Blog Pendidik


1 Comment

DRUGS ABUSE PREVENTION ACTIVITIES memory

20130625-080317.jpg

20130625-080325.jpg
Saat mencari dokumen, saya menemukan foto kenangan di Jepang 1998 … Miss u all.

Advertisements


1 Comment

dan kita tak perlu liat orang tua di siram air pada siaran langsung stasiun tv nasional negeri tetangga gara-gara polisi & aparat negaranya

di negeri paman besut, sekelompok orang melakukan kekerasan berkali-kali, tapi polisi tak sempat menangkap kelompok itu

anak-anak sekolah tawuran di jalan, polisi sibuk di tempat lain, masyarakat resah takut kena timpuk batu atau barang-barang yang dilempar anak-anak yang tawuran …. tapi polisi tak kunjung datang hingga korban berpulang.

minuman keras dilarang dijual, tapi gampang didapat di banyak toko, pembelinya bisa siapa saja … saat mabuk, kelakuannya membuat takut & resah masyarakat sekitarnya, tapi polisi atau aparat lainnya seolah tak melihat menuman keras bertebaran dimana-mana.

takut, resah berulang, akhirnya masyarakat negeri itu marah, jika tertangkap pelaku krininal tak langsung diserahkan kepada polisi tapi dihajar dulu hingga babak belur, anak-anak yang tawuran akhirnya diserang warga di lokasi yang sudah muak dengan kelakuan pelajar yang kurang ajar itu, toko yang menjual minuman keras dirampas lalu dimusnahkan.

salahkah orang-orang yang menghajar pencuri, menghajar pelaku tawuran, merampas minuman keras?

andai polisi dan aparat negeri paman besut bekerja baik, mencegah tindak kriminal, menghukum pelaku kejahatan yang sesuai, tak menjual beli perkara, menghukum anak skolah yang mengganggu ketertiban umum, membawa senjata, dll, tanpa takut dibilang melanggar HAM, memberi sangsi pada penjual minuman keras, dsb …. maka kekerasan antar warga tak perlu terjadi …

dan kita tak perlu liat orang tua di siram air pada siaran langsung stasiun tv nasional negeri tetangga gara-gara polisi & aparat negaranya yang kurang pede.

20130630-122121.jpg
bukti kemarahan warga


Leave a comment

PASKIB SMKN 29 PENERBANGAN JAKARTA DI YOUTUBE

Saat browsing tentang rokok, saya menemukan video bagus anak-anak Kapal SMKN 29 Penerbangan Jakarta, Tim Paskib sedang beraksi kibarkan bendera saat Upacara Hardiknas 2 Mei 2013 … Keren guys … smg semua yang ada di video itu dalam sehat dan sukses selalu.


4 Comments

Masih berapa anak muda yang bakal mati sia-sia di jalan akibat sepeda motor?

20130621-112618.jpg
Saya punya tetangga, anaknya empat orang terdiri dari 3 perempuan, dan yang bungsu lelaki. Karena mendapat anak lelaki setelah lama menginginkan, kedua orangtuanya sangat memanjakan anak lelaki satu-satunya,

Sejak kecil dibelikan sepeda roda tiga, berlanjut berbagai model sepeda roda dua, saat SD sudah diperbolehkan mengendarai sepeda motor, saat SMP berganti benerapa merk sepeda motor, dan mulai terbiasa adu balap hingga beberapa kali alami kecelakaan.

Saat bersekolah di SLTA, masuk rumah sakit akibat kecelakaan jadi hal biasa … hingga koma dan berpulang ke alam baka, mati tak pernah kembali.

Bahwa ada peraturan kendarai sepeda motor harus memiliki SIM dan telah berusia lebih dari 17 tahun adalah karena kematangan kepribadian & emosi seseorang dinilai mampu merespon berbagai situasi saat berkendara.

Masih berapa anak muda yang balal mati sia-sia di jalan akibat sepeda motor?


Leave a comment

berbuat baik aja, sisanya Allah yang atur, happy deh

20130621-085843.jpg
dua orang teman akan berkunjung ke sebuah sekolah, mereka mencari alamat di google, mencetak route menuju ke lokasi.

pada hari yang direncanakan, mereka berkendara mengikuti petunjuk, bertanya beberapa kali tapi tak juga menjumpai sekolah yang dicari hingga menjumpai sekolah lain, mobil berhenti di depan sekolah dan bertanya pada petugas keamanan sekolah. Saat berbicara dengan petugas keamanan ada teman yang mengenalnya, lalu teman itu mengantar ke sekolah yang dituju, apakah itu suatu kebetulan?.

