Blog Pendidik


Leave a comment

Sementara penduduk negeri sudah bersiap pulang kampung buat lebaran Mana janji saat kampanye hai orang-orang yang gemar bicara?

20130717-081742.jpg

Belasan tahun menelusuri jalan pantura,
hampir selalu ada bagian yang rusak,
kemanakah para insinyur hebat lulusan ITB, UI, ITS, …
atau alumni dari luar negeri yang jumlahnya banyak itu?

Adakah perencanaan di pantura,
Adakah pembatasan muatan truk yang lewat,
Adakah yang mengawasi tonase atau berat truk yang melintas,
Adakah catatan korban pantura sejak negeri ini merdeka,
Adakah penduduk negeri bisa nikmai jalan mulus saat pulang kampung?

Hari ini dikabarkan
Perbaikan jalan pantura masih berlangsung di beberapa tempat,
Sementara penduduk negeri sudah bersiap pulang kampung buat lebaran
Mana janji saat kampanye hai orang-orang yang gemar bicara?

Advertisements


Leave a comment

Menjadi Guru Hebat yang Menerapkan PTK (Resume materi kelas PTK)

Ditulis teman itu … Nikmaaat banggeeeets, makasiiih ayuu 😀

Syarifah Alfatih

OLEH: Syarifah Reza Ayu Nurimani

ImageImage

Materi  pagi ini dibawakan oleh pak Dedi Dwitagama, beliau memulai dengan kata “Menjadi Guru Hebat itu Gampang”. Pak Dedi menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang guru hebat di abad 21 ini dibutuhkan tiga hal yaitu; Live together, Be productive, Publication. Beliau melanjutkan bahwa seorang guru hebat harus hidup bersama atau menyatu dengan  murid dan lingkungan sekitar sekolah, harus peka dengan hal-hal yang tampak di depan mata.

Yang kedua, untuk menjadi seorang guru hebat di butuhkan produktifitas atau prestasi, seorang guru harus menghasilkan prestasi atau hal-hal baru yang dapat mengispirasi anak didiknya. Contoh sebagian adalah menulis, seorang guru dapat menghasilkan prestasinya melalui tulisan, menulis buku, menulis blog, menulis dimedia dan sebagainya. Contoh lain adalah menciptakan prestasi sekolahnya yang luar dari biasanya, pak Dedi mengambil contoh dari sekolah yang berada dibawah kepemimpinan, sekolah tehknik menengah yang sering tawuran diubahnya menjadi sekolah yang penuh dedikasi, disiplin dan berprestasi.

Pak…

View original post 369 more words


Leave a comment

Mau mudik lebaran pake sepeda motor? Bersiap dirazia petugas trus disuruh pindah ke Bus

20130716-091404.jpg
Pemandanganseperti di atas sangat biasa saat musim mudik danarus balik lebaran … Para pemotor seolah tak peduli dengan tingginya korban kecelakaan lalulintas, tak sedikit yang mati di jalan …

Tahun ini ada rencana Dinas Perhubungan Pemda DKI Jakarta buat mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor, akan ada operasi penertiban di lokasi-lokasi tertentu.

Apakah jika dinilai berbahaya trus anak, istri diarahkan naik Bis …. apakah Bisnya disediakan? Bayar atau gratis? … Ada Bis dekat lokasi operasi penertiban? …. Gimana teknisnya belum jelas niih …. Semoga Pemda bisa segera mensosialisasikan rencana detail tentang hal ini, agar Lebaran tahun ini bisa dinikmati dengan baik, dan terjadi penurunan jumlah korban kecelakaan lalu lintas saat mudik dan balik … selamat bersiap-siap lebaran yaaa.


2 Comments

RESUME KULIAH PTK (By: Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama)

Peserta workshop PTK -SEKOLAH GURU INDONESIA , SGI angkatan 5

Siti Dwi Arini

Dalam suasana perkuliahan Sekolah Guru Indonesia (SGI) angkatan V, tepatnya Sabtu, 27 Juli 2013 di Lembaga Pengembangan Insani (LPI)- Dompet Dhuafa, hadir 2 pemateri/narasumber yang kami harapkan mampu menginspirasi. Dan suatu kebenaran, baru saja sesi I kita semua terpaku dengan pemaparan Pak Dedi Dwitagama. Pak Dedi menjelaskan kejadian nyata disertai bukti otentik berupa dokumentasi foto-foto.

