Blog Pendidik


Leave a comment

Caption instagram alumni Kapal, SMKN 29 Penerbangan Jakarta

Keren banget, warbyasa Ajeng, smoga kamu sukses ya cyiiin, begini captionnya: 

#Repost @jengajengrahayu

Dari instruktur, penerbang, avionic, engineer, foo, etc.

“Wah kenal ini gak, kenal anu gak? Kamu angkatan berapa?”

“Ya dulu gua bandel, tapi buat apalah kaya gitu lagi. Gak ada gunanya! Cuma bikin cacat diri gua doang”

“Gua dulu emang dah basis xx gua bandel, tapi ga guna deh dek kaya gitu gituan, udah bikin nama sekolah jelek di mata perusahaan”

kalo kata slogan awaw “bandel boleh goblok jangan” jangan diikutin. Sesat. Alumni aja yang dulu bandel malah ngingetin supaya gak jadi kek mereka. Hehe ✌✌

Advertisements


1 Comment

Perokok itu hebat

Pada suatu siang yang terik saya menjumpai supir angkot yang merokok, setelah menghisap rokok dia hembuskan asap, hidungnya merespon seperti menolak asap, matanya juga berkedip layaknya hendak menghalau asap. Kemudian dia pejamkan mata seperti sedang menelan atau menikmati sisa asap di tenggorokannya.

Dihisapnya lagi rokoknya, dan diulangi lagi, hembuskan asap, matanya dipejamkan sambil menggelengkan kepala seperti menolak asap … Badannya kurus, kulitnya legam seperti terbiasa bermain oli.

Perokok itu hebat, berkorban menyakiti diri buat bikin kaya orang yang sudah kaya, beli sesuatu cuma buat dibakar dan tak dihisap abis, dikunyahpun tak … kalo kamu?

Saya tak membahas kelakuan merokok di siang hari saat bulan puasa, saya juga tak menghormati dia yang tak puasa, saya cuma kasihan … mungkin dia tak sekolah, kalaupun sekolah barangkali dia tak sempat naikan kualitas kemampuan berfikir otaknya hingga bersedia membayar untuk membunuh dirinya sendiri.

Kenapa sekolah tak mampu membuat penduduk negeri ini mampu berfikir baik dan melakukan yang terbaik buat dirinya sendiri, kalu dia biasa menyakiti diri sendiri, membunuh dirinya sendiri, bagaimana mungkin dia sayang orang lain dan mau membela orang lain, bangsa dan negara? Menurut anda?


Leave a comment

Membereskan kenangan, memunculkan bahagia dan semangat bersama KAPMI DKI Jakarta, DPF, MOTIVATOR PENDIDIKAN, proud of you guys

Weekend adalah saat yang tepat membereskan banyak hal, termasuk membereskan kenangan, jejak-jejak perjalanan lewat plakat dan sertifikat, kenangan yang melekat semoga tertanam pekat di memori yang jadir pafa sessi.saya, selengkapnya bisa dinikmati disana.


Leave a comment

Sosmed gubernur dan mahasiswa

Pagi hari ini dan pagi hari kemarin setelah kabar pencalonan dua calon gubernur saya memantau trending topik di twitter, sebelah kiri itu pencalonan pertama, kanan yang kedua, apakah artinya?

Saya juga beekomunikasi dengan mahasiswa UNJ mempersiapkan acara oktober nanti, begini promo di medsos mereka:

#Repost @achmadmirzaid with @repostapp

・・・

“Idola merupakan seseorang yang memiliki nilai lebih bagi penggemarnya, baik dari segi penampilan, prestasi dan lain sebagainya. Itulah alasan mengapa seorang idola dapat menjadi inspirator dalam segala hal, bahkan dijadikan motivasi untuk menuju kesuksesan. Lalu, seperti apasih tipe idola yang tepat untuk dijadikan motivator? dan bagaimana dengan motivasi sukses yang lainnya?” 🔥Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Jakarta Dengan Bangga Mempersembahkan!!!🔥 📢 *SEMINAR PENDIDIKAN* dengan tema *PROGRESS (Pressing of Generation Success) 2016* 📢 👉 *SUKSES KARENA PRESTASI BUKAN SENSASI* 👈 📣 Bincang Inspirasi dan Berbagi Motivasi Bersama :

