Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

miskin ilmu, miskin iman, miskin harta; mana yang harus lebih dulu diobati?

Leave a comment

20140604-093110.jpg

Bagaimana jadinya orang yang karena tak tahu, tak punya iman dan tak berharta harus mengalami penderitaan, sakit seumur hidup, harus berobat selama hidup untuk penyakit yang sulit disembuhkan?

miskin ilmu, miskin iman, miskin harta; mana yang harus lebih dulu diobati? siapa yang mengobati? kapan pengobatannya? berapa lama?

Keluarga memberikan pendidikan sejak anak masih dalam kandungan, memberikan asupan gizi yang cukup, dorongan kepada anak untuk berani masuk sekolah, punya semangat & motivasi belajar yang baik.

Sekolah memfasilitasi murid untuk mengekaplorasi berbagai hal yang bakal dibutuhkan dalam kehidupan berbentuk ilmu, pengetahuan, dsb, serta membiasakan tumbuh karakter-karakter baik yang bermanfaat buat jalani kehidupan saat murid dewasa.

Sekolah juga membekali murid dengan
pengetahuan & praktek-praktek agama yang bisa meningkatkan iman muridnya.

miskin ilmu, miskin iman, miskin harta; mana yang harus lebih dulu diobati? yang pertama, anak harus belajar agar bisa berfikir baik, menggunakan logika, menerapkan pengetahuan lewat ilmu yang diperoleh di sekolah & masyarakat, artinya seseorang harus memiliki kekayaan ilmu yang bisa meningkatkan kekayaan iman hingga peroleh kekayaan harta lewat usaha-usaha yang menerapkan ilmu & iman yang dimilikinya.

Sekolah harus bisa membentuk katakter murid sebagai manusia yang siap bersaing memperebutkan kehidupan yang layak tanpa perlu jadi perlu menjadi pelacur hingga terjangkit HIV, menurut anda?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s