Pak Dedi menampilkan slide I bertuliskan “Jadi Guru Hebat, Gampang!!”. Entah apa yang mendasari Pak Dedi menuliskan itu. Tetapi kita mendapatkan jawabannya diakhir penjelasan Pak Dedi. Mari kita telusuri.

Membahas pendidikan di Indonesia banyak hal yang bisa jadi sorotan. Salah satunya adalah kurikulum yang berlaku di Indonesia. Setidaknya hingga tahun 2013, kurikulum telah mengalami 11 kali perubahan.

Selama kurun waktu itu, tidak banyak profile guru hebat yang bisa kita dapati di negeri ini. Hanya segelintir saja dari kurang lebih 3 juta guru di seluruh pelosok negeri. Pak Dedi lagi-lagi membuka paradigma kita bahwa dahulu…

View original post 603 more words


4 Comments

Indikator hasil MOS yang baik

20130717-072559.jpg

Hallo pembaca, halo Bapak, Ibu Guru dan Kepala Sekolah, atau pelajar dan mahasiswa/i pembaca blog saya, Masa Orientasi Siswa (MOS) tuntas dilakukan, beberapa indikator bahwa MOS berhasil baik adalah:

1. Saat upacara atau kumpul di lapangan, proses baris berbaris berlangsung cepat, hasilnya rapih, suasana berlangsung tertib.

2. Penampilan pakaian siswa/i rapih sesuai tata tertib.

3. Terjalin keakraban antar senior dan siswa baru atau yunior di sekolah.

4. Terjadi penurunan atau pengurangan tawuran dan kekerasan antar siswa di sekolah dan dengan sekolah lain.

5. …………………………………..

Silahkan tambahkan sesuai pengalaman anda, terima kasih.


Leave a comment

Setelah Kuliah Sabtu-Minggu, SGI angkatan V

Ada banyak jejak wajah disini … sebuah kebersamaan yang bakal terus saya kenang, selamat menjadi guru-guru hebat

Fitri Tina

Sabtu – Minggu ini mahasiswa SGI angkatan V harus mengikuti perkuliahan PTK. Ada rasa ingin melanjutkan tidur saat pagi hari karena weekend biasanya sebagian ada pergi jalan-jalan atau bersantai. Tapi, saat mengetahui siapa yang menjadi dosen untuk 2 hari ini maka segala rasa malass tergantikan. Mereka adalah Pak Wijaya Kusumah (biasa dipanggil Om Jay) dan Pak Dedi Dwitagama, mereka lah sosok dibalik buku Penelitian Tindakan Kelas.

Dua hari yang sangat menyenangkan bersama dengan orang-orang yang sangat low profile. Di akhir sesi hari ini kami berfoto bersama dengan beliau-beliau.

Gambar

berfoto bersama mahasiswa putri SGI angkatan V

Gambar

Berfoto bersama mahasiswa putra SGI angkatan V

Sesi foto pun tetap berlanjut dengan berfoto individu tetapi harus antri karena semua mahasiswa ingin berfoto bersama. Setelah agak lama barulah aku mendapatkan giliran.

Gambar

Bersama Pak Dedi

Gambar

Bersama Om Jay

Perkuliahan PTK selama dua hari selesai sudah. Namun, sore aku dan teman-teman harus berlatih baris berbaris agar saat…

View original post 54 more words


2 Comments

sadaaar woooi para orang tua, pulang kampung dulu sannnah, asuh sendiri anak”mu

Ilustrasi: Flickr

Seorang anak dilahirkan dari orang tuanya,
setelah dikandung sembilan bulan lebih,
diasuh, disuapi, diberi obat jika sakit, selalu diperhatikan,
hingga mulai bersekolah, bisa bermain dengan teman-teman,
kuliah dan kemudian bekerja di kota besar

Setelah memiliki suami atau istri
mereka memiliki anak,
dengan berbagai alasan dan pertimbangan,
dititipkan anaknya untuk dirawat oleh kakek-neneknya
orang tua yang mulai renta itu kembali mengulang
siklus masa lalu merawat anak kecil lagi

sementara anak dan menantu sibuk penuhi target materi
bekerja di kota dan jarang menjenguk anak dan orang tuanya
transfer sejumlah nilai seolah bisa gantikan kehadirannya
Kakek dan nenek jadi berperan sebagai pengasuh balita hingga remaja

