 Agustus 2012

20120731-165348.jpg

20120731-165358.jpg
pagi ini kami rapat persiapan pameran pesawat rakitan SMKN 29 Penerbangan Jakarta pada kegiatan HAKTEKNAS – HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2012 di Gedung Sabuga Bandung 8 – 11 Agustus 2012, trm ksh atas kerjasama yg baik tim yang dipimpin oleh Pak Delfi, smg sukses yah


Leave a comment

Anda bisa mencegah diabetes tipe-2 melalui perubahan gaya hidup, coba deh

Bila Anda berusia di atas 45 tahun, atau lebih muda namun berisiko tinggi terkena diabetes (misalnya, karena salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki diabetes atau berat badan Anda di atas normal)… waspadalah! Diabetes selalu mengintai Anda. Semakin hari, semakin banyak orang Indonesia yang menderita diabetes tipe-2 (diabetes yang dimulai pada saat dewasa). Menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jumlah penderita diabetes tipe-2 di Indonesia meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun dan pada 2010 lalu mencapai 21,3 juta orang. Bandingkan dengan tahun 2000, yang jumlah penderitanya baru mencapai 8,4 juta orang.

Diabetes tipe-2 dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. Meskipun ada unsur gangguan sekresi insulin dari sel-sel beta pankreas, cacat utamanya adalah ketidakmampuan tubuh untuk merespon insulin dengan baik. Pankreas telah bekerja keras untuk memproduksi insulin lebih banyak, tetapi jaringan tubuh (misalnya, otot dan sel-sel lemak) tidak merespon dan tidak peka terhadap insulin. Pada titik ini, diabetes terjadi di mana kadar gula darah melambung di atas normal. Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi pada akhirnya akan menimbulkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya, Anda bisa mencegah diabetes tipe-2 melalui perubahan gaya hidup. Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda sekarang dapat membantu Anda mencegah dan mengendalikan diabetes. Pertimbangkan 10 tips pencegahan diabetes berikut:

20120731-061157.jpg
1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik
Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada pria yang diikuti selama 10 tahun, untuk setiap 500 kkal yang dibakar per minggu melalui latihan, ada penurunan 6% risiko relatif untuk pengembangan diabetes. Penelitian itu juga mencatat manfaat yang lebih besar pada pria yang lebih gemuk.

Dengan meningkatkan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfaat pada kebanyakan orang. Penelitian menunjukkan bahwa baik latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes, tapi manfaat terbesar berasal dari program fitness yang meliputi keduanya. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga independen terhadap penurunan berat badan. Namun, bila dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungannya meningkat secara substansial.

2. Dapatkan banyak serat dalam makanan
Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti dapat mengendalikan diabetes adalah dedak padi atau bekatul.

3. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian
Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Wanita yang mengkonsumsi lebih dari lima porsi satu-ons kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi kacang sama sekali.

4. Turunkan berat badan
Sekitar 80% penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Anda kehilangan berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kegemukan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Juga, mereka yang kehilangan sejumlah berat setidaknya 5 sampai 10 persen berat badan awal dan berolahraga secara teratur mengurangi risiko diabetes hampir 60 persen dalam tiga tahun.

5. Perbanyak minum produk susu rendah lemak
Data mengenai produk susu rendah lemak tampaknya berbeda-beda, tergantung apakah Anda gemuk atau tidak. Pada penderita obesitas, semakin banyak susu rendah lemak yang dikonsumsi, semakin rendah risiko sindrom metabolik. Secara khusus, mereka yang mengkonsumsi lebih dari 35 porsi produk susu tersebut seminggu memiliki risiko jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 10 porsi seminggu. Menariknya, hubungan ini tidak begitu kuat pada orang yang ramping.

6. Kurangi lemak hewani
Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes hampir dua kali dari mereka yang makan diet sehat. Hal ini independen terhadap berat badan dan faktor-faktor lain.

7. Kurangi konsumsi gula
Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula dan pengembangan diabetes tipe 2. Wanita yang minum satu atau lebih minuman bergula sehari memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada wanita yang minum satu per bulan atau kurang.

8. Berhenti merokok
Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan perkembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dari orang yang tidak merokok. Alasan tepatnya untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Selain itu, ada juga hubungan antara merokok dan distribusi lemak tubuh. Merokok cenderung mendorong bentuk tubuh “apel” yang merupakan faktor risiko untuk diabetes.

