Blog Pendidik


Leave a comment

Murid SMKN 29 Penerbangan Jakarta sedang menari bersama FLASHMOB dengan iringan lagu daerah SAJOJO

20121115-065110.jpg

20121115-065116.jpg
Anda guru?
Perhatikan kelas dimana anda mengajar atau jadi wali kelas
Berapa persen dari mereka yang masuk kategori “nakal” atau suka tawuran?
pernahkah anda ajak bicara empat mata anak itu?
Apa sebenarnya yang menyebabkan anak itu suka nakal

Sekolah seharusnya jadi tempat yang menyenangkan buat murid
Mereka senang berjumpa dengan teman-temannya
Mereka bahagia ketemu guru-gurunya
Mereka happy mengerjakan tugas-tugas belajar
Mereka bergembira lakukan kegiatan bersama

Seperti dua foto di atas
Murid SMKN 29 Penerbangan Jakarta sedang menari bersama
FLASHMOB dengan iringan lagu daerah SAJOJO
Mereka gembira … Apalagi ada stasiun TV (DAAI TV) yang meliput (131012)

Ada kegembiraan apa di sekolah anda?

Advertisements


Leave a comment

Catatan kecil 9 hari di Seoul

20121114-093625.jpg
Korea kini mendunia
Produk, budaya dan orang-orangnya mengelana
Ternyata berawal dari penguasaan Ilmu pengetahuan
Ditambah dengan budaya kerja yang dahsyat

Penduduk Korea rajin bekerja dan cepat kerjanya
Coba perhatikan jika Orang Korea berjalan
Mereka melangkah cepat, bergegas terlihat ingin mencapai sesuatu
Pegawai yang tak berkomitmen diberi sangsi
Kita ingat ada mantan pejabat tinggi di Korea yang dihukum
Setelah terbukti korupsi

Kota Seoul dibuat nyaman
Tempat-tempat kumuh diperbaiki hingga jadi tempat kumpul yang aman
Penataan Kota sangat terasa perbedaan peruntukkan
Tak semerawut awut-awutan


Leave a comment

semoga berkurang kekerasan di negeri yg sangat indah ini, love u much

20121106-150430.jpg
sedih saat murid2 anda berkelahi atau lakukan kekerasan? ga usah deh … di korea, yang jauh lebih maju pendidikannya aja masih ada kekerasan di sekolah atau antar sekolah … trus giman dong?

gampang aja koq, buat peraturan dengan murid, org tua murid, guru, polisi dan semua stakeholder, sampaikan aturan main di sekolah anda ttg kekerasan dan konsekuensinya … jika terjadi, jalankan secara konsisten aturan itu, perbaiki setiap tahun peraturan itu, jalankan teruuus, lihat hasilnya.

coba lihat, jauh lebih banyak murid yang baik dan tak suka kekerasan, didik aja mereka … yg suka kekerasan diingatkan dan dididik dalam kebaikan, jika dia lebih suka dg kekerasan, berikan kesempatan utk lakukan itu di luar sekolah seperti di kompetisi karate, tinju atau lainnya, …. anda punya cara lain

gampang aja koq, buat peraturan dengan murid, org tua murid, guru, polisi dan semua stakeholder, sampaikan aturan main di sekolah anda ttg kekerasan dan konsekuensinya kekerasan di negeri yg indah ini, love u much

semoga berkurang kekerasan di negeri yg sangat indah ini, love u much


1 Comment

Kapal Jabiru SMKN 29 Penerbanan Jakarta di Majalah Tempo

20121126-091717.jpg
Baca Tempo terbaru edisi 26 Nop 2012, Saya menjumpai wajah-wajah yang saya hafal dan suasana kerja yang bergairah saat workshop perakitan pesawat Jabiru di SMKN 29 Penerbangan Jakarta, kapal itu sudah terbang dua kali; Apri & Mei 2012, smg bermanfaat.


