Blog Penv4x3333didikc g

@dwitagama: ter tumbuh dar i pemgt6. Vgbiasaan

DELAPAN KOMPETENSI PEMIMPIN + SALAM & SENYUM, MAKA ANDA JADI PEMIMPIN DAHSYAT #pendidikan karakter

Leave a comment

20130415-103242.jpg
Punya ide bagus dan mahir dalam mengelola tim kerja? Jika ya, Anda mungkin pantas disebut sebagai pemimpin. Pertanyaan saat ini apakah Anda sudah memenuhi kriteria seorang great leader sebab untuk menjadi seorang great leader, Anda harus memiliki delapan kualitas pemimpin sejati. Yuk simak ulasan yang dilansir Forbes!

1. Kejujuran

Tidak peduli di mana dan siapa yang Anda dipimpin. Ketika bertanggung jawab sebagai pemimpin, Anda harus menunjukkan perilaku jujur. Kenapa? Karena tim Anda adalah cerminan diri Anda. Pepatah lama mengatakan “Ikan busuk mulai dari kepala, bukan ekor”.

2. Kemampuan mendelegasi

Mempercayai tim Anda adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan. Jadi, pastikan Anda tahu siapa yang tepat mengemban tugas yang Anda berikan.

3. Komunikasi

Sudahkah Anda mengasah keterampilan komunikasi Anda? Jika belum, jangan berharap Anda bisa memimpin dengan benar. Ingat, cara berkomunikasi yang baik dapat mempermudah penyampaian materi dan informasi pada orang lain.

4. Selera humor

Anda dapat menanamkan energi positif dengan terus mengasah selera humor Anda. Buatlah lelucon cerdas yang tidak berisi SARA atau sindiran kepada orang lain. Dengan demikian, Anda akan dicintai bawahan Anda.

5. Percaya diri

Semua orang tentu memiliki kekhawatiran tentang masa depan. Namun, Anda tak harus terpuruk dan tidak merasa percaya diri. Tanpa rasa percaya diri yang besar, bagaimana cara Anda meyakinkan tim Anda.

6. Komitmen

Jika Anda berharap tim Anda mau bekerja keras dan menghasilkan konten yang berkualitas, Anda harus terlebih dulu memberi contoh. Sangat penting untuk menunjukkan komitmen Anda tidak hanya pada pekerjaan Anda, tetapi juga untuk janji yang telah Anda ikrarkan.

7. Kreativitas

Sangat penting untuk mengasah kemampuan berpikir di luar kotak dan memilih mana pilihan terburuk dan terbaik. Kreativitaslah yang membedakan antara pemimpin dan bos. Pemimpin tidak hanya menggantungkan bebannya pada timnya, melainkan memberi solusi terbaik untuk memecahkan masalah.

8. Kemampuan untuk menginspirasi

Siapa pun yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang di sekitarnya patut disebut pemimpin. Namun untuk bisa menginspirasi banyak orang, Anda perlu menunjukkan sikap dan komitmen yang baik pada apa yang sudah menjadi tanggung jawab Anda.

Ingin disebut sebagai pemimpin sejati? Terapkan delapan hal tersebut dalam hidup Anda. Plus salami dan menyapa dengan senyum teman-teman yang anda pimpin. Jika belum menerapkannya, jangan pamerkan sosok Anda sebagai pemimpin besar.

Sumber: merdeka.com

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s