👨 *Dedi Dwitagama, M.Si* (Pendidik, Trainer, Motivator)

👧 *Bella Almira* (Juara 1 Hijab Hunt 2015, Pendidikan Matematika UNJ 2015) 📆 Sabtu, 8 Oktober 2016

🏠 Gd. Sertifikasi Guru Lt.8, kampus A UNJ

⏰ 08.00 WIB s.d. Selesai
Pendaftaran

Ketik: Daftar NFEF_Nama_No Hp_Pekerjaan

Kirim ke CP: 081219821768
Ex: Daftar NFEF_Fulan_081234455689_Mahasiswa UNJ

Lalu kirim ke 081219821768
Kamu akan mendapatkan📢

📜 Sertifikat

📖 Ilmu yang bermanfaat

🍱 Snack

🎁 Seminar kit

✨ Motivasi dan Inspirasi 💰HTM:

✔ OTS : 30k

✔ Pre-Sale : 25k
Pembayaran bisa langsung ke:

🏤 Sekretariat HIMAP PLS @Gd. Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan Lt. 3, Universitas Negeri Jakarta 💸 Atau transfer ke

127-00-0721705-0 a/n. Mayang Salsabila Lubis (Rek. Mandiri)
Dan kirim *bukti* pembayaran ke CP 081219821768 (via whatsapp)
Yuk buruan daftar, mulai tanggal *23 SEPTEMBER 2016 – 6 OKTOBER 2016* loh, kuota terbatas!💃🏻 📞More Information :
Facebook Page: https://m.facebook.com/HMJ-PLS-UNJ-143242312418850/

Facebook People: Himappls Unj

🐤 @himapplsunj

📷 @himapplsunj

🆔 line :  @lgg6371f | http://line.me/ti/p/%40lgg6371f

AskFm: @HIMAPPLSUNJ

📱: 081219821768 (WhatsApp/SMS)
Datang kuuuy


1 Comment

Medokumentasikan sendiri

Sekarang, kerja multi tasking sudah jadi hal yang biasa, saat sharing di Surabaya 16 September 2016, Saya merekam video dengan menggunakan HP, langsung posting di Youtube di ruang itu (karena wifi nya bagus), saat closing videonya ditayangkan  … pesertanya senang sekali, semoga bermanfaat, kabar lengkap training Saya bisa dinikmati disini.


Leave a comment

Melatih karakter kreatif, bekerja sama dan produktif


Lewat tugas mata pelajaran apapun, murid bisa ditugaskan membuat viedo dan upload di youtube, hal ini melatih mereka bermusyawarah, memutuskan sesuatu, merencanakan, melaksanakan kesepakatan, bekerja sama, kreatif, produktif dan orientasi pada hasil, good job cyiiin, bikin video lagi kuuuy.


Leave a comment

Negara Hukum yang tak menjalankan Hukum

Apakah mereka tak sekolah?
Jika orang tua tak mampu lagi kendalikan anaknya, sekolah tak peduli lagi pada karakter muridnya, negara seolah tak melihat ada masalah, padahal sudah ada aturan atau hukum yang bisa memenjarakan penjual rokok kepada anak yang belum dewasa.

Film diatas jelas sekali lokasi dan pelakunya, sudah tayang bertahun-tahun di youtube, kenapa perokok makin banyak di negeri ini?


Leave a comment

CFD sambil belajar Penerapan Matematika dalam Kehidupan sehari-hari & share di Youtube

Keren guys, kamu sudah menggunakan gadget atau HP kamu untuk keperluan yang posotif dan kenangannya bisa dinikmati orang se dunia dalam jangka waktu yang panjang, insert lagunya kereeen, good job, bikin lagi kuuuy.


4 Comments

Gaya Bicara Anak Sekolah Jakarta tahun 2016

bego

A: Hei, kemana aja elo BEGO,
B: Gue ga kemana-mana, lagi mikirin elo yang TOLOL banget,
C: ANJAY dah, orang BEGO dan TOLOL ga pernah akur,
D: kalo cuma begitu mah artinya mereka lagi akur NYET
A: dasar pada kaya KUNYUK, jam makan siang nih, ke kantin KUUUY
B: kuuuuy hal, daripada elo pada laper terus jadi GALAK, mendingan elo kenyang tapi BEGO,
C: kuuuy ah, keburu bel BEGOOOO
D: MONYET lo, buru-buru banget
A: ANJAAAS nih, udah pada kaya KUPROY kelaperan semua
B: nanti jam pelajaran abis istirahat pada BOCAN deh di kelas
C: ati-ati lo, Bu itu kan BAPERan orangnya
D: iya, dia mah selalu aja marah di kelas gua mau PEEMES kali
A: so tau lo MASTENG, Ibu itu kan udah MENOPOS
Saya: wah, ada orang-orang BEGO dan penghuni kebon binatang lagi kumpul ya?
B: eh, Bapaaaaak CAPCUS dulu ya Pak.

