Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

7 Jenis Guru di Sekolah

Leave a comment

  

Sejak di Play Group hingga SLTA siapa Guru kamu yang paling berkesan dan tak akan kamu lupakan? Jika ada banyak Guru yang masih kamu kenang hingga sekarang setelah berpuluh tahun menjadi alumni dari sekolahmu dulu … artinya kamu sangat beruntung karena pernah berada di sekolah yang hebat yang punya guru-guru hebat hingga sulit dilupakan hingga waktu berjarak puluhan tahun.

Ada beberapa jenis guru yang bisa kamu jumpai di sekolah, diantaranya:

1. Guru yang mengajar pakai hati.
Guru yang tak hanya mengajarkan mata pelajaran yang diampu, guru jenis ini bisa jadi sahabat yang menyenangkan buat banyak muridnya, sering menanamkan nilai-nilai moral agar muridnya bisa jadi orang yang berkarakter baik dan sukses di masa dapan. Guru ini biasanya dikenang muridnya hingga jangka waktu yang panjang. Guru jenis ini hafal banyak nama muridnya, sering jadi rebutan bersalaman saat jumpa, sering diminta berfoto bareng dan diunggah di media sosial.

2. Guru yang lucu.
Guru yang selalu berusaha bisa tertawa bersama di kelas atau dimanapun saat bersama dirinya, belajar dibawa santai dalam riang gembira. Murid yang kurang baik disindir dengan cara bergurau dengan lucu-lucuan dengan maksud mengingatkan agar berubah jadi baik, umumnya guru jenis ini tak pelit dalam menilai, karena dia selalu berharap muridnya senym atau tertawa saat berjumpa dengan dirinya.

3. Guru yang jaim (jaga image) selalu.
Guru yang menerapkan banyak aturan dalam kegiatan belajar dengannya, meminta murid untuk selalu siap belajar dengan dia, tak boleh ketinggalan membawa buku, harus selalu mengerjakan pekerjaan rumah, sering marah jika muridnya ngobrol di kelas saat beliau menerangkan pelajaran, tugas-tugas dan pekerjaan rumah bertubi darinya, guru ini hanya berbicara tentang pelajaran di kelas, jarang tersenyum apalagi tertawa. Guru jenis ini kurang suka memberi nilai baik, kecuali buat murid yang menjadi idola atau mengidolakan dirinya.

4. Guru yang cepat berlalu.
Guru yang hanya berbicara dengan murid saat berlangsung pelajaran di kelas, berusaha masuk tepat waktu dan keluar sesuai bel pelajaran, Guru jenis ini sering mati gaya di kelas, diam seperti kehabisan stok bicara, di luar kelas dia hampir tak pernah bicara dengan murid. Saat memberi nilai, sering disama ratakan nilai murid sekelas, hampir semua murid di kelas mendapat nilai yang sama. Guru jenis ini selalu pulang tepat waktu, dia selalu terlihat sibuk dan tak punya waktu.

5. Guru yang melempar buku.
Guru yang sering ke kelas, menugaskan mencatat buku di papan tulis, kemudian guru tersebut meninggalkan kelas dengan berbagai alasan, beberapa waktu kemudian buku catatan murid dikumpulkan untuk diberi nilai atau paraf guru itu serta dimasukan ke dalam buku nilai guru pelempar buku, saat memberi nilai guru jenis ini biasanya murah memberi angka bagus, apalagi untuk pengurus kelasa atau murid yang bertugas mencatat di papan tulis.

6. Guru yang bercerita selalu.
Guru yang bergemar bercerita sepanjang proses belajar di kelas walau sering tak berhubungan dengan mata pelajaran yang diampu, terlihat seperti hanya menghabiskan waktu belajar di kelas, murid biasanya diberi tugas untuk membuat paper dan browsing tentang materi pelajaran di internet, soal nilai tergantung ketebalan paper yang dibuat muridnya.

7. Guru yang serba tak tahu.
Guru yang tersesat di sekolah, guru jenis ini sering berganti-ganti mata pelajaran, saat mengajar seperti menyalin buku paket di papan tulis sambil menerangkan, sambil menghadap ke papan tulis, jika ada murid yang bertanya guru macam ini sering mangalihkan atau melemparkan kepada murid lain untuk memberi jawaban denga memberi bonus nilai buat yang berhasil menjawab. Guru jenis ini murah dlam memberi nilai dan sering memberi nilai yang sama buat banyak murid di kelas.

Adakah jenis guru yang lain?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s