Tak ada kejadian yang terjadi secara kebetulan, semua peristiwa diatur oleh pencipta alam semesta, oleh sebab itu berbuat baik aja, sisanya Allah yang atur, happy deh.


2 Comments

apakah yang tawuran dan bentrok itu tak beragama atau beda dasar negaranya? damai aja yuuu … happy deh

ILLUSTRASI

ILLUSTRASI

Rusuh, tawuran antar kelompok di Kalisari Cikini Jakarta Pusat memakan korban nyawa, berlanjut ada tawuran lagi beberapa hari lalu di Kebayoran Baru yang juga memakan korban, kenapa dengan warga Jakarta?

Bicara soal pendidikan, Jakarta mungkin tingkat pendidikannya lebih tinggi dibanding kota” lain di Indonesia, kenapa warganya seperti tak terdidik, tak bisa hidup rukun dengan sesama.

Pendidikan tak cukup hanya di sekolah, peran pendidikan di Keluarga berpengaruh besar terhadap kelakuan individu, pendidikan di luar sekolah juga berpengaruh terhadap perilaku individu. Saat remaja, ketika pulang sekolah murid-murid SD, SLTP melakukan tawuran di jalan, membawa senjata tajam, saling lempar batu & benda” lain yang jelas-jelas menggangu ketertiban umum, seolah-olah dibiarkan berlangsung terus, aparat hukum dan para fihak kurang memberi perhatian serius sehingga peristiwa tawuran pelajar tak kunjung berhenti, berapa puluh tahun sekolah bermusuhan tak kunjung damai, dan pelajar yang korban cedera hingga mati terus berjatuhan.

Pelaku tawuran, apalagi yang membawa senjata harus dikenakan hukuman sesuai KUHAP, model penanganan yang memulangkan pelajar yang terbukti tawuran dan membawa senjata tajam dalam jangka panjang membuat remaja-remaja itu memiliki pemahaman bahwa mengganggu ketertiban umum dan membawa senjata tajam adalah perbuatan biasa atau tak melanggar hukum … ujungnya mereka terbiasa tawuran atau bentrok dengan masyarakat kelompok yang berbeda.

Katanya kita mahluk beragama dan pancasilais? apakah yang tawuran dan bentrok itu tak beragama atau beda dasar negaranya? damai aja yuuu happy deh


2 Comments

Ketemu Atiek dan Olo Tahe Sinaga di SMAN 36 Jakarta, miss u guys

diriku diapit sahabat

diriku diapit sahabat

Kami dulu sekelas saat kuliah, teman membaca puisi saat masih sangat muda … beberapa hari lalu saya jumpa mereka setelah sekitar 30 tahun kita pisah, saya jumpa Atiek Sugiarti dan Olo Tahe Sinaga di SMAN 36 Jakarta … kami jadi nostalgia masa lalu yang amat sangat indah … saya diundang ke SMAN 36 buat menemani RAKER mereka … miss u guys … smg dalam sehat dan sukses slalu. CErita lengkap sessi saya ada disini.


2 Comments

Lha, kalo bapaknya tukang ojek, anaknya tukang tawuran, cucunya jadi apa dong?

20130610-205405.jpg
Ternyata yang suka bergaya paling jago di jalan, memutar gir itu anaknya tukang ojek … Lha, kalo bapaknya tukang ojek, anaknya tukang tawuran, cucunya jadi apa dong? Smg pada cepet sadar deh para penggemar tawuran, mendingan tawuran futsal, pencak silat, basket, melukis, suffle, beatbox, atau apa aja deh


Leave a comment

Nama kita ditulis di artikel teman itu luar biasa banget, thx @rudyhilkya

Pak Rudy, Guru SMA di Palangkaraya

“… sebagaimana yang dilakukan sebagian rekan-rekan kita Om Jay (Wijaya Kusumah) yang Guru Paling Nge-Blog, Dedi Dwitagama kepsek yang juga Motivator, Agus Sampurno (Guru Kreatif), Urip (blogger Guru Kimia Kalteng dari Pangkalan Bun), dan rekan-rekan lain …”

Berminat simak tulisan lengkapnya? silahkan kesana.