Mereka berlarian ke kantin Sekolah


Leave a comment

Korban Rokok: Rakyat seolah tak berdaya

“Pemerintah harus menutup pabrik rokok”.
Demikian yang sering rakyat katakan, kalau rokok masih dijual di warung, maka rakyat masih membelinya.

Jika masih banyak penjual rokok, tetapi karena rakyat sadar terhadap perawatan kesehatan dirinya tidak membeli rokok, maka penjual rokok akan berhenti, tak berdagang rokok lagi, pabrik rokok pun akan berhenti berproduksi dan pindah ke negeri yang masih banyak perokoknya.

Dulu di negeri paman besut ada rokok bermerek VIP dan COMODORE, sekarang tak ada lagi yang menjual rokok itu, karena tak laku. Warung, tokok, pabrik itu hanya menjual dan memproduksi barang yang laku di pasaran, kalau tak laku makan barang itu tak akan diproduksi dan tak dijual lagi.

Masih merasa jadi korban dan tak berdaya?


Leave a comment

Perokok itu Hebat, Dia Pahlawan, apakah perlu dimakamkan di TMP Kalibata?

Mereka pahlawan
Karena pada 2016
Indonesia jadi peringkat satu di dunia
dengan 90 juta perokok kalahkan Rusia & Cina
yang penduduknya dua milyar.

Kehebatan berikutnya,
Perokok telah mampu mengkader 239 ribu anak dibawah 10 tahun.jadi perokok,
Padahal partai tertua di Indonesia susah sekali mencari kader yang baik.

Kehebatan berikutnya,
Perokok telah mampu membuat 1,2 juta anak Indonesia di bawah 14 tahun merokok,
Sebagian dari mereka menghabiskan 40 batang sehari.

Jasa luar biasa lainnya adalah
Keberhasilan menghimpun anak-anak & remaja 51,7 % dari 90 juta perokok,
Hasil kerja regenerasi yang luar biasa.

Setahun perokok habiskan 260 milyar batang rokok,
Kalau satu batang Rp 1.000, maka Rp 260 triliun dibelanjakan peeokok,
Diperkirakan, pada 2020 para perokok bakal belanjakan Rp 520 miliar,
Transaksi belanja yang luar biasa.

Perokok menyumbang cukai Rp 180 triliun untuk APBN,
Rokok juga terbukti mampu membuat tenang penduduk negeri
Yang tak punya pekerjaan hingga pemilik kerajaan bisnis,
Rokok selalu setia menemani penduduk setiap hari.

Perokok itu hebat
Walau dokter telah mengoperasi organ tubuhnya,
Dia tetap setia pada rokok
Memberi rejeki pada pedagang asongan rokok
Di lampu merah, di gerobak pinggir jalan
Pada supermarket besarpun perokok berbagi rejeki.

Perokok itu hebat,
Perokok itu pahlawan,
Perokok itu berani mati,
apakah perlu dimakamkan TMP Kalibata?


2 Comments

Mengenang Papua 2005

Seorang sahabat menghubungi Saya membicarakan rencana kerja bareng beberapa hari ke depan, berbuntut membongkar file foto-foto kenangan di Papua 2007, dimana kami pernah kerja bareng.

Foto paling atas di Pantai Hamada Jayapura, di bawahnya view di bukit Mac Arthur dan paling bawah bareng trainer dan Panitia BNN RI dan BNNP Papua pada kegiatan Indonesia Australia Spesialized Training Program, Nopember 2007.

Saya sangat terkesan hingga selalu ingin menyanyikan lagu Tanah Papua karena musik.dan syairnya yang luar biasa, vokalnya jugaaaaa, miss u all.


