Blog Pendidik


Leave a comment

Jalan rusak yang abadi

detikcom

detikcom


Long weekend beberapa waktu yang lalu saya sempatkan untuk bersilaturahmi ke rumah orang tua di luar kota, tiket kereta api habis dipesan, gunakan kendaraan melalui pantura jalannya rusak parah, kembali ke Jakarta melalui jalur tengah Majalengka, Cikamurang, Sadang juga rusak tak terkira, sehingga perjalanan butuh waktu 12 jam, padahal biasanya secara santai kami bisa menemuhnya dalam waktu 5 jam.

Heboh Gubernur Jawa Tengah yang marah kepada petugas jembatan timbang bebrapa hari terakhir adalah salah satu gejala, bahwa truk dibiarkan lewat dengan muatan yang melebihi ketentuan, selalu bisa melewati jembatan timbang karena membayar sejumlah uang kepada petugas jembatan timbang … melewati pantura dengan nyaman mungkin jadi mimpi tiap tahun … kemanakah para bupati, gubernur, walikota dan presiden negeri ini?

Advertisements


Leave a comment

NgomPol-in Capres : Pengaruh Media “On top of mind”

marketing … bisa direkayasa?

Dongeng Geologi

top-of-mind-graphic[1] Saat ini kita hanya disodori capres yang itu-itu saja. Mana yang lain ? Kemana calon pemimpin yang bagus dan baik ?

😦 “Lah emangnya ada pilihan lain Pakdhe ?”

On top of mind

Ini adalah jargonnya marketing dalam menjual produk. Dalam dunia media saat ini dimana media menjadi “tontonan” tiap hari, akhirnya apa yang sering muncul menjadi “tuntunan” dalam memilih. Ini berlaku dalam segala aspek dan tidak hanya produk sabun cuci dan mie instant saja. Demikian juga dalam branding “calon pemimpin”. Semakin sering dimunculkan dalam media, maka “generasi penerus dan orang baik” yang ada dibenak masyarakat Indonesia ini ya si itu-itu saja. Branding dan marketing Jokowi cukup bahkan sangat sukses membuat banyak orang “terpaksa terkesima” karena tidak dimunculkannya “orang baik” yang lain. Bukan berarti tidak ada alternatif lain dari Jokowi, tetapi “tidak ada” yang di branding secara sepadan selama ini.

View original post 422 more words


Leave a comment

Job Fair SMKN 50 Jakarta

Reportase video dibuat oleh @syarifaumi, ini bisa jadi salah satu cara membiasakan murid menggunakan gadget untuk hal-hal baik dan bisa jadi kenangan saat dewasa nanti. Kegiatan berlangsung di SMKN 50 Jakarta 25 April 2014 untuk memasarkan lulusan SMKN 50 Jakarta ke Dunia Usaha dan Industri.

 


Leave a comment

Dikangenin itu ___________________

20140420-203858.jpg
Usai berinteraksi dengan peserta pada seminar atau training, peserta meminta saya berfoto bersama dengan mereka, kadang dengan group satu sekolahnya atau khusus berdua … rupanha mereka menyimpan di instagram atau mention ke twit saya … bahagia benget rasanya, semoga bermanfaat guys. Arsip kegiatan training & seminar saya bisa dinikmayi disini.


4 Comments

Perokok itu gelap kulitnya

20140210-125604.jpg

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

KARENA TERNYATA ROKOK DIPRODUKSI BUAT ANAK MUDA YANG MISKIN, GELAP KULITNYA & BODOH, apakah termasuk kita? Miskin dan jelek pula?


Leave a comment

Sekolah kita & Penjara; lebih baik mana? Guru belajar ke LP yuuu

20140417-084606.jpg

Penjara anak Tangerang bisa menbuat seorang napi percaya diri dan niat jadi musisi setelah bebas dari penjara, ini sebuah fakta yang dahsyat cetar membahana … di tempat yang orang- orang membayangkan pun enggan … ada proses dan sukses membina anak negeri.

Coba lihat di sekolahmu, berapa ratus murid yang sudah lulus, atau berapa ribu alumni sekolah kamu, saat murid lulus dari sekolahmu, apakah mereka sudah percaya diri ingin menjadi musisi atau bercita-cita lainnya secara mantap sesuai kemampuan dan sesuatu yang sudah dilatih di sekolahmu?

Kalu penjara bisa, sekolah harusnya lebih bisa, karena banyak faktor lebih mendukung buat wujudkan hal ini … bagaimana di sekolah anda? Kalau tak mampu, jangan-jangan sekolah kita lebih buruk dari penjara?


