Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Video mesum, ekskul dicurigai, … , tawuran bertambah, ada yang mati lagi?

6 Comments

TAK BOLEH LAGI?

TAK BOLEH LAGI?

Kejadian anak SMP membuat video mesum di ruang kelas disikapi beragam, diantaranya dengan melarang sekolah berada di sekolah setelah jam pelajaran usai. Pernahkan Anda amati lingkungan tempat tinggal anak-anak Jakarta? Mereka hampir tak memiliki ruang terbuka buat bermain, rumahnya kecil, di dalam gang, ruangan sangat terbatas, sering tidur berhimpit jika malam … sulit sekali mencari tempat bermain … tak ada lapangan di sekitar rumah, hampir semua berubah jadi bangunan tepat tinggal atau ruang usaha.

Saya khawatir, larangan berada di sekolah setelah jam pelajaran usai membuat murid enggan melakukan kegiatan ekskul karena rasa dicurigai oleh para guru … ini berbahaya: mereka akan bertebaran di jalan dan tempat-tempat umum lainnya … tawuran bakal makin banyak, karena mereka bertemu di jalan .. semoga kekhawatiran saya tak terjadi, bagaimana menurut Anda?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

6 thoughts on “Video mesum, ekskul dicurigai, … , tawuran bertambah, ada yang mati lagi?

  1. Ktnya kejadiannya pas org lain jumatan ya pak

  2. saya pernah dicurigai oleh teman sekolah dan beberapa guru. Bahkan sebelum ada kasus video porno tsb.
    Saya ikut ekskul paling aktif sekolah saya. Kami juga belajar organisasi, bahkan organisasi kami jauh lebih aktif dari pada OSIS. Sehingga ruang OSIS di sekolah saya tdk digunakan oleh OSIS, tapi kami anak Paskibra justru yang menempati ruang OSIS. Beberapa guru dan murid terlihat iri dengan kami, mereka bersikap seolah curiga kami suka berbuat mesum di Ruang OSIS.
    Padahal kami tidak pernah berbuat mesum sekalipun. Jangankan untuk berbuat mesum, pacaran sesama anggota paskibra saja kami dilarang.

    Memang hal ini sangat menggangu bagi kami anggota paskibra. Kami merasa seperti diasingkan. Kami selalu dicurigai ini-itu.

    Coba bapak jadi guru disekolah saya. Happy deh!!

    • Sy bisa rasakan apa yg Rindi rasa … kegairahan berorganisasi yg sering jadi membawa nama baik sekolah lewat prestasi” yg dihasilkan jadi sangat perih dan menusuk jika di curigai.

      Bung Karno dicurigai melakukan hal” yg tak bagus hingga berkali-kali dibuang ke daerah yg jauh dari lokasi pusat aktifitas organisasi, Nelson Mandela dicurigai melakukan hal tak baik hingga dipenjara puluhan tahun … Masih banyak lagi orang” hebat yang makin hebat setelah dicurigai …

      Oleh sebab itu, lakukan aja terus kebaikan sambil belajar berorganisasi … cuekin aja mereka yang cemburu & curiga, ga usah pikirin nama baik sekolah atau bangsa yg harus dijunjung tinggi … jagalah nama baik diri sendiri, hebatkan dirimu sendiri, bikin baik dirimu sendiri, …. Maka sekolah, orang tua …. dan Bangsa bakal terbawa baik karena aktifitasmu.

      Terima kasih telah membaca dan berkomentar, saya bisa jadi gurumu di dunia maya … Sebab dunia kini tanpa batas … happy aja keleeees, love u😀

  3. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru : pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Saya berharap semua guru mempunyai kompetensi ini dan melaksanakan sesuai kemampuannya serta mengupayakannya ….pengajaran bermakna dan guru yang dirindukan menjadi dambaan penerus negeri ini …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s