Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

MENJAGA MOTIVASI MENULIS DI BLOG

6 Comments

Membuat blog sangat mudah, dalam hitungan menit banyak orang mampu membuat blog … Yan sulit adalah menjaga komitmen untuk terus menulis di blog, masalah beragam … Banyak sekali alasan yang membenarkan seseorang tak bisa terus menulis, ada beberapa cara yang saya lakuan sehingga bertahan lebih tujuh tahun di blog ini dan beberapa blog lainnya.

Menulis aja saat ingin menulis, tak perlu di edit, lagsung posting aja.
Jika ada yang perlu diperbaiki, bida dilakukan setelah di posting, karena ada fasilitas edit … untuk jaga-jaga ketika tak punya ide untuk ditulis, saya menjadwalkan terbitnya posting beberapa hari ke depan, wordpress memiliki fasilitas untuk men-schedule atau menjadwal kapan posting yang saya tulis akan terbit.

Soal ada yang baca atau tidak tulisan saya … Santai aja, yang penting adalah menumpahkan ide atau isi hati, curhat atau apapun yang mungkin bisa bermanfaat buat orang yang membaca … komentar yang masuk dan meningkatnya statistik blog bikin makin semangat saya menulis … saya menganggap menulsi sebagai tambahan ibadah, berbuat baik buat isi detik-detik yang saya nikmati dan ada tinggalkan jejak berupa tulisan yang bisa dinikmati oleh saya dan orang-orang sedunia.

Bagaimana dengan anda, sudah punya blog dan masih menulis sampai saat ini? Punya masalah dalam mengelola blog, silahkan komentar atau email ke dwitagama@yahoo.com, kita sharing yuuu.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar, semoga bermanfaat.

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

6 thoughts on “MENJAGA MOTIVASI MENULIS DI BLOG

  1. Semenjak pkl jadi jarang ngepost nih pak, efek cape kali ya pak….

  2. Setuju Pa Dedi… menulis di blog bagi saya adalah salah satu cara mengungkapkan isi hati sambil berbagi pengalaman. Syukur jika ada manfaat bagi yang membaca berarti saya sudah berdakwah secara tidak langsung… sebagai bentuk ibadah dalam menjalani hari. Jika saat ini pengikut saya masih sedikit, tidak seperti Pa Dedi, he he he… santai aja. Semua kan, Allah yang mengatur. Saya masih amatir, tulisan saya juga belum ada apa-apanya dibanding blogger lainnya. Yang penting, terus menulis… membiasakan diri melakukan kebaikan & hal yang manfaat. Betul kan, Pa Dedi?

  3. Wahahaa… Bener banget itu, bikin blog itu gampang. Yang susah itu bagaimana menjaga komitmen kita agar bisa rutin mengisinya.

    Buat saya, menuangkan pikiran, pendapat ataupun pengalaman diri kita dalam bentuk tulisan di blog sangatlah menyenangkan. Walaupun nggak ada yang komen atau ngelike. Saya tahu, akan selalu ada silent reader yang membaca tulisan kita. Jadi artinya, bagaimanapun tulisan kita nggak akan sia-sia.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s