Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Refreshing yang tak bikin Fresh, gimana seharusnya? Baca deh

Leave a comment

20130213-085043.jpg
Masuk rumah sakit setelah liburan? Wah pasti ada yang salah dalam manajemen diri anda … bukankah liburan seharusnya jadi menyenangkan … perencanaan sebelum pergi berlibur adalah faktor yang sangat penting, untuk hasilkan perencanaan yang baik perlu banyak informasi tentang berbagai hal di lokasi liburan kita … sakarang tak perlu repot, dengan internet dari handphone kita, berbagai info bisa kita peroleh buat rencanakan liburan yang mengesankan.

Walaupun long weekend sudah lewat, bukan berarti Anda tak bisa menikmati liburan meskipun waktunya lebih singkat. Asalkan Anda bisa mempersiapkan liburan dengan baik, liburan yang singkat pun bisa jadi berkesan.

Namun ingat, perencanaan yang matang tidak harus merepotkan Anda, hingga harus menyita tugas di kantor. Phillip Gronvold, seorang penggemar travelling yang juga Manajer Produk di Opera Software, pembuat web browser Opera untuk desktop, ponsel dan perangkat, memiliki tips untuk membantu Anda merencanakan liburan secara professional dan meminimalkan gangguan yang muncul saat menikmati perjalanan.

Berikut tips yang perlu anda perhatikan:

1. Berhenti berlangganan surat kabar. Hubungi agen koran Anda untuk berhenti berlangganan sebelum keberangkatan. Karena Anda tidak akan pernah membaca semua koran setelah liburan. Ini juga akan menghindari tumpukan koran yang banyak di depan pintu Anda yang bisa menjadi pertanda bagi pencuri untuk melaksanakan aksinya karena mereka tahu Anda tidak berada di rumah dan pergi untuk beberapa waktu.

2. Tetap berhubungan dengan orang yang Anda cintai adalah penting saat bepergian, jadi pastikan Anda telah mengaktifkan fasilitas roaming internasional pada ponsel Anda. Siapa tahu kebutuhan untuk menelepon kantor, berbagi pengalaman dan foto perjalanan yang mengagumkan atau memeriksa informasi penerbangan Anda; itu semua akan muncul. Periksa dengan operator seluler Anda tentang jenis paket jelajah international yang Anda miliki, dan berapa banyak biaya yang dibebankan kepada Anda, SMS dan browsing dari luar negeri –sehingga masalah tagihan ponsel tidak akan mengganggu dalam menikmati liburan.

3. Manfaatkan fasilitas check-in secara online. Ini akan menghemat waktu dan kerumitan di bandara. Juga, banyak perusahaan penerbangan yang sekarang menawarkan boarding pass yang dapat dikirim langsung ketelepon Anda. Hal ini membuat Anda dapat melakukan hal-hal lain dan juga meningkatkan kesempatan mendapatkan kursi yang Anda inginkan. .

4. Instal aplikasi yang berguna dalam perjalanan sebelum keberangkatan anda:
• Google Map : Terlalu repot untuk membawa-bawa peta besar dan harus melipatnya kembali? Cukup mengunduh aplikasi pemetaan yang disediakan oleh Google ini. Aplikasi ini menawarkan peta jalan, perencana rute untuk perjalanan dengan transportasi berjalan kaki, mobil, sepeda atau publik, dan lokasi bisnis diberbagai negara di seluruh dunia. Download aplikasi ini dan jangan pernah membawa peta kertas lagi!

• Trip It: Perencanaan perjalanan belum pernah semudah ini. Trip it membuat semua jadwal penerbangan, hotel dan bahkan email konfirmasi penyewaan mobil menjadi lebih sederhana dengan mengumpulkannya dalam satu aplikasi di ponsel Anda.

• XE Currency: Aplikasi ini dapat mengkonversi setiap mata uang dunia dengan secara optimal. Menampilkan nilai tukar mata uang dan kalkulator mata uang yang sederhana, aplikasi ini telah didownload lebih dari lima juta kali. Sekarang, Anda bisa pergi liburan belanja tanpa harus menghabiskan saku.

• WeatherBug: Haruskah Anda membawa payung hari ini? Periksa ramalan cuaca pada WeatherBug, yang memberi Anda kondisi terbaru dan keadaan cuaca di seluruh dunia.

