Blog Pendidik

@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan

Pasar tradisional buat belajar karakter

3 Comments

IMG_4287
fotokita.net

Jika anda ingin mempelajari katakter manusia, datanglah ke pasar tradisional pagi hari, cari posisi dimana anda bisa duduk santai mengamati orang-orang yang masuk dan keluar dari pasar, perhatikanlah dengan seksama pengunjung pasar, apa yang anda lihat?

Kecantikan alami.
Saat bangun tidur, kita dapat melihat level kecantikan seseorang, mereka belum mandi, tak bermake up, sering mereka seperti mengenakan pakaian tidur langsung ke pasar. Yang tak cantik tampil asal membuatnya makin kurang sedap dipandang juga tak sedikit.

Semangat hidup.
Perhatikan pengunjung pasar yang bersemangat datang ke pasar dengan bergairah, siap dengan rencana atau catatan apa yang akan dibeli pagi itu, terlihat dari matanya yang bersemangat dan gerakan badanaya yang lincah, fokus ke lokasi-lokasi yang sudah direncanakan dan segera meninggalkan pasar setelah selesai.

Masuklah ke pasar, amati transaksi pedagang dan pembeli, prosesnya akan sangat cepat jika pembeli dan pedagangnya memiliki semangat hidup yang menyala, sering diiringi senyum dan saling menyapa.

Pengunjung yang kurang semangat hidupnya sering tampak bingung di pasar, berjalan kesana-kemari dengan tatapan kurang fokus, demikian juga dengan pedagangnya, mereka terlihat kurang bergairah dan menjalankan usahanya secara santai.

Peduli kesehatan.
Amati bentuk tubuh pengunjung, ada yang sangat ideal dan terlihat sehat, lihat apa yang dibeli di pasar, biasanya bahan makanan yang sehat, lihatlah mereka yang berukuran jumbo, bafang belanjaannya bisanya kurang sehat & umumnya bisa sgera dinikmati, kadang mereka mencari makanan matang yang siap di santap begitu tiba di rumah atau mereka langsung menikmati makanan di di pasar.

Apalagi yang bisa anda pelajari di pasar?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

3 thoughts on “Pasar tradisional buat belajar karakter

  1. sy pernah kerja di warung makan selama setahun, pagi setelah subuh dan sore setelah asar ke pasar, sy termasuk yang ke luar masuk itu …..🙂
    kerja keras🙂

  2. Matur suwun Pak Guru hebat sampun berkunjung dan komment blog sy, smg bapak sukses dan sehat slalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s