2 Comments

Mndokumentasikan tugas SOsio Drama Bimbingan Konseling SMKN 50 Jakarta di Youtube

Saya menugaskan murid membuat skenario, melakukan shooting dan upload video mereka di Youtube … Film di atas adalah hasil kerjasama murid kelas X yang bakal bisa dinikmati hingga mereka punya cucu … Good job guys … Kalian hebaaat, I’m so proud of you … Love u much


Leave a comment

Rencana Reuni Akbar sekali SMAN 35 Jakarta angkatan 1977 – 2012

20130607-093942.jpg
Itu foto Reuni angkatan 1983 SMAN 35 Jakarta tahun 2008, lima tahun kemudian kami reuni lagi.

20130607-094124.jpg

20130607-094135.jpg

20130607-094143.jpg
Bertempat di Saung Dolken Bogor, beberapa bulan yang la,u di tahun 2013, Pak Heri (berjaket) kembali datang, Bagus masih jadi inisiator, bersama Reni, Gunung, Diana, Anto, Dalindra … Dan masih banyak lagi …. Senang sekali bisa jumpa, bercanda dan mengenang masa sekolah dulu … Sayang banget saya ga bisa nginep, karena ada janji beresin sesuatu hari minggu pagi … Semoga semua teman-teman dalam sehat selalu.

Ini ada kabar reuni akbar September 2013, yang mau tahu silahkan telpon sekolah atau kunjungi sekretariatnya disana.

Danti mengabarkan:

Teman-Teman Alumni SMAN 35 Jakarta.. .. mau memberitahukan rencana HBH / Reuni Super Akbar (Seluruh Angkatan Thn 1977 (masih 24 F) s/d 2012) pada tgl. 1 September 2013,di Istora Senayan. yg acaranya adaalh Halal Bihalal dan Donor Darah.. Tolong hadiri Rapat persiapan di SMAN 35 Jam 12 siang – 03.00.. Atau datang pada hari kerja ke sekretariat acara ini di SMAN 35. Lab Fisika Pak Heri. Acara ini sudah disetujui oleh Kep Sek SMAN 35. Gedung dan tgl Donor Darah dari pihak PMI sudah di ACC.. (akan di adakan juga pemilihan ketua Ikatan Alumni) Dan Bulan Juni ini tgl. 22, akan diadakan khitanan masal dan pengecatan Mushollah SMA 35. Terima kasih.. Di tunggu kehadirannya, setiap angkatan untuk hadir sekurang-kurangnya 5 org perwakilannya.

DUKUNG ACARA KITA INI UNTUK MERAIH PIAGAM MURI SEBAGAI PENYELENGGARA DONOR DARAH TERBESAR (1001). DAN M0HON BANTUAN UNTUK SHARE KE YG LAIN..


Leave a comment

Anak Kapal @SMKN29 Penerbangan Jakarta @fauzanwiryaYP wakili Indonesia ke London, bangga bro

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Sebanyak 21 siswa dan mahasiswa yang mengikuti Program Outstanding Students for the World (OSTW) yang digagas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berhasil mengharumkan nama Indonesia di Inggris.

Selama di London, mereka mengadakan presentasi di Kemlu Inggris (Foreign and Commonwealth Office- FCO) berdiskusi seputar peningkatan hubungan masyarakat kedua negara (people to people contact) khususnya peningkatan pelajar dan Islam moderat.

Hal itu diungkapkan Kepala Subdirektorat Ekonomi dan Pembangunan, Direktorat Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri Firdaus Dahlan kepada Antara London, Senin (10/6).

Firdaus Dahlan yang mendampingi para pelajar berprestasi berkunjung ke Inggris, selama seminggu dari 3 sampai 10 Juni, memiliki jadwal padat di hari pertama langsung berkunjung ke FCO dan mengadakan pertemuan dengan parlemen Inggris.

Dikatakannya Indonesia boleh berbangga, siswa berprestasi di ajang dunia. Program Outstanding Students for the World (OSTW) yang digagas Kemlu ke Inggris adalah bukti keyakinan mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik, ujarnya.