5. Instal web browser Opera Mini untuk browsing yang lebih cepat dan biaya yang hemat pada telepon Anda selama liburan. Jangan lupa untuk menggunakan Opera Link untuk membantu Anda mensinkronisasi semua password dan bookmark dari browser Opera di komputer Anda, sehingga dapat mengakses informasi kapan dan dimana Anda membutuhkannya.

6. Luangkan waktu untuk meneliti tujuan wisata Anda. Hubungi orang yang sudah mengetahui daerah tersebut, gali informasi dari buku bacaan, internet, dan mempelajari system transportasi, budaya dan masyarakat daerah tersebut. Juga penting untuk memeriksa situs web dari negara yang ingin Anda kunjungi, untuk melihat apakah ada peringatan dari Negara yang akan Anda kunjungi.

7. Sekarang, persiapkan gadget kecil dan alat yang dapat membuat perjalanan menyenangkan dan bukan sebaliknya.

• Siapkan earphone yang layak. Apakah Anda ingin mendengarkan lagu sendiri atau melihat hiburan saat itu, ini akan membuat dunia Anda berbeda. Duduklah santai dan nikmati lagu-lagu yang anda suka, tanpa keributan apapun.

• Bawa penutup telinga. Jika Anda tidak memiliki earphone yang dapat meredam kebisingan, maka belilah sepasang penutup telinga bila Anda ingin tidur pada penerbangan jarak jauh. Alat tersebut akan meredam suara-suara gaduh dan memastikan Anda beristirahat dengan cukup.
.
• Bawalah bantal. Bantal tiup tidak begitu nyaman dibanding bantal yang berisi kapas dan tertutup kain lembut pada umumnya.

8. Anda tidak ingin menjadi sasaran kejahatan saat menikmati liburan. Untuk menghindari hal ini, jangan berpakaian dengan cara yang bisa membuat Anda menonjol sebagai wisatawan. Jangan memakai perhiasan yang tampak mahal, dan jangan pernah membawa sejumlah besar uang tunai atau meninggalkan bagasi anda tanpa pengawasan.
.
9. Siapkan dokumen yang tidak boleh terlupakan:
a) Paspor: Pastikan paspor Anda tidak berakhir dalam 6 bulan ke depan. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menggunakannya atau memperbaruinya.

b) Visa: Ini penting untuk dimiliki sebelum Anda melakukan perjalanan. Anda perlu mempunyai visa terlebih dahulu sebelum bepergian ketujuan Anda atau mungkin Anda hanya bisa mendapatkan visa on arrival sesampainya di sana.

c) Asuransi perjalanan: Periksa cara mendapatkan asuransi, ini dimaksudkan untuk menjamin biaya medis Anda, kecelakaan pada saat bepergian, dan kerugian lainnya yang timbul saat Anda sedang bepergian, baik di dalam negeri maupun internasional.
Selalu menyiapkan dua salinan semua dokumen perjalanan Anda, membawa satu set dokumen tersebut dan satu set lainnya ditinggalkan di rumah keluarga atau teman, bersama dengan jadwal Anda, sehingga Anda dapat dihubungi dalam keadaan darurat.

10. Istirahat yang sangat cukup. Ketika Anda tiba di tujuan, jangan tidur sampai waktu yang sesuai dengan waktu setempat. Kalau Anda tiba di sore hari, coba untuk menemukan beberapa kegiatan agar membuat anda sibuk –lakukan apapun selain tidur. Jaga badan jangan sampai kekurangan cairan, hindari minuman berkafein atau beralkohol di pesawat (karena minuman ini justru akan membuat dehidrasi), dan tidur beberapa saat di dalam penerbangan. Juga atur jam Anda dengan waktu lokal tujuan Anda. Tablet melatonin dan masker tidur juga dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak di pesawat.

11. Buatlah janji dengan dokter atau klinik perjalanan untuk check up kesehatan Anda setidaknya 6 – 8 minggu sebelum berangkat untuk mengetahui apakah perlu dilakukan vaksinasi atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang diperlukan oleh Negara tujuan.

12. Last but not least, jangan lupa membawa converter untuk aplikasi elektrik Anda, dan juga bungkus beberapa baju cadangan di dalam tas kabin jika Anda kehilangan bagasi.

Perjalanan memang salah satu pengalaman paling berharga yang dapat dimiliki seseorang dan bahkan dapat lebih bermanfaat ketika Anda mempersiapkan diri dengan benar. Selamat berlibur dan semoga dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan!

Sumber: beritajatim.com

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan berkomentar, smg bermanfaat.🙂

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s