Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

MENJUAL SEKOLAH SEHINGGA MAKIN DIMINATI MASYARAKAT

5 Comments

20130321-113107.jpg

20130321-113117.jpg

Dua foto di atas adalah hasil pencarian di google dengan kata kunci “SMK NEGERI JAKARTA”

Coba ingat sekian belas tahun yang lalu, sekolah anda termasuk ngetop markotop di kota anda?, bagaimana saat ini?. Jika sekolah anda sekarang makin tak terdengar, senyap tak muncul di media dan tersalib oleh sekolah-sekolah baru yang berdiri belakangan, kenapa?

MEMPERTAHANKAN LEBIH SULIT
Ini peribahasa lama yang masih berlaku, bahwa merebut prestasi lebih mudah dibanding memoertahankan … kenikmatan prestasi yang diperoleh sering membuat sekolah terbuai, bangga, jumawa, kemudian lupa menyiapkan segala sesuatu untuk merebut prestasi, apalagi jika murid yang biasa diandalkan sudah lulus, dan sekolah enggan mencari atau membina murid lain uang berbakat, hingga kemudian lepaslah prestasi yang selama ini diraih.

Prestasi harus dijadikan kebiasaan, sesuatu yang rutin di sekolah, sehingga ketika jam pelajaran usai, murid-murid masih sibuk bersama teman se hobby atau guru pembimbing untuk melakukan aktifitas sesuai minat yang berujung pada prestasi. Sekolah harus mampu memfasilitasi anak-anak yang punya bakat khusus dan mendorong semua warga sekolah untuk berprestasi.

Sekolah harus memberikan apresiasi untuk murid dan guru yang berprestasi atau membimbing perolehan prestasi … semakin banyak prestasi sekolah, semakin banyak dilirik oleh masyarakat, dinas pendidikan dan berbagai fihak, karena prestasi disukai banyak fihak.

GEDUNG SEKOLAH LAMA TAK DIREHAB
Apakah anda merasa gedung sekolah yang lama tak direhab membuat minat masyarakat menurun? Jika demikian, semua unsur di sekolah, mulai kepala sekolah, guru, karyawan, hingga murid harus dilibatkan memelihara lingkungan sekolah sehingga tetap nyaman dihuni.

Setiap semester semua murid dan guru bisa dilibatkan untuk membawa tanaman yang sudah di disain untuk penataan lingkungan sekolah, dari ratusan warga sekolah, dua kali setahun melakukan gerakan penataan lingkungan yang terkonsep, maka bisa dipastikan lingkungan sekolah anda bakal nyaman dan asri.

JUAL & PASARKAN SEKOLAH PADA SETIAP KESEMPATAN
Semua warga sekolah dan setiap unsur harus menjadi marketers atau tenaga pemasaran sekolah. Saat lakukan gerakan penghijauan di sekolah hatus didokumentasikan, dipublikasian di website atau blog sekolah hingga blog guru dan murid dekolah. Indahnya penghijauan sekolah harus diketahui banyak orang yang menjadi warga sekolah ataupun bukan.

Berbagai kegiatan sekolah harus dibuat dokumentasikan dalam bentuk foto dan video. Foto-foto kegiatan sekolah bisa di publis di buletin, brosur, website, blog sekolah, blog guru, blog murid, facebook, twitter, youtube dan berbagai media sosial lainnya.

Mau tahu apakah sekolah anda sudah cukup dipasarkan? Search di google nama sekolah anda, lihat seberapa banyak artikel, foto, video yang mengekspose sekolah anda, perhatikan … apakah atikel, foto atau video yang ada di internet adalah hasil kerja yang baik atau diupload/diunggah oleh fihak-fihak yang tak jelas atau hanya main-main atau narsis yang bercanda … bukan artikel, foto atau video yang dibuat memang untuk keperluan publikasi.

Jumlah informasi sekolah anda di dunia maya akan menuai hasil … Makin banyak fihak luar yang tertarik berkunjung ke sekolah anda, karena sebelum lakukan kunjungan, mereka melakukan survey lenih dulu di dunia maya lewat google … selanjutnya, terserah anda.

Selamat pagi pembaca, sudah mempublikasikan sekolah anda hari ini? Atau masih tak peduli dan mau lihat masa kehancutan tempat anda bekerja?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

5 thoughts on “MENJUAL SEKOLAH SEHINGGA MAKIN DIMINATI MASYARAKAT

  1. Ma kasih yach ,,, infonya up to date banget dan dapat menjadi inspirasi untuk sekolah yang kami bina …

  2. Thanks om Dedi, after followed your training last month, I and also my friends in my school inspired by U, dan sekarang kami jadi keranjingan ngeblog deh…… 🙂

  3. Pingback: Memasarkan Sekolah melibatkan murid menggunakan sosial media | Blog Pendidik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s