Blog Penv4x3333didikc g

@dwitagama: ter tumbuh dar i pemgt6. Vgbiasaan

Tips menghijaukan sekolah

Leave a comment

 

Perhatikan lingkungan sekolah Anda, berdirilah atau duduk di salah satu sudut sekolah, lalu arahkan pandangan ke sekeliling sekolah: hijau, teduh, asri, gersang, kering, berdebu, atau ……..?

Awal tahun ajaran adalah saat yang tepat untuk merubah sekolah Anda menjadi lebih baik sehingga membuat semua warga sekolah lebih betah berada di sekolah dan produktif menghasilkan karya karena udara segar memberi asupan oksigen yang berlimpah untuk bernafas warga sekolah, berikut ini adalah tips menghijaukan sekolah.

1. Bicarakan dengan dinas pertamanan, teman guru, tata usaha, murid atau orang tua atau siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap perbaikan mutu lingkungan hidup di sekolah.

2. Tentukan lokasi, areal atau wilayah mana yang akan ditanami pohon, perhatikan kondisi tanah di lokasi itu, jika dirasa kurang baik, buatlah galian tanah untuk diisi tanah yang baik disertai pupuk, biarkan selama beberapa hari sebelum ditanam.

3. Tentukan jenis tanaman yang akan ditanam, usahakan diperlihatkan kepada semua warga sekolah, diserta dengan kriteria, nama, jenis, warna, tinggi, dsb, bahkan beri tahu dimana bisa didapatkan pohon tersebut dengan harga kisarannya, dll.

4. Tugaskan setiap murid lama untuk membawa satu pohon, murid baru membawa dua atau tiga pohon, bahkan guru-guru dan tata usaha bisa juga dikerahkan untuk membawa pohon, beri jarak bebebrapa hari, lebih baik seminggu, sejak pemberian informasi hingga hari eksekusi membawa dan menanam bersama.

5. Pilih momen yang bagus untuk kegiatan menghijaukan sekolah seperti, upacara pertama, hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda, hari pahlawan, hari lingkungan hidup, ulang tahun sekolah, ulang tahun kota, tahun baru,,dsb.

6. Foto lingkungan sekolah anda sebelum penghijauan, dokumentasikan saat acara penenaman pohon, dan abadikan setelah pohon-pohon yang ditanam tumbuh, cetak dan display di mading sekolah atau website sekolah.

7. Pada hari yang ditentukan siapkan beberapa tenaga ahli, biasanya kita bisa minta bantuan tukang taman, penjual tanaman atau siapa saja yang peduli terhadap lingkungan untuk membantu semua warga sekolah menanam pohon yang dibawa sehingga bisa memperbesar peluang tanaman untuk tumbuh subur. Semua warga sekolah menanam sendiri pohon yang mereka bawa, tenaga ahli memberi bantuan, pendampingan dan arahan agar proses penanaman memberi hasil yang baik.

8. Beri pupuk kandang atau pupuk lainnya untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan menyehatkan pohon.

9. Tugaskan tata usaha atau seseorang sebagai perawat tanaman yang menyiram, memberi pupuk, memangkas, membuah daun atau batang yang mati secara rutin. Murid yang terlambat atau bermasalah bisa diberi tugas menyiram pohon atau memberi pupuk sebelum masuk sekolah (daripada diberi hukuman yang kurang bermanfaat).

10. Lakukan studi banding, melihat, memotret lingkungan sekolah lain yang bagus, sehingga diperoleh info jenis pohon, lokasi menanam, cara pengerahan, dsb. Lakukan perbaikan terhadap proses pengelolaan lingkungan di sekolah anda sesuai kebutuhan.

11. Pohon-pohon yang mati harus segera diganti sesuai dengan jenis pohon yang rencanakan di lokasi itu, perhatikan kondisi tanah atau penyebab lain yang membuat pohon itu mati, segera perbaiki masalahnya, dan tanami kembali tanah yang kosong.

12. Penggunaan pot yang terbuat dari tanah, keramik atau plastik sebaiknya dihindarkan kecuali untuk dekorasi di dalam ruangan, karena tumbuhan dalam pot tak memperoleh gizi yang cukup untuk pertumbuhannya, seperti memelihara burung dalam sangkar yang tak sebaik melepasnya di alam terbuka. Tumbuhan untuk dekorasi dalam ruangan sebaiknya di ganti beberapa hari sekali, dikeluarkan dari ruangan diletakkan di tempat terbuka yang kena sinar matahari, diberi pupuk dan disiram.

13. Jangan biarkan ada tanah yang menganggur tak ditanami, karena tanah menyuburkan tanaman, memproduksi oksigen untuk bernafas, memberi hijau dan keteduhan di pandang maupun dirasakan saat anda berteduh di bawahnya, kekayaan Indonesia yang memiliki jutaan jenis tanaman bakal memberi pengalaman dan kebahagiaan yang dahsyat sambil mencegah bumi jadi gersang tak enak dipandang.

14. Eksperimen mengkombinasikan warna tanaman, karakter, fungsi, dsb akan mendorong gairah warga sekolah untuk terus menanam dan merawat lingkungan sehingga menjadi nyaman untuk dihuni untuk mendorong kita makin produktif dalam hidup yang cuma sebentar ini, selamat hijaukan sekolah anda.

Punya tips lain?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s