Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Iklan SGM Eksplore & Guru Era Baru, apa hubungannya coba?

2 Comments

Ada yang menarik dari iklan di atas? Kemampuan anak membuka pintu, memjawab salam, mengenakan celemek, diberi tanda cek list menjadi beberapa prestasi, iklan 30 detik mencatat beberapa prestasi anak balita itu.

Sebagai Guru, berapa kali anda mencatat, menandai prestasi murid anda? Ada berapa prestasi seorang murid yang anda catat selama tiga tahun …? Coba ingat, murid yang anda catat berprestasi selama sekolah, umumnya menuai keberhasilan saat dewasa …. Jangan-jangan, karena ketidakpedulian guru terhadap prestasi murid membuat sedikit anak kita yang berprestasi … kebiasaan mencatat, mengenang kesalahan, keburukan atau kejelekan murid makin mendorong murid melakukan kesalahan, keburukan atau kejelekan.

Guru jaman dulu senang mencatat pelanggaran murid, guru era baru suka mencatat prestasi murid …. Kita perbanyak catatan prestasi murid yuuu

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

2 thoughts on “Iklan SGM Eksplore & Guru Era Baru, apa hubungannya coba?

  1. Setujuuu… Membangun prestasi murid lalu mencatatnya adalah bentuk penghargaan kita kepada murid tersebut sekaligus wujud syukur kita kepadaNya karena telah mampu menggali potensi amanahNya untuk menjadi seseorang yang terbaik di bidangnya. Seorang anak yang berprestasi lalu dihargai maka ia akan tumbuh rasa percaya diri dan berjuang untuk mencetak prestasi lebih banyak lagi. Lebih menggembirakan jika teman-temannya menjadi terpancing untuk ikut berusaha menghasilkan prestasi karena tau akan dihargai oleh gurunya. Bukan begitu, Pa Dedi?

  2. Setujuuu benget deh bu dewi … Spy makin banyak anak negeri yg berprestasi … Nuhuuun😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s