Leave a comment

Bicarakan tentang Pengelolaan Sekolah di twitter

sekolah yang baik, satu hari saja murid tak masuk dg sebab yg tak jelas org tuanya langsung dipanggil wali kelas, kalo ngga sembuh” BK maju

skolah yg muridnya sering ga masuk dibiarin aja, ga punya nilai naik kelas, saat ujian fasti dia & skolah tegang, nyontek & bocoran jd biasa

wali kelas yg baik punya no hape semua org ua murid perwaliannya, shg kl ada apa” bisa langsung kontak, happy deh

coba deh didata, murid yg bandel tu di skolah negeri ga sampe 5%, sharusnya yg lbih banyak bisa lebih mewarnai skolah

kl murid yg 5% bandel itu jadi label skolah di masyarakat, artinya tata tertib skolah ga jalan, guru” cuek & kalah ama murid, ga happy keles

skolah itu kebutuhan murid untuk punya kualitas mas depan yg lbih baik, kalo skolah menjemput anak buat ujian, itu terlaluuuuuu kata Rhoma

wali kelas yg biarkan murid tak masuk beberapa hari sbaiknya diganti krn tak serius urus perwaliannya, efeknya banyak buat murid itu dkk nya

budaya nakal itu mengundang murid yg baik krn mendapat atensi dr skolah, apalagi pake dipajang di upacara, budaya prestasi & kebaikan harus

selalu diekspos, yg dipajang saat upacara harus yg baik yg brprestasi, murid nakal proses di ruang tertutup empat mata, jatuhkan sangsi

sangsi harus tegas ssuai kesepakatan yg ditandatangani murid dan org tua, sgera setelah pelanggaran terjadi, pnundaan bikin basi, jadi pait

hukuman lari keliling lapangan skolah bisa diganti lari ditempat sampe berkeringat, tak da yg lihat, cape pula muridna, tak malu & smg kapok

anak yg keluar atau dikeluarin tak perlu diekspos di upacara krn teman”nya pasti langsung tahu dan menyebar kabarnya dlm tempo singkat

selalu ekspos prestasi & kebaikan” murid” bisa bikin budaya positif di skolah, happy deh

kebiasaan liat yg berprestasi & anak” bagus diekspos pd upacara di lapangan skolah, bikin nafsu yg laen dapat atensi apalagi ada bonus pulsa

murid dapat hadiah pulsa di depan ratusan teman itu rasanya luar biasa walau pulsanya cuma gocap or cepe ceng, apalagi ada yg lagi ditaksir

skolah yg tak peduli masalah anak silahkan tunggu kematian, perlahan memang, bahkan ada yg puluhan tahun, masyarakat bakal ninggalin deh

perbaikan skolah memang ga bisa cepat, tiga tahun baru mulai trasa, tapi amati animo masyarakat, yg masuk pasti main keren, happy deh

kebaikan yg diperlihatkan, dikerjakan & dibiasakan bakal membentuk murid jadi baik, itu tugas sekolah, kenakalan juga gituh .. happy deh

@dwitagama


Leave a comment

The Girls is Mine … nyanyi yuuu

Ga tau kenapa, tiba-tiba saya kangen dan pengen nyanyi lagu ini, inget zaman SMA suka ditemenin lagu ini belajar, waktu itu Ayah Saya sudah faham bahwa anaknya yang satu ini senang belajar sambil dengar musik, waktu saya sekolah di SMPN 19 Jakarta sempat dimarahin dikira tak serius, tapi ternyata nilai saya bagus terus di rangking atas …

Lagu dari Michael Jackson dan Paul Mc Cartney, saya dapat edisi akustik, syedaap guys .. nyanyi yuuu

“The Girl Is Mine”

[1st Verse (Michael)]
Every Night She Walks Right In My Dreams
Since I Met Her From The Start
I’m So Proud I Am The Only One
Who Is Special In Her Heart

[Chorus]
The Girl Is Mine
The Doggone Girl Is Mine
I Know She’s Mine
Because The Doggone Girl Is Mine

[2nd Verse (Paul)]
I Don’t Understand The Way You Think
Saying That She’s Yours Not Mine
Sending Roses And Your Silly Dreams
Really Just A Waste Of Time

[Chorus]
Because She’s Mine
The Doggone Girl Is Mine
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine

[Bridge (Paul)]
I Love You More Than He
(Take You Anywhere)

[Michael]
But I Love You Endlessly
(Loving We Will Share)

