Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Semua harus tegas melarang dan menerapkan peraturan hukum terhadap pelanggaran mengemudikan kendaraan buat mereka yang belum memiliki SIM, … jangan ada yang mati akibat kecelakaan lagi deh

Leave a comment

20130911-151912.jpg

Saya menulis kekhawatiran saya tentang perilaku anak-anak berkendara di jalan sejak tahun 2008 di blog ini. Saya menduga akan terjadi banyak korban kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan penggunaan kendaraan bermotor oleh anak-anak.

Penyebab utamanya adalah orang tua yang salah mendidik, seolah bangga anak kecilnya sudah bisa kemudikan motor dan sering dimanfaatkan untuk mengantar anggota keluarga bepergian sehingga muncul persepsi bahwa anak kecil naik motor bukanpelanggaran hukum.

Polisi sering bersikap lunak membiarkan anak berseragam sekolah berkendara dan tak melakukan sangsi pelanggaran, andai sedang dilakukan razia: penyelesaian damai sangat mudah dilakukan, bahkan berkendara motor bertiga melewati jalan protokol diniatkan polisi yang sedang bertugas disana, sehingga muncul persepsi bahwa anak kecil naik motor bukan pelanggaran hukum.

Sekolah atau Dinas Pendidikan sering tak peduli melihat murid-muridnya mengendarai sepeda motor atau mobil ke sekolah tanda didata kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM), dengan alasan sulitnya akses kendaraan umum, sehingga muncul persepsi bahwa anak kecil naik motor atau mobil bukan pelanggaran hukum.

Pemerintah Daerah atau Pemda tidak menyediakan fasilitas angkutan umum yang nyaman dan memadai dan membuat masyarakat mengatasi persoalan dengan membiarkan anak membawa lendaraan bermotor ke sekolah, sehingga muncul persepsi bahwa anak kecil naik motor atau mobil bukan pelanggaran hukum.

Orang tua, Sekolah, Polisi, Dinas Pendidikan, Pemda harus tegas melarang dan menerapkan peraturan hukum terhadap pelanggaran mengemudikan kendaraan buat mereka yang belum memiliki SIM, … jangan ada yang mati akibat kecelakaan lagi deh.

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s