Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

@syarifaumi menulis tentang bisnisnya di blog dia

6 Comments

20130204-124703.jpg

JADI PENGUSAHA DIUSIA MUDA?? COBAIN DULU YUK ƪ(˘ڡ˘)Ʃ

JANUARY 30, 2013 BY SYARIFAUMI

Mampu membaca peluang yak itulah gue……….Kenalin nih gue remaja yang berusia 16 tahun yang masih duduk di kelas 11 smk yang sering dikata labil sama orang orang. Yap berhubung smk itu sekolah menengah kejuruan, gak heran kalo siswanya mulai mempraktekkan ilmu yang udah mereka dapetin ketika belajar disekolah. Contohnya gue. Bisa dibilang gue salah satu pengusaha yang banyak dicari orang wkwk bingung kan pasti maksudnya apaan? Gimana gak dicariin orang kan gue usaha jualin pulsa yang pelanggannya gak bakalan abis sepanjang masa (’⌣’)

Awal mulanya gue tertarik jualan pulsa itu gue inget banget keadaannya lagi ujan semua tukang pulsa didaerah rumah gue pada tutup padahal butuh banget waktu itu pulsa buat paketin bb *maklum waktu itu bb masih dlm keadaan baru* yaudah deh tuh sampe kesel sendiri akhirnya gue mikir gini ‘apa yg gue rasain jadi bb user sama gak ya kaya yg lainnya kalo lagi butuh banget pulsa dikala gak bisa bersocial networking?’ dalam hati jawab sendiri ‘iya mungkin sama keselnya berasa pengen ngegarotin itu tukang pulsa pastinya’ nah mulai dari situ gue nanya2 nyari2 agen pulsa yg murah dan gak ribet kalo soal saldo. Emang oon apa gimana gitu ya kebetulan tetangga belakang rumah itu buka conter pulsa dirumahnya gue tanya tuh dia ‘agennya dari mana?’ akhirnya dijawab juga kan ‘itu agen dari pgc’ makin penasaran dan kepo gue tanya lagi ‘sistem ngambil sm bayar saldonya gimana?’ doi jawab ‘kalo saya mah nganterin ke pgc’ gue pikir ribet juga nih agennya doi gak mau rugi terus dia balik nanya ke gue ‘emangnya mau jualan pulsa?’ dengan santainya gue bilang ‘iya’ semenjak gue bilang iya sampe sekarang kalo gue lewat depan rumahnya aga agaaaa gimana gitu doi ngeliatnya -_- akhirnya gue balik kerumah dan searching internet. Tapi gue pikir buat apa gue searching kalo pada nantinya pasti gue rada gak percaya sm info yg ada diinternet. Yaudah gue coba ngomong sama Ibu dan akhirnya diizinin. Abis diizinin gue langsung aja ngebm kak neng buat nanya temennya siapa yg jual pulsa buat nanya nanya agennya. Akhirnya dapet dan itu kakaknya kak neng, langsung capcus lah itu gue kerumahnya kak evi *kakaknya kak neng* disitu langsung diajarin prosedurnya gimana. Dengan modal 300rb itu minjem duit Ibu buat modal awalnya. Keadaannya pada saat itu gue cuma pake 1 hp yaitu bb. Saran dari kak evi itu katanya kalo jualan pulsa hpnya jangan bagus bagus, sayang katanya. Okelah gue terima dulu sarannya, karna masih baru jadi masih pake bb buat jualan pulsanya. Dua atau tiga hari gue pikir ah ribet juga ya kalo mesti copot2 kartu gini yg ada bb rusak ntar. Yaudah langsung aja deh tuh beli hp nexian khusus buat jualan pulsanya.

Selain itu gue jualan pulsa dikelas karna beloman ada dikelas yg jualan terus sekalinya ada di up sama pak yusri yang gak ngestay di up buat jualan pulsa. Niat buat nolongin orang yang kesusahan awalnya. Tapi kata bu sitinur gue itu bisa baca peluang usaha.

Ngomongin masalah pelanggan, pelanggan gue beraneka ragam meen mulai dari gue sendiri, keluarga kecil sampe keluarga besar, sodara, temen sekelas, temen diluar kelas, kakak kelas or adek kelas sampe yang namanya guru nih juga. Gue pake sistem ngutangin orang karna sasaran pelanggan gue itu kebanyakan anak sekolahan. Jadi gini misalnya hari ini ambil besok bayar. Gue gak pernah nagih, biar mereka yg bayar ke gue kalo ketemu dan jangan nyariin gue kalo mau bayar pulsa, biasa ajaa. Sifat dari pelanggan gue juga macem macem adanya, mulai dari dulu sampe sekarang ngutang belom bayar, terus minta pulsa udah gue kirimin gara2 gak ada pemberitahuan smsnya dikira gak nyampe dan gak mau bayar *amsyong rugi bandar*, adalagi yg minta ngirimin pulsa 50rb tp bayarnya nyicil *gak kerasa untungnya kalo gini*.

Heeeh?! Untungnya? Yak untungnya lumayan bro sampe sekarang yang gue nikmatin, dicoba deh yuk buat nambah nambahin uang jajan lumayan loh udah gitu bisa beli barang yg kita suka tanpa bongkar tabungan sama minta duit orang tua lagi. Oiya gue mulai buka usaha ini tanggal 12 September 2012 udah 5 bulan sampe sekarang. Omzet penjualan gue selama 5 bulan ini udah 12,8jt gaaan, itupun gak kerasa udah ngambil segitu saldonya.

Kalo ditanya ada kesulitan atau masalah dalam usaha itu pasti ada kok. Yang pertama itu masalah signal gangguan dari pusatnya, disitu gak bisa tuh ngirimin pulsa ke operator apapun, kedua kalo misalnya masuknya lama karna kartu gue yang bala di signalnya, yang ketiga kalo misalnya saldonya abis dan belom dikirimin itu rasanya lo kaya nolak rejeki mentah mentah meeen (⌣́_⌣̀)

Yukyuk buat kalian yang ngaku remaja dicoba deh buat ngisi waktu luang kalian buat jadi pengusaha apa aja dari pada tawuran, ngerokok, make make narkoba. Tunjukin lo remaja yang kreatif dan punya inovasi. Salam GenRe wkwk. (o^-^o)

Mau lebih jelas, silahkan klik di : http://syarifaumi.wordpress.com/2013/01/30/jadi-pengusaha-diusia-muda-cobain-dulu-yuk-ƪ˘ڡ˘ʃ/

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

6 thoughts on “@syarifaumi menulis tentang bisnisnya di blog dia

  1. keren omsetnya booooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s