Blog Pendidik


6 Comments

Video mesum, ekskul dicurigai, … , tawuran bertambah, ada yang mati lagi?

TAK BOLEH LAGI?

TAK BOLEH LAGI?

Kejadian anak SMP membuat video mesum di ruang kelas disikapi beragam, diantaranya dengan melarang sekolah berada di sekolah setelah jam pelajaran usai. Pernahkan Anda amati lingkungan tempat tinggal anak-anak Jakarta? Mereka hampir tak memiliki ruang terbuka buat bermain, rumahnya kecil, di dalam gang, ruangan sangat terbatas, sering tidur berhimpit jika malam … sulit sekali mencari tempat bermain … tak ada lapangan di sekitar rumah, hampir semua berubah jadi bangunan tepat tinggal atau ruang usaha.

Saya khawatir, larangan berada di sekolah setelah jam pelajaran usai membuat murid enggan melakukan kegiatan ekskul karena rasa dicurigai oleh para guru … ini berbahaya: mereka akan bertebaran di jalan dan tempat-tempat umum lainnya … tawuran bakal makin banyak, karena mereka bertemu di jalan .. semoga kekhawatiran saya tak terjadi, bagaimana menurut Anda?

Advertisements


Leave a comment

Percakapan Guru menyikapi video mesum SMP E Jakarta, komment Anda: _______________

Heboh pembuatan video mesum di kelas setelah jam pelajaran selesai, berawal dari laporan polisi dari orang tua salah satu pelaku, dilanjutkan dengan peredaran video lewat jejaring sosial media jadi topik perbincangan beberapa guru di ruang kerja saat jam istirahat:

Guru 1: Kita bikin peraturan murid dilarang membawa handphone ke sekolah,
Guru 2: Kita minta semua murid segera meninggalkan sekolah setelah bel pulang,
Guru 3: Kita tugaskan satpam mengunci semua ruang kelas setelah bel pulang,
Guru 4: Kita revisi tata tertib sekolah, masukan pasal pembuatan video mesum dan sangsinya,
Guru 5: Kita undang sexolog buat kasih penyuluhan tentang sex buat siswa baru,
Guru 6: Kita cuekin aja, nanti juga hilang lagi isunya, ganti isu baru,
Guru 7: Kita ucapkan selamat menikmati hasil perbuatan yang tak seharusnya kepada anak-anak itu agar jadi pelajaran,
Guru 8: Kita tugaskan murid membuat video beberapa kali dalam satu semester agar memori handphone nya terisi penuh dengan video-video yang baik,
Guru 9: Kita undang orang tua murid untuk diberi penyuluhan pemanfaatan teknologi & biasakan periksa isi memori handphone anak-anaknya,
Guru 10: Kita bikin perlombaan produksi video di sekolah trus upload di youtube satu semester 3 kali dg hadiah yg dahsyat,
Guru 11: Kita bikin tugas Guru Piket setelah pulang sekolah, hingga semua anak meninggalkan sekolah,
Guru 12: Au ah glaaap
Guru 13: Ada yang punya videonya ngga? Saya mau lihat dooong!!!
Anda: ………………


3 Comments

Kesadaran berkendara, bisakah diperbaik? Supaya ga ada lagi anak kecil mematikan banyak orang


Berbagai alasan yang seolah membiarkan pelanggran hukum:
– Angkutan umum sulit
– Angkutan umum sering ngetem/berhenti
– Jarak tempuh terlalu dekat atau terlalu jauh
– Jam sekolah terlalu pagi
– Orang tua tak bisa mengantar anaknya
– Lebih boros biaya dengan angkutan umum
– …

Berharap tak ada lagi kecelakaan lalu lintas karena kelakuan anak-anak yang tak seharusnya berada di jalan …


Leave a comment

banyak pelajar yang hamil di sekolah, dan guru seperti dapat tugas tambahan sebagai bidan atau perawat wanita hamil …. tahun berapakah terjadinya di Imdonesaa?

