Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Kecanduan Narkoba itu berawal dari ketidaktahuan, coba-coba, … merokok juga

6 Comments

Punya teman, sahabat, keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit karena kecanduan narkoba atau rokok, …. ngobrol deh, coba tanya kenapa dia merokok atau menyalahgunakan narkoba. Umumnya para pecandu narkoba dan rokok awalnya coba-coba, dorongan teman sebaya dan ketidaktahuan anak tentang rokok dan narkoba, …. diawali coba-coba, kemudian jadi biasa, makin sering hingga kecanduan.

20140217-081308.jpg

Pendidikan yang pertama sejak anak dilahirkan berlangsung di keluarga, orang tua mendidik anak-anaknya tentang apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, minum obat sesuai anjuran dokter, tidak makan makanan yang beracun atau berbahaya, termasuk mengenai rokok, otang tua yang baik berusaha mencegah anaknya merokok, jika orang tua merokok, dia berusaha merokok tak terlihat oleh anak-anaknya dan tak meletakkan rokok di tempat yang terlihat oleh anak-anaknya.

Orang tua yang mendidik anaknya dengan baik membuat anak-anaknya memiliki pengetahuan tentang bahaya rokok & narkoba, anak-anak jadi pintar mengendalikan diri terhadap godaan atau ajakan teman-teman sebaya sehingga tak coba-coba mengisap rokok atau gunakan narkoba.

Biasanya para perokok itu ciri-cirinya; muda, bodoh, kulitnya gelap, miskin pula …. karena orang tua keluarga yang miskin sangat sibuk mencari nafkah hingga tak sempat mendidik anaknya …. bagaimana peran sekolah berkaitan dengan rokok & narkoba?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

6 thoughts on “Kecanduan Narkoba itu berawal dari ketidaktahuan, coba-coba, … merokok juga

  1. usia perokok semakin muda. Pemerintah harus serius menangani ini, jangan kalah sama para bos pemiliki rokok.

  2. om dedi,potong kimisnya.. pelihara jenggotnyalah..:)

  3. saya coba- coba berhenti “meroko” setelah rajin mengikuti dan membaca diblog Pa Dedi Dwitagama,coba – coba ternyata saya bisa dan saya sehat, terima kasih Pa Dedi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s