Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Sekolah Desa Mendunia

4 Comments

Terletak di desa berjarak ribuan kilometer dari ibukota negeri, lebih dari tiga jam perjalanan dari bandara terdekat, sekolah yang dipelosok tapi selalu bergembira menjalankan kegiatan belajar dengan cara kekinian.

Di pelajaran Bahasa Indonesia murid-murid mendapat tugas membuat cerita, makalah, puisi, essay tulisan yang diposting di blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. Murid juga membuat essay foto dan essay dalam bentuk video yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa inggris murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa inggris yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa jepang murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa jepang yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa jerman murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa jerman yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa perancis murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa perancis yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa mandarin murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa mandarin yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Pelajaran bahasa daerah murid ditugaskan membuat artikel promosi sekolah, promosi daerah, biografi guru, cerita murid berprestasi atau liputan kegiatan sekolah dalam bahasa daerah yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Guru agama di sekolah itu menugaskan murid memperagakan sholat, khotbah, mandikan jenazah, adab busana muslim, membaca quran, sholawat, dsb yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Guru PKN menugaskan murid membuat kajian etika, moral kebangsaan lainnya dalam bentuk makalah, foto dan video yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Guru olahraga menugaskan murid membuat peragaan servis bulutangkis, volley, shooting basket, mendrible bola, dsb dalam bentuk tulisan, foto dan video yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Guru produktif menugaskan murid membuat review menghasilkan suatu produk dalam bentuk tulisan, foto dan video yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb. 

Di meja guru tak ada lagi tumpukan buku  atau print out tugas murid yang harus dikoreksi guru, para guru memeriksa tugas murid menggunakan telepon genggam, laptop atau komputer sekolah atau sambil bersantai di rumah dan diperjalanan dari dan ke sekolah.

Green school tak cuma jadi slogan, tapi diterapkan dengan kesadaran penuh bahwa kertas dibuat dari kayu yang harus menebang pohon hingga membuat bumi makin gersang.

Jika sebelas guru di atas menugaskan kepada muridnya yang berjumlah 300 orang masing masing tiga kali pada satu semester, maka dalam satu tahun terdapat 11 x 300 x 3 x 2 = 19.800 yang diunggah  blog pribadi murid, instagram, steller, youtube, wattpad, dsb hingga total bisa menjadi 19.800 x 5 = 99.000 informasi yang bertebaran di jagat maya dan dirangkum dengan baik.oleh google. Silahkan hitung info sekolah itu di google jika kegairahan produktif di jagat maya sudah dimulai lebih 10 tahun yang lalu.

Kabar tentang sekolah desa itu viral di sosia media sedunia, tamu yang berkunjung ke sekolah itu kini beraneka warna kulit, beragam bahasa yang berasal dari seluruh dunia.

Sekolah kamu terlacak di google? Pernah dikunjungi tamu darimana? Apa alasan mereka berkunjung ke sekolah anda?

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

4 thoughts on “Sekolah Desa Mendunia

  1. Sebelumnya saya pernah mendengar istilah sekolah alam, apakah green school ini yang dimaksud ya Pak? Dan baru kali ini saya tau teknik pembelajarannya seperti itu .. terimakasih banyak atas postingan Bapak, jadi inspirasi buat saya.

    Kunjungi postingan saya mengenai sekolah saya juga Pak ..
    https://www.gurunuman.com/2016/12/11/ach-1-catatan-festival-tari-anak-2016/

  2. Sekolah tempat saya mengajar dulu gak tau udah di kunjungi siapa aja 😁
    Mungkin kemendikbud atau tim akreditasi aja 😋
    Artikelnya bermanfaat masse . .

    Mampir juga ke blog saya ya 😊
    Salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s