Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Senioritas itu bagian dari latihan Leadership di Sekolah bisa cegah kekerasan atau sebaliknya

Leave a comment

2015/01/img_3572.jpg

2015/01/img_3580.jpg

2015/01/img_3574.jpg

2015/01/img_3584.jpg

2015/01/img_3600.jpg

2015/01/img_3614.jpg

2015/01/img_3612.jpg

Dalam kehidupan real di masyarakat senioritas adalah hal yang tak bisa dicegah, karena ada yang lebih tua dan kebih muda, jika peran, tugas dan tanggung jawab disepakati dan dijalankan dengan baik, maka hidup jadi nyaman dan produktif.

Kehidupan di Sekolah adalah model dari masyarakat real di kehidupan nyata, Guru sebagai orang tua, ada kakak tertua dan adik bungsu yang baru masuk sekolah, jika semua warga sekolah menyadari apa misi utama yang dijalankan sekolah, misalnya untuk SMK menyiapkan murid untuk memasuki dunia kerja, kuliah di perguruan tinggi atau wirausaha, maka semua kegiatan harus bermuara ke tiga hal itu, semua interaksi harus mengarah kesana.

Kakak-kakak senior dilibatkan sejak menyeleksi adik kelasnya sesuai kriteria penerimaan siswa baru di sekolah, mereka dipilih dari anggota OSIS atau aktifis ekskul diberi pelatihan selama beberapa hari tentang program penerimaan siswa baru, teknis pelaksanaan, latihan atau simulasi, pemahaman format-format, dsb.

Pada proses pelatihan diberikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh senior kepada adik kelasnya serta konsekwensi atau sangsi jika terjadi pelanggaran, demikian juga untuk junior atau anak baru, diberi tahu tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh junior kepada kakak kelasnya atau rekan se kelas serta konsekwensi atau sangsi jika terjadi pelanggaran, sehingga tumbuh perasaan sayang, saling membimbing dan kerjasama.

Sebelum Masa Orientasi Sekolah atau MOS, murid senior yang akan menjadi panitia juga melalui seleksi dan pelatihan beberapa hari tentang semua hal yang akan dilakukan saat MOS, dengan trainer Anggota TNI yang juga menjadi trainer saat MOS untuk semua murid baru. Murid Senior menjadi asisten trainer para tentara di lapangan, in jugasuatu proses pendidikan leadership yang luar biasa, semua dilatih jadi pemimpin buat dirinya sendiri dan orang lain. Kepada semua panitia dan peserta diberi tahu hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh senior kepada adik kelasnya atau sebaliknya serta konsekwensi atau sangsi jika terjadi pelanggaran.

Setelah MOS , saat proses belajar, kegiatan ekskul, praktek, dsb, murid senior menjadi petugas membimbing adik kelasnya untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau mendampingi saat ada kegiatandi luar sekolah seperti lomba, kompetis, dsb. Ketika kerjasama murid menghasilkan prestasi sekolah memberi apresiasi dengan memberi penghargaan di hadapan semua teman, guru dan warga sekolah.

Jika terjadi tindak kekerasan yang dilakukan senior kepada adik kelasnya atau sebaliknya pembina siswa segera memanggil fihak-fihak yang terlibat dan menjatuhkan sangsi sesuai kesepakatan yang sudah ditandatangani di awal tahun ajaran, pelaku kekerasan dikembalikan kepada orang tuanya atau dikeluarkan dari sekolah.

Tibalah saatnya senior mengikuti ujian nasional, beberapa dari mereka yang memperoleh nilai terbaik diberi penghargaan di hadapan semua warga sekolah dan diberi kesempatan berbicara bagaimana bisa meraih prestasi tertinggi di hadapan adik kelasnya.

Senioritas itu jika dikendalikan dengan baik bisa memberi manfaat dan melatih karakter kepemimpinan anak didik, bagaimana di sekolah anda?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s