Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Delapan tahun ngeblog itu luar biasa nikmatnya, bagaimana caranya?

Leave a comment

20131230-115505.jpg

Sejak 2005 saya menulis di blog setelah mendapat informasi adik saya Agus Sampurno, pemilik glog http://gurukreativ.wordpress.com …. Tak terasa sudah memasuki tahun ke delapan, ada yang bertanya, bagaimana saya bisa konsisten menulis bertahun-tahun, di bawah ini adalah tips mempertahankan konsistensi ngeblog:

1. Membaca, adalah langkah awal menghimpun ide tulisan, membaca berita di detik.com, media cetak, buku, majalah, atau apa saja tumbuhkan ide tukisan untuk blog, dari ide dasar berdasarkan bacaan itu, saya menuliskan posting di blog saya.

2. Download aplikasi blog di handphone, tablet atau gadget bisa membuat nyaman posting di blog pada berbagai tempat dan suasana; saat menunggu, ketika terjebak macet, waktu mengikuti rapat, selesai makan, ketika beristirahat atau kapan saja saya memiliki kesempatan, termasuk saat (maaf) buang air besar.

3. Saat ada ide menulis, tulis saja berapapun yang bisa ditulis saat itu, saya menjadwalkan tusan saya akan terbit tanggal berapa, pukil berapa, sehingga jika sedang banyak ide saya bisa menulis tujuh tulisan, maka saya jadwalkan terbit setiap hari sepanjang minggu depan, jika saya sibuk atau sedang tak punya ide, tulisan baru tetap muncul di blog saya.

4. Saat saya merasa tak punya ide untuk ditulis, saya posting foto untuk mengenang peristiwa atau video lagu yang sedanginginsaya nyanyikan.

5. Mengunjungi blog orang lain bisa mendatangkan ide bahan tulisan, saya berusaha mengunjungi blog orang yang memberi komentar di posting saya, sebagai ucapan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, saya juga meninggalkan komentar di blog yang bersangkutan.

6. Anda punya tambahan …. silahkan tulis di kommentar.

Terima kasih buat Anda pembaca setia blog saya atau Anda yang tak sengaja menemukan blog saya, semoga bermanfaat, selamat tahun baru …. Semoga Anda selalu sehat & lebih sukses di tahun 2014.

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s