Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Pramuka seperti banyak yang ikut tapi tak ada

2 Comments

-.-

-.-

Beberapa hari yang lalu Pramuka berulang tahun, gemanya sangat sedikit terasa, coba perhatikan di sekolah anda, berapa persen murid yang memilih ekskul pramuka? kenapa anak-anak sekarang sedikit sekali yang berminat pda kegiatan pramuka. Saya mencoba mencari penyebab kenapa sambil usulkan perbaikan-perbaikan agar pramuka jadi lebih disukai anak-anak sekolah di kemudian hari.

1. Komitmen seragam & kegiatan real.

Pada hari tertentu di banyak sekolah semua murid, pegawai sekolah, guru & kepala sekolah wajib mengenakan seragam pramuka, di sekolah saya setiap hari Rabu, semua warga sekolah mengenakan seragam pramuka, sementara yang benar-benar aktif berminat ikut kegiatan pramuka sangat sedikit sekali.

Hal ini akan berdampak tidak bagus buat gerakan pramuka, secara kasat mata jumlahnya terlihat banyak karena setiap warga sekolah wajib berseragam pramuka padahal mereka bukan anggota pramuka dan tidak berminat ikut pramuka. Sekolah merasa sudah mendukung kegiatan pramuka hanya dengan mewajibkan warganya berseragam pramuka, coba anda perhatikan; adakah kegiatan yang membuat murid-murid ingin terus jadi pramuka?

Sekarang pramuka jadi seperti mati yang kemudian didorong oleh negara untuk dihidupkan kembali dengan berbagai upaya seperti instruksi, lewat pendekatan kekuasaan atau birokrasi. Sebaiknya Pemerintah, Organisasi Pramuka atau fihak-fihak yang peduli terhadap pramuka berupaya mengemas ulang aktifitas pramuka disesuaikan dengan perkembangan terkini dengan upaya menarik minat anak-anak muda agar dengan sukarela mengikuti kegiatan pramuka karena melihat banyak manfaat, kesenangan yang diperoleh saat berkegiatan pramuka.

2. Filosofi Pramuka harus dijalankan bukan cuma di hafal

Berbagai kegiatan di pramuka harus menyenangkan dan menjalankan folosofinya, misalnya lomba-lomba yang dilaksanakan harus direncanakan dengan baik, disosialisasikan dan dinilai secar objektif sehingga berdampak pada perbaikan-perbaikan pola kegiatan di masing-masing gugus depan. Kebiasaan menunjuk seseorang atau kelompok untuk mewakili wilayah tertentu ke even yang lebih tinggi harus dihentikan, semua harus melalui proses seleksi yang fair dan terprogram.

3. Hindari rangkap jabatan pengurus pramuka.

Biasanya pengurus pramuka adalah mereka yang menduduki jabatan tertentu dan secara otomatis menduduki jabatan di organisasi kepramukaan padahal yang bersangkutan tak berminat atau tak pernah menjadi anggota pramuka. Akhirnya mereka memberi perhatian untuk pramuka hanya di sisa-sisa waktu dan energinya.

4. Upgrading Pembina

Pembina Pramuka harus selalu di update sesuai dengan perkembangan situasi agar kegiatan pramuka jadi menyenangkan buat anggotanya

5. Jangan mengandalkan sekolah

Mohon maaf, sekolah sudah terlalu berat dengan beban pendidikan yang masih banyak kelemahannya sehingga jangan diberatkan lagi dengan beban baru, misalnya tawuran sekolah yang tak kunjung sembuh hingga puluhan tahun. Kalau mau jujur, coba sebutkan kegiatan apa di negeri ini sukses dikembangkan lewat jalur sekolah?

Jika ada warga sekolah yang berminat aktif di kegiatan pramuka, sekolah harus memfasilitasi dan mendukung dengan menyediakan infrastruktur atau apa saja yang dibutuhkan pramuka, karena hal ini akan mendukung percepatan pencapaian misi sekolah

Apa lagi ya? menurut Anda  _____________________

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

2 thoughts on “Pramuka seperti banyak yang ikut tapi tak ada

  1. Saya setuju dengan beberapa usulan bapak … pihak sekolah tetap harus memanage kegiatan ini . Perencanaan , pengawasan dan evaluasi menjadi keharusan , sehingga hasilnya baik dan memuaskan … SALAM PRAMUKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s