9. Hindari lemak trans
Hindari mengkonsumsi lemak trans (minyak sayur terhidrogenasi) yang banyak digunakan pada produk olahan dan makanan cepat saji. Mereka telah menunjukkan berkontribusi pada penyakit jantung dan juga dapat menyebabkan diabetes tipe- 2.

10. Dapatkan dukungan
Dapatkan teman, keluarga atau sekelompok orang untuk membantu Anda dalam mencegah diabetes. Mereka dapat mendukung Anda dalam mempertahankan gaya hidup sehat baru Anda.


Leave a comment

ternyata bekerja lebih menyenangkan dari pada tidur terus yg bikin badan sakit #pendidikankarakter

Seorang teman merasa lelah kerja hingga jumat lalu dia tidur sepanjang hari sabtu dan tak lakukan apa1… sore harinya saat bangun badannya terasa tak enak, menurut dia ternyata bekerja lebih menyenangkan dari pada tidur terus yg bikin badan sakit.

Silahkan simak motivasi Tung Desem Waringin di twiternya:

20120730-211742.jpg
bagaimana dengan anda, kerja aja yuuu, happy deh.


4 Comments

Alternatif pengganti Saur On The Road (SOTR) ganti dengan berbagi ilmu buat yang butuh

ANAK SMKN 36 JKT BERBAGI DENGAN GURU SMKN 27 JKT


ULLAN DI SDN KALIBARU TIMUR 08-10 JKT


ANAK SMKN 36 JKT DI SDN KALIBARU TIMUR 03 JKT


ANAK SMKN 36 JKT DI KOMPLEKS SDN KALIBARU TIMUR 08-10 JKT


ANAK SMKN 36 JKT BERBAGI DI SMKN 27 JKT


SAAT INTRO DI SMKN 27 JKT


BERSAMA ALI DI BKOW DKI JKT DI GD NYI AGENG SERANG


dari pada bikin kegiatan Saur On The Road, berbagi makanan dengan orang di Jalan, lebih baik berbagi ilmu buat Guru-guru … saya mengenang memori bersama nak-anak SMKN 36 Jakarta berbagi ilmu teknologi informasi dan pendidikan karakter untuk guru-guru dan instansi lain yang membutuhkan di Jakarta, dari pada berbagi di jalan bikin mati (ingat kecelakaan lalulintas sebuah SMA di Jakarta tahun lalu) lebih baik berbagi ilmu pada yang butuh … kangeeen nih sama nak anak Q-you … berbagi lagi yuuu … miss u and loveu all. 😦 😦


Leave a comment

berbagi tak pernah rugi, bertanya ga hilang gengsi, belajar yuuuu

berbagi


Ini kenangan saat saya masih di Cilincing, berkunjung ke SD Negeri Kalibaru 03 Cilincing, ditemani anak SMKN 36 Jakarta berbagi masalah Teknologi Informasi … lihat, betapa seriusnya Chaerul Umam berbagi ilmu pada Ibu Guru saat training berlangsung …. miss u all.


Leave a comment

Uji Kompetemsi Guru (UKG), Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKK) … coba deh donlot

Untuk mempersiapkan diri agar guru, kepala sekolah dan pengawas sukses dalam UKK Online sebaiknya mendownload Kisi Kisi Uji Kompetensi, agar memiliki persiapan dan sukses UKG, UKK Online …. Baca Selengkapnya disana. Semoga sukses Ujiannya.


Leave a comment

Terima kasih Pak Odi Sumantri, salam buat teman-teman di SMK Sejahtera

Odi Sumantri

Kalau boleh merujuk ke TV swasta yang selalu mengfenomenalkan segala sesuatu dengan 10 kejadian lucu, 7 artis sensasional, dan lain-lain.

Saya ingin ikutan juga dengan daftar 10 blog yang Wajib dibaca untuk para bloger, khususnya para bloger yang baru belajar menulis.

Tapi ini versi saya ya, yang suka blogwolking, diantaranya adalah:

View original post 491 more words


Leave a comment

Bila terlambat atau ada kesalahan pun ada hukumannya seperti push up, lari satu jam dan sebagainya. “Didikan semi militer, begitulah … Joe Taslim

20120728-155344.jpg
Ada nama indonesia Joe Taslim di tren twitter siang ini bikin saya penasaran cari tahu, ternyata dia aktor kedua setelah Iko Uwais yang maen film di HOLYWOOD, kereeeen boooo.