[Michael & Paul]
So Come And Go With Me
To One Town

[Michael]
But We Both Cannot Have Her
So It’s One Or The Other
And One Day You’ll Discover
That She’s My Girl Forever And Ever

[3rd Verse (Paul)]
I Don’t Build Your Hopes To Be Let Down
‘Cause I Really Feel It’s Time

[Michael]
I Know She’ll Tell You I’m The One For Her
‘Cause She Said I Blow Her Mind
Chorus (Michael)
The Girl Is Mine
The Doggone Girl Is Mine
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine

[Michael & Paul]
She’s Mine, She’s Mine
No, No, No, She’s Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine

[Paul]
The Girl Is Mine, (Yep) She’s Mine
The Girl Is Mine, (Yep) She’s Mine

[Michael]
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine

[Paul]
Michael, We’re Not Going To Fight About This, Okay

[Michael]
Paul, I Think I Told You, I’m A Lover Not A Fighter

[Paul]
I’ve Heard It All Before, Michael
She Told Me That I’m Her Forever Lover, You Know, Don’t You Remember

[Michael]
Well, After Loving Me, She Said She Couldn’t Love Another

[Paul]
Is That What She Said

[Michael]
Yes, She Said It, You Keep Dreaming

[Paul]
I Don’t Believe It

[Michael & Paul]
The Girl Is Mine (Mine, Mine, Mine)

[Fade-Out/Repeat]


Leave a comment

Suara kamu hijau, dirubah jadi merah itu ______________

ILLUSTRASI

ILLUSTRASI


Saat Pemilu, kamu memilih partai warna hijau karena kamu sangat fanatik dan sangat percaya bahwa partai hijau akan membawa aspirasi suaramu dan membuat negara ini makin baik, kamu tak memilih partai merah karena sangat tidak percaya atau tidak setuju dengan visi dan misi partai merah, setelah pemilu usai partai hijau menyatukan suara partainya dengan partai merah … dilakukan tanpa meminta izin padamu, kata mereka memang tak ada aturan harus minta izin pada pemilik suara, bagaimana menurutmu?


Leave a comment

Nama tokoh di soal Ujian Nasional itu ___________


Ada profil seseorang yang sedang dalam kontroversi di masyarakat di soal Ujian Nasional itu bikin kontroversi, mungkin sebabnya:

1. Ga kreatif, miskin ide.
2. Kurang wawasan, ratusan nama pahlawan nasional lebih pantas.
3. Kurang peka.
4. Asal-asalan.
5. Iseng.
6. Menyuarakan dukungan.
7. Politis.
8. Tak diedit pejabat yang berwenang.
9. lainnya.

Bagaimana menurut anda?


1 Comment

Wakil rakyat yang enggan berubah hampir 30 tahun, ga happy deh


Lagu ini diciptakan dan pertama kali diedarkan Iwan Fals tahun 1987 … coba simak dan resapi isi lagunya, walau rentang masa diciptaan lagu hingga kini hampir 30 tahun … keadaan negeri dan suasana wakil rakyat di Senayan seperti tak berubah … ternyata berubah itu tak mudah ya?


Leave a comment

Pemimpin yang baik bisa dibentuk di Sekolah, tak cuma fokus Ujian Nasional

ILLUSTRASI

ILLUSTRASI


Di Negeri Paman Besut hari-hari ini sedang sibuk mencari calon Presiden yang tepat buat negerinya, dua ratus tiga puluh juta lebih penghuninya sedang bengung menimbang beberapa calon yang ada, tak mencapai lebih lima orang yang dianggap layak buat memimpin negeri.

Pada masa otoriter, dimana cengkeraman militer begitu kuat, pemimpin negeri diseleksi dengan sangat ketat oleh pemegang kekuasaan, partai politik tak terasa perannya melahirkan pemimpin, keberadaan partai hanya terasa saat pemilu berlangsung, setelah pemilu partai politik seolah tertidur pulas, di parlemen para wakil dari partai politik seolah bungkam terkooptasi atau dikendalikan oleh penguasa.

Sekarang, di era reformasi, sistem tata negara dirubah, militer kembali ke barak jalankan fungsi pertahanan negara, kekuasaan lainnya dihilangkan, partai politik seolah jadi mesin yang memproduksi pemimpin; calon angota legislatif, calon bupati, calon gubernur, calon presiden harus melalui partai politik, seolah tak ada lembaga lain yang punya kemampuan melahirkan pemimpin negeri.