Anak rusak karena tak remui figur orang tua asli,
kakek – nenek renta lelah gontai setiap hari
Lebaran pun suami istri sibuk di kota
alasan macet dan halangan transportasi
membuat tak bisa datang ke desa

Kakek-nenek itu rayakan lebaran dalam hampa
tetap lelah mengurus cucu
sementara tubuh makin lunglai
yang dicinta dan dikasihi tak datang disaat fitri

sadaaar woooi para orang tua
pulang kampung dulu sannnah
ambil anak” yang kau lahirkan
asuh sendiri ajah


2 Comments

Saya ingin segera mencoba bandara baru Di Kualanamu, Deli Serdang … selamat buat angkasa pura.

Beberapa kali saya hampir ketinggalan pesawat di Bandara Polonia Medan, karena waktu yang saya siapkan ternyata tak cukup … Kemacetan jalan menuju bandara sangat luar biasa di sore hari … tampaknha letak bandara ada di dalam kota medan yang padat lalu lintasnya, jarak dekatpun bisa lama sampainya karena macet.

Saya ingin segera mencoba bandara baru Di Kualanamu, Deli Serdang … selamat buat angkasa pura.


3 Comments

Andai hujan setiap pulang sekolah, tawuran bakal ga ada, happy deh

20130722-101412.jpg

Hujan,
Dingin … basah,
Jadi enggan bepergian,
Karena bakal macet dimana-mana,
Itu kebiasan saat hujan di Jakarta

Acara yg sudah disusun jadi berantakan,
tapi saya suka,
Jakarta jadi tak panas,
Sejuk hingga ke hati

Senengnya lagi
Penggemar tawuran mungkin kedinginan
Jadi tak beraksi saling bunuh di jalan
Karena mereka cuma punya clurit dan gir
Tak punya jas hujan dan takut sakit flu
karena sadar daya tahan tubuhnya tak baik

Lebih senangnya lagi
Tumbuhan di taman depan rumah
Tak perlu disiram
Dan bakal tumbuh makin subur
Happy deh


Leave a comment

tak menyangka hidupnya berakhir hari itu, dia mati akibat tawuran, sadar wooooi

selesai sudah

selesai sudah

Pagi hari pelajar itu berangkat dari rumahnya di Depok
Menuju Sekolah di Cempaka Putih
Dia anak laki satu-satunya
dua anak orang tuanya perempuan
Belajar seperti biasa hingga sekolah usai
saat pulang sekolah dia bergelayut di Bis Kota yang sesak
di jalan ada sekelompok pelajar menunggu Bis yang dinaiki
Para pelajar itu menyerbu ke arah Bis
Sopir Bis tak berhenti terus melaju

Dia tetap bergelayut di pintu belakang
temannya kasih tahu ada darah di bajunya
Dibawa ke rumah sakit nyawanya tak tertolong
Pulang ke rumah sudah tak bernyawa
Keluarga menangis tak merubah keadaan
Lelaki satu-satunya berpulang sudah

Anak lelaki itu, keluarganya, mungkin semua temannya
tak menyangka hidupnya berakhir hari itu
dia mati akibat tawuran
sadar wooooi
Lo kan ga tau kapan bakal mati
Bisa aja waktu lo lari”an waktu tawuran
Trus terperosok ke got dan ketancep clurit
Atau saat abis makan ada yang negbunuh lo,
Bisa aja lo berhasil nusuk orang trus ketangkep dan dipenjara
Atau berbagai kemungkinan yang bikin lo mati
Atau hidup di balik jeruju besi
Sadar woooi
Sadaaaaar

Ksian bokap nyokap lo
Yang nglahirin dan ngegedein lo
Mereka berharap lo bakal gantiin mereka
Urus keluarga dan adik kakak lo
Karena mereka bakal tua dan mati
Kalo lo mati duluan
Jadi ga lucu deh 😀 😀


Leave a comment

MOS: DARI,OLEH, DAN UNTUK SISWA

Senior yang menjadi panitia harus mengikuti pelatihan … Itu kunci sukses utama! … Hebaat

PENJASTAR

1

 

Melatih kepemimpinan dan keterlibatan siswa-siswi dalam masa orientasi siswa (MOS) ternyata dapat dilakukan sejak dini. Pada masa sekolah menengah pertama, siswa-siswi sudah dapat diarahkan untuk menjadi panitia atau kegiatan pengenalan sekolah kepada siswa-siswi baru. Seperti mengenalkan budaya sekolah, mengenal guru-guru, touring area sekolah, baris-berbaris, hingga menjadi pemateri.

