Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan


Leave a comment

Murid SMKN 29 Penerbangan Jakarta sedang menari bersama FLASHMOB dengan iringan lagu daerah SAJOJO

20121115-065110.jpg

20121115-065116.jpg
Anda guru?
Perhatikan kelas dimana anda mengajar atau jadi wali kelas
Berapa persen dari mereka yang masuk kategori “nakal” atau suka tawuran?
pernahkah anda ajak bicara empat mata anak itu?
Apa sebenarnya yang menyebabkan anak itu suka nakal

Sekolah seharusnya jadi tempat yang menyenangkan buat murid
Mereka senang berjumpa dengan teman-temannya
Mereka bahagia ketemu guru-gurunya
Mereka happy mengerjakan tugas-tugas belajar
Mereka bergembira lakukan kegiatan bersama

Seperti dua foto di atas
Murid SMKN 29 Penerbangan Jakarta sedang menari bersama
FLASHMOB dengan iringan lagu daerah SAJOJO
Mereka gembira … Apalagi ada stasiun TV (DAAI TV) yang meliput (131012)

Ada kegembiraan apa di sekolah anda?


Leave a comment

Catatan kecil 9 hari di Seoul

20121114-093625.jpg
Korea kini mendunia
Produk, budaya dan orang-orangnya mengelana
Ternyata berawal dari penguasaan Ilmu pengetahuan
Ditambah dengan budaya kerja yang dahsyat

Penduduk Korea rajin bekerja dan cepat kerjanya
Coba perhatikan jika Orang Korea berjalan
Mereka melangkah cepat, bergegas terlihat ingin mencapai sesuatu
Pegawai yang tak berkomitmen diberi sangsi
Kita ingat ada mantan pejabat tinggi di Korea yang dihukum
Setelah terbukti korupsi

Kota Seoul dibuat nyaman
Tempat-tempat kumuh diperbaiki hingga jadi tempat kumpul yang aman
Penataan Kota sangat terasa perbedaan peruntukkan
Tak semerawut awut-awutan


Leave a comment

semoga berkurang kekerasan di negeri yg sangat indah ini, love u much

20121106-150430.jpg
sedih saat murid2 anda berkelahi atau lakukan kekerasan? ga usah deh … di korea, yang jauh lebih maju pendidikannya aja masih ada kekerasan di sekolah atau antar sekolah … trus giman dong?

gampang aja koq, buat peraturan dengan murid, org tua murid, guru, polisi dan semua stakeholder, sampaikan aturan main di sekolah anda ttg kekerasan dan konsekuensinya … jika terjadi, jalankan secara konsisten aturan itu, perbaiki setiap tahun peraturan itu, jalankan teruuus, lihat hasilnya.

coba lihat, jauh lebih banyak murid yang baik dan tak suka kekerasan, didik aja mereka … yg suka kekerasan diingatkan dan dididik dalam kebaikan, jika dia lebih suka dg kekerasan, berikan kesempatan utk lakukan itu di luar sekolah seperti di kompetisi karate, tinju atau lainnya, …. anda punya cara lain

gampang aja koq, buat peraturan dengan murid, org tua murid, guru, polisi dan semua stakeholder, sampaikan aturan main di sekolah anda ttg kekerasan dan konsekuensinya kekerasan di negeri yg indah ini, love u much

semoga berkurang kekerasan di negeri yg sangat indah ini, love u much


1 Comment

Kapal Jabiru SMKN 29 Penerbanan Jakarta di Majalah Tempo

20121126-091717.jpg
Baca Tempo terbaru edisi 26 Nop 2012, Saya menjumpai wajah-wajah yang saya hafal dan suasana kerja yang bergairah saat workshop perakitan pesawat Jabiru di SMKN 29 Penerbangan Jakarta, kapal itu sudah terbang dua kali; Apri & Mei 2012, smg bermanfaat.


Leave a comment

pelajari yuuu

Blog Guru Kreatif

Bayangkan situasi berikut ini

Di dalam kelas yang anda ajar, ada dua orang anak, yang satu sangat aktif bertanya dan satu lagi sangat pendiam. Keduanya sama sama senang belajar dan senang mencoba sesuatu hal yang baru. Sebagai seorang guru jika ada orang lain bertanya mengenai kedua anak tersebut, yang mana yang akan anda bisa ceritakan dengan baik dan gamblang, atau mana anak yang menurut anda pintar?

Tentu saja anak yang banyak bicara dan bertanya kan? Demikian juga menurut pandangan saya. Padahal belum tentu. Saya yakin di setiap kelas dimanapun sekolah berada, isinya hanya terdiri dari 3 tipe.

  •  Tipe berisik (senang bicara, bekerja sama dan senang bergurau)
  • tipe biasa (senang berbicara dan bercanda namun semuanya serba pas tidak berlebihan
  • tipe pendiam (hanya berbicara jika ditanya, hanya bekerja jika disuruh dan cenderung hemat dalam berkata-kata)

Seorang guru yang professional mesti mampu berusaha keras dengan segala daya dan upaya agar ketiga tipe standar…

View original post 514 more words