Leave a comment

Gairah Mengabarkan Kebaikan di Sekolah menggelorakan Semangat Berbuat Baik, bikin gampang cari Presiden dan Gubernur, tak perlu impor

Di Negeri Paman Besut, ada orang yang gemar menggunakan media sosial untuk mengabarkan kegiatan, fikiran, ide dan berbagai hal yang berhubungan dengan dirinya sehingga setiap hari wajahnya selalu muncul di media sosial dan mass media mainstream, seolah mendapat angin segar promosi dirinya, dia terus menggeliat, mempublikasikan dan mengoptimalkan media sosial dan mass media mainstream hingga dirinya menjadi walikota, gubernur hingga presiden.di negerinya.
Ada orang yang meniru kelakuan orang di atas, mengabarkan semua kegiatannya di mass media dan mengoptimalkan media sosial, sehingga setiap hari wajah dan pemberitaan tentang dirinya selalu muncul di mass media mainstream dan media sosial, hingga orang itu menjadi gubernur dan berniat jadi gubernur lagi hingga ingin jadi presiden (desas desus kabar yang beredar).

Dikabarkan, mereka berdua mengelola tim pemberitaan yang terdiri dari media mainstream dan media sosial, bahkan pada satuasi tertentu tim mereka dikumpulkan di suatu tempat untuk koordinasi dan melakukan tugas pemberitaan.

Kepala Dinas pendidikan salah satu kota di negeri itu menduplikasi semangat memberitakan dengan menugaskan semua kepala sekolah TK, SD, SLTP dan SLTA di kotanya untuk membuat berita setiap hari minimal satu berita di berbagai platform seperti website, blog, facebook, twitter, inatagram, youtube, steller, dsb.

Maka setiap hari bertebaran ribuan berita baik dari ribuan SD, ribuan SLTP, dan ribuan SLTA negeri dan swasta di kota itu. Berita-berita baik dari sekolah di kota itu menghujani media sosial dan masuk radar media mainstream hingga televisi, radio, koran dan majalah datang berkunjung ke sekolah mengkonfirmasi kabar yang beredar di media sosial.

Ada sekolah yang secara kreatif fan terkonsep melibatkan semua guru, karyawan dan murid. Jika semua warga sekolah posting satu berita di satu media yang dia suka maka betapa banyak berita baik sekolah itu beredar secara gratis tanpa mengeluarkan biaya, apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini proses itu dapat dikerjakan hanya menggunakan telepon genggam (seperti tulisan yang anda baca ini saya tulis denga telepon genggam).

Jika semua warga sekolah sudah terbiasa memberitakan kebaikan maka secara langsung mereka audah melakukan kegiatan promosi sekokahnya, kota dan penduduknya. Jika dua orang di atas bisa jadi presiden dan gubernur karena kedadaran memberitakan kebaikan, maka kegiatan memberitakan sekolah akan melahirkan kepala sekolah yang sadar dan memanfaatkan teknologi untuk pendidikan, guru-guru yang terampil menulis dan memberitakan, murid-murid yang krearif bercitarasa seni dan memanfaatkan gadget untuk kebaikan.

Andai 300 murid dan 20 guru di sekolah memberitakan satu kebaikan setiap hari, maka seminggu ada 1.600 berita, sebulan ada 4.800 berita baik sekolah anda. Jika 600 murid sekolah andan dan 40 gurunya, maka 3.200 berita kebaikan setiap minggu dan 9.600 berita baik tentang sekolah anda setiap bulannya.

Jika ribuan sekolah memberitakan ribuan kabar baik, maka dunia maya akan penuh dengan kebaikan dan pasti akan berdampak pada dunia nyata yang bakal dipenuhi kabar baik sehingga jika ada berita guru yang dilaporkan atau murid mati tawuran tak lagi jadi trending berita karena tertutup oleh jutaan berita baik yang diproduksi oleh warga sekolah.

Beritakan kebaikan yuuuuuk.


2 Comments

Guru paling istimewa di Sekolah

Di Negeri Paman Besut, pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Tingkat Atas murid diberi banyak mata pelajaran, begini profile Guru-guru di Negeri itu.

GURU PALING BAIK.