View original post 60 more words


Leave a comment

tegas terhadap para pembuat onar, penggemar senjata tajam sebagai pengganti buku, atau para pengganggu kenyamanan di jalan … maka peristiwa akan menurun dan tak ada korban nyawa lagi, happy deh

20130721-160402.jpg

Mahkamah Konstitusi pada th 2011 telah menetapkan bahwa anak berusia 12 tahun sudah dapat dipidanakan … kenapa anak-anak atau mahasiswa yang membajak bis akan tawuran atau membawa senjata tajam dan melakukan tawuran hingga membahayakan sarana umum dan keselamatan banyak orang dengan melempar batu dan benda-benda lainnya … setelah ditangkap lalu dibebaskan … kenapa?

20130721-162417.jpg

Mungkin jika aparat negeri ini tegas terhadap para pembuat onar, penggemar senjata tajam sebagai pengganti buku, atau para pengganggu kenyamanan di jalan … maka peristiwa akan menurun dan tak ada korban nyawa lagi, happy deh.


Leave a comment

yuu kita dorong pelajar kita untuk membuat skenario-skenario yang sesuai minat mereka dalam koridor kebaikan dan bisa dinikmati dalam jangka waktu puluhan tahun, gratis pula …. happy deh

Ini juga satu contoh produk hasil penyusunan skenario pelajar SMKN 50 Jakarta …. Mereka berniat, bersepakat, berkoordinasi, melaksanakan, promosi dan melakukan berbagai hal secara sendiri atau bersama-sama hingga menghasilkan sebuah tayangan video di Youtube.

Seperti halnya video tawuran sebagai hasil kerja sekelompok pelajar yang berujung kematian, kedua video di atas sesungguhnya cuma pengisi waktu remaja atau pelajar yang berbeda endingnya … yuu kita dorong pelajar kita untuk membuat skenario-skenario yang sesuai minat mereka dalam koridor kebaikan dan bisa dinikmati dalam jangka waktu puluhan tahun, gratis pula …. happy deh.


Leave a comment

Program & Materi Pembelajaran Bimbingan Konseling-BK SMKN 50 Jakarta

people_helping_people

Bimbingan dan Konseling berkenaan dengan prilaku, oleh sebab itu tujuan Bimbingan dan Konseling adalah dalam rangka :

1. Membantu mengembangkan kualitas kepribadian individu yang dibimbing atau yang dikonseling.
2. Membantu mengembangkan kualitas kesehatan mentan klien.
3. Membantu mengembangkan prilaku-prilaku yang lebih efektif pada diri individu dan lingkungannya.
4. Membantu klien menanggulangi problema hidup dan kehidupannya secara mandiri.

Menurut Yusuf & Nurihsan (2008) tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek akademik (belajar) adalah sebagai berikut.

1) Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, seperti kebiasaan membaca buku, disiplin dalam belajar, mempunyai perhatian terhadap semua pelajaran, dan aktif mengikuti semua kegiatan belajar yang diprogramkan.

2) Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat.

3) Memliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif, seperti keterampilan membaca buku, menggunakan kamus, mencatat pelajaran, dan memepersiapkan diri menghadapi ujian.

4) Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan, seperti membuat jadwal belajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan diri dalam memperdalam pelajaran tertentu, dan berusaha memperoleh informasi tentang berbagai hal dalam rangka mengembangkan wawasan yang lebih luas.

5) Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian.

Apa aja yang bakal kita bahas di Pelajaran BK bisa di download analisis program ded, terima kasih


2 Comments

lokasi dramanya bisa berpindah tak di jalan … bisa di taman, ring tinju, arena lomba, …. atau dimanapun lokasinya sesuai kebutuhan, ga pake mati … happy deh

20130720-100207.jpg
Melihat video ini, Saya membayangkan tawuran itu seperti sebuah Drama yang lokasi pementasannya di jalan raya.

