Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Diberitakan di Koran, Majalah dan TV, ada yang takjub, ada yang takut, ujungnya sama: DUIT

Leave a comment

Setting tulisan ini di Sekolah … Perhatikan budaya di sekolah anda, berapa kali sekolah anda diberitakan di Koran, Majalah atau TV? Berita apakah yang dimuat?

20130128-144031.jpg
MAJALAH HAI ONLINE

Sekolah yang dimuat di mass media karena prestasi jadi sangat bangga dan ketagihan ingin dimuat terus dengan mendorong upaya menciptakan prestasi di sekolah dalam berbagai bidang, … bahkan bersedia membayar reporter mass media atau wartawan bodrek untuk memberitakan sekolahnya … layaknya iklan, berita-berita itu diharapkan membentuk image yang baik sekolah dimata masyarakat.

Sekolah yang dimuat di mass media karena hal buruk, bisa jadi sangat trauma karena harus menghadapi urusan yang panjang dengan masyarakat, dinas pendidikan, kementrian dan aparat lainnya … sekolah trauma …tapi ujung tetap sama, yaitu uang … sekolah jadi biasa membayar reporter atau wartawan bodrek sejumlah uang agar sekolahnya tak diberitakan.

20130128-144153.jpg
DOKUMENTASI HITAM PUTIH TRANS 7

Bagaimana sebaiknya? Kedua sikap di atas bisa dihindarkan … gimana caranya? Simak yah

Pertama, BIKIN BERITA ITU GAMPANG … Sekolah Anda bisa bikin berita kapan saja … libatkan guru Bahasa Indonesia, Pembina OSIS/ekskul Jurnalistik atau Bahasa untuk merangkum berita baik di sekolah secara berkala, seminggu, dua minggu, sebulan atau jangka waktu yang disepakti sesuai kebutuhan.

Berita yang dibuat sertakan foto-foto, karena foto bicara seribu kata … cetak atau fotokopi berita anda, edarkan ke semua murid, sekolah tetangga, dinas pendidikan, kementrian dan siapa sana yang harus tahu berita baik sekolah anda … Aak murid sudah mampu membuat layout dengan komputer … hal itu gampang buat mereka … anak SD aja bisa koq.

File berita yang dicetak bisa diunggah ke website atau blog yang gratis dan bisa dinikmati puluhan tahun sejak diterbitkan … lamaaa banget gitu … Murid bisa membua liputan dalam bentuk video, unggah ke youtube, dan bisa diupload di web atau blog sekolah serta di majalah dinding … dibanding manfaat yang diperoleh, uangnya tak seberapa …. nilainya bisa sama dengan ketika sekolah memberi uang atau membayar secara rutin buat wartawan bodrek atau iklan di media resmi … mungkin lebih murah.

Kedua, PROMOSI ITU MUTLAK untuk Sekolah … isinya mengabarkan tentang apa yang dilakukan sekolah ketika mendidik murid … jika sudah sadar bahwa bikin berita itu gampang dan promosi itu perlu maka sangat gampang sekolah punya penerbitan rutin.

20130128-144315.jpg
KOMPAS CETAK 28 JANUARI 2013

Jika sekolah sudah rutin memberitakan secara cetak atau online, maka tunggu aja saatnya wartawan media-media besar yang tak mau dibayar datang ke sekolah anda untuk meliput dan memberitakan kegiatan sekolah anda, karena mereka sebelumnya sudah melakukan riset dan menemukan banyak info bagus tentang sekolah anda di website atau blog yang diupdate secara rutin ….

Mengelola media buat suatu institusi adalah mutlak, biaya jadi lebih murah, sementara kemampuan mengkomunikasikan berbagai kegiatan di sekolah membuat fihak luar tahu tentang apa yang di kerjakan sekolah … KABARKAN KEBAIKAN WALAU CUMA SATU KATA, SATU FOTO ATAU SATU POSTING … Selanjutnya …. terserah anda.

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s