Blog Pendidik


Leave a comment

Susunan Pengurus Pusat Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI)

Good job, smg memberi manfaat buat pendidikan negeri

Motivator Pendidikan Kreatif

Poster Pengurus IPGI

Almadulillah sesuai dengan waktu yang telah di agendakan yaitu tannggal 29 November 2014, acara Deklarasi Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI) bisa dilaksanakan dengan lancar. Acara Deklarasi dimulai pukul 13.00 – 15.00 di Gedung Sertifikasi Guru UNJ. Dalam acara Deklarasi ini dihadiri beberapa orang Deklator yang terdiri dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Lampung, Banten dan Tanggerang.

Pada acara ini juga dilaunching Mars IPGI dan juga dibahas sekilas tentang Profil IPGI serta AD/ ART IPGI.

Berikut ini kami sampaikan Susunan Sementara Pengurus Pusat Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI) yaitu sebagai berikut :

Dewan Penasehat : Wijaya Kusumah, Bambang Susestyanto, Dedi Dwitagama | Ketua Umum : Supprinoto | Sekretaris Jendral : Namin AB | Wakil Sekjen : Eko Wanto | Bendahara : Puji Windriyani | Wakil Bendahara : Sugeng Riyadi | Koordinator Wilayah Lampung : Saharudin | Koordinator Wilayah Bogor : Dahlia Halmahera.

Demikian susunan sementara pengurus pusat IPGI hasil deklarasi kemarin…

View original post 56 more words

Advertisements


5 Comments

Terima kasih kepada ISPI – Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia yg berkenan memuat profil Saya

20141130-112646.jpg

“Di kalangan blogger guru, nama Dedi Dwitagama sudah tidak asing. Beliau seorang kepala sekolah yang kategori sangat langka. Mengapa? Karena ia suka dan aktif ngeblog di tengah banyaknya kepala sekolah yang masih belum mengenal blog. Berbagai tulisannya dapat ditemui di blog pribadinya yang beralamat di http://www.dedidwitagama.wordpress.com. Sekretaris Kelompok Kerja Kepala SMK (K3SK) DKI Jakarta ini juga senang dunia fotografi. Berbagai hasil jepretan tangan dinginnya dapat diamati pada laman http://www.fotodedi.wordpress.com. Banyak foto-fotonya yang dimuat pada media cetak nasional.

Selain aktig ngeblog, peraih penghargaan utama Guru Era Baru-Acer GURARU Award 2012 itu juga menyebarkan virus ngeblognya kepada para guru dan murid-muridnya. Menariknya, salah satu terobosan yang pernah ia lakukan adalah mewajibkan seluruh guru dan siswa di sekolah yang dipimpinnya untuk ngeblog. Bahkan pernah mengeluarkan kebijakan bahwa syarat untuk mengambil ijazah bagi siswa yang telah lulus minimal harus mempublikasikan 100 tulisan di blognya masing-masing. ….”

Itu kutipan tulisan di website IPSI Pusat memuat profil Saya. Terima kasih kepada Bapak Deni Kurniawan Ashari yang berkali-kali kontak saya persiapkan tulisan di atas, selengkapnya bisa disimak disini.


Leave a comment

Menatap wajah-wajah berbagi ceria masa depan

20141123-160134.jpg
ingat saat di UPI Bandung memenuhi undangan Tanoto Foundation & Kompasiana 7 Nopember 2014.

20141123-160329.jpg
Ini sedanf latihan stand up komedi di Gedung Dewi Sartika, Seminar FT Elektro UNJ 19 Nopember 2014.

20141123-160652.jpg
Dapat bunga mawar dr mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FPBS UNJ di Seminar mereka 20 Nopember 2014 di Perpustakaan UNJ, jadi terasa ingin terus memberi manfaat buat sesama, lebih banyak foto-foto fan catatan training-training saya bisa dinikmati disana.


Leave a comment

Serunya Pelatihan Guru NgeBlog Kota Cianjur di SMP Negeri 1 Cipanas

Aksi yang ke delapan, Jigjakarta adalah target berikutnya

Motivator Pendidikan Kreatif

“Dinginnya Kota Cipanas Cianjur, membuat Pelatihan Guru NgeBlog terasa lebih menentramkan apalagi melihat guru-guru yang luarbiasa antusiasnya”

namin ab

Fasilitator KSGN dan Peserta Pelatihan Berfoto Bersama

Motivator Kreatif- Ahad, 16 November 2014 KSGN Kembali mengadakan kegiatan road Goes To School, kali ini tempat yang kami kunjungi adalah kota Cipanas- Cianjur, kota yang sejuk dan juga kota yang memilki julukan kota bunga. Pelatihan Guru NgeBlog angkatan 8 dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cipanas dengan banyak peserta sekitar 35 orang. Peserta datang dari berbagai daerah seperti Cianjur, Cipanas, Banjar, Bekasi dan Bogor.

