Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

4 L = LO LAGI LO LAGI, ga sehat boooo

10 Comments

20130106-205627.jpg

LO LAGI LO LAGI

Perhatikan Sekolah atau Organisasi diman Anda berada saat ini, jika ada syndrom 4L, maka ada indikasi bahwa Sekolah atau Organisasi Anda kurang sehat …. proses manajemen di Ssekolah atau Organisasi Anda perlu dibenahi sebelum hancur di telan zaman, kenapa?

Gejala 4L itu muncul karena sistem manajemen yang bertumpu pada orang bukan aturan main, sehingga tak ada arsip, tak bisa dievaluasi, dan hanya tergantung kepada otang yang itu-itu saja … dalam jangka panjang muncul arogansi dari otang-orang yang biasa terpakai hingga yang bersangkutan besar kepala …. sesungguhnya semua kerjaan di Sekolah itu tak sulit, mudah aja koq …. Yang susah cuma bagaimana membentuk karakter anak supaya siap menghadapi berbagai persoalan dalam hidupnya.

Baaiamana cara mengatasinya? Bikin perencanaan yang baik sebelum kegiatan, buat secara tertulis … tunjuk Panitia berdasarkan kebutuhan kerja … rinci kerjaannya dul baru kemudian buat struktur organisasi panitia … wajibkan panitia membuat Proposall, Rancangan kerja, Sistem Operasional & prosedur, setelah selesai kegiatan buat Laporan tertulis dan Evaluasi disertai foto2 dan video

Kegiatan tahun berikutnya setiap orang bisa jadi Panitia dengan mempelajari dan meneyempurnakan Proposal, Rancangan kerja, Sistem Operasional & prosedur, setelah selesai kegiatan buat Laporan tertulis dan Evaluasi disertai foto2 dan video …. terus berulang …. Arsipkan .. Maka gejala 4L akan berkurang di Sekolah atau Organisasi Anda …. Punya cara lain?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

10 thoughts on “4 L = LO LAGI LO LAGI, ga sehat boooo

  1. 4L akan berubah menjadi bukan lagi Gue, hehehe

    salam
    omjay

  2. ea omjay … seneng banget kemarin kita bisa ktemuan … smg sukses kegiatan di Depag RI dan Partai itu yaaa … c u next

  3. Setuju banget pak, setiap orang diorganisasi itu punya kesempatan buat berbicara didepan umum dan memimpin dalam organisasi itu

  4. betuul umiiii …. wah dah pake avatar … kereeeen, ditunggu lagi kommentnya umiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s