Ini berita di detikcom 3 Sept 2013:

Tiap tahun sekitar 180 ribu siswa di Afsel hamil saat belajar di sekolah

Persoalan kehamilan remaja pada siswi sekolah masih menjadi masalah besar di Afrika Selatan meski menurut keputusan Mahkamah Konstitusi baru-baru ini sekolah tak boleh mengeluarkan murid karena tengah mengandung.

Gejala pelajar hamil yang menuntut bisa ikut ujian sudah banyak muncul di Imdonesaa, lemahnya bargaining sekolah membuat para kepala sekolah enggan menghadapi masalh hukum, karena biasanya melelahkan, menyakitkan, memalukan, mengesalkan , atau berbagai hal yang tak mengenakan deh,

Sementara itu, bebasnya pergaulan dan lemahnya pengawasan orang atau ketidakmampuan orang tua mendidik anak membuat makin sering terjadi kehamilan di kalangan pelajar.

Saya sedang berfikir, akankah negeri yg katanya beragama ini bakal banyak pelajar yang hamil di sekolah, dan guru seperti dapat tugas tambahan sebagai bidan atau perawat wanita hamil …. tahun berapakah terjadinya di Imdonesaa?


8 Comments

Percakapan Guru sikapi TAWURAN

20131018-142212.jpg

Merespon tawuran hungga menelan korban, dimana salah satu pelakunya pelajar kelas tiga sebuah sekolah menengah:

Guru 1: murid itu sudah dua kali ketangkep polisi karena tawuran, membajak bis … seharusnya murid itu sudah dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada motivasi belajar… dia merasa jumawa karena sekolah tak berani mengeluarkan diriya, sehingga kenakalannya semakin gila.

Jika di keluarkan, mungkin dia sudah bekerja mencari uang untuk menghidupi diri sendiri dan makin banyak pengalaman di masyarakat, dalam kondisi tak berseragam niat untuk tawuran dan anarki jadi tak ada karena resikonya akan ditanggung sendiri.

Guru 2: guru tak boleh mengeluarkan anak murid, sekolah harus berusaha membentuk perilaku yang baik … Berbagai upaya harus dilakukan untuk merubah anak yang nakal menjadi baik.

Guru 3: bagaimana jika dikeluarkan, murid itu pindah sekolah, dan bersama teman-teman di sekolah barunya mengancam murid-murid sekolah terdahulu, sehingga tawuran terus terjadi.

Guru 4: saya sih tak peduli apa yg mereka lakukan di luar, yang penting saat saya mengajardi kelasnya mereka baik-baik aja

Guru 5: kenapa kalian sibuk-sibuk urusin anak murid, sementara ayah ibu yang melahirkannya tak peduli dengan kelakuan anaknya, sebagai guru yang penting kita masuk kelas saat jam mengajar, keluar setelah selesai, kelakuan atau moral anak itu urusan orang tuanya.

Guru 6: waduuuh … Saya harus bersikap bagaimana?

Sementara di ruang kelas, di tempat nongkrong anak-anak sekolah, mereka terus merancang strategi menghajar pelajar sekolah lain, persiapkan senjata tajam, atur strategi kelompok, jadwal tanggal yang bisajadi momentum berita di media … dan para orang tua makin takut, was-was setiap melepas anaknya ke sekolah, apakah bakal mati jadi korban tawuran hari ini?

Jika anda sebagai guru? Bagaimana sikap anda?


Leave a comment

600 video Dedi Dwitagama di Yusup, liat yuuu

-


Silahkan ke http://youtube.com trus search “dwitagama” … ada 600 video saya titipkan disana, isinya tentang berbagai dokumentasi kegiatan saya, kegiatan sekolah dan video apa saja yang bisa dikenang hingga akhir hayat …. adakah wajahmu disana? happy deh


2 Comments

ORANG TUA & GURU BIMBINGAN KONSELING

Ada seorang bapak yang dipanggil oleh guru BK di sekolah anaknya mengeluh, kenapa baru sekali anak saya melakukan pelanggaran tata tertib koq orang tuanya langsung dipanggil … seharusnya kalau baru satu kali diingatkan aja anaknya, dua kali diingatkan lagi, kalo sudah tiga kali baru orang tuanya dipanggil.