Ada yang mengatur skenario kapan akan tawuran, dimana tempatnya, siapa yang membawa senjata seperti pedang, roda gir yang diikat sabuk, batu dan sebagainya, kemana larinya jika ada polisi …. tapi saya ragu, apakah juga diatur skenario siapa yang akan mati pada tawuran itu dan bagaimana matinya … atau jangan-jangan pembuat skenario itu memang merancang kematian buat semua peserta tawuran karena berbagai alasan, soal siapa yang terkena giliran mati duluan, itu tergantung perkembangan di lokasi.

Mungkin para pelajar itu tahu bahwa Guru-guru dan Kepala Sekolah tak berani memberi sangsi apalagi mengeluarkan mengeluarkanmereka dari sekolah, karena setiap anak punya hak bersekolah, aktifis hak azasi manusia selalu siap membela anak yang dikeluarkan dari sekolah karena Dinas Pendidikan jengah atau enggan menghadapi LSM yang mengatasnamakan hak azasi manusia lalu cenderung menekan sekolah untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Pelajar juga tahu, jika ketangkap Polisi dengan barang bukti macam-macam … akhirnya dibebaskan dari hukuman walau telah meresahkan masyarakat, mengganggu ketertiban umum, mengancam nyawa orang, membawa senjata tajam yang semua ada pasal jerat hukumnya bertahun-tahun di penjara … mungkin karena penjara terlalu penuh?

Coba perhatikan video di bawah ini.

Ada seseorang yang mengatur skenario, kapan shooting dilakukan, dimana lokasinya, siapa yang harus membawa kamera, siapa jadi host atau pewawancara, siapa yang menyusun pertanyaan, siapa yang menghubungi guru, yang mengamankan lingkungan dari gangguan, siapa yang mengupload video ke youtube dan sebagainya. Sebuah drama yang mengambil setting dan lokasi di sekolah.

Hasilnya, film dokumenter yang sangat bermanfaat mempromosikan sekolah ke dunia, kenangan semumur hidup untuk para pelaku yang terlibat dan yang paling dahsyat adalah, tak membuat masyarakat terganggu ketenteramannya hingga tak membuat ada yang mati sia-sia.

Andai sekolah, Dinas Pendidikan, Menteri, Polisi atau semua fihak mendorong pembiasaan seluruh warga sekolah untuk menyusun skenario-skenario pembelajaran atau drama-drama yang bermanfaat untuk pendidikan dalam siapkan masa depan anak negeri, mungkin lokasi dramanya bisa berpindah tak di jalan … bisa di taman, ring tinju, arena lomba, …. atau dimanapun lokasinya sesuai kebutuhan, ga pake mati … happy deh


1 Comment

Saya berharap tak bertambah lagi korban yang mati akibat tawuran, TEGAS DONG WOOOI!!!!

20130719-133623.jpg
Anggota keluarga yang nangis meraung-raung
meratapi jenazah yang mati akibat tawuran pelajar di bulan puasa,
apakah anak SMK yang mati itu masih bisa lihat atau mendengar
tangisan di ruang dimana dia dibaringkan?

Pendidikan selama lebih sembilan tahun
tak bisa mendidik anak laki itu
Nalarnya tak jalan
Otaknya seperti tak berfungsi
teman berbeda sekolah
Beda nomor bis
Beda tempat tinggal
Padahal masih senegara,
Masih sama nama kotanya,
Masih tak beda agamanya
Koq bisa saling bunuh

Kemana para guru?
Kemana satpol PP?
Kemana Polisi?
Koq wartawan duluan berada di lokasi?

Kenapa ga bisa dicegah?
Kenapa ga bsa ditangkep?
Padahal yang berantem kabarnya puluhan hingga ratusan
Kenapa ga di bubarin aja sekolah yang tawuran
Kenapa Kepala Dinas Pendidikan diam saja?
Kenapa Gubernur seolah tak tahu?
Kenapa Menteri Pendidikan tak ke lokasi?
Padahal tak jauh letaknya dari Ibukota
Mungkin ini salah satu sebabnya

20130719-135247.jpg

Mungkin mereka ga kapok
Karena setelah ketangkep lalu dibebaskan
Padahal terbukti bawa senjata
Mengganggu ketertiban umum
Meresahkan warga sekitar

Saya berharap tak bertambah lagi korban yang mati akibat tawuran.