Miftahul Khairi (22) salah seorang peserta program OSTW kepada Antara London mengatakan ia merasa bangga bisa ikut dalam program OSTW ini.

Menurut mahasiswa Fakultas Hukum UI, nama programnya sendiri sudah berat dan harus bisa melakukan yang terbaik, ujar pemenang paper terbaik diantara 700 peserta kompetisi Philip C Jessup Internasional Law Moot Court 2013.

“Kami banyak bertemu dengan orang-orang penting dan berdiskusi dengan mereka,” ujar Miftahul Khairi dan menambahkan bahwa programnya dangat bermanfaat bagi generasi muda Indonesia .

Sementara itu Kartono Warigogung (24) dari Pondok Modern Darussalam Gontor mengakui program yang diikutinya sangat luar biasa dan ia pun bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan para pejabat di Kemenlu Inggris khususnya mengenai Islam.

Kartono yang pernah belajar di Australia mengatakan, ia merasa senang dan kagum dengan cara kerja orang Inggris dan juga tempat tempat yang dikunjungi selama di Inggris termasuk ke Oxford University.

Siswa dan mahasiswa terbaik yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di tanah air juga melakukan dialog Profesor Frances Cairncross, dekan Exetter College di salah satu Universitas terbaik di dunia Oxford, Inggris.

Selain berdialog di Universitas Oxford, peserta ini juga diterima wakil Ketua kaukus Parlemen Inggris John Spellar di Gedung Parlemen Inggris.

Firdaus Dahlan, mengatakan program bagi siswa berpreatasi “Outstanding Students for the World” (OSTW) tahun 2013 yang diusung Kementerian Luar Negeri merupakan yang ketiga kalinya.

Sebelumnya, dilakukan kegiatan yang sama di Universitas Harvard di AS dan Tokyo Intitute of Technology di Jepang.

Dikatakannya peserta progam ini disaring secara ketat dan tahun ini diwakili pemenang olimpiade, pemenang lomba debat bahasa Inggris dunia, pemenang lomba debat hukum internasional, peneliti dan inovator muda, dan salah satu siswa terbaik dari Yayasan Pendidikan Islam Gontor dan SMK penerbangan Jakarta.

Pada kesempatan ini pulalah para pemuda ‘brilliant’ ini melakukan dialog seputar hubungan Indonesia – Inggris dan mengemukan pandangannya tentang pendidikan dan hubungan kedua negara dalam perspektif pemuda.

Pada hari terakhir melakukan kunjungan ke Organisasi Maritim Internasional (IMO) dan Kementerian Bisnis, Inovasi, dan Skill – Inggris.

Peserta program OSTW terbagi dalam beberapa kategori seperti untuk debat dan pidato berbahasa Inggris terpilih Roselyn Prima Winata (Universitas Pelita Harapan), Carissa Tehputri (SMAN 4 Denpasar), Miftahul Khairi (UI), dan Gresi Tifani Muabuay (SMAN 3 Jayapura).

Kategori ilmu pengetahuan sosial terpilih Adeline Tiffanie Suwana (SMAK 1 Penabur, Jakarta), Kartono Warigogung (Institute Study Islam Darussalam), Flora Ayu Putri Dhamayanti (SMAK Giovanni, Kupang), dan Rai Kania Izatinisa (SMAN 1 Malingping, Banten).

Sementara katagori ilmu pengetahuan alam terpilih Melody Grace Natalie (Stella Duce 1), Paksi Raganata, GDE (SMA Santa Maria 1, Bandung), Muhammad Arifin Dobson (SMAN 3 Bandung), Thomas Teguh Wijaya (ITB), Bintang Rahmat Wananda (ITB), Siti Latifatul Chasanah (SMK Boedi Oetomo 2, Cilacap), dan Edvin Prawira Negara (SMAN 1 Blitar).

Untuk katagori ilmu komputer dan robotik terpilih Mohammad Yazid Al Qahar (Unikom), Eko Prabowo Putro (Unikom), dan Nathan Azaria (SMAN 2 Purwokerto) dan ilmu teknik terpilih Devika Asmi Pandanwangi (SMAN 6 Yogyakarta), Jovita Nathania (SMA Tarsisius 1, Jakarta Pusat), dan Fauzan Wirya Yudha Prasetya (SMKN 29, Jakarta).