Bapakke sibuk ya? sampai tak berkenan diundang ke sekolah … kalo sudah tiga kali melakukan pelanggaran tata tertib sekolah baru dipanggil … telaaat pak, keburu parah dan berkarat (kalo anak bapak diumpamakan besi) jadi susah ngatasinya pak ..

Ada juga sih, orang tua yang senang sekali dan berterima kasih dipanggil ke sekolah saat anaknya melakukan pelanggaran tata tertib sekolah … beliau akan menindaklanjuti info dari guru dan berharap anaknya makin baik ke depan.

Bagaimana dengan anda?


2 Comments

Jorge Lorenzo terdepan di MotoGP Asutralia; Indonesia menang dari Malaysia

LIAT DI DADANYA

LIAT DI DADANYA


AWALNYA MALAYSIA

AWALNYA MALAYSIA


Saat menyimak siaran langsung MotoGP Australia saya tertegun lihat tulisan di dada Lorenza, Bahasa Indonesia booo … sementara beberapa waktu lalu tertulis perusahaan Malaysia.

Foto di atas adalah sesaat setelah Lorenzo terdepan di MotoGP Austrlia hari Minggu kemarin … berarti tahun ini Indonesia menang dari Malaysia … tulisan Bahasa Indonesia bertengger di dada sang juara … trus kalo gitu, berapa yang dibayar oleh Indonesia meletakkan Bahasanya di dada seorang juara dunia … siapa yang membayar biaya itu? apakah ada perusahaan yang membayar sehingga beberapa kata Bahasa Indonesia dipublish ke seluruh dunia … bangga deh, selamat ya Om Lorenzo, kapan ke Indonesia lagi?


4 Comments

NYANYI LAGU GEISHA; LUMPUHKANLAH INGATANKU yuuuuuuk

Jangan sembunyi
Ku mohon padamu jangan sembunyi
Sembunyi dari apa yang terjadi
Tak seharusnya hatimu kau kunci

Bertanya, cobalah bertanya pada semua
Di sini ku coba untuk bertahan
Ungkapkan semua yang ku rasakan

Kau acuhkan aku, kau diamkan aku
Kau tinggalkan aku

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Ku ingin ku lupakannya

Jangan sembunyi
Ku mohon padamu jangan sembunyi
Sembunyi dari apa yang terjadi
Tak seharusnya hatimu kau kunci

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Ku ingin ku lupakannya

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Ku ingin ku lupakannya

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Ku ingin ku lupakannya

Kau acuhkan aku, kau diamkan aku
Kau tinggalkan aku


Leave a comment

MASIH SUKA CETAK FOTO?; BAGAIMANA MENGELOLA KENANGAN DI ERA DIGITAL?

WISUDA SMKN 3 JAKARTA

WISUDA SMKN 3 JAKARTA


MOPDB DI SMKN 36 JAKARTA


DAHSYAT RCTI LIVE DI SMKN 29 JAKARTA


MENIKMATI UPACA KEMERDEKAAN DI SMKN 50 JAKARTA

Silahkan ke toko kamera, hampir semua kamera menggunakan konsep digital saat ini, hampir tak ada yang menjual kamera yang menggunakan negatif film … di sekitar kita pun saat ini kita sulit mencari tempat pencetakan foto.

Di rumah, di kantor, di sekolah masih punya album foto? dimana foto yang dicetak disusun dalam album dan disimpan di rak, laci, bawah meja seperti buku … kalau masih demikian, berarti era digital belum masuk ke rumah anda walau anda sudah punya kamera digital, SLR, smartphone …

Era digital bisa bikin rumah, kantor atau sekolah lebih bersih dan bisa dinikmati … mengurangi debu … bahkan dokumentasi kita bisa dinikmati orang sedunia … foto-foto kita bisa di unggah ke dunia maya, dikemas dalam bentuk video, foto-foto kita bisa diunggah ke youtube dan bisa nikmati orang sedunia.