Leave a comment

Semoga sukses anak-anak negeri, bergembiralah dalam serius belajar & bekerja …. Happy deh

20130713-102217.jpg
Melihat anak-anak yang serius belajar, betah di sekolah, gembira menerima tugas dsri guru-gurunya dan berusahamengerjakan dengan baik, semoga kamu smua sukses di masa depan, jadi orang-orang yang sejahtera … Love u deh.

20130713-102500.jpg


4 Comments

Satu Posting Sembilan Foto; Public Speaking di LDK OSIS SMAN 103 Jakarta

@alammsyah photografernya

@alammsyah photografernya

Sejak mulai menulis di Blog tahun 2005, saya merasa baru kali ini posting satu artikel dengan sembilan foto, sessi training saya di SMAN 103 Jakarta Timur sangat menyenangkan. Achmad @alammsyah sangat bagus mendokumentasikan, sehingga saya sulit memilih foto untuk dimuat … sesungguhnya lebih dari sembilan foto bagus yang layak dimuat di blog saya, foto di atas adalah salah satu foto yang bagus … semoga bermanfaat yaaa, sukses guys, love u all.

Nikmati postingnya disini, atau ribuan foto-foto training saya disana.


Leave a comment

sedih karena berita buruk tentang sekolah? gimana mencegah & atasinya? gampang aja ko

Anda sedih karena akhir-akhir ini sekolah anda diberitakan di mass media karena hal-hal jelek di sekolah anda? kenapa itu terjadi dan bagaimana mengatasinya?

Rasa sedih anda terjadi karena selama ini sekolah anda tak pernah atau jadi objek berita, jadi ketika menjadi objek berita perasaan anda jadi sangat senang jika berita bagus dan sangat sedih jika beritanya jelek.

Situasinya mirip dengan orang yang biasa makan cabe, seseorang yang biasa makan cabe tak terlalu kaget manakala cabe yang dimakannya pedas atau tidak.

Sekolah yang biasa menjadi objek berita tak akan terlalu gembira atau sedih dengan apapun isi berita tentang sekolahnya. Untuk membiasakan jadi objek berita bisa dibentuk dengan pembiasaan memberitakan berbagai kegiatan di sekolah melalui website, blog secara rutin seninggu sekali tanpa memerlukan biaya alias gratis, atau jika mau yang berbayar juga bisa.

Berita-berita pilihan dari web atau blog dapat dicetak menjadi newsletter, koran, tabloid, majalah atau apapun yang anda mau sehingga warga sekolah terbiasa melihat dirinya atau sekolahnya menjadi objek berita.

Ketika ada media di luar sekolah yang memberitakan kejadian di sekolah, maka perasaan warga sekolah akan menjadi biasa-biasa saja, buktikan deh.


4 Comments

Dr. Gultom Hernalom di SMKN 50 Jakarta, berbagi tips Kesehatan Reproduksi

20130717-161533.jpg
Kemarin siang,
ada pembicara tamu datang kasih pencerahan buat siswa baru,
di lobby saya menyapa, “Selamat pagi Dok.”
dr. Gultom nama panggilannya
beliau dari BKKBN DKI Jakarta

Saya duduk di belakang aula
Ikut menyimak materi kesehatan reproduksi
Mungkin karena duduk di belakang saya ngantuk
pindah ke pintu depan gabung ama panitia duduk menyimak di lantai
Saya jadi idup lagi

siswa baru serius ikuti sessi dokter Batak yang lembut
beberapa darii mereka bertanya
dokter Gultom serius menjawab dengan detail & sabar
selesai sessi beliau keluar aula
Saya menyalami sambil bilang terima kasih

Ibu SN yang mendampingi beliau mengenalkan saya,
saya cuma senyum sambil memberi salam takzim
dengan pertemukan dua telapak tangan & sedikit membungkuk
tiba-tiba dokter Gultom berjalan kembali menemui saya

“Ini Bapak Dedi Dwitagama?, kita pernah kerja bareng di walikota …”
Beliau masih ingat bahwa saya pernah bertugas di Jakarta Utara
Wah senangnya …. makasih dok, semoga dokter dalam sehat selalu
bisa terus berbagi buat sehatkan anak negeri,
Mauliate and GBU Dok.


