Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

sedih karena berita buruk tentang sekolah? gimana mencegah & atasinya? gampang aja ko

Leave a comment

Anda sedih karena akhir-akhir ini sekolah anda diberitakan di mass media karena hal-hal jelek di sekolah anda? kenapa itu terjadi dan bagaimana mengatasinya?

Rasa sedih anda terjadi karena selama ini sekolah anda tak pernah atau jadi objek berita, jadi ketika menjadi objek berita perasaan anda jadi sangat senang jika berita bagus dan sangat sedih jika beritanya jelek.

Situasinya mirip dengan orang yang biasa makan cabe, seseorang yang biasa makan cabe tak terlalu kaget manakala cabe yang dimakannya pedas atau tidak.

Sekolah yang biasa menjadi objek berita tak akan terlalu gembira atau sedih dengan apapun isi berita tentang sekolahnya. Untuk membiasakan jadi objek berita bisa dibentuk dengan pembiasaan memberitakan berbagai kegiatan di sekolah melalui website, blog secara rutin seninggu sekali tanpa memerlukan biaya alias gratis, atau jika mau yang berbayar juga bisa.

Berita-berita pilihan dari web atau blog dapat dicetak menjadi newsletter, koran, tabloid, majalah atau apapun yang anda mau sehingga warga sekolah terbiasa melihat dirinya atau sekolahnya menjadi objek berita.

Ketika ada media di luar sekolah yang memberitakan kejadian di sekolah, maka perasaan warga sekolah akan menjadi biasa-biasa saja, buktikan deh.

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s