Foto pertama di atas adalah kenangan wisuda alumni SMKN 3 Jakarta yang diunggah ke blog saya dan bisa di jumpai di google, video pertama di atas adalah karya foto murid-murid SMKN 36 Jakarta yang dikemas dalam bentuk video oleh murid SMKN 36 Jakarta, video kedua adalah dokumentasi saya di SMKN 29 Jakarta, yang terakhir adalah dokumentasi saya di SMKN 50 Jakarta, bagaimana anda mengelola dokumentasi di era digital saat ini?


Leave a comment

botsi, botak itu seksi, ganteng pulaaa

20130827-213613.jpg
Melihat anak remaja atau pemuda yang berambut sedikit itu menyegarkan, dia terlihat segar, seksi, ganteng … orang tuanya pasti senang melihat anaknya yang tampil keren … Dunia kerja dan industri pasti memilih orang rapih sampai ke kepala … Kereen broo


1 Comment

WORKSHOP SEKOLAH UNGGUL & MODERN, IGI BEKASI, ikut yuuu

worshop-igi

IGI BEKASI BEKERJASAMA DENGAN GURU BLOGGER INDONESIA MENGADAKAN KEGIATAN WORKSHOP “MANAJEMEN SEKOLAH UNGGUL DAN MODERN” PADA:

HARI/TANGGAL: MINGGU, 27 OKTOBER 2013

WAKTU: PUKUL 08.00 – 18.00 WIB

Pembicara: Dr. Sony Teguh Trilaksono (Kabid Pendidikan KOI), Drs. Dedi Dwitagama, M.Si (Pemenang Guraru Award 2012), Agus Sampurno (Pemenang Guraru Award 2011)

TEMPAT : KEDIAMAN PAK SONY TEGUH TRILAKSONO, JL. RAYA KODAU V NO. 4 Jatimakmur, Pondok Gede, KOTA BEKASI

BIAYA : Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah) untuk konsumsi, spanduk, kesekretariatan, dan sertifikat (Dibayar sebelum hari H)

Peserta: Terbatas hanya untuk 50 orang guru dan pemerhati pendidikan

PENDAFTARAN:

Omjay hp. 08159155515, atau Dahli Ahmad hp. 08128884773

Transfer ke Rek IGI Bekasi
NO: 0026825938100
A/n : IGI BEKASI
Bank : BJB KCP Babelan


Leave a comment

HELLO; mungkin lagu ini tertanam dalam waktu saya remaja, atau irama lagunya sesuai dengan hati saya … atau isinya …? ga penting deh, nyanyi aja yuuu

Banyak lagi Lionel Richie yang sering saya nyanyikan, lagu ini yang selalu memanggil buat saya nyanyikan … mungkin lagu ini tertanam dalam waktu saya remaja, atau irama lagunya sesuai dengan hati saya … atau isinya …? ga penting deh, nyanyi aja yuuu …

I’ve been alone with you inside my mind
And in my dreams I’ve kissed your lips a thousand times
I sometimes see you pass outside my door
Hello, is it me you’re looking for?

I can see it in your eyes
I can see it in your smile
You’re all I’ve ever wanted, and my arms are open wide
‘Cause you know just what to say
And you know just what to do
And I want to tell you so much, I love you

I long to see the sunlight in your hair
And tell you time and time again how much I care
Sometimes I feel my heart will overflow
Hello, I’ve just got to let you know

‘Cause I wonder where you are
And I wonder what you do
Are you somewhere feeling lonely, or is someone loving you?
Tell me how to win your heart
For I haven’t got a clue
But let me start by saying, I love you

Hello, is it me you’re looking for?
‘Cause I wonder where you are
And I wonder what you do
Are you somewhere feeling lonely, or is someone loving you?
Tell me how to win your heart
For I haven’t got a clue
But let me start by saying I love you


Leave a comment

Memersiapkan pemimpin negeri lewat latihan public speaking di SMKN 50 Jakarta

20131001-094840.jpg

20131001-094855.jpg

20131001-095000.jpg
Setiap pemimpin harus bisa berbicara di muka umum, oleh sebab itu sekolah harus melatih murid berbicara di muka umum, foto-foto di atas merupakan salah satu kegiatan di SMKN 50 Jakarta yang mempersiapkan anak jadi pemimpin, semoga sukses anak-anakku, love u all.