Leave a comment

pelajari yuuu

Blog Guru Kreatif

Bayangkan situasi berikut ini

Di dalam kelas yang anda ajar, ada dua orang anak, yang satu sangat aktif bertanya dan satu lagi sangat pendiam. Keduanya sama sama senang belajar dan senang mencoba sesuatu hal yang baru. Sebagai seorang guru jika ada orang lain bertanya mengenai kedua anak tersebut, yang mana yang akan anda bisa ceritakan dengan baik dan gamblang, atau mana anak yang menurut anda pintar?

Tentu saja anak yang banyak bicara dan bertanya kan? Demikian juga menurut pandangan saya. Padahal belum tentu. Saya yakin di setiap kelas dimanapun sekolah berada, isinya hanya terdiri dari 3 tipe.

  •  Tipe berisik (senang bicara, bekerja sama dan senang bergurau)
  • tipe biasa (senang berbicara dan bercanda namun semuanya serba pas tidak berlebihan
  • tipe pendiam (hanya berbicara jika ditanya, hanya bekerja jika disuruh dan cenderung hemat dalam berkata-kata)

Seorang guru yang professional mesti mampu berusaha keras dengan segala daya dan upaya agar ketiga tipe standar…

View original post 514 more words


Leave a comment

media … bisa yang paling sederhana sekalipun … tak cuma ceramah

Blog Guru Kreatif

Retno Arief Apa kabar pak Agus Sampurno, ? Inget pak Agus inget jagonya merubah paradigma guru.

Saat sharing dengan guru2 PAUD, saya sempat terhenyak dengan salah satu pertanyaan.
“Jadi kalau ngajar matematika anak PAUD harus pakai media bu.

Ada pesimistis dalam diri ibu-ibu yang sudah tidak muda itu, mampukah saya mengajar dengan media?

Padahal mereka sudah melakukan learning experience pengajaran matemtika dengan media2 sederhana, seperti batu, tutup botol, stik es krim, kertas bekas, dsb yang mudah dan murah dicari

Mereka sudah mencoba cara menggunakan media-media itu.

Di sesi tanya jawab, keraguan masih saja muncul….
Selama ini mereka mengajar matematika (maaf berhitung) ke anak PAUD seperti mengajar berhitung waktu kita SD dulu

Kasihl soal tambah kurang, tanpa media.

Merubah mindset, paradigma berpikir tentang pendidikan anak usia dini kali ini ternyapa butuh proses yang lebih panjang dan telaten

Saya sedang berpikir cara apa saja yang harus saya lakukan untuk merubah mindset…

View original post 28 more words


2 Comments

Mau berhenti merokok? Datang aja ke RS Persahabatan di Rawamangun Jakarta Timur, buktikan hasilnya, happy deh

20121126-080344.jpg
Berhenti merokok bukanlah perkara gampang. Banyak orang yang sudah bertahun-tahun ingin berhenti, nyatanya harus gagal karena gejala putus rokok yang terus menggoda. Jika Anda butuh bantuan, Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan bisa jadi solusi.

Klinik ini mulai aktif lagi sejak 7 November 2008. Sebelumnya klinik ini sempat berdiri sekitar tahun 1990-an, tapi hanya bertahan 1-2 tahun saja, karena waktu itu hanya menyediakan jasa konseling sehingga dirasa kurang efektif.

Perokok yang datang ke Klinik Berhenti Merokok memang belum banyak, karena berhenti merokok tampaknya belum menjadi kebutuhan di Indonesia. Namun hampir 100 persen perokok yang datang ke klinik dapat benar-benar menghentikan kebiasaan buruknya.

“Program pengobatan disini 3 bulan dengan 4 kali kunjungan. Pengobatannya mulai dari konseling, pengobatan dengan obat anti adiksi, terapi perilaku dan ada juga hipnoterapi,” jelas Dr Feni Fitrania, Sp.P, salah satu tim dokter di Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan, seperti ditulis Minggu (25/11/2012).

Menurut Dr Feni, penanganan di Klinik Berhenti Merokok multidisiplin, mulai dari dokter umum, dokter spesialis paru, psikiater, dokter rehabilitasi medik, ahli gizi, dokter jantung, dokter penyakit dalam, dokter kesehatan kerja, radiologi, patologi klinik, psikolog serta ahli akupuntur.