Leave a comment

video MOS – MOPDB yang extraordinary di SMKN 36 Jakarta dua tahun lalu

Mendokumentasikan kegiatan sekolah itu jadi sangat menyenangkan ketika waktu berlalu … Saya sedang menikmati hasil karya produktif anak” SMKN 36 Jakarta yang mendokumentasikan MOS atau MOPDB sekian tahun lalu … Sekarang yang membuat video itu Asri Pratiwi Ullandari dan teman-temannya sudah lulus … Kenangannya tak terhapus, bisa dinikmati di youtube … Bikin video yuuuu


Leave a comment

Maliq D’essentials, SETAPAK SRIWEDARI, nyanyi yuuu …. happy deh

Saya sedang menyukai lagu Maliq D’essentials, SETAPAK BIDADARI, nyanyi yuuu

Lihat langit di atas selepas hujan reda
Dan kau lihat pelangi
Seperti kau di sini hadirkan sriwedari
Dalam suka duniawi

Dan kita berpijak lalu
Kau merasakan yang sama sepertiku

Suara hati kita bergema melantunkan nada-nada
Melagu tanpa berkata seperti syair tak beraksara

Lihat fajar merona memandangi kita
Seakan tahu cerita
Tentang semua rasa yang ingin kita bawa
Tanpa ada rahasia

Dan kita melangkah untuk
Lebih jauh lagi, lebih jauh lagi

Suara hati kita bergema melantunkan nada-nada
Melagu tanpa berkata seperti syair tak beraksara

Setapak di taman sriwedari
Setapak sriwedari denganmu

Dan kita berpijak lalu
Dan kita melangkah untuk
Lebih jauh lagi, lebih jauh lagi

Suara hati kita bergema melantunkan nada-nada
Melagu tanpa berkata
Irama hati kita bernada, merayu tanpa bicara
Melagu tanpa berkata seperti syair tak beraksara
Seperti puisi tanpa rima, seperti itu aku padamu

(setapak di taman sriwedari) seperti itu aku padamu
(setapak sriwedari denganmu) seperti itu aku padamu


Leave a comment

Menyimak Agus Harimurti Yudhoyono, kereeeen man

COOL

COOL

Tentara muda yang cool, terlihat banyak baca dan berfikir, saya menikmati presentasi beliau di Indonesia Youth Conference, tgl 6 Juli 2013 di Wisma Nusantara, Selamat berjuang Tentara Muda … andai banyak anak muda Indonesia sepertimu … happy deh.


Leave a comment

PUBLIC SPEAKING di SMAN 103 Jakarta: diantara anak-anak muda yang senang berorganisasi buat saya seperti mendapatkan tenaga baru … juga seperti kembali ke masa lalu, puluhan tahun yang lalu

SETELAH SESSI PUBLIC SPEAKING

SETELAH SESSI PUBLIC SPEAKING

Berada diantara anak-anak muda yang senang berorganisasi buat saya seperti mendapatkan tenaga baru … juga seperti kembali ke masa lalu, puluhan tahun yang lalu … foto di atas adalah ending sessi PUBLIC SPEAKING pada LDK OSIS SMAN 103 Jakarta, mau lihat training-training saya yang lain silahkan kesini.


2 Comments

makin banyak penduduk yang merasa tak perlu sekolah datang ke ibukota mengais rejeki dan dilayani pulang kampung gratisan, happy deh

20130701-153552.jpg
Penduduk Negeri Paman Besut berbondong-bondong ke ibu kota negeri, ketika di ibukota bekerja apa saja, tinggal di pinggir jalan berbekal gerobak yang digunakan untuk mengais barang bekas & istirahat, … Malam hari mereka mengambil posisi di di lokasi yang mudah terlihat pengendara kendaraan bermotor, selalu saja ada yang memberi uang atau sesuatu berupa makanan dan lainnya.