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/06/11/mo7kam-21-siswa-dan-mahasiswa-harumkan-indonesia-di-inggris


Leave a comment

solat aja dulu pak, supaya hidup bapak tidak susah terus

20130610-175555.jpg
ILUSTRASI

Saya sering mampir di satu masjid yg letaknya di tepi jalan utama untuk segerakan ibadah. Sebelum kenakan sepatu saya sempatkan membalas sms dan mention yang saya terima.

Beberapa bulan lalu, saat bertrandaksi di sosial media, tiba” seorang
pria paruh baya menyalami saya, dan saya pun membalasnya … dia bertanya apakah saya pulang kerja, dimana kerjanya, dan lain”, saya jawab sambil terus bersosial media.

Lalu lelaki itu mengeluarkan kartu iuran sekolah sambil cerita ttg tunggakan iuran sekolah anaknya dan PHK lelaki itu dari sebuah kantor notaris, intinya dia minta bantuan saya …

Kemarin sore, disekitar waktu yang sama, pada situasi yang hampir sama, di tempat yang sama, seorang pria paruh baya datang menyalami saya sambil mendoakan agar saya banyak rejeki, lalu dia bilang dia sedang puasa, sedang berusaha cari modal buat dagang, butuh modal skian ratus ribu rupiah … dia trus mendesak dan nanya, gimana bisa bantu ngga?

Saya bilang, bapak serem banget, minta” sih ratusan ribu rupiah, emang cari uang gampang apa … akhirnya dia bilang, kalo ga bisa bantu modal, kasih buat buka puasa juga gapapa … hahaha makin tak yakin saya dan bilang maaf, saya ga bisa bantu, lelaki itu pum berlalu.

Berselang hitungan beberapa menit, tiba” disamping saya duduk lelaki setengah baya, menyalami saya dan langsung bercerita istrinya sakit parah, smalam keluarganya akan datang but kasih biaya ratusan ribu tapi berhalangan, dia minta bantuan saya sambil bersumpah demi Allah bahwa cerita yang dia bilang itu benar” terjadi, inikan di masjid pak, demi Allah saya tak berbohong bantulah saya ….

Saya bilang, sebelum bapak baru aja ada lelaki yg minta bantuan ratusan ribu dg alasan macam”, sekarang bapak, bbrp waktu lalu di tempat ini juga saya jumpai kejadian yang sama … koq banyak yang mirip bapak ya? tanya saya.

Azan ashar terdengar, saya selesaikan jawab mention teman, trus lelaki itu bilang; ya sudah kalau tak bisa bantu gapapa, terlihat dia beranjak hendak keluar masjid.

Saya berdiri sambil bilang, solat aja dulu pak, supaya hidup bapak tidak susah terus, diapun masuk ke masjid dan berwudhu, dan interaksi saya dg dia selesai setelah itu.

Mereka belum terlalu tua, masih bisa usaha selain minta” dengan berkisah ini itu, tapi kenapa mereka lakukan itu, apakah karena saya terlihat terlalu gampang ditipu?, saya bertampang melo mudah terhanyut oleh cerita pilu dan bakal bantu, atau saya terlihat makmur shg mudah kasih bantuan spt yg diminta, atau …. atau …. atau …, sy bingung aja, koq ngalamin kejadian yg sama di tempat yang persis sama, anda punya cerita yang sama?


2 Comments

Leaving on A Jet Plane memangilku untuk dinyanyikan … happy deh

Tiba-tiba saya ingin bernyanyi lagi John Denver ini, yuuu

All my bags are packed I’m ready to go
I’m standin’ here outside your door
I hate to wake you up to say goodbye
But the dawn is breakin’ it’s early morn
The taxi’s waitin’ he’s blowin’ his horn
Already I’m so lonesome I could die

So kiss me and smile for me
Tell me that you’ll wait for me
Hold me like you’ll never let me go
Cause I’m leavin’ on a jet plane
Don’t know when I’ll be back again
Oh baby, I hate to go

There’s so many times I’ve let you down
So many times I’ve played around
I tell you now, they don’t mean a thing
Every place I go, I’ll think of you
Every song I sing, I’ll sing for you
When I come back, I’ll bring your wedding ring