Hampir dua puluh tahun masa reformasi berlangsung, ternyata negeri ii masih kesulitan mencari pemimpin yang baik, hingga bulan Januari 2014 sebanyak 318 orang dari total 524 orang kepala daerah dan wakil kepala daerah tersangkut dengan kasus korupsi yang sebagian besar diantaranya sudah ditahan.

Apakah ini bisa diartikan partai politik tak mampu melahirkan pemimpin yang baik. Seharusnya pemimpin yang baik itu dilahirkan dan dibentuk di sekolah. Secara sadar lembaga pendidikan harus merancang berbagai program kegiatan yang bertujuan melahirkan pemimpin negeri yang handal, tak cuma fokus Ujian Nasional. Sejak Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi jutaan sekolah di negeri paman besut melakukan upaya membentuk pemimpin negeri yang baik, maka akan banyak tersedia calon pemimpin negeri yang bisa dihandalkan dan selalu siap dimunculkan saat dibutuhkan.

Bagaimana di sekolah Anda? bagaimana usaha melahirkan pemimpin baru negeri ini … diantara ratusan murid pasti ada yang memiliki kemampuan leadership yang baik, diasah yuuuuuu … happy deh.


Leave a comment

Setiap pemimpin harus punya skill public speaking, sekolah bisa melatihnya

20140409-105630.jpg
Apel pagi setiap hati di sekolah, protokol, pembina atau unsur-unsur lain pada apel memberi kesempatan murid-murid untuk berlatih publik speaking, yang pasti sangat bermanfaat saat mereka lulus nanti. Foto dokumentasi SMKN 36 Jakarta.


Leave a comment

Berlatih percaya diri dan jadi warga yang tertib, happy deh

20140409-071341.jpg

20140409-071410.jpg

20140409-071429.jpg
Ini suasana hari-hari murid SMKN 36 Jakarta, foto diambil beberapa hari yang lalu, upacara terakhir buat anak kls XII yang minggu depan ujian dan bakal tinggalkan sekolah buat kerja atau kuliah, mereka berlatih berani tampil di muka umum dan jadi penduduk yang tertib, disiplin … Gimana di sekolahmu? coba difoto saat upacara dari atas, dari berbagai sudut, mungkin lebih baik dari ini.


Leave a comment

Berharap apa pada penyogok & koruptor? tunggu aja pembalasan semesta

20140408-075127.jpg

20140408-075114.jpg
Dia menebar amplop berisi uang tak seberapa
Apa yang bisa diharapkan dari si pemberi
Pantas saja banyak yang terbukti korupsi setelah terpilih
Buat kembalikan uang yang sudah disebarkan

Sumber: http://politik.kompasiana.com/2014/04/07/cara-caleg-menghina-rakyat-647315.html


Leave a comment

bikin perda ttg ketertiban kota tapi dia sendiri yang melanggar, fix ya … jangan pilih aku

20140405-125852.jpg
banyak yg suruh aku nyaleg, krn pnpilan aku oke banget, tapi aku ga mau … masalahnya sepele, aku ga mau mengotori kota dengan memasang foto aku dimana-mana, aku kan ga sama kaya manusia yang bikin perda ttg ketertiban kota tapi dia sendiri yang melanggar, fix ya … jangan pilih aku.


1 Comment

Motivasi dwitagama @190314

ditulis seseorang itu ….. seneeeeng banggeeets, makasih bro

info.rizky.id

image

Hari rabu 19 maret 2014 merupakan hari terakhir ujian sekolah, mata pelajaran juga hanya 1 yaitu Kimia gua sih engga yakin sama pelajaran kimia secara gua bukan anak IPA yang bisa merakit senyawa senyawa asam basa entahlah apa itu namanya. Walaupun cuma 40 soal pilihan ganda dan 5 essay tetep aja buat gua itu sulit banget dan engga bisa gua ungkapan lagi dengan kata-kata. Ujian dimulai jam 08.00 saat itu pengawas ujian sekolah terakhir adalah pak Rico sugiarto dan pak Lawini gua mulai ganbate deh buat ujian hari terakhir apalagi denger-denger kelas 3 abis ujian libur selama 3 hari yaudah tambah semangat aja. Lembar jawaban sudah dibagi berikut dengan soal yang bikin gua engga berkutik selama memulai ujian hari terakhir gua engga berkutik sama sekali nomor ujian gua 02-075-079-2 dan sebelah kanan gua si Rio kurnianto dia juga engga bisa melakukan apapun yang di lakukan hanyalah berdoa dan berharap keajaiban…

View original post 1,173 more words


2 Comments

Kampanye puaskan syahwat, setelah dikasih paha & dada trus disuruh pilih

INDONESAA

INDONESAA


AMERIKAA

AMERIKAA


Lihat setting panggung kampanye, di Indonesia luas karena harus menampung alat-alat musik dan areal buat goyang (foto pertama), sementara di Amerika cukup dengan satu podium kecil untuk orang yang kampanye.