Jpeg

Saya bersama Mas Yulef Dian dan Ustadz Bhayu tiba di SMP Negeri 1 Cipanas sekitar jam 07 Pagi, Alhamdulillah perjalanan sangat lancar ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari cibubur. kami sengaja datang pagi agar tidak terkena buka tutup yang biasa diberlakukan pukul 09.00.

View original post 287 more words


4 Comments

Cara menghindari ajakan TAWURAN

20141115-064316.jpg Jika kamu diajak teman ikut tawuran, kalau mau menghindar lakukan alternatif langkah-langkah dibawah ini: 1. Bilang mau boker atau buang air besar. Langsung ke toilet terdekat saat itu, bisa di solah, pom bensin, masjid, musholla, atau cari aja tempat boker yg jauh sambil berekspresi kebelet pengen buang air. 2. Boker yg lama, bisa sambil baca atau ngelamunin seseorang yg sedang kamu taksir biar bisa lama di toilet. Nyalakan kran supaya air mengalir, sambil sirami kloset atau lantai toilet agar jadi bersih saat kamu di dalam, lakukan yg lama sampai teman-teman yang tawuran mati semua saling tusuk gunakan senjata tajam masing-masing. 3. Berwudhu stelah boker jika Islam, kalo bukan ya cuci muka aja. Cari musholla terdekat, tanya aja sama orang yg ktemu kamu setelah boker, masuk ke musholla trus zikir yang lama, kalo non muslim, cari greja atau tempat ibadah lainnya trus meditasi ataw berdoa minta sama Tuhan agar tawuran tak terjadi atau selamatkan para pesrta tawuran itu atau doakan agar mereka mati tanpa rasakan sakit atau dirawat dulu di rumah sakit, soalnya kebanyakan mereka orang-orang miskin yg merasa jadi hebat diliatin orang-orang di jalan lari-larian, masuk tipi, koran, brasangetop gituh. 4. Zikir, meditasi selama mungkin, kalo ngantuk tidur aja. Pasti kamu dibanguni sama ptugas musholla atau tmpat ibadah dimanakamu tertidur, mreka ga marah deh, karena tadi sudah lihat kamu berzikir atau berdoa, tapi krn hari mulai gelap dia bangunin kamu. Kalau tak ada tempat ibadah, cari anak-anak yg sedang ekskul atau latihan basket, volley, futsal, dsb … Liat-liat, ngobrol, ikuut maen deh sampe cape kringetan, bisasnya sampe hati hampir gelap gitu, baru pulang. 5. Jawab aja apa yg kamu lakukan kalo ditanya teman” Ga usah berbohong, ceritain aja apa ygkamu lakukan kepada teman-teman yg bertanya, pasti mreka maklum, kalau mereka meledek kamu paling lama lima belas menit, trus tanya apa dia mau kamu boker di depan hidung dia? 6. Ulangi lagi proses di atas setiap ada yg ngajak tawuran, selamat deh kamu skolahnya. Sambil belajar ygserius buat kuasai skill dunia kerja atau kerjakan soal” tes masuk PTN. Biarkan para penggemar jalan kematian memilih jalan mati dg clurit di kepala, gigi rontok, kpala pecah atau lainnya, kamu pilih jalan nikmat walau pake sedikit malu dikagain penakut ga brani tawuran, krn lebih baik tawurannya sama gadis idaman aja nanti kalo dompet kamu udah tebel, drpd skarang tawuran dg sesama orang miskin yg bingung mo makan ataw kerja apaan. Ada saran laen?


Leave a comment

Asyiknya Belajar Dengan Teknologi

Murid SD sudah banyak yang punya blog, bagaimana Gurunya?

Motivator Pendidikan Kreatif

namin ab dan peserta

Foto : Saya, Peserta dan Pak Dedi Dwitagama, Saat menjadi Pembicara Pelatihan Guru NgeBlog angkatan 5 Kota Bandung

Menjadi seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Bahkan buat saya ini merupakan “Passion” saya,  saya sangat menikmati aktivitas sebagai seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger, maka saya sering memperkenalkan diri sebagai seorang Educator, Blogger, Motivator dan Trainer Pendidikan. Bagi saya teknologi dan internet merupakan instrumen yang sangat penting dalam mendukung aktivitas saya sebagai seorang guru, bagi saya hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

View original post 1,376 more words


Leave a comment

SAYA SEKARANG MENIKMATI MENJADI SEORANG GURU BLOGGER, BAGAIMANA DENGAN ANDA?