So kiss me and smile for me
Tell me that you’ll wait for me
Hold me like you’ll never let me go
Cause I’m leavin’ on a jet plane
Don’t know when I’ll be back again
Oh babe, I hate to go

Guitar Solo

Now the time has come to leave you
One more time let me kiss you
Close your eyes I’ll be on my way
Dream about the days to come
When I won’t have to leave alone
About the times, I won’t have to say

So kiss me and smile for me
Tell me that you’ll wait for me
Hold me like you’ll never let me go
Cause I’m leavin’ on a jet plane
Don’t know when I’ll be back again
Oh baby, I hate to go

Cause I’m leavin’ on a jet plane
Don’t know when I’ll be back again
Oh baby, I hate to go


1 Comment

Anak 8 tahun hampir 57 juta kali dilihat di Youtube, umur sekolah anda berapa tahun? berapa kali dilihat di Youtube? happy kah?

Kingsley Tahapasi dari Indonesia, usianya baru 8 tahun, videonya di Youtube sudah lilihat orang hampir 57 Juta kali … berapa tahun usia sekolah anda? sudah ada berapa video dokumentasi sekolah anda di Youtube? sudah dilihat berapa juta kali? apakah sepanjang umur sekolah anda tak ada kegiatan yang layak di dokumentasikan dan dinikmati warga sekolah dan orang lain sedunia? pasti ada … kalau tak ada, artinya Guru dan Kepala Sekolah yang bertugas disana tak ada yang serius bekerja … ayo dokumentasikan sekolahmu dan uplod ke Youtube … happy deh.


Leave a comment

semoga sukses MOS anda tahun depan … Saatnya kini menyusun rencana …. Tanpa BULLYING

20130501-085530.jpg

20130501-085542.jpg

20130501-085605.jpg

20130501-085615.jpg

20130501-085626.jpg
Masa Orientasi Sekolah, MOS, atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, MOPDB salah satu tujuannya adalahuntuk mempercepat penyesuaian diri dan merubah mental pelajar SMP jadi Pelajar SMA atau SMK … tentu sangat beda suasana belajar di SLTP dan SLTA.

Bagaimana agar saat MOS tak terjadi bullying atau kekerasan terhadap anak baru, kuncinya adalah pada perencanaan MOS yang harus melibatkan semua fihak, Guru, OSIS, Orang Tua,Komite Sekolah … panitia dari OSIS harus dipilih secara benar dan yang terpilih harus melewati proses latihan, persiapan pelaksanaan bersama Guru dan fihak lain yang terlibat seperti; Tentara, Polisi, alumni, dll. Harus diingatkan bahwa setiap kekerasan yang terjadi bakal mendapat sangsi yang setimpal, berbagai kemungkinan tindakan kekerasan dan sangsinya sudah didaftar dan diumumkan kepada semua yangterlibat di MOS, semoga sukses MOS anda tahun depan … Saatnya kini menyusun rencana ….

Foto-foto di atas saya capture dari Instagram seorang siswa yang mungkin sedang mengenang MOS yang pernah dilaluinya di SMKN 36 Jakarta, love u all, sukses buat kamu semua yaaaa, miss u much.


1 Comment

Mengenang saat menari kecak bersama Pengurus OSIS SMA se Indonesia di LDK OSIS SMA Kemdikbud RI


Dipandu oleh teman-teman Pengurus OSIS dari Bali kami menari bersama … ratusan jumlah pesrtanya, Cibubur 14 Mei 2013, lebih lengkap lagi artikelnya bisa disimak disana.


Leave a comment

Menemukan video Pameran Pesawat SMKN 29 Jakarta di Youtubenya Pos Kota, kangen Kapal


Kegiatannya berlangsung 2012 di Parkir Timur Senayan … Bapak ahmad Budiman, Ibu Eny, Ibu Lela, Bapak Sugeng, Bapak Gatot dan Tim Perakit Pesawat Jabiru, anak-anak Kapal dan lainnya bekerja keras mengawal pesawat dari Pondok Cabe ke parkir timur dan mengembalikan ke pondok cabe dengan penuh semangat, terlihat rasa sayang terhadap hasil kerja keras mereka merakit pesawat hingga menerbangkannya …. miss and love u all.