Sadar dan faham benar bahwa Allah melihat setiap perbuatan manusia dan akan membalas setiap kebaikan yang dilakukan walau sebesar pasir, maka Guru Pendidikan Agama menjadi guru yang terbaik di Sekolah, karena selalu memberi contoh perbuatan baik, mengajarkan murid berbuat baik, tak pernah menghitung balas jasa atau upah, tak marah jika tunjangan sertifikasi atau haji terlambat turun bahkan tak diberi upah sekalipun guru pendidikan agama tetap mengajar secara serius, dilihat maupun tak dilihat oleh rekan guru atau Kepala Sekolah, karena guru agama selalu merasa yakin bahwa Tuhan ada di dekatnya, dan Tuhan sudah mengatur rejeki yang bakal diterima olehnya di dunia. 

Bahasa menjadi pengantar mempelajari budaya suatu Bangsa dan nilai-nilai budaya setiap Bangsa pasti menuntun warga  negara menuju kebaikan dan kehidupan yang lebih baik, Bahasa Negeri Paman Besut memiliki banyak sekali peribahasa atau syair-syair yang menuntun pembacanya menjadi manusia terpuji, misalnya; peribahasa berakit-rakit ke hulu, berenang ketepian, gajah mati meninggalkan gading dan harimau mati meninggalkan belang, dsb. Guru Bahasa yang menguasai dan yakin pada ilmunya akan bekerja keras memberi pelayanan yang terbaik untuk sekolah dan murid-muridnya, Dia akan menjadi guru terbaik di sekolah karena yakin bahwa perbuatannya akan dikenang saat dia sudah berpulang menghadap Sang Pencipta.

Guru Pendidikan Agama dan Bahasa juga sangat baik dalam memberi nilai kepada muridnya karena yakin bahwa kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan balasan dan dikenang hingga akhir zaman. 

GURU PALING SEHAT.

Mempelajari anatomi tubuh, perawatan kesehatan, mengoptimalkan fungsi tubuh saat kuliah, Guru Olah Raga atau PENJASKES jadi guru yang paling sehat di Sekolah, Dia selalu segar, sehat, tak pernah sakit, sering menolong rekan Guru atau murid yang sakit di sekolah, Dia juga senang membantu sekolah mengelola lingkungan agar nyaman dihuni dan mendorong pencapaian sehat yang paripurna.

GURU PALING RAPIH.

Guru yang saat kuliah belajar tata busana, dia pandai memadukan busana sesuai kegiatan di sekolah, sehingga guru itu selalu rapih dan enak dilihat setiap saat.

GURU PALING CANTIK. 

Guru yang pernah kuliah di jurusan tata rias, sehingga dia mampu merias dirinya sehingga terlihat cantik setiap saat, termasuk ketika di sekolah. Guru itu juga mampu dan terbiasa memunculkan inner beauty atau kecantikan dari dalam dirinya hingga jadi pribadi yang menyenangkan bagi rekan guru dan muridnya di sekolah.

GURU PALING UPDATE & EKSIS DI GOOGLE.

Guru pengajar komputer, coding, KKPI adalah guru yang paling update karena terbiasa ngoprek teknologi, mengunduh dan memanfaatkan aplikasi android, termasuk memanfaatkan media sosial, sehingga guru itu selalu menjadi tempat bertanya teman-teman guru dan muridnya mengenai teknologi dan media sosial. Ketika nama sekolah di search di Google, nama guru itu banyak muncul, termasuk ketika nama guru itu di search di Google. 

GURU PALING HAPPY.

Guru Seni Budaya adalah guru paling happy di sekolah karena saat susah atau ada masalah selalu bisa menghibur dirinya dengan musik, menyanyi, film, melukis, dsb. Guru seni budaya selalu happy dimanapun berada.

GURU PALING ISTIMEWA.

Guru paling istimewa bisa mengajar apa saja, tetapai setiap hari dia baik, sehat, rapih, cantik atau ganteng, selalu update,  eksis di google dan selalu happy. Jika anda murid, silahkan tulis guru istimewa yang pernah kamu kenal pada box komentar, jika anda guru, bagaimanakah image anda?


Leave a comment

Berkicau agar tak galau

Saya menulis, merespin bacaan di media cetak akhir-akhir ini, supaya tak galau dan berujung baper, lebih baik menulia di twitter dan capture buat posting di blog ini. Terima kasih telah berkunjung dan komentar, semoga September ceria menemani anda dan keluarga, happy deh, alhamdulillaaah.