Evaluasi awal yang dilakukan adalah melihat seberapa besar motivasi yang dimiliki oleh pasien, karena hal tersebut sangat menentukan keberhasilan dari terapi ini. Dilanjutkan dengan mengukur berapa tingkat adiksi dari orang tersebut apakah termasuk rendah, sedang atau berat.

Untuk program tambahan misalnya pada pasien yang mengalami withdrawal stres (stres karena gejala putus zat) tinggi, maka diberikan tambahan hypnoterapi.

Jika mengalami gangguan fisik seperti pegal-pegal atau badan sakit, diberikan program olahraga selama 3 bulan. Atau ada juga yang menjadi gemuk karena nafsu makannya bertambah, maka diberikan tambahan konsultasi dengan ahli gizi. (mer/vit)

Sumber: detikcom

20121126-080424.jpg


Leave a comment

bersama Anak-anak Kapal, terima kasih untuk manajemen DAAI TV

20121124-164021.jpg

20121124-164044.jpg
Teman-teman kabarkan ttg penayangan liputan kegiatan saya bersama Anak-anak Kapal, disiarkan beberapa kali kemarin 24 Nop 2012, terima kasih untuk manajemen DAAI TV yang berkenan mengangkat profil anak-anak kami, smg bermanfaat.


Leave a comment

Training ke 111 di tahun 2012, adakah foto-foto anda disana?

di Wisma Asri Puncak

Remaja hebat berkumpul … memotivasi jadi sangat mudah dan nyaman … diskusinya juga seru … demikian sebagian perasaan saya saat berjumpa dengan remaja aktifis Gelanggang Remaja Jakarta Pusat di kegiatan mereka di Wisma Asri Puncak, 22 Nopember 2012 malam, semoga bermnafaat, merupakan training saya ke-111 sepanjang tahun 2012, lebih lengkap lihat disana.

Terima kasih untuk semua fihak yang telah bersinergi dengan saya, buat semua peserta, semoga interaksi kita bermanfaat … luph u all.


Leave a comment

Jika polisi sudah peduli dan lakukan tugasnya dengan baik, apakah Dinas Pendidikan, sekolah, kepala sekolah dan guru sudah peduli dan bekerja dengan baik

20121122-075820.jpg
Hebaaaaat, polisi bertindak tegas terhadap pelajar yang membajak bus kota … dulu kejadian ini beda penanganannya, pelajar bisa keliling kota pada ulang tahun sekolahnya untuk mancari musuh di tempat tertentu dan melakukan tawuran.

kemarin, kejadian tawuran bisa dicegah … bravoooo Polres Jakarta Selatan … karena sesungguhnya sangat mudah, peristiwanya kelihatan, saat ada bis dengan pelajar berseragam bergelantungan di pintu atau jendela, kadang atap bus beraksi menarik perhatian orang, berteriak-teriak, dll … polisi bisa menduga arah bus kemana, ditempat tertentu bus itu bisa dihentikan atau digiring ke pos polisi terdekat, maka kejadian yang lebih parah hingga korban dapat dicegah.

Terima kasih buat teman-teman anggota Polisi Polres Jakarta Selatan yang telah peduli dan bekerja baik.

Jika polisi sudah peduli dan lakukan tugasnya dengan baik, apakah Dinas Pendidikan, sekolah, kepala sekolah dan guru sudah peduli dan bekerja dengan baik ….. atau tak peduli dengan kejadian itu karena banyak faktor …. jangan tunggu korban yuuu, mencegah lebih baik dibanding memakamkan anak muda yang mati karena tawuran.

ILUSTRASI


Jika Dinas Pendidikan dan Sekolah sudah bekerja baik, para orang tua harus tahu apakah anaknya bawa buku atau senjata tajam di tas … para pelajar mestinya juga tahu mana yang seharusnya dilakukan atau tidak, untuk bisa menuju ke kehidupan yang lebih baik saat dewasa, lebih tajir dan sukses dari orang tuanya, bermanfaat buat sesama … love u all.


