Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Kakek penjaga malam bergaji 600 ribu rupiah merokok 3 bungkus sehari, kalo kamu?

Leave a comment

Suatu malam, lebih jam sepuluh di tepi jalan ibukota… mendekati tengah malam, udara semakin dingin, tak jauh dari saya duduk seorang kakek berusia lebih 55 tahun bercucu lebih dari lima, kerja jaga malam di sebuah komplek perumahan bergaji 600 ribu rupiah sebulan, sedang asik merokok kretek yang termahal di negeri ini, menampakan pipi kempotnya dengan kulit membakut tulang, kurus kering badannya, gelap kulitnya, ompong giginya. Setelah berkenalan dan menjalin keakraban sekitar 10 menit, dia berucap begini:

“Saya tahu ngerokok itu ga baik buat kesehatan, istri, anak dan cucu saya juga melarang dan meminta saya berhenti merokok … sehari saya ngerokok tiga bungkus, sejak saya masih remaja, zaman rokok masih sangat murah harganya … sebenarnya saya pengen berhenti, tapi susah banget, apalagi kalau ketemu sama teman-teman dan mereka menawarkan rokok … takut dibilang ga ngehargain persahabatan …”

Persahabatan … bisa bikin orang terus merokok, bergaul dengan pembunuh, hidup dengan penyakit yang siap mengantarkan kamu kapan saja ke rumah sakit atau ke kuburan.

Kalo kakek-kakek aja sulit menjauh dari sahabat yang perokok dan pisah dari benda putih 9 sentimeter, bagaimana buat remaja? Lalu apa artinya sekolah belasan tahun? Kemana larinya khotbah-khobah pemuka agama yang harus menyayangi diri, menghargai ciptaanNya? Orang tua gimana kabarnya?

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s