Sudah punya blog, murid SD sudah banyak yang punya, gmn anda?

GEO WEBCLASS

Sekitar 4 tahun yang lalu atau tepatnya pada Mei 2010 saya lulus kuliah dari Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada program studi Pendidikan Geografi. Tak lama setelah itu saya menjadi guru hononer di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah tempat saya mengajar letaknya di wilayah desa terpencil di pegunungan dan tentu saja fasilitas internet dan komputer sulit didapat. Jadi ketika itu saya belum pernah sedikitpun tahun dengan namanya blog apalagi cara mengelolanya.

View original post 1,068 more words


Leave a comment

Sepeda motor modifikasi yang bikin lelaki muda itu berhenti sekolah

20141106-125645.jpg
Ada murid lelaki di kota besar
Yang diterima di sekolah negeri tingkat lanjutan
Tak perlu membayar apapun ke sekolah
Semua gratis
Bahkan pemerintah kasih KJP
Sebuah kartu yang membuatnya menerima uang
Ratusan ribu rupiah jumlahnya setiap bulan
Untuk kebutuhan ongkos,mseragam, dsb

Ayahnya sudah meninggal saat dia kecil
Ibunya bekerja jadi buruh cuci
Mungkin agar semangat berangkat ke sekolah
Ibunya membelikan sepeda motor bekas untuk anaknya
Pelunasan dilakukan secara kredit

Anak lelaki itu senang bersepeda motor
Pulang sekolah atau saat libur kumpul sesama pemotor
Hingga suatu saat dia minta dibelikan sepeda motor modifikasi
Ibunya tak punya uang buat membeli yang dimau anaknya
Si anak mengancam tak mau sekolah jika tak dibelikan

Ibunya tak punya cukup uang buat membeli
Si anak makin jarang sekolah
Enggan dibangunkan pagi hari buat sekolah
Alasannya selalu karena motor modif yang diinginkan

Wali kelas dan guru BK di sekolahnya memanggil berkali-kali
Kunjungan ke rumah dilakukan sudah
Si anak tetap dengan ancamannya
Dan anak lelaki itu berhenti sekolah


3 Comments

Mau tahu Ciri-ciri sekolah yang bagus? #2

Seragam yang keliru

Ilustrasi

Gampang aja:

1. Lihat penampilan anak-anak sekolah saat datang atau pulang sekolah di pintu gerbang sekolah atau di lingkungan sekolah, jika anak-anak berpenampilan rapih, bertindak sopan dengan teman-teman dan gurunya, maka sekolah itu boleh dinilai bagus.

Jika anak-anak berpenampilan sembarangan, cenderung seenaknya, suasana interaksi antar murid tak nyaman di telinga, banyak kata-kata tak sopan yang keluar dari mulut anak-anak, bisa diduga sekolah itu tak bagus.

2. Browsing nama sekolah yan mau anda tahu di Google.com, jika banyak info-info yang bagus, foto-foto bagus dan video bagus tentang sekolah itu maka bisa diduga sekolah itu di kelola dengan baik, karena banyak dokumenasi baik yang tayang di dunia maya.

Jika arsip di Google tentang sekolah itu isinya jelek-jelek, maka pertimbangkan kembali untuk tidak menyekolahkan anak anda disana, sekolah itu tak diurus dengan baik.

 

Selanjutnya? liat di posting-posting mendatang.


1 Comment

Mau tahu Ciri-ciri sekolah yang bagus? #1

ilustrasi

ilustrasi

Gampang aja:

1. Lihat pintu gerbang dan sekitarnya, kalau gerbang dana sekitar nya bersih, terawat, pintunya berfungsi normal, tak ada coret-coretan di dinding pada pintu dan tembok sekitar pintu, itu salah satu curu sekolah bagus.

Jika pintu gerbang rusak, di sekitar gerbang berantakan, taman tak terurus, banyak coretan di pintu atau tembok, pertimbangkan kembali untuk tidak menyekolahkan anak anda disana, sekolah itu tak diurus dengan baik.

2. Ngobrol sama pedagang di warung terdekat sekolah sambil sekedar membeli permen, air mineral atau lainnya, tanyakan apa saja tentang sekolah yang ingin anda ketahui, jawaban pedagang biasanya jujur, tak ditutup-tutupi sesuai pengetahuan dia lewat pengamatan, interaksi dengan pelajar, guru atau siapa saja di sekolah dekat warungnya. Jika jawaban pedagang itu bagus, boleh pertimbangkan untuk menyekolahkan anak anda disana.

Selanjutnya? liat di posting-posting mendatang.