Leave a comment

Melatih public speaking dan percaya diri lewat Youtube di SMKN 50 Jakarta

Berbicara di muka umum itu tak mudah
Butuh latihan bertahun-tahun
Kursus public speaking mahal biayanya
Butuh proses panjang dan tak ringan buat yangmau trampil

Percaya diri itu sangat dibutuhkan
Buat semua bidang kehidupan
Proses pembentukannya sangat sulit
Harganya tak ternilai

Video di atas
Salah satu cara kami
Melatih public speaking dan percaya diri
Buat anak negeri


5 Comments

Penyiram air keras itu tertangkap: hampir tiga tahun murid itu ada di sekolah, bagaimana wali kelas, guru BK dan tim kesiswaan bekerja sama?

20131007-095042.jpg

Alhamdulillah, pelaku penyiraman air keras di bis yang memakan banyak korban, diantaranya pelajar sudah tertangkap, ternyata di berstatus pelajar … polisi bilang dia pernah ditahan karena dua kasus yaitu tawuran dan pembajakan biskota, tetapi tidak diproses lebih lanjut.

Saya mempertanyakan;

Kenapa polisi tak memproses setelah dua kali pelaku tertangkap melakukan pelanggaran hukum, tawuran bikin warga resah, jalan jadi macet, masyarakat resah, takut kendaraan atau dirinya terkena lemparan batu atau benda lainnya … membajak bis juga mengganggu ketertiban umum, yang membuat suasana transportasi Jakarta makin tidak nyaman atau menakutkan.

Saya mencoba posotif thinking, mungkin polisi kasihan mempertimbangkan usia anak itu yang masih muda dan kondisi ruang tahanan yang penuh atau tidak nyaman … sehingga dua kali tindak kriminal dilakukan anak itu polisi melepaskan tidak memproses ke jalur hukum … barangkali jika dari dua kasus terdahulu anak itu surah diproses, mungkin tak ada kejadian penyiraman air keras di bis.

Bagaimana sekolah melakukan pembinaan kepada muridnya yang sudah dua kali terbukti tertangkap melakukan tindak kriminal? … bagaimanakah upaya yang dilakukan sekolah untuk merubah kelakuan anak didiknya sehingga tidak lagi melakukan tindak kriminal … hampir tiga tahun murid itu ada di sekolah, bagaimana wali kelas, guru BK dan tim kesiswaan bekerja sama … diharapkan merubah tabiat kelakuan murid yang gemar kriminal, untuk tidak melakukan lagi hingga ke tiga kalinya?

Saya berharap tak ada lagi tawuran atau tidak kriminal yang dilakukan pelajar, jika ada pelajar yang melakukan, sebaiknya polisi melakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku, sekolah harus sudah memiliki sistem atau mekanisme mencegah murid melakukan tindak kriminal atau sistem penanganan murid yang melakukan tindak kriminal … membayangkan jalan Jakarta yang macet tapi tak terganggu oleh lemaparan batu anak-anak sekolah yang tawuran atau penyiraman air keras kepada penumpang bis … sedikit happy mungkin ….


Leave a comment

Saatnya akan tiba Kawan terdekat memakanmu Dan kalian saling menusuk Hingga punah satu gelanggang

Hai para pejabat yang korupsi,
Hai para politikus yang rakus,
Hara para pengusaha yang ingin kaya halalkan sgala cara,
Teruskan kelakuan bejatmu yang seolah resmi tak langgar hukum

Nikmati saja persengkongkolan jahat yg kau bilang nikmat
Hingga datang laknat mendekat
Mungkin karena rakyat lebih banyak yang bodoh
Seolah tak tahu kebusukan kamu

Saatnya akan tiba
Kawan terdekat memakanmu
Dan kalian saling menusuk
Hingga punah satu gelanggang

Karena alam terbiasa kerja sendiri
Memisahkan racun dengan madu
Memilah batu dan air
Mengurai bau busuk dan wangi