Usut par usut ternyata dia atlet beladiri yg malang melintang di beberapa cabang, hingga terakhir tekuni yudo.

20120728-155731.jpg

“Jujur, saya berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Jadi saya waktu itu berpikir, satu-satunya cara untuk meringankan beban orang tua saya adalah dengan menjadi seorang juara, mengikuti jejak kakak saya. Jadi orangtua tidak perlu repot bekerja keras memikirkan kebutuhan saya. Malah kalau bisa saya yang membantu mereka dari bonus yang didapatkan saat memenangi sebuah event kejuaraan,” ungkap Joe Taslim.

Peran Ayah dalam memberikan motivasi pun dirasakan Joe sebagai salah satu faktor yang berperan besar dalam keputusannya menekuni Judo. Joe mengatakan beliau sering menekankan bahwa beladiri ditekuni bukan untuk jadi jagoan berantem, tapi untuk pondasi karakter dan mental, serta sebagai sarana meraih prestasi untuk mengharumkan nama negara.

Berkat nilai-nilai nasionalisme yang selalu ditanamkan beliau juga lah, Joe yang awalnya hanya sekedar ikut-ikutan pun lambat laun sadar, bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk membawa kehormatan untuk negara, khususnya untuk prestasi di tingkat internasional.

“Beliau dulu karateka, tapi tidak sampai menjadi atlet nasional. Makanya beliau sangat ingin anak-anaknya sempai ke jenjang itu. Syukur-syukur bisa membawa nama negara ke dunia internasional. Dan sekarang kami berhasil mengabulkan cita-cita beliau,” lanjut Joe.

Sejak memenangi kejurnas judo junior di Makasar pada 1997, Joe remaja pun ditarik ke pelatnas. Sejak itu Joe yang awalnya juga menekuni wushu, memutuskan untuk lebih berkonsentrasi pada judo.

Memasuki kehidupan di pelatnas bagi remaja yang belum lagi genap 17 tahun tentu perlu adaptasi, karena semua harus dilakukan sendiri. “Cuci baju, cuci piring, gosok baju, semua serba mandiri,” katanya. Semua kegiatan diatur waktunya, kapan harus bangun pagi, latihan, makan, bahkan kapan tidur dan semua lampu dimatikan. Bila terlambat atau ada kesalahan pun ada hukumannya seperti push up, lari satu jam dan sebagainya. “Didikan semi militer, begitulah garis besarnya. Kalau ngobrolin semuanya, bisa habis 5 gelas kopi,” katanya sambil tertawa.

Joe menambahkan bahwa di pelatnas atlet dididik dan dilatih keras menjadi aset bangsa. Di sana selalu ditekankan falsafah judo: disiplin adalah nafasku, kesetiaan adalah kebanggaanku dan kehormatan adalah segala-galanya. Setiap pejudo harus pantang menyerah, disiplin, berlatih keras demi kehormatan diri dan negaranya. Apapun hasil yang perjuangan di pertandingan, menang atau kalah, semua dengan terhormat. Falsafah judo itu mendorong menjadi manusia yang lebih baik dan beladiri adalah medianya.

Kerja keras, ketekunan, disiplin, dan semangat yang tercurah itu berbuah manis. Terbukti dari deretan prestasi yang berhasil ditorehkan Joe dalam berbagai kejuaraan. Sebagian diantaranya, sebut saja juara Asia Tenggara pada kejuaraan di Singapore 1999, beberapa medali emas pada kejurnas judo dalam rentang tahun 1999-2009, medali perak pada SEA Games 2007, dan medali emas pada PON 2008.


Leave a comment

Ada penanaman karakter kerjasama, Pelatihan kepemimpinan Dan percaya diri bicara di muka umum #pendidikankarakter

Selamat pagi bapak, ibu guru
Yuuu kita siapkan penduduk negeri yang pandai kerjasama
Dan bisa jadi pemimpin atau yang dipimpin
Gimana caranya?

Saat proses belajar
Beri tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok
Ubah-ubah komposisi kelompok sesering mungkin
Ganti target kerja meningkat level kesulitannya

Beri kesempatan mereka paparkan hasil kerja
Presentasi di depan semua teman
Lakukan berkali-kali sepanjang semester
Ada penanaman karakter kerjasama,
Pelatihan kepemimpinan
Dan percaya diri bicara di muka umum

Yuuuuuu