Dibawah ini adalah cara-cara kampanye yang bikin muntah, sebenarnya kampanye itu mau sosialisasi program calon atau kasih tontonan seronok buat masyarakat … yang jadi msyarakat juga lucu atau sangat bodoh barangkali, disuguhi hal-hal yang tak baik malah ditonton, andai semua penonton tinggalkan lokasi kampanye … pada malu deh itu pemilik tubuh yang diobral dan orang-orang yang bayar …

MAU JADI YANG TERHORMAT?

MAU JADI YANG TERHORMAT?


2 Comments

Yuk kita tanya pada wakil rakyat, bupati, gubernur dan presiden, “Kapan ada transportasi yang baik di negeri ini?”

CIRI TUKANG OJEK

CIRI TUKANG OJEK

Pagi hari, seorang lelaki yang tak muda lagi duduk di atas motornya yang parkir di depan rumah seseorang d Cipinang Muara, menunggu perempuan yang setiap pagi selalu diantar untuk berjualan di pasar Jatinegara yang masih di kecamatan yang sama. Sesungguhnya jarak rumah ibu itu ke pasar tak terlalu jauh, tetapi tak ada transportasi yang nyaman dan cepat untuk mencapai pasar sehingga ojek motor menjadi pilihan ibu itu setiap hari.

Anda mungkin sering melihat atau mengalami hal yang sama, mobilisasi rakyat sangat sulit, sehingga untuk mempermudah rakyat bepergian mereka berusaha membeli sepeda motor karena menggunakan ojek membutuhkan biaya yang mahal. Tak memiliki dana yang cukup, rakyat membeli sepeda motor atau mobil dengan cara kredit yang harganya jauh lebih mahal. Ada hal yang lucu, seorang teman ingin membeli sepeda motor secara cash di sebuah agen yang besar harus menunggu hingga dua minggu, sementara jika membeli secara kredit motornya telah tersedia dan pada hari itu juga sudah bisa dibawa pulang.

Mwmiliki kendaraan bermotor seolah kemewahan, padahal itu bentuk kepasrahan pada situasi dimana angkutan umum tak tersedia dengan baik, kita tak protes pada Pemerintah Daerah maupun pemerintah pusat yang tak mampu sediakan sarana transportasi massal yang baik, sekian banyak bupati, gubernur hingga presiden, ribuan wakil rakyat dipilih berganti-ganti tapi belum ada yang mampu menyediakan layanan transportasi yang baik buat rakyatnya.

Tak perlu jauh ke Jepang atau ke Korea, lihatlah negeri tetangga kita Singapur dan Malaysia, disana jarang sekali penduduknya mengendarai sepeda motor, karena naik motor itu bikin pantat panas, pegal, punggung sakit, terpanggang matahari, dingin terguyur hujan, rakyat di negeri tetangga gemar bepergian dengan kereta bawah tanah atau monorail yang dibangun pemerintahnya.

Wajar saja para pemotor itu selalu ngebut di jalan kaena ingin segera sampai di tujuan dan mengakhiri penderitaanya di atas jok motor … sementara para pejabat, naik sedan ber-AC dikawal polisi pembuka jalan gunakan motor besar bersirine. Yuk kita tanya pada wakil rakyat, bupati, gubernur dan presiden, “Kapan ada transportasi yang baik di negeri ini?”.

DINGIN

DINGIN

Saya berharap adegan di foto bakal makin jarang terlihat, potensi bahaya jalan yang licin, badan sakit akibat kehujanan, dan berbagai penderitaan lainnya.


Leave a comment

Setiap orang bisa sukses pada bidang apa saja yang dia sukai & dilakukan berulang-ulang dengan serius, happy deh

20140401-124927.jpg
Nama mereka sama: RUDI, mereka sukses pada bidang-bidang berbeda; kuliner, rambut, bulutangkis, kita tak pernah tahu apakah mereka pernah juara kelas? lulus Ujian Nasional?

Setiap orang bisa sukses pada bidang apa saja yang dia sukai & dilakukan berulang-ulang dengan serius, happy deh.