Leave a comment

Jika di Sulawesi Selatan biayanya sedemikian besar, berapa biaya untuk peroleh dukungan pattai di Jawa, berapa pula di Jakarta? Buteeeeeeeeeet deh

20130926-222821.jpg

20130926-222833.jpg

20130926-222840.jpg
Kabar angin tentang biaya dukungan pattai senilai sepuluh milyar untuk seorang calon gubernur di Sulawesi itu ternyata berwujud benar adanya, pada proses persidangan terungkap praktek itu, seperti yang diberitakan kompas.com.

Jika di Sulawesi Selatan biayanya sedemikian besar, berapa biaya untuk peroleh dukungan pattai di Jawa, berapa pula di Jakarta? Buteeeeeeeeeet deh.

Ketika Para pembeli dukungan itu terpilih, apa yang dia lakukan? Jadi xxxxx milih nih 😦


Leave a comment

Formasi barisan di lapangan upacara perlihatkan mutu disiplin sekolah

Style anak SMKN 36 Jakarta

Style anak SMKN 36 Jakarta


Tertib

Tertib


Syedap

Syedap


Proses membentuk

Proses membentuk


Dilatih Tentara

Dilatih Tentara


Serius

Serius


Perhatikan suasana sekolah anda saat berlangsung upacara atau dikumpulkan di lapangan … murid-murid cepat tertib, santai banget sehingga lama beresnya, tak bisa lurus, ak enak dilihat atau bagus bida dinikmati.

Saya selalu tertegun melihat barisan murid yang tertib di sekolah, itu cermin pembinaan yang berlangsung bagus dalam waktu yang panjang, foto-foto di bawah (yang memakai kaos biru) adalah suasana anak-anak kelas X yang baru masuk SMKN 36 Jakarta di latih tertib dan disiplin oleh Tentara hingga malam hari.

Yang memakai seragam putih adalah suasana di sekolah, setelah semua murid melalui tahapan pendidikan disiplin yang baik, suasana baris atau upacara jadi sangat bagus dan bisa dinikmati, Bapak Haji Endang Haryadi, MM (Guru SMKN 36 Jakarta) mendokumentasikan buat kita, mantaaaph Pak Haji, fotonya bagus-bagus, anak-anaknya juga bagus-bagus, semoga semua sukses dan sejakhtera hidupmu kelak. love u all.


Leave a comment

DAFTAR NAMA ANAK-ANAK HEBAT JUARA LKS SMK TINGKAT NASIONAL XXI 2013

ANAK" MUDA HEBAT BERSAMA KEPALA BIDANG SMK DISDIK DKI JKT, HAPPY GUSTIN

ANAK” MUDA HEBAT BERSAMA KEPALA BIDANG SMK DISDIK DKI JKT, HAPPY GUSTIN

.

.

.

.

Sebagai warga DKI Jakarta Saya mengucapkan terima kasih yang tulus atas kerja keras, pegorbanan dan usaha yang luar biasa dari murid, orang tua, guru, kepala sekolah, teman-teman di Disdik DKI Jakarta, dunia usaha, dunia industri dan semua fihak yang sudah bersinergi hingga raih prestasi Juara Umum, proud of u all.


Leave a comment

DKI JAKARTA JUARA UMUM LKS SMK TINGKAT NASIONAL XXI 2013

20131001-111524.jpg
Ibu Herlina Butar-butar Kepala SMKN 36 Jakarta bersama para Juara

20131001-112441.jpg
Ibu Sri Nuryati, Kepala SMKN 37 Jakarta beesama pembimbing, Ibu Ety dan yang berprestasi

20131001-112639.jpg
Selamat untuk Komunitas SMK DKI Jakarta, yang terdiri dari murid, orang tua, guru, karyawan, kepala sekolah, dunia usaha dan dunia industridan smua fihak yang bersinergi hingga meraih Juara Umum LKS SMK tingkat Nasional 2013, mari terus membina generasi berikutnya buat pertahankan prestasi tahun depan, bangga banget deh.