Leave a comment

kerjalah bukan karena diri sendiri, ortu, pacar, istri/suami, dan atasan, happy deh

anda kerja karena siapa?

kalau ada kerja karena diri sendiri
bersiaplah untuk selalu resah
karena standar & keinginan diri
yang selalu berubah

kalau anda kerja karena orang tua
bersiaplah kecewa
karena mereka akan tiada
pulang ke alam baka

kalau anda kerja karena pacar
bersiaplah bubar
karena puaskan pacar tak kan pernah kelar
smakin lama standar pacar naik bak mercu suar

kalau anda kerja karena istri atau suami
bersiaplah selalu pulang pagi
karena senakin banyak yang harus dibeli
sebab yang ada sudah tak trendi lagi

kalau anda kerja karena atasan
bersiaplah meledak seperti petasan
karena tak pernah bisa beri kepuasan
permintaan lebih sudah jadi kebiasaan

kerjalah bukan karena diri sendiri, ortu, pacar, istri/suami, dan atasan
tapi karena Allah yang pemilik segalanya
sebab Allah tak minta apa-apa
tapi dia akan memberi semuanya
kebahagiaan di dunia & alam sana
happy dah


2 Comments

MenikmatiCakra Khan; “Harus Terpisah”


Lagi suka sama lagu ini, nyanyi yuuuu

Sendiri sendiri ku diam, diam dan merenung
Merenungkan jalan yang kan membawaku pergi
Pergi tuk menjauh, menjauh darimu
Darimu yang mulai berhenti, berhenti mencoba
Mencoba bertahan, bertahan untuk terus bersamaku

Ku berlari, kau terdiam, ku menangis, kau tersenyum
Ku berduka, kau bahagia, ku pergi, kau kembali
Ku mencoba meraih mimpi, kau coba tuk hentikan mimpi
Memang kita takkan menyatu

Bayangkan bayangkan ku hilang, hilang tak kembali
Kembali untuk mempertanyakan lagi cinta
Cintamu yang mungkin, mungkin tak berarti
Berarti untukku rindukan

Ku berlari, kau terdiam, ku menangis, kau tersenyum
Ku berduka, kau bahagia, ku pergi, kau kembali
Ku mencoba meraih mimpi, kau coba tuk hentikan mimpi
Memang kita takkan menyatu

Kini harusnya kita coba saling melupakan
Lupakan kita pernah bersama

Ku berlari, kau terdiam, ku menangis, kau tersenyum
Ku berduka, kau bahagia, ku pergi, kau kembali
Ku mencoba meraih mimpi, kau coba tuk hentikan mimpi
Memang kita takkan menyatu


2 Comments

Guru, hotspot wifi, INDISCHOOL Telkom 2013

20121112-075152.jpg
Telkom bakal setup 100 Ribu titik hotspot di skolah-skolah Indonesia … wah bakal makin asik guru & murid berselancar, belajar banyak hal dan jadi makin betpengerahuan deg bangsa ini.

Sebagai guru, seberapa sering memanfaatkan wifi untuk kebutuhan mengajar anak didik anda?

Saya posting setiap hari gunakan wifi dan handphone di rumah atau dimana saja saya berada, semoga bermanfaat …

Tidur malam itu penting, ga usah begadang deh

2 Comments

20120929-163610.jpg

Karena alam beserta isinya set up berbagai kondisi yang membuat tubuh benar-benar istirahat … Saat bangun jadi segar …. Sehat, jauh dari sakit dan stress … Apalagi ga ngrokok, happy deh.

Jadi ingat lagunya Bang Rhoma Irama;
Begadang jangan begadang
Kalau tiada artinya ….


2 Comments

Janji Siswa yang baru, supaya makin banyak pribadi yang berkualitas di negeri ini

20121118-065259.jpg

Janji Siswa yang biasa dibaca saat upacara hari Senin, seperti di bawah ini:

Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
abdi terhadap tanah air dan bangsa,
setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Adab terhadap orang tua, hormat kepada guru,
serta menjunjung tinggi derajat dan martabat sekolah.

Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa.
Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan.
Menjadi warga masyarakat DKI Jakarta yang baik,
dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab.

Saya menawarkan Janji Siswa alternatif seperti ini:

Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
abdi terhadap tanah air dan bangsa,
setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Adab terhadap orang tua, hormat kepada guru,
serta menjunjung tinggi derajat dan martabat diri sendiri, keluarga dan sekolah.

Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.
Berprestasi dalam rangka mengisi hidup yang berharga.
Menjadi Pemimpin yang baik bagi masyarakat DKI Jakarta,
dan penduduk Indonesia yang bertanggung jawab.

Anda punya alternatif lain??

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, ribuan foto saya lainnya di instagram, video saya di Youtube ada lebih dari 1.100 bisa dinikmati disiniperlu download slide-slide Saya silahkan klik disini.


Leave a comment

Rubah teks janji siswa yuuu, supaya banyak calon presiden di negeri ini

20121117-223530.jpg
Penduduk Indonesia hampir 350 juta orang jumlahnya tahun ini, kenapa hanya ada tiga calon presiden yang sufah mentarakan siap mencalonkan jadi presiden di pemiliha 2014: Aburizal Bakri, Prabowo dan Rhoma Irama. Terlaluuuu …

mengapa bisa begitu? salah satu faktor penyebab ada di sekolah, silahkan lihat janji siswa yang biasa dibaca tiap hari senin, menyatakan janji menjadi warga negara yang baik …. cuma jadi warga negara, bukan jadi pemimpin … makanya hingga mereka dewasa lebih senang jadi warga negara saja, sesuai janji masa kecil tak mau jadi pemimpin.

Rubah teks janji siswa yuuu, supaya banyak calon presiden di negeri ini.


3 Comments

mau tau asal mula tawuran, lihat video ini

mau tau asal mula tawuran, lihat video ini, sampe kapan ya tawuran ga ada lagi di Indonesia, tapi kaya’nya maaih lebih banyak anak1 muda yang bener hidupnya, serius gapai sukses dan ga ikutan tawuran, ga sampe 5 persen dari semua anak skolah or mahasiswa, gmn menurut anda?


Leave a comment

anak muda pejuang dulu dan sekarang #pendidikankarakter

20121024-074845.jpg
dulu
ketika cuma ada dua pilihan hidup
Merdeka atau Mati
anak muda rela berjuang untuk memerdekakan negeri
itu dulu

zaman penjajah
anak muda harus merdekakan negeri dulu
sebelum raih sukses dalam hidup
karena negara harus dihidupkan dulu

sekarang
pilihan hidup amat banyak
mau jadi apa, ada berjuta pilihan
peluang buat sukses & sejahtera amat beragam

sekarang
sukseskan dirimu dulu
baru bela negaramu
karena kalau kamu sengsara
gimana mau bantu negara


Leave a comment

makan bersama Guru Besar saya berasa LUAR BIASA … cari tempat makan enak lagi yuuuu Omjay

20121113-133507.jpg

Labschool Jakarta

Malam ini, Senin 12 Nopember 2012 saya ditraktir pak Dedi Dwitagama makan ketoprak siang malam di daerah Cipinang Elok. Enak banget ketopraknya, apalagi ditambah dengan segelas teh poci hangat. Makin maknyos saja saya menikmatinya. Tak salah bila tempat ini selalu ramai dikunjungi orang dari siang sampai malam hari. tak pernah sepi dari pembeli.

https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/644010_4883943504540_324976538_n.jpg

View original post 882 more words


5 Comments

terima kasih kepada Manajemen DAAI TV yang berkenan mengangkat profil saya, terima kasih juga kepada Reporter DAAI TV Veronica Berna Dian, dan Kameramen DAAI TV Mubarak Ahmad yang sangat serius menggarap liputan