Saat bulan Ramadhan makin banyak yang memberi sesuatu, saat sahur dan buka banyak watga yang datang memberi sesuatu … Tak perlu bekerja … semuanya datang sendiri, hanya perlu daya tahan terhadap angin, hujan dan debu Ibukota.

Saat Lebaran tiba, banyak sekali yang memberi kesempatan mudik gratis dengan Bis yang dingin dan pengawalaan polisi serta diupacatakan dihadiri pejabat atau petinggi negeri … betapa bahagia penduduk negeri paman besut itu, tak perlu keterampilan apa-apa, bekerja apa saja, menunggu di inggir jalan, kembali ke kampung halaman berlebaran tanpa biaya, uang hasil kerja di ibukota bisa untuk keperluan apasaja di kampung halaman.

Lalu mereka berfikir, buat apa sekolah, buat apa punya keterampilan ini itu … lha cuma mengadahkan tangan saja banyak yang bisa di dapat … dan makin banyak penduduk yang merasa tak perlu sekolah datang ke ibukota mengais rejeki dan dilayani pulang kampung gratisan, happy deh


5 Comments

Kemampuan bertanya dan menyampaikan pendapat orang Indonesia rendah, kenapa?

Audience training saya beragam, mulai anak Sekolah Dasar hingga manula …. saat saya menyampaikan materi yang audiencenya remaja hampir selalu ada yang nyeletuk, merespon untuk menjadi lucu agar ditertawakan peserta yang lain … biasanya saya mengimbangi remaja yang seperti itu dengan menghentikan sebentar laju materi saya dan merespon celetukan lucu-lucuan itu asal yak terlalu sering … jika mulai berlebihan saya tak pedulikan dan terus melanjutkan materi saya.

Saat tiba sessi dialog atau tanya jawab, remaja yang suka nyeletuk itu biasanya malah diam …. yang bertanya atau mengajukan pendapat biasanya mereka yang saat saya menerangkan diam, serius menyimak materi saya, kenapa?

Tentang kemampuan bertanya atau menyampaikan pendapat saya merasa orang Indonesia sangat lemah atau cenderung tak percaya diri, bukan hanya remaja, peserta yang dewasa pun biasanya enggan atau jarang sekali yang bertanya, sharing, atau menyampaikan pendapat, kenapa? Padahal hasil ujian nasional pelajaran Bahasa Indonesia anak-anak Indonesia selalu bagus, kenapa?


Leave a comment

Alumni sama veter kapal blok-m bisa sampe puncak Mt.ciremai loh. Udah gak anarkis lagi sekarang pak

20130628-142930.jpg

20130628-142937.jpg
Alhamdulillah, bahagia tak terkira … Dapet mention dari murid SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang kabarkan prestasi taklukan puncak gunung.

@fachreza1545 :
@dwitagama asalamualaikum pak. Liat ava saya dong. Alumni sama veter kapal blok-m bisa sampe puncak Mt.ciremai loh. Udah gak anarkis lagi sekarang pak. Sekian

Mantaaap reza … Itu jauh lebih dahsyat dibanding tawuran …. Smg sukses hidupmu, kerja setelah lulus skolah, trus taklukan makin banyak puncak gunung deh …


2 Comments

Mendorong anak-anak muda berani bicara, pada ga percaya diri sih

20130621-183554.jpg

20130621-183607.jpg

20130621-183643.jpg

20130621-183805.jpg
Saya amati, anak-anak muda negeri ini sangat kurang percaya diri, bahkan untuk sekedar bertanya, apalagi menyampaikan pendapat atau berargumentasi … Oleh sebab itu sya berusaha mendorong anak-anak muda negeri untuk berani berbicara… nikmati dokumentasi lainnya disini.


Leave a comment

berapa menteri berganti urus pendidikan, berapa dirjen, berapa direktur, berapa kepala dinas, … ratusan atau ribuan kaleee, ampe kapan coba?

20130626-082041.jpg

20130626-082048.jpg
Kompas 260613

perjalanan negeri ini sudah lebih setengah abad, kenapa koq masih aja berantakan? berapa menteri berganti urus pendidikan, berapa dirjen, berapa direktur, berapa kepala dinas, … ratusan atau ribuan kaleee, ampe kapan coba?

Negara lain yang merdekanya belakangan dari kita sudah jauh lebih maju, ayo dooong