THX ALL


MURID DITANYA TENTANG SAYA


BEFORE TAPPING

TIM SAJOJO DAN PASKIB IN ACTION


Saya tulis ini sambil shooting atau pengambilan gambar DAAI TV untuk profil Hari Guru 25 Nopember 2012 … shooting berlangsung di lapangan sekolah, meliput anak-anak SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang sedang berlatih Flashmob Nari Sajojo dan Paskib, lalu dilanjutkan dengan wawancara DAAI TV dengan Bapak Maruli, Guru SMKN 29 Penerbangan Jakarta, dua pelajar SMKN 29 Penerbangan Jakarta … terima kasih kepada Manajemen DAAI TV yang berkenan mengangkat profil saya, terima kasih juga kepada Reporter DAAI TV Veronica Berna Dian, dan Kameramen DAAI TV Mubarak Ahmad yang sangat serius menggarap liputan ini …. buat anak-anak kapal, Ibu Tika, Ibu Lela, Bapak Maruli, Bapak Ali dan lainnya, terima kasiiih banggets … semoga bermanfaat


Leave a comment

lihat gaya duduk pelajar itu, terlihat bahasa tubuh yang siap hadapi berbagai hal menuju sukses

20121021-201235.jpg
aura orang sukses bisa terlihat kapan saja, termasuk pada posisi yang tak biasa …. lihat gaya duduk pelajar itu, terlihat bahasa tubuh yang siap hadapi berbagai hal menuju sukses, doa kami buat mu, semoga sejahtera hidupmu kelak, luph u all


2 Comments

Yang cantik tak terlihat Yang putih tak nampak Yang sawo matang tak muncul Yang hitam manis tak manis lagi

20120920-055805.jpg
FOTO ILUSTRASI

Di Negeri Paman Besut
Ada acara yang digemari banyak wanita
Penontonnya ratusan
Mereka datang kenakan baju yang sama sesuai kelompoknya

Coba perhatikan
Dari kejauhan, tubuh-tubuh berbalut kain itu
Seperti dinding yang bercorak sama
Wajah-wajah orang tak nampak … rata

Yang cantik tak terlihat
Yang putih tak nampak
Yang sawo matang tak muncul
Yang hitam manis tak manis lagi

Karakter seseorang muncul dari pakaian yg dikenakan
Katakter manusia tak pernah sama


2 Comments

Mau jadi Gubernur? Jadi artis aja duluuu

20121109-131946.jpg
Ada fenomena Gubernur atau calonnya yang berasal dari dunia artis … Mungkin ikuti Amerika kali ya? Dimana Ronald Reagan jadi Gubernur di Amrik hingga jadi Presiden …

Selamat untuk warga Jawa Barat memilih artis jadi pimpinan daerah anda … Ternyata jadi Pimpinan Daerah itu gampang aja koq …. Yang penting terkenal …. Urusan kualitas? … Gimana ya?


Leave a comment

anak kapal @SMKN29 Penerbangan Jakarta, mereka baru saja jadi juara umum lomba aeromodeling se jawa barat

20121021-133512.jpg

20121021-133524.jpg
perhatikan cara berdiri dan duduk anak kapal @SMKN29 Penerbangan Jakarta, mereka baru saja jadi juara umum lomba aeromodeling se jawa barat di Bandung oktober yll, seperti joko wi rebut jakarta, anak kapal rebut jawa barat, micu bro, sukses yah


Leave a comment

lebih cepat lagi yuu dalam banyak hal … sukarno – hatta itu pahlawan kita

20121107-103848.jpg
sejak tahun 70 an, saat mulai sekolah saya merasa sukarno-hatta adalah pahlawan Indonesia, tapi ternyata baru hari ini kedua orang hebat itu baru menerima gelar pahlawan dari Negara.

tyuuus saya harus bilang Wow, koq lama banget ampe 60 tahun lebih kasih gelar itu … lambaaat banget yaaa? mungkin itu indikasi kita yang gemar berlambat-lambat dalam banyak hal.

lebih cepat lagi yuu dalam banyak hal … sukarno – hatta itu pahlawan kita

20121107-105331.jpg